Rabu, 24 Agustus 2016

Pengalamanku Mengikuti Workshop Menjahit Cardigan bersama BROTHER GS2700



Assalamu’alaikum…

Hai mau absen nih, siapa di sini yang mahir menjahit? Atau pernah kursus menjahit sekaligus punya mesin jahit di rumahnya? Adakah? Jika ada, selamat anda termasuk orang yang beruntung karena mempunyai salah satu keterampilan yang yang seharusnya dimiliki oleh perempuan hehe. Sejatinya perempuan itu katanya yang pinter masak, bersolek, pinter beberes rumah juga serta punya keahlian lain seperti menjahit ini. Karena keterampilan menjahit ini sering dibutuhkan dalam keseharian kita dan juga bisa menciptkan lapangan kerja.

Saya inget jaman SMP ada mata pelajaran namanya Tata Busana, yang saya ingat di situ saya belajar macam-macam tusuk, membuat pola, dan menyulam. Tapi saya Cuma bisa jahit kancing yang jebol sama benerin jahitan pakaian yang robek, itupun nda rapi haha. Padahal Mama saya juara mengkristik, dan hasil karyanya dipasang di dinding rumah. Keterampilan ini memang unik, membutuhkan ketelatenan, kesabaran menurut saya dan harus teliti kalau nda bisa-bisa tangan kita yang kena jarum hehe.

Nah saking penasarannya, akhirnya saya memberanikan diri untuk mengikuti Workshop yang diadakan oleh Kriya Indonesia bersama Mba Astri Damayanti yang bekerjasama dengan Kartini Blue Bird, Mesin Jahit Brother serta Penerbit Puspaswara pada tanggal 18 Agustus 2016 brertempat di Museum Tekstil yang terletak di Jln. KS Tubun 2-4 Tanah Abang, Jakarta Pusat. Oke sebelum saya menceritakan tentang pengalaman saya ikutan workshop menjahit, simak dulu tentang informasi menarik di bawah ini ya :)





Kriya Indonesia

Kriya Indonesia berdiri sejak tahun 2007, ini adalah merupakan  lembaga kursus dan pelatihan sekaligus komunitas craft. Kegiatannya meliputi workshop dan pelatihan keliling Indonesia, juga publikasi craft dalam bentuk cetak dan digital. Pendiri dari Kriya Indonesia adalah Mba Astri Damayanti yang juga dikenal sebagai blogger. Banyak member Kriya Indonesia yang sudah menerbitkan bukunya memalui penerbit Puspa Swara. Contohnya Buku Pintar Menjahit Untuk Pemula buah karya dari Ibu Hj. Tati Murtati dan Mba Astri Damayanti yang sudah cetak ulang sebanyak 5 kali loh, waw itu pertanda banyak yang ingin belajar menjahit sepertinya. Mereka berdua juga nanti yang akan mengajari kami dalam menjahit cardigan. 

Sebelum memulai workshopnya Mba Astri Damayanti memberikan sambutan terlebih dahulu. Menjahit merupakan keterampilan kemampuan dasar yang bisa dimiliki oleh siapa saja yang mau belajar. Dilanjutkan dengan sambutan dari Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni dari Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan. Di sela-sela kesibukannya beliau menyempatkan hadir dan sangat mengapresiasi acara workhsop ini. Karena keterampilan menjahit ini penting untuk dimiliki oleh setiap perempuan baik itu wanita pekerja/Ibu Rumah Tangga (Catet)! Ungkap ibu dua orang anak ini.  



Mba Astri Dmayanti memberikan kenang-kenangan kepada Ibu Sylvi (Sumber Foto dari Mba Fika) 


Tema dari Workhop kali ini adalah Menjahit Untuk Pemula (Membuat Cardigan) dan BROTHER GS2700 adalah Mesin Jahit yang akan kita gunakan untuk membuat cardigan. Peserta dari workshop ini adalah para blogger dan Kartini Blue Bird. Ada yang sudah familiar dengan si BROTHER? Yap Brother adalah merek dagang made in Japan yang sudah 100 tahun berdiri, selain mesin jahit Brother juga merk buat Printer/Scanner. Mesin jahit Brother tipe GS2700 ini dibandrol dengan harga Rp. 2.700.000,- eeeits tapi beruntung sekali bagi yang ikut workshop di sini untuk 10 orang pertama bisa mendapatkan harga istimewa, cukup merogoh kocek sebesar Rp.1.600.000,- sudah bisa bawa pulang mesin jahit kece badai ini. Hemat banget kan ^_^ 
Semua peserta workshop diberikan kain dan peralatan menjahit yang terdiri dari gunting, jarum pentul, benang, breeder, meteran jahit, kertas karbon, alat pembuka benang jahit, pulpen dan notes. 



Bahan dan Perlatan Menjahit (Sumber Foto dari Mba Kurnia Amelia)

Tau nda sih, ini pengalaman pertama saya belajar menjahit. Ternyata menjahit itu tidak mudah yaa, bagi saya yang pemula hehe...Heboh, bingung dan banyak nanya sama instruktur bu Tati dan para asistennya yang mengajari kami dengan penuh kesabaran. Langkah pertama adalah membuat pola, bahan kain yang sudah disiapakan dilipat menjadi dua kemudian ditempelkan pola yang akan kita buat. Pola sendiri sudah disiapkan di sini, pola dibuat menggunakan kertas sampul coklat/bisa menggunkan kertas koran. Setelah itu kita sematkan jarum pentul disekelilingnya agar mudah dalam pemotongan bahannya. Oiya untuk memotong bahannya juga ada tekniknya loh, tidak asal-asalan main dipotong aja. Letakkan tangan kita diatas kain mengikuti gerakan kita memotong dan kain harus diletakkan di meja agar hasilnya sempurna dan rata. Setelah selesai dipotong sesuai dengan pola yang diinginkan tinggal dijahit, sebelum menjahit kita lipat bagian pinggiran kain sekitar 1-2 cm dan disematkan jarum pentul agar jaitannya lebih rapi. Ini yang bikin deg-degan haha. Saya sampai ketusuk-tusuk jarum pentul, udah gitu jahitan saya juga masih mencang mencong :) Belajar memasukkan jarum ke mesin jahit dan mengoperasikan mesin jahit tentunya, aaah seru tapi gregetan juga saya pengen segera bisa (nda ada yang insan nona manis, belajar terus dunk kalau mau bisa) ngomong sama diri sendiri *eh. Tahap terakhir sih pengecekan aja apakah jahitannya sudah rapi, dan sudah pas dengan ukuran badan kita. kemudian disetrika agar terlihat rapi dan nda lecek. Jadi tahapan menjahit itu bisa dibagi menjadi 4 :
  1. Pembuatan Pola
  2. Pemotonan Bahan
  3. Menjahit
  4. Penyelesain Akhir




Ibu Tati sang pengajar workshop dengan salah satu Katini Blue Bird  (Sumber Foto dari Mba Fika)




Keseruan workshop Menjahit (sumber Foto dari IG : kartini_bluebird)


Contoh Cardigan yang sudah jadi by Astri Damayanti 
                 


Mesin Jahit Portable Brother GS-2700


Memiliki fitur terlengkap dan sangat mudah digunakan untuk penjahit pemula maupun yang sudah mahir/pengusaha butik dan craft.

Spesifikasi :
  • 27 Fungsi Jahitan
  • 1 Langkah otomatis pembuat lubang kancing
  • Auto Needle Threader untuk memudahkan memasukkan benang ke jarum
  • Bobbins Atas
  • Pengatur Lebar dan Panjang Jahitan
  • Free Arm Sewing
  • Built - in LED Lamp
  • Hemat Energi (51 Watt)
  • Suara Mesin halus dan getaran rendah
Selain spesifikasi diatas, jika kita membeli mesin jahit ini kita juga mendapatkan :
  • 1 Unit Foot Controller/Pedal
  • 1 Set Booklet Instructions Manual (English)
  • 1 Unit DVD Manual Instructions
  • 1 Set Tool Kit Set (Sepatu lobang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, jarum, spool, dll)
  • 1 Buah Kartu Garansi Resmi 1 Tahun Brother Indonesia 




Penampakan Mesin Jahit Brother GS2700


Info mengenai produk Brother ini, detailnya bisa diintip di sosail medianya ya :)

FB : BrotherSewingClub.id
Twitter : @brother_indo 
IG : brotherindonesia


MUSEUM TEKSTIL

Jujur ini baru kali pertama saya mengunjungi Museum Tekstil. Lokasinya mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti kereta bisa langsung turun di stasiun Tanah Abang lanjut jalan kaki sekitar 10 menit atau disambung naik angkot. Saya tiba di lokasi sekitar jam 10. Takjub dan makin bangga dengan keanekaragaman budaya bangsa Indonesia, terbukti dengan beragamnya corak kain batik dari Sabang sampai Merauke dipajang di sini. Oiya jika ingin berkunjung ke sini cukup merogeh kocek 5000 rupiah bisa menikmati dan mengekplorasi keindahan karya batik di Indonesia serta Panorama Cantik di sekitaran Museum Tekstil. Untuk hari Senin dan hari libur nasional tutup ya. Di sini juga kita bisa belajar membatik, menenun dan berbagai jenis pelatihan lainnya berkaitan dengan tekstil Indonesia kursus pewarna alam, ikat celup, aplikasi manic-manik, silk painting dan sulam. Oiya banyak disainer kondang juga loh yang memamerkan koleksi rancangannya di sini. Selain itu juga disediakan toko museum bagi pengunjung yang ingin memperoleh cindera mata berupa kain, busana, asesoris, peralatan batik dan buku-buku tentang wastra. Perpustakaan pun juga menyediakan berbagai koleksi buku tekstil yang cukup lengkap. Berencana mengunjungi Museum Tekstil? :)  Detail infonya bisa di lihat di sini ya http://museumtekstiljakarta.com/



                           

Kartini Blue Bird itu apa sih?

Yuk Berkenalan dengan Kartini Blue Bird, karena tak kenal maka tak sayang hihihi...Jadi Kartini Blue Bird itu adalah program CSRnya PT. Blue Bird, Tbk yang berdiri sejak tahun 2013 di bidang Pemberdayaan Perempuan. Program ini diikuti para istri dan anak perempuan dari pengemudi PT. Blue Bird, Tbk.  Nah dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu kaum perempuan untuk bisa maju dan membantu perekonomian keluarga. Kartini Blue Bird memiliki tiga jenis kelas yang dapat diikuti sesuai dengan minat kita masing-masing.
1.    Kelas Tata Busana
2.    Kelas Tata Boga
3.    Bedding

Kegiatan yang ada di Kartini Blue Bird merupakan program pelatihan keterampilan yang bisa diaplikasikan menjadi usaha rumahan. Dengan keterampilan yang kita miliki ini nantinya kita bisa berwirausaha/menciptakan lapangan kerja baru yang tentunya bisa membantu perekonomian keluarga tanpa mengabaikan kewajiban mengurus keluarga.. Tertarik untk mengikuti kelas yang mana nih? Jika ada yang ditanyakan mengenai ke tiga kelas tersebut bisa langsung hubungi http://www.kartinibluebird.com/



Alhamdulillah saya dapat ilmu-ilmu baru dan seru.

Saya ingin mengucapakan terima kasih kepada penggerak acara ini Mba Astri Damayanti selaku Founder Kriya Indonesia dan para sponsor yang terlibat workshop ini seperti Mesin Jahit Brother, Kartini Blue Bird dan Penerbit Puspa Swara. Yuk menjadi Srikandi yang terampil menjahit hihihi, nantikan keseruan saya lainnya yaa ^_^



Sumber Tulisan : 
Live Tweet #PintarJahitBrother
Wikipedia
KompasTravel
FB : BrotherSewingClub.id


2 komentar: