Rabu, 03 Agustus 2016

Kenali Stress Bayi Dalam Kandungan


Perjalanan menjadi seorang ibu adalah suatu momen yang begitu dinantikan dan sangat berharga, dimana ibu dan anggota keluarga lainnya juga merasakan kebahagiaan yang tiada tara karena akan bertambahnya keluarga dengan kelahirannya sang malaikat kecil. Mengandung, melahirkan, kemudian menyusui adalah sebuah proses yang menakjubkan yang tentunya butuh perjuangan dan pembelajaran yang ekstra khususnya untuk ibu-ibu baru seperti saya ini contohnya hehe. Untuk itu mengedukasi dan memberdayakan diri sejak dini itu penting, biar nda kaget/panikan gitu. Biasanya saya mendapatkan informasi dari internet atau sharing dengan beberapa anggota keluarga/ teman yang sudah berpengalaman menjadi ibu, selain itu saya juga  mengikuti seminar parenting. Nah dari sini banyak manfaatnya loh yang kita dapatkan. Udah dapet ilmu, networking dan jumpa pakar tentunya, bisa tanya-tanya langsung hal-hal yang masih diragukan kebenarannya yang kita dapatkan dari sumber internet misalnya.


Oya btw, ada yang tau nda kalau bayi juga bisa terkena stress? Hemmm…saya juga baru tau ketika mengikuti Talkshow yang di selenggarakan oleh Mother&Baby Indonesia dan Sweety Gold pada tanggal 31 Juli 2016 bertempat di Igor’s Pastry Wijaya Jakarta Selatan. Tema yang dibahas kali ini adalah “Kenali Stress Bayi dalam Kandungan”. Nuansa hari ini Be Gold, saya dan para peserta lainnya juga ikut memeriahkan dengan menggunakan baju bernuansa emas, dekorasinya pun cantik dan meriah.

Acara dibagi menjadi 3 sesi : 





1. Presentasi “Kenali Stress Bayi Dalam Kandungan” oleh Dr. dr. Taufik Jamaan       SPOG 
Ternyata stress bukan Cuma dialami oleh orang dewasa loh. Bahkan janin yang masih ada didalam kandungan pun bisa menderita stress. Nah kondisi ini bisa membahayakan janin jika tidak diantisipasi oleh bumil.  Janin stress bilamana kondisi bayi merasa ada ancaman untuk kehidupan di dalam kandungan. Bisa diindikasikan berupa gangguan  aliran darah dari ibu ke janin atau gangguan asupan kalori dari ibu ke janin. Ciri-ciri stress janin sulit untuk diketahui di trimester 1, sedangkan di trimester 2-3 dapat diketahui dari frekuensi denyut jantung dan juga gerakan bayi. Selain itu juga dapat di diteksi melalui USG, CTG (Alat untuk mendeteksi jantung diam/kontrkasi), kurva pertumbuhan janin.
Beberapa faktor yang membuat janin/bayi dalam kandungan stress antara lain adalah :
  • Ibu anemia
  • Ibu Demam
  • Air Ketuban Kurang
  • Ibu Stress/Depresi
  • Proses Persalinan yang lama
  • Oksigen Berkurang
  • Ibu Sakit
  • Terlilit tali pusat , dll 
Jika ibu hamil stress maka itu akan mempunyai efek terhadap janin yang dikandungnya, ketika stress tubuh mendapat sinyal menyerupai keadaan bahaya, sehingga secara alami melepaskan hormon kortisol seperti denyut jantung dan frekuensi gerak bayi berkurang/cepat, kelahiran bayi premature/kurang berat badan karena kontraksi, kerusakan pada organ bayi pada saat lahir/cacat tulang belakang, resiko autism pada anak lebih tinggi, janin mengeluarkan meconium (kotoran janin) yang dapat mengotori air ketuban, menyumbat pernafasan serta menyebabkan infeksi ibu dan janin serta kematian pada janin/anak yang baru dilahirkan.

Nah bagaimanakah cara menjaga kehamilan tetap sehat dan bahagia jauh dari stress?
  1. Menjaga kebersihan tubuh dan memastikan bagian kemaluan tetap bersih dan kering
  2. Meningkatkan konsumsi makanan hingga 300 kalori / hari dari menu seimbang 
  3. Latihan fisik normal tidak berlebihan, istirahat jika lelah
 Cara mengatasi stress pada Ibu hamil
  • Selalu berpikir positif dan bergembira selama kehamilan
  • Memastikan asupan yang baik dan bergizi untuk janinnya
  • Mengatur pola makan dan olahraga supaya seimbang
  • Sering berkomunikasi dengan suami dan keluarga
  • Dukungan dari suami dan lingkungan terdekat sehingga memicu hormon yang baik 
  • Relaksasi dan melakukan hal yang membuat ibu senang
Pokonya ibu hamil harus jauh dari stress supaya janin yang dikandungnya sehat dan bahagia juga, pinter-pinternya mengelola stress ini ya bumil…secara hidup ini kan ada aja yang kadang bikin kita jadi emosian. Beberapa teman ada yang ikut senam hamil dan prenatal yoga untuk melatih pernafasan sekaligus kesabaran dan kesiapan mental calon ibu, eeeits ayahnya juga wajib menemani dan ikutan juga biar sama-sama tenang hehe. Dengan pengelolaan tingkat stress yang baik, kondisi bayipun akan baik dan ketika saatnya tiba, dia akan siap untuk dilahirkan. 
Beberapa hal yang dipersiapkan menjelang kelahiran sang buah hati 
  • Mempersiapkan mental menuju kelahiran
  • Rutin berkomunikasi dengan Dr. Obgyn 
  • Membuat birth plan (bersalin di Bidan/Rumah Sakit, IMD dll)
  • Mempersiapakan peralatan yang dibawa ke Rumah Sakit baik untuk Ibu/bayi

2. Presentasi Sweety Gold yang di bawakan oleh Mba Stella 


Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan setelah bayi lahir adalah diaper alias popok yang tepat. Karena penggunaan popok yang tepat akan membuat bayi merasa nyaman, tenang dan tidak rewel. Bayi yang baru lahir sering buang air kecil karena hanya mengkonsumsi ASI. Kulit bayi yang baru lahir biasanya sangat sensitif terhadap gesekan dengan benda asing. Nah berikut beberapa hal yang penting dalam memilih popok :
  1. Penggunaan bahan yang tepat/tidak mengandung plastik
  2. Memiliki bahan penyerapan yang baik/daya serap tinggi
  3. Bahan popok yang lembut agar selalu nyaman
  4. Memiliki bahan perekat yang tidak mudah robek/hilang daya rekatnya
  5. Sudah memiliki pengujian klinis dan di approved oleh ahli
Sweety Gold adalah Popok produk lokal yang teruji klinis oleh Australian Dermatologist dan aman untuk kulit bayi sesitif. Ada 2 tipe yaitu tipe celana dan tipe perekat. Sweety Gold satunya popok yang menggunakan Diamond Layer Technology, yang membuat permukaan tetap lembut dengan daya serap dan daya tampung maksimal.

Beberapa keunggulan Sweety Gold bisa di lihat di gambar berikut ini : 



Wetness Indicator (Penanda diaper penuh berubah menjadi hijau)

3. Workshop Pijat Relaksasi buat bumil yang dibawakan oleh Mba Wulan dari Mom&Jo Spa 

Sesi yang paling seru yang ditunggu-tunggu ya Moms :) Mba Wulan mempraktekkan pijatan praktis yang bisa bumil lakukan di rumah agar lebih rileks, tenang dengan menggunakan metode TTM (Telunjuk-Tengah-Manis). Detail vidionya bisa dilihat di bawah ya. 





video
Workshop Pijat relaksasi mengunakan metode TTM 


video
Tips mengatasi kram nih Moms :) 


4. Sharing Session with Brand Ambasador Sweety Gold : Titi Kamal dan Baby Arjuna

Titi menceritakan bahwa anaknya tergolong anak yang aktif dan banyak bergerak sehingga membutuhkan popok yang lembut nyaman, elastis dan mempunyai daya serap maksimal. Apalahi bayi baru lahir itu kan mempunyai frekuensi pub dan pipis lebih sering ya,  Oleh karena itu Titi mempercayakan baby Arjuna memakai Sweety Gold sejak berusia 2 minggu. Oiya Moms ada info menarik loh buat para baby yang menggunakan produk sweety, Moms bisa join dan klik di sini untuk mendapatkan info menarik seputar parenting sekaligus beragam hadiah seperti liburan ke Amerika sekeluarga loh :) 




video
                                                      Seseruan wefie with Moms Bloggers



Sweet hampers from Mother&Baby Indonesia and Sweety Gold :)



                                      



Alhamdulillah, Thanks for precious moment Mother & Baby Indonesia dan Sweet Gold, See you on next evet yaa :) Acaranya seru dan bertaburan banyak hadiah. Buat bumil tetap semangat, sehat dan berbahagialah menjalani setiap trimester kehamilannya, because Happy Moms Happy Kids ^_^




*Sumber vidio diperoleh dari Mak Maliha :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar