Minggu, 16 Oktober 2016

Keseruan dan Kenangan Manis saat Berkunjung ke Pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis

 Assalamu’alaikum,


Aku suka susunya hingga tetes terakhir
Aku suka coklatnya hingga tetes terkahir
Susu bendera coklat nikmat hingga tetes terakhir, susu bendera coklat. Nikmat...hingga tetes terakhir...Susu saya susu bendera...lagi...lagi...lagi...lagi....



Cuplikan iklan diatas memorial banget ya, sukses bikin saya joget-joget kalau denger lagu ini...Asyik hihihihi. Bulan September lalu saya ikutan meramaikan kompetisi Joget Cokelat yang diselenggarakan oleh Frisian Flag, walaupun nda jadi juara tapi kompetisi ini beneran bikin saya ketawa mulu alias bahagia liat vidio-vidio partisipan yang unyu-unyu dan kreatif pastinya. Sukses dan selamat buat para pemenang yang dapet hadiah liburan ke Bali smoga next saya juga nyusul, Aamiin.

Hallo emak-emak kece diseluruh penjuru nusantara, apa kabarnya ini? Smoga selalu sehat dan bahagia ya :) Adakah di sini yang tidak menyukai susu? Atau malah doyan banget hehe. Yap, semu pasti tahu tentang kebaikan susu bagi tubuh kita. Ada berbagai jenis susu seperti pasteurisasi, UHT, susu bubuk dan susu kental manis. Nah yang akan saya bahas kali ini adalah susu kental manis nih. Alhamdulillah Rabu tanggal 12 Oktober 2016 saya beserta rekan-rekan blogger lainnya berkesempatan untuk berkunjung ke pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis yang berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur. Yuk simak keseruan kami :)



Keseruan dan Kenangan Manis saat Berkunjung ke Pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis

Berbicara mengenai Susu Kental Manis ini, saya jadi teringat kenangan manis semasa kecil. Dulu saya suka sekali mencampurkan susu kental manis putih ke dalam gelas yang sudah saya isi dengan sirup warna merah beserta es batu. Mmmm....Rasanya nikmat dan seger apalagi diminumnya selepas pulang sekolah, kadang suka berebutan juga sama kaka sampai berantem lalu nangis *drama anak-anak pada masa dahulu kala ya seperti itu hahaha. Ada yang punya kisah serupa sama saya? hehe

Beruntung sekali lokasi pabrik Frisian Flag yang berada di Ciracas ini tak jauh dari rumah saya, dengan menggunakan jasa layanan ojek online saya berangkat ke sana dan sekitar 15 menit sampai di lokasi. Sebelum memasuki area pabrik kita diberikan kartu visitor dan kemudian diperiksa seperti masuk ke mall-mall besar gitu. Saat memasuki lobby utama saya dikejutkan dengan Milk Vending Machine, mirip dispenser gitu sih eh tapi gelasnya keluar juga dari mesinnya loh...sayangnya saya lupa vidioin huhuhu. Jadi kita bisa menikmati segelas susu dengan 3 pilihan rasa yaitu full cream, chocolate, dan honey. Selain itu kita juga bisa pilih yang dingin atau hangat, enak kan ^_^ dan saya memilih rasa cokelat yang hangat, cocok dengan suasana kala itu yang mendung-mendung manja hehe.



Sebelum acara dimulai, Mba Tias Putri sebagai MC yang super hits dan kocak ini membagi-bagikan hadiah buat para blogger yang bisa menjawab pertanyaan. Nah emak nurul salah satu yang mendapatkan hadiah powerbank, nda sia-sia juga datang lebih awal ya hehe. Selamat ya cin...

Senyum manis sumringah bumil :)

Ada 3 narasumber 
1. Bapak Doni Wibisono sebagai General Affair Frisian Flag 
2. Mba Ayu Ratri Khairina Ahza Sebagai Brand Manager Susu Kental Manis
3. Bapak Aryono Bambang Ardhyo sebagai Corporate R&D 





Wow...ternyata sudah hampir 95 tahun loh Frisian Flag Susu Kental Manis berperan dalam memenuhi kebutuhan gizi harian keluarga Indonesia. Pada tahun 1922 Susu kental manis dan produk susu Frisian Flag pertama kali diekspor oleh koperasi peternak susu Belanda. Rasanya yang lezat membuat produk susu kental manis diterima hangat oleh masyarakat Indonesia, yang kemudian disebut ‘soesoe tjap bandera’ yang mana sekarang menjadi salah satu ikon produk susu yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia dan biasa disapa ‘Susu Bendera’. Terdapat 2 jenis kandungan gizi yang terdapat dalam Frisian Flag Susu Kental Manis yaitu GIZI MAKRO (Karbohidrat, Protein dan Lemak) dan GIZI MIKRO (9 Vitamin dan 5 Mineral).

Frisian Flag Indonesia merupakan bagian dari FrieslandCampina, sebuah perusahaan besar asal Belanda yang merupakan salah satu produsen susu terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri Frisian Flag memiliki 2 tempat produksi yaitu di daerah Pasar Rebo dan Ciracas, Jakarta Timur dengan berbagai potofolio produk seperti suusu cair, susu bubuk, dan susu kental maanis dengan merek Frisian Flag, Friso dan Omela.

Susu kental manis adalah susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan gula, sehingga menghasilkan susu yang sangat manis rasanya dan dapat bertahan selama satu tahun bila tidak dibuka (Wikipedia). Konsumsi susu masyarakat Indonesia tergolong rendah dibanding beberapa negara di kawasan ASEAN, ujar Menteri Perindustrian RI Saleh Husin. Rata-rata konsumsi susu segar orang Indonesia per tahun hanya 13 liter. Di Indonesia kebiasaan mengonsumsi susu terutama susu segar belum membudaya di masyarakat, dan di negeri tercintaku ini tidak memiliki sejarah minum susu. Kebiasaan minum susu dimulai pada masa kolonial dengan adanya susu kental manis sehingga yang ingin dikonsumsi ialah susu dengan rasa manis. 

Dengan harga yang terjangkau membuat susu kental manis sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Berbeda dengan susu UHT atau pasteurisasi, susu kental manis merupakan jenis susu yang tahan terhadap panas.

Ada 3 jenis Frisian Flag Susu Kental Manis :
  1. Frisian Flag Kental Manis Gold
  2. Frisian Flag Kental Manis Putih
  3. Frisian Flag Kental Manis Cokelat
Berbagai kemasan Susu Kental Manis, bia dilihat pada gambar di bawah ini. 








Susu Kental Manis Frisian Flag selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayananya ke konsumen setianya salah satunya dengan mengeluarkan kemasan terbarunya yg yang sering kita lihat dan dengar di iklan TV, dengan tag line : Klik...tarik...tuang...kemasan ini lebih simple dan memudahkan kita dalam membukanya, praktis so bye-bye yang namanya palu dan pisau haha. 




Tiba saatnya untuk berkeliling dan melihat proses produksi Susu Kental Manis, Oiya penting untuk diperhatikan dan diketahui aturan saat memasuki ruang produksi. Mba Agatha memeprlihatkan&memeragakan apa aja yang akan digunakan Diantaranya sebagai berikut :
  1. Di wajibkan untuk menggunakan kostum Lab coat/Jas Lab (saya menyebutnya begitu inget jaman kuliah saat praktikum hehe)
  2. Peralatan lain yang harus digunakan yaitu Hair net (penutup kepala), Ear plugs (untuk menutupi telinga dari kebisingan suara mesin), Masker dan Safety shoes (ini sepatunya mirip model sepatu boot dan agak berat maklum belum terbiasa)
  3. Terakhir yang nda kalah penting, semua aksesoris yang kita gunakan harus dilepas seperti jam tangan, cincin, kalung, anting dan HP/kamera juga tidak boleh dibawa ya.
Kostum yang akan kita pakai buat visit pabriknya 


Wefie with KEB before go to Pabrik (Dok Foto : Mak Amel)


Kami memasuki area plant Ciracas dipandu oleh mas Ardi. Excited banget rasanya bisa melihat langsung proses tahapan dari terbentuknya kaleng susu, pengisian  susu ke dalam kaleng , proses labelling, hingga packagingnya. Semua dilakukan oleh mesin handal, dan proses produksi ini beroperasi selama 24 jam nonstop. Super sekali ya! Oiya kaleng susu ini terbuat dari lingkaran kawat yang menggulung sedemikian rupa hingga terbentuklah menjadi sebuah kaleng yang siap digunakan. Dalam 1 menit mesin ini mampu menghasilkan 600 kaleng. 

Prosesnya saya rincikan sebagai berikut :
  1. Deretan kaleng sudah berjejer rapi yang itu tandanya siap dieksekusi ke tahap       selanjutnya yaitu strerilisasi kaleng agar tetap terjaga kehigienisan produk
  2. Proses pengisian susu, strerilisasi kembali
  3. Kemudian labelling dan 
  4. Packaging

Saat proses packagignya saya melihat beberapa kardus yang sudah berderat bertumpuk disusun kemudian diwrapping dan siap didistribusikan ke seluruh Indonesia.  Di dalem area pabrik memang cukup bising dengan suara mesinnya, oleh karena itu kita diwajibkan memakai ear plugs. Oiya saya juga melihat beberapa kelang yang tidak sempurna bentuknya hingga tak terpakai/produk gagal. Begitu juga dengan pengisian susu yang tidak sesuai langsung terdeteksi oleh alarm mesin. Untuk pengolahan limbahnya sudah ada yang bersedia membelinya untuk dimanfaatkan kembali seperti limbah produksi susu menjadi bahan makanan ternak misalnya. Pabrik Frisian Flag juga sudah mendapatkan awarded kategori Green Industry  pada tahun 2014 Level 5 dalam pengolahan limbahnya.



Sebagai apresiasi kepada konsumen dan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat Indonesia, Frisian Flag Susu Kental Manis menggelar berbagai kampanye yang mensosialisasikan pentingnya minum susu dan menerapkan gaya hidup sehat yakni "Bulan Sarapan Sempurna" sepanjang Maret 2016. Ini diadakan sebagai bentuk rasa pedulinya Susu Frisian Flag terhadap anak-anak Indonesia yang masih banyak kurang gizi, dengan sarapan bisa menambah energi, fokus dan semangat dalam menjalani aktivitas seahri-hari tanpa kurang asupan nutrisi. Kampanye ini bertujuan untuk membiasakan sarapan dengannjumlah dan kualitas gizi yang cukup lengkap dengan segelas susu setiap hari, dalam hangatnya kebersmaan keluarga di pagi hari. Frisian Flag juga mendukung Gerakan Nusantara ini terbagi meliputi bermacam kegiatan seperti, Nutrition education, Active Lifestyle, Milk Sampling, Teachers Training, dan Healthy snack/Healthy canteen.

Sungguh pengalaman yang seru, manis, kocak dan tak terlupakan berkunjung ke pabrik Frisian Flag Plant Ciracas ini, sambutan para kru dan team yang bekerja di sana juga luar bisa ramah dan heboh...nda nyangka aja kalau para pekerjanya humoris dan doyan bercanda. Ruang visitornya juga homey banget, apalagi banyak spot kece buat foto-foto haha. Pokoknya saya bener-bener bahagia, mau nambah waktu rasanya hehe. Terima kasih Frisian Flag Indonesia dan KEB untuk keseruannya :) 


Beberapa Award yang sudah berhasil didapatkan Frisian Flag 





Ragam Cara Menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis 


Saat musim hujan tiba saya paling suka bikin jahe hangat dicampur dengan Susu Kental Manis Gold, apalagi kalau menggunakan jahe merah...hangatnya awet deh! Selain itu saya juga suka menambahakannya ketika membuat pudding, diolesin ke roti tawar/roti panggang serta tambahan ketika membuat bubur jagung. 

Yang nda kalah seru dan menyenangkan adalah adanya Demo dari barista Frisian Flag, setelah menjelajah pabriknya kami diajak untuk membuat minuman segar dengan Frisian Flag Susu Kental Manis. Mau bikin apa hayo ini :)





Ada 3 resep yang akan diujicobakan :

1. Frisian Gold Chocorock
    Bahan : 
    - Frisian Flag Kental Manis Gold
    - Air Putih 100 ml
    - Chocorock
    - Es batu secukupnya sesuai selera
    Cara Membuatnya :
     Campurkan semua bahan ke dalam blender, haluskan dan tuangkan dalam gelas lalu         tambahkan topping sesuai selera, dan hias dengan tambahan Frisian Flag Kental Manis        Cokelat.

2. Frisian ChillHood Crumbs
    Bahan : 
    - Frisian Flag Kental Manis Putih sebanyak 50cc
    - Air Putih 100 ml
    - 3 keping biskuit Marie 
    - Es batu secukupnya sesuai selera
    Cara Membuatnya :
     Campurkan semua bahan ke dalam blender, haluskan dan tuangkan dalam gelas lalu         tambahkan topping sesuai selera.   

3. Frisian Chocomint Mojito
    Bahan : 
    - Frisian Flag Kental Manis Cokelat
    - Air Putih 100 ml
    - Sirup Mojito
    - Soda dan Es batu secukupnya sesuai selera
    Cara Membuatnya :
     Campurkan semua bahan ke dalam alat shake, kocok-kocok hingga semua bahan               tercampur merata, tuangkan dalam gelas dan hias sesuai selera. 



           (Dok Foto : Mak Waya Komala)



Tara ini dia minuman segar ala barista Frisain Flag, saya sudah mencoba Frisian Gold Chocorock, rasanya enak...seger...bolehlah ntr kapan-kapan dipraktekin dirumah :)




Diakhir acara ada pembagian doorprize, wah selamat  ya emak-emak kece. Ini dia beberapa foto emak-emak yang beruntung mendapatkan doorprize. Selamat yaa :) 



Ini loh bagian dari Visitor Room yang tempatnya cozy dan homey banget, ada juga Dairy Cornernya sama Mini kedai ala-ala outlet yang jualan berbagai macam susu produksi Frisian Flag, kalau punya kantor begini mah betah banget yaa mak hihihi.




#susukentalmanis #frisianflag

15 komentar:

  1. Senangnya bisa visit ke Frisian Flag Ciracas, dapat banyak pengalaman baru.

    BalasHapus
  2. Aku sukaa susu coklatnyaa ueeenaak :)

    BalasHapus
  3. Seruuu ya bisa berkunjung kesana.

    BalasHapus
  4. asyik bgt mbak bisa ikut kunjungan ke pabrik Frisian Flag.. dulu wkt kecil pulang sekolah SD Aku sering main ke sini smp batas pagar saja haha.. susu kental manis frisian flag mmg legendaris bagiku

    BalasHapus
  5. Eh ada foto aku disitu, aduuuuh jadi malu ini hehehe. Acara kemarin memang seru dan menyenangkan ya, dan bisa menikmati susu kental manis.

    BalasHapus
  6. wahhh sempet coba2 di belakang blender ya mbak, hehe :) ketagihan choco rock nih aku :)

    BalasHapus
  7. Seruuu yo mak kalan-jalan ke Pabrik Frisian Flag.

    BalasHapus
  8. Seru banget acaranya bisa melihat langsung produksi susu Frisian Flag yang selama ini cuma tahu minumnya aja, mau banget kalau di ajak lagi.

    BalasHapus
  9. Ah serunyaaaa. Kemarin aku mau ikutan juga tapi gabisaaa. Huhuhuhuu. Itu vending machinenya juga lucu amaaaatttt. Keren bgt nih emang Frisian Flag

    BalasHapus
  10. Aku suka sama susu bendera yang gold, kemasan pulir ituu. Bikin kopi susu pakai itu nikmaaat. Seneng banget bisa berkunjung ke pabriknya yaa, seruuu..

    BalasHapus
  11. waah keren banget bisa main main ke pabriknya Frisian flag. AKu juga suka minum susu ini, enaaakkk

    BalasHapus
  12. Duh pasti senang mbak bisa berkunjung langsung ke pabrik frisian flag selain dapat ilmu yang bermanfaat juga bisa melihat langsung proses pembuatannya jadi pengen juga nih datang langsung kepabriknya.

    BalasHapus
  13. Aku juga seneng banget bisa ikut kunjungan ke pabriknya langsung :)

    BalasHapus
  14. Aku juga seneng banget bisa ikut kunjungan ke pabriknya langsung :)

    BalasHapus
  15. Praktis yah sekarang kemasan kaleng susunya, gak kayak waktu kecil dulu repot banget buat bukanya :)

    BalasHapus