Senin, 19 Desember 2016

Mom n Jo Hadirkan Gadget Holic Treatment Bagi Anak yang Kecanduan Gadget!

Assalamu'alaikum,


Seiring dengan perkembangan zaman, kini kehadiran gadget sudah tak asing lagi. Sering saya jumpai batita atau balita sudah diperkenalkan gadget oleh orang tuanya, tentunya dengan berbagai alasan seperti untuk selingan bermain, mendengangarkan musik atau main game. Sejauh untuk hal yang bermanfaat/positif sih its oke ya, namun kenyataannya yang sering terjadi justru sebaliknya banyak anak-anak yang sudah kecanduan gadget, dan ini yang akan menjadi PR para orangtua agar anak-anaknya mampu memanfaatkan gadget dengan sebaik mungkin. 

Jadi Jumat, 9 desember 2016 lalu saya menghadiri gathering sekaligus Press Conference Launching Treatment "Gadget Holic" di Training Center Mom n Jo yang berlokasi di Jl. Sawo, Cinere, Depok. Acara dibuka oleh Ibu Wulan Sari, selaku Direktur Mom n Jo dan Founder Mom n Jo Ibu Fifi Lim.


Welcome speech from Ibu Wulan Sari, Direktur Mom n Jo 
            
Telah hadir dua narasumber dalam acara ini : 
1. dr. Anggia Hapsari, SpKJ (K) 
2. Marybetts Sinclair, LMT 

Seperti diketahui, saat ini anak-anak kita telah akrab dengan gadget baik itu berupa smartphone, tablet, komputer ataupun video game. Bila tidak dikontrol, anak-anak bisa memainkan gadget sampai 6.5 jam menurut studi yang dilakukan di Amerika. Wow...ngebayangin matanya yang lelah berjam-jam melototin layar gadgetnya :( Btw para mommy di sini ada yang anaknya hobi main game atau hanya sekedar berselancar nonton film kesukaan via youtube? :D 

dr. Anggia Hapsari , SpKJ (K)

dr. Anggia memaparkan, bahwa penggunaan gadget yang terus menerus mengakibatkan kecanduan, dan parahnya lagi kecanduan gadget sama halnya dengan kecanduan narkoba...makjleb ini :( karena jikalau sudah kecanduan anak menjadi kurang fokus, makanpun telat/lupa alhasil pertumbuhan pun terhambat dan kurang optimal kan jadinya, struktur otakpun juga bisa berubah loh, duh jan jadi merembetnya kemana-mana ya moms. 

Tahukah moms penggunaan gadget membuat siklus tidur terganggu, anak-anak jadi cenderung susah tidur akibat terlalu lama terpapar dengan layar gadgetnya. Anak-anak yang lebih suka bermain gadet cenderung lebih anti sosial karena mereka lebih asyik dengan gadget yang mereka miliki. Selain berdampak pada psikologi anak, gadget juga dapat berdampak pada penglihatan dan postur tubuh anak. Ketika anak menggunakan gadget, maka mata akan fokus terlalu lama mengarah ke satu tujuan dan hal ini akan berdampak pada mata yang lelah serta mengakibatkan efek pusing dan penglihatan menjadi buram. Hal ini terjadi karena adanya ketegangan pada mata yang ditunjukkan dengan gejala awal berupa mata perih dan kering.

Sebagai orangtua, kita perlu wasapada dan mencermati jika anak-anak mulai ketergantungan/kecanduan sama yang namanya gadget. Nah berikut ciri-cirinya :
  1. Mengabaikan teguran orang sekitar
  2. Jika harus bekerja, dia tidak mau atau menolak
  3. Tidak nyaman jika tidak membawa gadget 
  4. Selalu mengecek gadget padahal tidak ada notifikasi
  5. Sering update media sosial padahal isinya tidak penting
  6. Gelisah jika tidak ada internet
  7. Tidurpun tidak bisa jauh dari yang namanya gadget
  8. Selalu membawa powerbank
Nah dari ke 8 ciri-ciri di atas sudah ada berapakah moms yang terlihat? hehe...Saya sendiri bisa dikategorikan antara ketagihan tapi masih bisa dikontrol lah, membela diri haha. Namanya juga pekerja yang selalu dituntut buat reply email segera dan update kerjaan tiap hari kan emang menggunakan email jadi keseharian saya ya didepan monitor, cuma sesekali eh sering juga sih intip-intip sosial media :D 

Oiya Moms berikut solusi alias tips dari dr. Anggia untuk mengurangi kecanduan gadget : 
  1. Matikan notifikasi
  2. Beri batasan/buat schedule untuk menggunakan gadget. Misalnya sehari hanya boleh 1-2 jam saja
  3. Hapus aplikasi sosial media 
  4. matikan gadget saat tidur, untuk mengurangi radiasi juga
  5. No gadget ketika bekerja
  6. Beri password panjang pada gadget 
  7. Tetap Bijak dan Disiplin

Selanjutnya Marybetts Sinclair, LMT yang berasal dari California, yang mana sudah berpengalaman puluhan tahun dalam dunia pijat terapis akan memaparkan tentang pengaruh gadget pada postur tubuh.   

Saat anak menggunakan gadget, maka posisi kepala akan maju ke depan, sehingga otot di bagian leher akan memendek dan otot di bagian belakang leher akan memanjang dan kemudian menjadi tegang. Hal ini akan berdampak pula pada meningkatnya stress pada tulang belakang dan sendi tulang punggung sehingga akan menimbulkan rasa sakit mulai dari leher hingga punggung dan jika dibiarkan maka akan berdampak pada perubahan postur anak.

Oleh karena itu, sebaiknya anak diberikan pembelajaran eksperensial dan bermain dengan teman-temannya. Selain dapat membantu ketrampilan sosial, dapat pula meningkatkan kepercayaan diri anak dan kebahagian/keceriaan anak. Nah untuk mengurangi dampak gadget pada postur tubuh anak maka Mom n Jo meluncurkan terapi baru yang diberi nama Treatment “Gadget Holic”. Dengan terapi untuk anak ini, diharapkan dapat mengembalikan postur tubuh anak menjadi normal kembali.

Ada beberapa trik jitu untuk memperbaiki postur padaa saat bekerja di komputer. Duduk dibagian depan tulang selangkangan, bukan di tulang ekor.
  1. Dengan perlahan tekan bagian belakang kepala ke arah belakang, sehingga kepala Anda sejajar dengan tulang punggung. Bayangkan ada pengait yang keluar dari atas kepala Anda yang sedang menarik Anda untuk tegak.
  2. Biarkan lengan Anda bergelantung dari belakang sendi bahu, bukan dari depan, dan hindari menegakkan bahu Anda.
  3. Kaki harus berada pada posisi yang nyaman dan telapak kaki menapak lurus di lantai atau di penyangga kaki dengan kaki dan panggul membentuk 90-100 derajat dari tulang belakang
  4. Mengetiklah dengan lembut, tidak perlu mengetik terlalu keras. Pastikan juga anak-anak kita tidak beusaha menggapai keyboard, jika mereka melakukan itu, berarti keyboard perlu didekatkan dengan mereka. Anak-anak harus tetap menjaga posisi sudut 90 derajat antara pergelangan tangan dan siku dan lengan bagian atas. Jari-jari dan pergelangan tangan harus tetap lurus ketika mengetik.
  5. Sering beristirahat sejenak juga penting dalam menghindari cedera stres berulang kali. Anak-anak suka lupa dengan waktu dan lupa untuk beristirahat, jadi pastikan mereka mengistirahatkan mata, punggung, pergelanagn tangan, dan leher setiap 20 menit.

Gymball, Salah satu terapi untuk mengembalikan lekukan tubuh ke posisi normal

Jujur saya sendiri kalau terlalu lama di depan layar computer/gadget saat mengerjakan tugas kantor atau hanya sekedar berselancar ataupun membaca buku jika terlalu lama mata suka perih, lelah, dan berasa kering. Ini merupakan gejala mata kita mengalami ketegangan karena terlalu sering melihat layar.
Nah berikut tips agar mata tidak mengalami ketegangan :
  1. Pada setiap akhir halaman, lihat ke atas, lihat ke arah yang jauh, kedip beberapa kali, dan bernapas dalam-dalam. Sekarang baru balik halamannya!
  2. Buku dan laptop sebaiknya dibaca di atas stan membaca yang berada di kemiringan 20 derajat, dan harus berjarak sejauh siku And ake buku-buku jari Anda. Buku harus berjarak sekitar 30 cm pada saat kita membaca.
  3. Setiap 15 menit, beristirahatlah selama 1 menit!beristirahat dengan berdiri, berputar, goyangkan bahu Anda, lempar bola ke atas dan ke bawah, dst.
  4. Lakukanlah “computer wiggle”
  5. Jika sudah lelah, tutuplah mata anda sejenak!
  6. Hindari membaca layar pada larut malam hari karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar tersebut menyebabkan masalh tidur karena hormon yang memproduksi keinginan untuk tidur, melatonin berkurang. Para ahli menyarankan untuk tidak melihat layar selama 1 jam sebelum tidur.
  7. Penerangan yang benar pada area kerja juga akan membantu mengurangi ketegangan pada mata.
  8. Pijat titik-titik tekanan di sekitar mata

Gadget Holic Treatment, Apa itu?

Sebelumnya sudah pada tau kan ya Mom n Jo itu apa? :D Mom n Jo adalah sebuah tempat relaksasi yang memanjakan ibu hamil, bayi, dan anak-anak. Semacam tempat spa dan massage gitu deh pokoknya. Mau tau treatment apa aja yang ada di sana bisa di cek di sini langsung ya http://www.momnjo.com/.
Saya sendiri telah mengenalnya sejak tahun 2013, pertama kali berkunjung nyobain massagenya di House of Mom n Jo Dharmawangsa, Jakarta Selatan dan ketagihan, enak sih haha. Pengennya tiap bulan pijetan di sana *eh.

Gadget Holic Treatment adalah sebuah treatment terbaru yang dikeluarkan oleh Mom n Jo untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Treatment ini bisa dilakukan oleh anak mulai dari usia 2 tahun sampai orang orang dewasa dengan kisaran harga 215.000,- selama kurang lebih 40 menit. Di harapkan dengan melakukan treatment ini mampu memperbaiki postur tubuh sang anak. Sebelumnya jika kita pertama kali akan melakukan treatment ini, anak akan diperiksa sejauh mana postur tubuhnya mengalami perubahan. Karena setiap anak pasti mengalami keluhan yang berbeda-beda. Berikut adalah sekilas treatment gadget holic yang dipraktekkan oleh Marybetts Sinclair, LMT. Pemijatan ini dilakukan dengan menggunakan minyak organik seperti olive oil/coconut oil, oiya sebagai informasi tambahan tidak diperbolehkan menggunakan baby oil ya, karena ini bukan kategori minyak organik. Oiya treatment ini available per Januari 2017 di seluruh outlet Mom n Jo yang tersebar di seluruh Indonesia. 

  
Marybetts Sinclair, LMT mempraktekkan treatment "Gadget Holic"

Suasana saat Gathering kala itu :)


1 komentar:

  1. Alhamdulillah anakku suka bermain game tapi tidak sampai kecanduan... Tips-tipsnya bermanfaat banget... Makasih sharing nya ya...

    BalasHapus