Kamis, 19 Januari 2017

Yuk Telusuri Keindahan Alam Indonesia di Jakarta Aquarium



Jakarta itu kota yang padat penduduknya, macet di mana-mana, mallnya banyak. Selalu ada mall baru rasanya tiap tahun. Menghabiskan weekend untuk sekedar jalan-jalan ke mall mah udah biasa ya, yang nda biasa itu kalau di mall ada sesuatu yang baru lebih tepatnya menawarkan sesuatu yang lain daripada yang lain :) Maklum warga Ibukota itu sebenarnya sangat membutuhkan hiburan, kerja melulu tanpa diimbangi rekreasi juga nda baik kan? Nah kabar baiknya, ada tempat rekreasi sekaligus mengedukasi yang fun yang bakalan di buka bulan Februari 2017. Namanya "JAKARTA AQUARIUM". 

Kamis tanggal 12 Januari 2017 lalu, saya bersama komunitas Blogger Crony mendapatkan kesempatan untuk menghadiri pengenalan Jakarta Aquarium, bertempat di Pingoo Restaurant, Neo Soho Mall lantai LG, Jakarta Barat. 
Telah hadir sebagai narasumber :
1. leo Loemanto sebagai Public Relation Jakarta Aquarium 
2. Biswajit Guha sebagai Kurator Taman Safari Indonesia 
3. Elvie Handiny sebagai Director of Sales & Marketing



Jakarta Aquarium merupakan lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia dan bekerja sama dengan Aquaria KLCC yang terus membangun upaya konservasi satwa dengan pengalaman selama 30 tahun. Yang mana nantinya akan menjadi destinasi baru untuk rekreasi keluarga. Jakarta Aquarium hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban yang menggabungkan kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia dengan teknolgi, yang akan membawa Anda menghidupkan imajinasi. Di sini terdapat berbagai jenis satwa air dan darat. satwa yang berada di Jakarta Aquarium merupakan satwa endemik Indonesia.

Sejarah dari terbentuknya Jakarta Aquarium ini karena terispirasi saat melakukan kunjungan dibeberapa negara di Asia Tenggara sekaligus tantangan buat Sang Presiden Bapak Jokowi. Melihat peluang ini dan meyakini bahwa negara kita juga bisa&mampu memiliki tempat rekreasi Aquarium seperti negara-negara lainnya. 

Lokasi Jakarta Aquarium ini cukup unik dan menarik karena berada dikawasan pusat perbelanjaan alias Neo Soho mall dan ini akan menjadi pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang memiliki Aquarium dalam ruangan, Wow keren bukan :)
Untuk warga Jabodetabek pasti tau lah ya mall yang ngehits ini, tapi bagi warga non Jabodetabek bisa lihat detail alamatnya di bawah ini ya :

Neo Soho Lantai LG 101 – LGM 101
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28, Tanjung Duren Selatan, Jakarta Barat 11470

Untuk akses menuju ke sini pun tergolong mudah dan strategis, bagi pengguna TJ bisa turun di halte Transjakarta S. Parman Podomoro City, lokasinya tak jauh dari Central Park Mall.

Keberadaan Jakarta Aquarium berdasarkan dari :
  • UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa
  • Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.
  • Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia No. P.31 tentang Lembaga Konservasi.
Jakarta Aquarium sebagai lembaga konservasi Ex-situ, yaitu lembaga koservasi yang melakukan aktivitas konservasi di luar habitat alaminya. Adapun Fungsi lembaga konservasi diantaranya adalah sebagai tempat pendidikan, peragaan, penitipan satwa sementara, sumber indukan, cadangan genetik untuk mendukung populasin in-situ, sarana rekreasi yang sehat, dan sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Nah untuk mendirikan sebuah Taman Satwa ini ada kriterianya loh, berikut ini adalah kriteria yang harus dipenuhi :
  • Memiliki satwa yang dikoleksi sekurang-kurangnya 2 (dua) kelas taksa
  • Memiliki luas areal sekurang-kurangnya 2 (dua) hektar
  • Memiliki jenis satwa yang dilindungi, satwa yang tidak dilindungi dan/atay satwa asing
  • Memiliki sarana pemeliharaan dan perawatan satwa, sekurang-kurangnya terdiri atas (Kandang pemeliharaan, perawatan dan pengembangbiakan, Kandang peragaan, Prasarana pendukung pengelolaan satwa yang lain)
  • Memiliki fasilitas untuk pengunjung antara lain : Pusat informasi umum, Toilet, Kantin/Restoran
Alhamdulillahnya, di Jakarta Aquarium ini menampilkan banyak keanekaragaman hayati air dan darat yang ada di nusantara dengan berbagai konsep seperti Boutique, Educative, Entertainmnet, Digital Learning, Conservation and Family Destination. 

Berbagai fasilitas sudah disediakan di Jakarta Aquarium seperti sistem pendukung kehidupan (LSS - Life Support System) yang bernilai milyaran yang terdiri dari filtrasi air, ozon dan protein skimmer, serta telah memnuhi standar Internasional Association of Zoos and Aquariums (USA). Desain dan sistem pendukung yang ada telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan perilaku, kesehatan dan mental Pinguin. 
Perilaku
Pinguin bebas menunjukkan perilaku alaminya seperti (berenang, mengeringkan diri dan beristirahat, area bebatuan dan kerikil untuk stimulasi Pinguin, kolam arus).
Kesehatan :
Dokter hewan 24x7 , pencegahan terhadap bakteri dan kuman
Mental :
Pinguin dapat bersosialisasi karena hidup dalam kelompok


Lalu aktivitas apa saja yang bisa kita nikmati di Jakarta Aquarium?

Ini dia beragam atraksi yang bisa kita coba :
  • Pearl of The South Sea
  • Teater 5D
  • Touch Pool
  • Otter Tunnel
  • Kids Classroom
  • Diving
  • Seatrek

Ayo mau pilih mana? Semuanya menarik bukan, sungguh memanjakan dan menghibur anak-anak ini ya xixixi. 

Jakarta Aquarium juga menyediakan fasilitas penunjang untuk pengunjungnya seperti loker, akses untuk masuk kursi roda, toilet dan kamar mandi, ruang ganti bayi, wifi, cafetaria, souvenir dan restoran. 




Pingoo Restaurant 


Pingo Restaurant merupakan bagian dari Jakarta Aquarium yang beberapa satwanya dikelola oleh Taman Safari Indonesia. Di sini kita bisa menikmati hidangan seafood sambil melihat si Piguin-pinguin yang lucu nan menggemaskan ini berselancar ke sana kemari.





Tahukah kamu?

Pinguin adalah jenis burung namun mereka tidak dapat terbang. mereka menggunakan sayap mereka sebagai sirip untuk berenang. Tubuh Pinguin beradaptasi dengan baik untuk berenang dengan sayap seperti dayung, kaki bersirip dan tubuh. Pinguin memiliki penglihatan yang baik. Mata mereka beradaptasi untuk melihat di udara dan bawah air. Pinguin tidak dapat bernafas di bawah air, mereka harus menahan nafas untuk berburu ikan, kebanyakan Pinguin bertahan dengan satu pasangan pada masa berkembang biak.

Pinguin yang terdapat di Pingoo Resto ini jumlahnya ada 6 ekor yang berusia sekitar 5-7 bulanan, adalah sejenis Pinguin Humboldt, Pinguin sub tropis yang berasal dari Peru. Pinguin ini merupakan Unggas sub tropis yang ukurannya 56-70 cm, dengan berat 3,6-5,9 Kg, yang dapat mencapai usia dewasa pada usia 3 tahun. Mereka terbiasa hidup dilingkungan yang bersuhu 18 - 25°C. Musim berkembang biaknya sekitar bulan Maret-Desember, dengan masa inkubasi telur 40-42 hari. 


Menariknya di sini ada sesi Pinguin feeding loh, saya pun sudah merasakan keseruannya hehe. Jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh Pinguin ini adalah ikan selar, ikan layang dan anchovies sebanyak  0,6 kg/hari. Saat itu saya memberi makan ikan teri, fyi sebelum memasuki area dalam aquarium untuk memberi makan kita harus dalam keadaan steril. Prosedurnya mencuci dengan sabun di bawah air mengalir kemudian sepatu kita masukkan/cuci dalam wadah yang sudah diberikan desinfektan. Tujuannya supaya kita tidak bawa kuman ke dalam aquarium, selain itu juga kita tidak diperbolehkan menyentuh Piguin *catet ya!


Sesi Pinguin Feeding yang seru :)

Jam Operasional 
Hari Kerja (Senin - Kamis) & Hari Libur (Jumat - Minggu)  : 10.00 - 20.00
Loket Tiket akan tutup pada pukul : 19.30




Beberapa Paket yang ditawarkan di Jakarta Aquarium :






Ini dia yang ditungu-tunggu sama emak-emak hihihi...berikut harga tiket masuk Jakarta Aquarium  ^_^

Tiket dapat dibeli secara langsung di lobi Jakarta Aquarium maupun secara online melaui website di www.jakarta-aquarium atau aplikasi Jakarta Aquarium. Oiya Aplikasi Jakarta Aquarium ini sedangdikembangkan, yang mana nantinya diaplikasi ini kita bisa mencari informasi mengenai satwa apa aja yang terdapat di Jakarta Aquarium. Keren kan :)






Yuk ajak keluarga untuk berkunjung dan menelusuri keindahan alam Indonesia di Jakarta Aquarium, dan lihatlah apa yang terjadi...kalian pasti terpesona ^_^ 

The Biggest Indoor Sea Aquarium in Indonesia Cooming Soon : Jakarta Aquarium by Taman Safari Indonesia







Twitter : jak_id
Facebook Page, IG & Google+ : Jakarta Aquarium 





Sumber Foto : 
Beberapa diambil dari IG Jakarta Aquarium, Website dan Ka Satto Raji ^_^



7 komentar:

  1. Balasan
    1. Seru banget mih, babam pasti suka dan betah hehe

      Hapus
  2. Sudah nebak-nebak harga tiketnya ha ha ha. Tapi bikin penasaran itu... anak-anak pasti suka maen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tebakannya bener nda mba? hehe...belajar sambil bermain pasti seru ya :)

      Hapus
  3. Semoga pas launching kita bisa menjadi orang pertama yang berkunjung kesana hehheheh maunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...Smoga rezeki kita yaa mak...terus bisa ngajak anak2 juga :)

      Hapus
  4. Kabarnya Februari di buka, semoga kita bisa ke sana lagi ya.

    BalasHapus