Senin, 10 April 2017

Ayo Dukung Indonesia bebas Anemia dengan Senam Anemiaction

Assalamu'alaikum,


Bismillah...Halo good people, apa kabar hari ini? Semoga makin sehat, bugar dan produktif ya, Aamiin. Semasa kecil itu saya dijuluki anak yang susah makan, alias picky eater, sayur yang disuka cuma bayam dan kangkung sedangkan lauknya telur, udang, ikan mujair sama tempe tahu. Hampir tiap hari menu talur, tahu dan tempe selalu disajikan sama Mama, dan juga segelas teh hangat. Saya tidak pernah bosen dengan ketiga lauk itu, Mama meraciknya dengan kreatif dan saya sangat suka :) Masakan Mama emang paling enak dan sehat! Kebiasaan keluarga kami sebelum berangkat sekolah, selalu sarapan bersama. 

Maklum waktu kecil belum begitu sadar akan pentingnya pola makan yang sehat, masih bandel menolak makan sayur yang tidak disukai padahal zat gizi yang masuk ke dalam tubuh harus bervariasi setiap harinya. Hingga akhirnya saya terindikasi mempunyai darah rendah, ketahuannya karena waktu masa sekolah pernah pingsan beberapa kali (dari pas upacara, liat darah pas praktikum). 

Nah setelah masa kuliah, semua agak berbeda dan mulai berubah apalagi saya mengambil jurusan Biologi. Yang mana banyak belajar juga tentang ilmu kesehatan, selain itu saya juga belajar mandiri karena ngekos. beruntungnya punya teman-teman kos yang pada hobi masak dan pinter masak, kebetulan dikosan saya banyak yang sunda. Tau kan ya kalau orang sunda demen banget sama sayuran, hampir segala sayuran bisa jadi lalapan. Hingga akhirnya saya mencoba dan terbiasa makan sayuran, ternyata lalapan sayuran dicocol sambel doank enak ya hahaha. Sayapun juga belajar masak sama mereka, nafsu makan bertambah kalau udah makan bersama mereka. Hingga saya pernah menyimpulkan jika orang yang makannya "gampang" itu jarang banget sakit, beda banget sama yang picky eater, rasanya virus da bakteri gampang banget masuk ke dalam tubuh (itu yang pernah saya rasain dulu).

Ya begitulah cerita masa kecil saya, maaf yak kalau kepanjangan hehe...kalau kalian masa kecilnya gimana man teman? Adakah yang senasib sama saya? *nyari temen haha.


Pucat, pusing berkunang-kunang, lemah, mudah mengantuk dan sulit konsentrasi adalah beberapa gejala dari anemia. Alhamdulillah Minggu (2-April-2017) saya bersemangat mengikuti serangkain acara yang diselenggarakan oleh Merck dalam hal ini adalah Sangobion. Acara ini berlangsung sangat meriah di TMII, Jakarta Timur. 

Pagi itu area parkir Keong Mas bernuansa merah mempesona, dan sudah dibanjiri oleh masyarakat yang turut serta memeriahkan Pemecahan Rekor Muri "Indonesia Bebas Anemia". 


                     

Antusiasme ribuan peserta yang hadir untuk senam anemiaction



Kegiatan menarik apa aja sih yang bisa diikuti selama di sini?
Yuk disimak reportase nonamelinda :)


1. Senam Anemiaction

Apa sih Anemia itu? 
Anemia adalah suatu kondisi tidak sehat dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal.

*Hb normal untuk wanita : >12 g/dl
*HB normal untuk pria : > 13 g/dl

Hemoglobin adalah suatu zat di dalam sel Darah Merah (eritrosit) yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan menghantarkannya ke seluruh sel jaringan tubuh.




Senam Anemiaction ini adalah solusi total dalam mencegah anemia, gerakannya mampu melancarkan sirkulasi darah. Senam anemiaction ini telah dikembangkan oleh para ahli yang bermanfaat untuk mengurangi gejala anemia. 


Manfaat aktivitas fisik/olahraga :
  • Memperlancar aliran darah keseluruh tubuh
  • Tubuh menjadi bugar dan otak dapat berpikir jernih
  • Kinerja meningkat
  • Produktivitas meningkat
Tahukah anda, bahwa 30% pekerja di Indonesia terindikasi anemia karena kekurangan zat besi misalnya protein hewani, dan kaum perempuan beresiko paling banyak terkena anemia. Kenapa perempuan? Karena perempuan mengalami menstruasi, hamil&menyusui, mempunyai peran ganda sebagai ibu dan pekerja.

Gejala anemia ditandai dengan 5L, Lesu, Letih, Lemah, Lelah dan Lalai, dan ini bisa terjadi pada orang dewasa dan anak-anak.

Tenang, Anemia bisa dicegah kok, berikut ini saya kasih tips untuk mencegah Anemia :
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang, termasuk makanan kaya sumber zat besi dari sumber makanan hewani
  • Mengkonsumsi makanan yang meningkatkan penyerapan zat besi, seperti jeruk, dan makanan hewani (daging, unggas, dan ikan).
  • Tidak mengkonsumsi teh, kopi atau susu bersamaan saat makan karena akan menurunkan penyerapan zat besi dari makanan
  •  Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) sesuai anjuran
Udah pada tau kan sumber zat besi itu dari mana aja? 
Sumber Zat Besi bisa diperoleh dari : 
  1. Bahan makanan hewani, contoh : ati, daging (sapi&kambing), unggas (ayam, bebek, burung), dan ikan.
  2. Bahan makanan nabati (tumbuh-tumbuhan), tetapi penyerapan rendah. Contoh : sayuran berwarna hijau tua (bayam, daun singkong, kangkung).
Sebagian besar penduduk di Indonesia mengalami Anemia akibat defisiensi/kekurangan zat besi. Mengapa? Hal ini dikarenakan kurang mengkonsumsi makanan kaya sumber zat besi. Bahan makanan sebagian besar penduduk Indonesia berasal dari nabati, sementara zat besi dari nabati lebih sulit diserap oleh tubuh. Akibatnya, rat-rata makanan penduduk Indonesia mengandung zat gizi besi kurang rendah dari kebutuhan.

Oiya, buat kamu yang suka makan steak, sate ayam atau protein hewani lainnya minumnya pilih mineral water aja ya. Karena kalau minumnya teh/kopi ini akan menghambat penyerapan zat besi dan ini bisa mengakibatkan anemia, catet! 
Mona Ratuliu beserta teamnya melakukan senam amemia



dr. Michael Triangto (SpKO) (Spesialis kesehatan Olahraga) dan Mona Ratuliu sebagai duta kampanye Indonesia Bebas Anemia memandu senam anemiaction, gerakannya meliputi streching, squat, hamstring, sampai gerakan senam lantai yang dikombinasikan menjadi satu.


2. Pengecekan Anemia

Penasaran udah lama juga nda melakukan tes anemia, jadi tak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Nonamelinda pun ikutan tes anemia ini, dimulai dengan wawancara seputar aktivitas dan pola makan sehari-hari dilanjutkan dengan tes conjunctival (bagian bawah kelopak mata kita dilihat warnanya) nanti hasilnya bisa dicocokan dengan Conjunctival Paleness Chart. Oiya pertanyaan kuesioner bisa didapatkan di www.sangobion.co.id/bebasanemia. Yuk pada dicek, biar pada tahu hasilnya!

                  

Alhamdulillah hasil tes saya di skor 9, jadi kemungkinan tidak beresiko anemia. Si mba2nya yang wawancara juga bilang, kalau hasilnya bagus tinggal di jaga aja pola makan dan hidup sehatnya, begitu katanya :)


                     


3. Donor Darah


Ada Booth Donor Darah juga loh di sini, bagi yang ingin melakukan donor darah bisa langsung dicek kondisi kesehatannya terlebih dahulu. Syratnya diantaranya, tekanan darah minimal 110/60 - 120/80 , dan Hbnya juga harus normal. Pastikan untuk makan terlebih dahulu sebelum donor, agar staminanya makin oke setelah donor.

Ini dia Mak Ceria yang sudah berpartisipasi mendonorkan darahnya, darahnya diambil sebanyak 350 cc, kurang lebih sekitar 5-15 menit.



                        

Mak Ria berpartisipasi mendonorkan darahnya :)


4. Demo Masak bareng Chef Rudy Choirudin

Chef Rudy akan mempraktekan beberapa menu sehatnya yang bergizi yang mampu mencegah anemia yaitu Burger Daging Ayam Tempe, Sop Ayam Kampung Buah Bit, dan Xah Daging Brokoli. Menu ini diambil dari para pemenang kontes resep masakan bebas anemia yang diadakan di media sosialnya Sangobion. Nah buat teman-teman yang ingin ikutan yuk cek di media sosialnya Sangobion or klik di sini karena kontesnya cuma sampai tanggal 20 April loh, buruan siapakan kreasi masakan sehatmu untuk mencegah anemia, siapa tau beruntung kan :)



Pemenang yang berhasil menjadi CO-CHEF Rudy Choirudin.

        
5. Hiburan by Nidji Band





          

Waspada akan gejala Anemia yang bisa menggangu aktifitas Anda. Yuk bebaskan diri dari Anemia dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minuman vitamin dan zat besi menambah darah setiap hari bila perlu untuk meningkatkan kualitas hidup dan meraih kesuksesan yang diinginkan. Indonesia bebas Anemia, Lawan Anemia Tingkatkan Semangat Berkarya! Ayo dukung gerakan Indonesia Bebas Anemia.







Ini dia Pahlawan Anemia ^_^










9 komentar:

  1. Wah,seru2 acaranya artis2 juga huaaaa kalo ada aku pasti udh ngajak wefie duluan. Btw makasih tips bebas anemia nya secara aku golongan darahnya rendah euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru nan meriah, Iyo dulu aku juga begitu berkat gemar makan ikan jadi nda kliyengan lagi. banyakin protein hewani dan gizi seimbang lah pokoknya :)

      Hapus
  2. Ini event anemia yang paling lengkap ya ada senam, donor darah dan cek anemia juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kaka, seru nan meriah yo...sering2 aja ada event begini ya :)

      Hapus
  3. Jarum nya ngeri ya, aku juga takut sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk, tapi aku bangga padamu mak...Darahmu Insha Allah bermanfaat buat yang membutuhkan, sehat2 ya biar 3 bulan ke depan bisa donor lagi hehe

      Hapus
  4. Nona melinda tulisanyaaa lengkaaappppppppp 😄😄.

    BalasHapus
  5. Sederhana tapi sangat bermanfaat ya senam Anemiaction ini.
    Semoga kita semua selalu sehat.

    BalasHapus
  6. Sayangnya pas mau ikut GA bisa huaaa padahal Pgn banget ikut acara ini

    BalasHapus