Sabtu, 29 Juli 2017

Ayo Dukung Kampanye #SentuhanPenuhHarapan Untuk Generasi Sehat & Berkualitas

Tahukah anda, bayi baru lahir memiliki kulit yang lebih sensitif dibandingkan jenis lapisan kulit  orang dewasa. Kulitnya yang masih terus berkembang hingga memasuki usia satu tahun belum memiliki lapisan epidermis yang sempurna, untuk itu perlu perhatian lebih.

Fase Neonatal atau 28 hari pertama setelah bayi dilahirkan, merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi karena tubuhnya sedang mengalami perkembangan dan mengalami perubahan lingkungan yang sangat drastis, sehingga tubuhnya sangat rentan.

Tahukah anda, bahwa tingkat kematian saat masa neonatal ini masih tinggi di Indonesia. Berdasarkan data WHO pada tahun 2015, terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. Salah satu faktornya adalah karena kurang perhatiannya terhadap perawatan kulit selama masa neonatal yang menyebabkan terjadinya sepsis pada kulit bayi. Hal ini ini sesuai dengan penemuan Center for Disease Control and Prevention (CDC), bahwa ada lebih dari 1 juta kasus sepsis setiap tahunnya dan di Indonesia sendiri ada ribuan kematian bayi yang diakibatkan sepsis melalui kulit di tahun 2015.

Sentuhan dan pijatan ibu saat mandi dapat memperlancar sirkulasi aliran darah dan memperkuat daya tahan tubuh agar perkembangan si kecil terus terjaga. Dr. Bernie Endiarini Medise, Sp. A(K), MPH, selaku dokter Spesialis Anak menjelaskan "selama masa neonatal, kulit bayi sangat sensitif, maka dari itu diperlukan perawatan kulit yang efektif dan tepat bagi bayi di masa neonatalnya.

Saya percaya bahwa sentuhan ibu selama masa neonatal sangatlah penting, karena selain dapat memperlancar peredaran darah bayi dan juga meningkatkan imunitasnya, sehingga bayi akan lebih sehat, dapat bertumbuh dan hidup lebih panjang.

Karena alasan inilah JOHNSON'S Baby mengadakan kampanye "JOHNSON'S Baby Sentuhan Penuh Harapan", untuk menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat, terutama selama masa neonatal.
Selama bulan Juni dan Juli 2017 ini, JOHNSON'S Baby juga mengajak para ibu untuk berpartisipasi secara aktif untuk menyebarkan awareness tentang Sentuhan Penuh Harapan dengan cara :
  • Menyebarluaskan pentingnya sentuhan Ibu melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat melalui media sosial
  • Berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan, dimana JOHNSON'S Baby menggandeng Alfamart dan Save The Children, memberikan para ibu cara mudah bagi seluruh ibu untuk berpartisipasi, yaitu dengan pembelian minimum Rp. 25.000,- produk JOHNSON'S Baby jenis apapun di seluruh gerai Alfamart di Indonesia, JOHNSON'S Baby akan mendonasikan Rp 500,- ke Save the Children.
                                 


Dengan ini para Ibu di Indonesia telah berkontribusi dan membantu memberikan harapan bagi bayi yang kurang beruntung di Indonesia untuk hidup, tumbuh dan melihat dunia. Visi dari program ini sesuai dengan kami yaitu menyediakan kehidupan yang layak bagi seluruh anak Indonesia, termasuk bayi, dengan mengedukasi ibu-ibu Indonesia akan pentingnya perawatan kulit bayi selama masa neonatal, dan pentingnya sentuhan seorang Ibu untuk kesehatan bayi tersebut, melalui berbagai cara seperti memandikan dan memijat bayi yang tepat agar perkembangannya dalam 28 hari pertama dapat berlangsung maksimal. Inisiatif ini juga akan mendukung program ‘Maternal and Child Health’ yang akan menguntungkan 60.000 bayi baru lahir.


Stimulasi multisensory bisa dalam bentuk sentuhan, kontak mata, dan ajakan berbicara yang Ibu berikan saat memandikan si kecil dapat membantu perkembangan si kecil dan memperkuat bonding antara ibu dan anak loh.

Sensori penciuman merupakan dasar tumbuh kembang bayi. Bayi sangat terkesan oleh bau sekelilingnya saat baru dilahirkan. Bau yang menyenangkan buat bayi (wanginya sesuai dengan sensitifitas indra penciuman bayi) terbukti meningkatkan ketenangan, perhatian dan mood bayi serta mengurangi stress pada bayi. Memandikan bayi dengan sabun cair yang wanginya sesuai dapat membantu bayi tetap tenang dna rilaks. Sabun cair yang wanginya sesuai meningkatkan ikatan batin ibu dan bayi. 

Yes, bayi begitu lahir belajar lingkungan sekitarnya melalui indra sensorinya. Merangsang awal potensi komunikasi, emosi positif, kecerdasan, motorik halus/kasar yang nantinya ini akan membentuk karakter pada bayi menjadi ceria, sehat, cerdas, kreatif, mandiri dan santun. 



Berikut ini cara memandikan bayi dengan benar :
  1. Siapkan perlengkapan mandi, air suam-suam kuku, handuk, kapas, cotton bud, pakaian dan produk perawatan kulit bayi. Oiya bayi boleh diperkenalkan mandi dengan air dingin mulai usia 6 bulan atau satu tahun ke atas dengan melihat kondisi bayai terlebih dahulu (karena setiap bayi keadaannya berbeda-beda).
  2. Bersihkan bagian mata, telinga dan tali pusat dengan kapas yang telah dibasahi.
  3. Lepaskan pakaian bertahap, gunakan sabun pembersih yang lembut, dan usap bagian kepala hingga badan.
  4. Bersihkan daerah mulut, pipi, dagu, daerah lipatan dan kelamin.
  5. Keringkan tubuh dengan baik menggunakan handuk yang lembut dengan cara ditepuk-tepuk.
                          

                           
Sentuhan penuh harapan Ibu yang lembut dan penuh kasih sayang selama memandikan si kecil, setelah itu berikan pelukan hangat ibu setelah mandi karena ini dapat mendukung perkembangan si kecil yang sehat dan bahagia. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa sentuhan Ibu mendorong perkembangan sosial-emosional yang sehat dan meningkatkan keterampilan motorik pada si kecil. Yuk, selalu berikan sentuhan hangat dan penuh cinta untuk si kecil.
                     




Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, silakan cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby di sini :

Instagram : @johnsonsbaby_id 
Twitter : @JohnsonsBaby_ID  
facebook : https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia
  

18 komentar:

  1. Sampai saat ini masih setia pakai produk Johnsons baby, baby oil, bedak sama colognenya πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka sabun cairnya sama colognenya...hampir semua wanginya kusuka :)

      Hapus
  2. aku seentuhhh sama yang penuh cinta mau juga

    BalasHapus
  3. Wow Jhonson aku suka banget baby oil nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, wnaginya enak dan lembut ya dikulit :)

      Hapus
  4. Produk Johnsons baby memang pilihan tepat untuk si kecil karena sudah teruji dengan baik

    BalasHapus
  5. Wah ternayata periode neonatal pada bayi baru lahir harus dengan perawatan yang tepat dan sentuhan pijit ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, dengan di pijit juga mampu meningkatkan bonding :)

      Hapus
  6. Lucunya boneka bayi itu , jadi kepingin punya untuk mainan Bilqis. Program Sentuhan penuh harapan ini sangat keren menurut saya, dengan Rp 25. 000 kita sudah berpartisipasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, Betul sekali smoga makin banyak yang terinspirasi dengan inovasinya ini ya. Bayi dna Ibu sehat untuk generasi Indonesia lebih sehat dan cemerlang :)

      Hapus
  7. mandi tuh ritual favoritku sama Sagara. Dia udah mandi air dingin di usia 3 bulan, pastinya dengan kondisinya yang baik ya..seneng banget Sagara kalau mandi sambil main air juga.Sentuhan ibu saat memamdikan itu ternyata ada manfaatnya ya, bukan sekedar mandi aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Busui, Alhamdulillah Sagara tumbuh menjadi anak yang sehat ya. Peyuk sayang buat Sagara :)

      Hapus
  8. Tinggal dipraktekkan aja nih ya Mel. Semoga secepatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, Makasih yo doanya. Masih banyak belajar ini hehe

      Hapus
  9. memandikan bayi memang kudu bener ya caranya. nggak cuma soal safety tapi juga manfaatnya sentuhan buat bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, betul banget mba. Momen memandikan bayi bisa jadi Me Time buat Ibu&Bayi ya :)

      Hapus