Kamis, 20 Juli 2017

Ceritaku Mengikuti Workshop Blogging Bersama ISB&Repzone

Bismillahirrahmanirrahiim...
Assalamu'alaikum genks ^^


Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia kan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian (Pramoedya Ananta Toer)


Saya meyakini jika semua orang itu bisa "menulis", coba deh perhatiin status teman-teman di dunia maya seperti Facebook, IG dls. Terkadang pada suka curhat atau nulis status iseng bahkan ada yang suka cerita kesehariannya dan itu banyak yang menyentuh dan menginspirasi loh...sadar nda? Walaupun tulisannya panjang tapi kalau enak dibacanya, menarik saya akan baca sampai selesai apalagi setelah membacanya saya mendapatkan inspirasi/manfaat makin mengalir itu pahala sang penulis :)


Biar tulisannya banyak yang baca, wajib banget punya BLOG! Terus tiap update tulisan jangan lupa di share di semua sosial media yang kamu punya, biar apa? Ya biar banyak yang baca dunk ^_^ Jadi teruslah menulis...dan menulis biar dunia tahu akan kebearadaanmu! Jangan ragu untuk memulainya. Dulu saya juga ragu-ragu bisa nda ya? Tapi kalau nda dicoba ya nda akan tahu, lama-lama nanti juga terlatih dan menemukan "passion" nya. Kalau udah nemu passionnya enak nih, jadi semangat karena ini akan mendatangkan energi luar biasa hehe. 


Saya pribadi masih gado-gado tulisannya (campur-campur) maksudnya, dari kuliner, kesehatan, parenting, dls. Maklum masih belajar juga sih ini xixixi...Makanya pas ISB ngadain workshop blogging saya ikutan daftar.



Weekend kemarin tepatnya tanggal 16 Juli 2017, saya mengikuti workshop dengan tema "Blogging : Hobi dan Profesi" yang diselenggarakan oleh komunitas ISB dan Repzone dengan narasumber Teh Ani Berta. Waktu registrasi sempet tanya sih ke panitianya berapa orang yang kira-kira hadir dalam workshop ini, katanya 60 orang. Wow, sempet takjub dan kaget juga sih dengan banyaknya peserta hehe. Ternyata banyak yang antusias belajar blogging ya, terbukti yang datang dari  berbagai kalangan, dari yang baru belajar ngeblog, dokter, dan tentunya para blogger yang selalu ingin update ilmu...Salut deh :)

Berlokasi di gedung Republika, Jl. Warung Buncit No. 37 Jakarta Selatan, lokasinya sangat strategis karena bisa dijangkau dengan transportasi kereta CL turun di stasiun Pasar Minggu lanjut naik ojek online ataupun metro mini no. 75 turun deh di depan Republika tinggal nyebrang hehe. 


                               


Saya sangat antusias belajar blogging dengan mengikuti workshop seperti ini karena selain tambah ilmu juga tambah teman atau networking, apalagi narasumbernya sudah kompeten seperti teh Ani Berta yang suka berbagi tips ini :)





Acara dibuka oleh MC kocak Rahayu Saputro, diawali dengan sebuah games yang bikin kita ketawa ketiwi karena main cepet-cepetan nangkap jari sesuai arahan si MC. Biar pada fokus and nda tegang yaa genks ^^



Mc nya ngajakin main games dulu nih :)

Oia tadi saya kan sebut-sebut Repzone, kayaknya belum banyak yang tau deh. Saya sendiri aja baru tau pas mengikuti workshop ini *eh 


Repzone adalah kelas sosial media yang di bentuk oleh Republika dalam kurun waktu 6 bulan ini. Said selaku ketua pelasana berharap bahwa dengan adanya komunitas Repzone ini mampu memberikan manfaat buat teman-teman yang ingin belajar mengenai dunia sosmed. Kedepannya komunitas ini bisa berkembang besar supaya manfaat yang diberikan juga besar. Smoga Media massa dan sosmed bisa tumbuh saling membesarkan. 


Fyi Teh Ani Berta mulai menuliskan blognya di tahun 2008, dari isinya tentang curhatan anak, atau tips bekerja dikantornya hingga mencoba menulis di platform detikblogspot. Ibu satu anak ini memang sudah menyukai dunia menulis sejak kelas 4 SD, karena hobi mengarang dalam pelajaran Bahasa Indonesia kala itu. 


Pengertian Blog


Blog berasal dari kata web log yang artinya log in weblog atau masuk dalam weblog. Keberadaan blog ini ada sejak internet diciptakan. Justin Hall, mahasiswa Amerika pada tahun 1994 memperkenalkannya dan di Indonesia baru populer di tahun 2004. Tahun di mana saya baru masuk kuliah ini, dan saya inget banget bikin blog pertama itu menggunakan wordpress untuk mengerjakan tugas mata kuliah. Bersyukur punya dosen yang kekinian dan melek teknologi haha.


Jadi apa itu blog? Blog itu media atau wadah untuk menuliskan sesuatu/tulisan berupa ungkapan pribadi pemilik blog atau konten tertentu sesuai tujuan pembuatan blog oleh pemiliknya. 


Jenis platform blog ada blogpost, wordpress, blogdetik, Thumblr, dan Domain Sendiri. Menurut saya pribadi blogpost lebih user friendly sih soalnya awalnya saya juga menggunkaan blogpost setelah penah menggnkaan wordpress :)




Tujuan Menulis Blog 

Kalau ditanya tujuan menulis blog, pasti jawabannya beragam ya genks!

Depand on your self lah ^_^

Nah ini beberapa tujuan ngeblog yang dipaparkan dalam workshop :

  • Menuangkan ide dalam bentuk Opini, Essay atau membuat karangan Fiksi
  • Jembatan informasi
  • Merekam dan berbagi informasi
  • Arsip kehidupan
  • Menciptakan sejarah sendiri
  • Ekspresi
  • Refreshing Healing
  • Mengisnpirasi pembaca
  • Membuka banyak peluang



Bahan Untuk Artikel Blog 

  • Lingkungan sekitarnya
  • Kejadian yang ditemui di suatu tempat
  • Pengalaman pribadi
  • Pengalaman orang lain
  • Penelitian ilmiah
Bingung mau mulai menulis dari mana terus mau nulis apa? Tenang begitu banyak cara kok untuk mendapatkan inspirasi, misalnya dengan membaca buku favorite, update berita, ngobrol bareng sahabat or teman-teman, atau saat menghadiri event dls. 

Saat kita menulis blog kita harus rajin observasi, survey, rajin baca, berinteraksi dengan orang, banyak hal possitif  yang kita peroleh. Bener nda? Alhamdulillah dengan menulis dan punya blog jadi punya kesempatan liputan ke sana kemari hehe.

Rosinta Gabriela gadis belia yang memiliki alamat blog di www.loveissinta.blogspot.co.id ini awalnya adalah seorang kuis hunter yang sering menang dan melalang buana dari hadiah kuis yang diraihnya, nah berkat support dan masukan dari teh Ani akhirnya sinta membuat blog untuk mengarsipkan pengalamannya. 

Berkat ngeblog ia juga mendapatkan berbagai tawaran job loh, smoga ini mampu menjadi penyemangat kita untuk terus menulis sesuatu yang bermanfaat ya genks :) Karena berbagi tulisan yang bermanfat buat orang lain juga bagian dari sedekah loh. 

Bagaimana memilih nama/alamat blog? 

Sebaiknya sih menggunakan nama sendiri/yang mudah diingat sekalian branding gitu, kalau namanya agak alay atau susah diingat kan repot jadinya hehe. Contohnya blog saya ini www.nonamelinda.com ini teman yang ngasih referensi, simple dan mudah diingat kan? Walaupun sempet ada yang nanya kan udah menikah kenapa nda nyonyamelinda gitu? hahaha.


Hal Penting Dalam Kegiatan Ngeblog 
  • Update rutin, buat jadwal dari seminggu sekali
  • Share artikel di google+ dan Sosial Media Facebook, Twitter, Instagram
  • Investasi gambar, vidio, design
  • Update skill/ilmu dengan mengikuti workshop, talkshow, event
  • Banyak membaca
  • Networking
Ada cerita menarik nih, waktu awal ngeblog saya belum banyak tau tentang apa itu blogwalking dan manfaatnya. Jadi saat itu saya lagi ingin baca yang ringan-ringan dan juga cari referensi liburan, pas ada yang update blog mengenai liburan saya langsung klik lalu baca. Pas buka blognya langsung tertarik karena selain tulisannya enak dibaca juga menampilkan foto-foto liburan yang mempesona...asli gambar foto liburannya bikin ngiler, fotonya pun juga bagus bak foto sang fotografer handal! 

Saking asyiknya saya sampai baca 3 postingan bertema liburan diblognya tersebut, walaupun isinya panjang tapi saya beneran menikmatinya dan membacanya sampai selesai. Selain itu saya juga meninggalkan jejak alias komen di ketiga postingan blog yang saya baca. Ada yang membuat saya terkejut ke esokan harinya. Apakah itu? Mau tau jawabannya, jadi itu orang yang punya blog berkunjung ke blog saya juga memberikan komentarnya di 3 postingan saya. Duuuh jadi malu, hehe...padahal saat itu saya tidak mengharap akan dikunjungi balik (orang belum paham soalnya, kalau sekarang sih maunya kalau komen juga dikomen balik *eh).

Sejak saat itu saya jadi bertekad untuk rajin meninggalkan jejak setiap baca postingan blog dari teman-teman, karena dulu punya kebiasaan abis baca ya udah byebye tanpa meninggalkan jejak dulu. Sekarang nda boleh kayak gitu lagi.

Tahukah kamu kalau blogwalking itu banyak manfaatnya loh, sebagai booster juga pencarian di google. Adanya interaksi antara pembaca, menandakan blognya aktif dan ini menjadi nilai positif buat kita karena terkadang brand melirik yang postingan blognya komennya rame. Ini juga bisa buat naikin DA kedepannya. 

Oiya ketika ngeblog atau menulis foto/vidio juga bisa dijadikan pelengkap sumber informasi loh. Usahakan selalu mencantumkan sumber foto itu diambil dari mana ya, jangan asal main ambil aja karena itu melanggar hak cipta. 

Ada yang pernah ngerasain hasil fotonya dicuri orang lalu dipublikasikan di media? Duuh sakitnya tuh di sini :( Kejadian ini pernah dialami oleh penulis serta fotografer senior bapak Dian Kelana. Salah satu fotonya diambil dan dipublikasikan di media, duh kalau mau nuntut juga prosesnya panjang. Saya salut sama semangatnya bapak Dian Kelana ini, di usianya yang ke 62 ini masih semangat belajar dan berbagi lewat tulisan dan foto-foto nya yang ciamik!


Oke, udah dulu ya ceritanya semoga bermanfaat...semoga semakin semangat buat menulis sama ngeblognya ^_^

Para peserta workshop yang eksis bin narsis ^^



******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar