Kamis, 13 Juli 2017

Penuhi Nutrisi dan Hidrasi dengan Seimbang Agar Puasa Sehat&Bugar

Assalamu'alaikum, 


Hallo teman-teman apa kabar? Ramadhan emang udah usai, tapi semangat Ramadhan semoga masih berkobar yaa hehe...Maksudnya ibadah-ibadah yang biasanya dilakukan rutin tiap Ramadhan seperti sholat berjamaah, tilawah, sedekah, dls. 

Oiya teman-teman udah ada yang mulai membayar utang puasanya belum? atau malah udah ada  yang LUNAS bayar utang puasanya kemudian lanjut puasa Syawal? :) Nda berasa ya, kalau sekarang udah tanggal 20 Syawal. 

Bulan Ramadhan kemarin saya beberapa kali berbuka puasa di luar, seperti biasa undangan event berdatangan jadi ya harus selektif biar suami nda cemberut ditinggal istri tercintanya buka di luar melulu, jadi seminggu paling ambil 2-3 kali event tentunya jika di izinin, bersyukur punya suami yang support dan juga pengertian :) 

Bulan lalu, (duh expired banget yaa xixixi...maafkan yak hehe), tepatnya Selasa 6 Juni 2017  saya menghadiri undangan buka puasa bersama Grup Danone yang bertempat di Skylove, All Seasons Hotel, Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri oleh beberapa media juga bloggers.
Tema ngabuburit sehat ala Donone ini adalah "Membiasakan Hidup Sehat Sejak Bulan Puasa dengan Penuhi Nutrisi dan Hidrasi".
Telah hadir dua narasumber yang akan berbagi ilmunya yaitu :
  1. Dr. Dian Permatasari, M. Gizi, SpGK selaku Dokter Spesialis Gizi Klinik
  2. Bapak Karyanto Wibowo selaku Direktur Pembangunan Berkelanjutan Grup Danonen Indonesia.
Lokasi hotelnya tidak jauh dari stasiun Sudirman, jam 3 sore saya udah mendarat cantik di All Season hotel padahal acaranya mulai jam 4. After sholat langsung menuju skylove, lokasi dimana nanti diadakan buka bersama. Aaaah senangnya pas registrasi di infoin sama mbanya ini kupon untuk refleksi ya mba..silakan dimanfaatkan. 

Sebelum dimulai acaranya, kami para undangan yang sudah datang dimanjakan dengan pijat refleksi gratis selama kurang lebih 5 menit hehe, aah so happy lumayan nih refleksi sebentar sambil menikmati pemandangan dia atas gedung bertingkat yang anginnya sepoi-sepoi :)

Ada juga penampilan marawis dari adik-adik ini, yang membuat suasana Ramadhan kala itu jadi lebih terasa.


Sebuah kiriman dibagikan oleh Melinda イチゴ Niswantari (@nonamelinda) pada 


Btw udah naik/turun berapa kilo berat badannya? Hehe...Momen puasa biasanya dimanfaatkan untuk diet oleh sebagian orang, siapa yang kayak gini? Ayo ngaku :) Tak ada yang salah kok selama niatnya benar, tetap niat puasa Ramdahan, bonusnya sehat segar bin langsing selama pola makan saat sahur dan berbuka dijaga. Jangan lapar mata saat berbuka, apa aja dibeli dan dimakan yang ada bikin perut begah ntar haha.

Puasanya sejatinya membuat badan kita lebih sehat segar dan bersemangat, jika dijalankan dengan benar kenapa? Karena saat berpuasa tubuh kita beristirahat (organ-organ yang bisanya bekerja mencerna makanan yang kita makan jadi ada waktu istirahatnya saat puasa), menurunkan kadar gula darah dan asam lemak serta perbaikan profil lemak, detoksifikasi atau membuang racun, menjaga kestabilan juga menurunkan berat badan serta melindungi kita dari berbagai penyakit non infeksi seperti stroke, jantung, diabetes, gagal ginjal, kanker dan gagal hati.

dr. Dian Permatasari menambahkan bahwa puasa yang sehat juga harus diikuti dengan istirahat yang cukup serta olahraga rutin dengan intensitas ringan. Percaya deh kalau itu, saya sendiripun alhamdulillah masih berolahraga rutin setiap hari selama berpuasa seperti jalan kaki 15-30 menit per hari. Ini saya lakukan saat pagi hari or sore hari, tergantung situasinya. Badan berasa enak banget, apalagi kalau udah kena matahari  pagi makin seger deh hehe.

dr. Dian Permatasari



Teman-teman selain nutrisi yang cukup, perhatikan juga ya asupan atau kebutuhan cairan pada saat berpuasa agar terhindar dari kesulitan berkonsentrasi, mudah mengantuk juga sering sakit kepala. Ayo siapa yang suka mengalami gejala begitu saat puasa? Bisa jadi itu karena kekurangan cairan alias kurang minum, nah ini dr. Dian Permatasari kasih formulanya 2-4-2 yang artinya 2 gelas diminum pada saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur. 


Yuk manfaatkan puasa sebagai titik awal hidup sehat dengan cara pemenuhan nutrisi dan hidrasi melalui asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka. Sudah benarkah pola makn kita?

Monggo dicek, menu sahur dan berbukanya apa aja selama ini ^_^
Saya sendiri mempunyai tips sehat saat sahur dan berbuka, mau tau nda?

Sahur ala nonamelinda :
  1. Selalu mengawali dengan makan yang manis-manis dan segar, misalnya kurma/buah-buahan (usahakan ganjil ya makan kurmanya, sesuai dengan sunah rasul agar mendapatkan keberkahannya, Aamiin)
  2. Minum 2 gelas air putih
  3. Mengakhirkan sahur, jam 4 an mulai makan nasinya jadi ada jeda nya setelah makan buah. Kalau sahurnya kepagian takut malah ngantuk (kalau saya sih begitu hehe). Jadi serignya bangunnya jam 3/3.30. Menu makan sahurnya juga yang simple, yang penting ada sayur, lauk pauk (nabati/hewani), dan juga karbonya dunk hehe. Entahlah saya kalau makan nasi sama sayur aja itu kurang berselera, wajib ada lauknya. Beda sama suami saya yang mau makan apa aja dan apa adanya haha. Ini kebiasaan juga sih ya, kalau lauk pakai nasi aja masih bisa :)
  4. Jika merasa ngantuk tak tertahankan selepas makan sahur, boleh tidur asalkan posisi tidurnya jangan berbaring ya, tapi usahakan buat senderan dengan bantal agar pencernaanya berjalan lancar.
Berbuka ala nonamelinda :

  1. Sama seperti sahur sih ini, selalu mengawali dengan yang manisnya alami jika tak ada baru deh minum air putih. Pokoknya usahakan jangan langsung minum teh manis, kolak, apalagi gorengan, NO! Kenapa? Kasihan perut or lambungnya, nanti kaget perut udah kosong selama berjam-jam langsung di isi yang berat-berat. Duh its not health for your body genks, please dont do it yes!
  2. Makan jangan langsung banyak, makan Takjil dulu ya istilahnya. Setelah itu sholat magrib baru deh makan besar kalau belum lapar bisanya setelah taraweh baru makan besarnya hehe. Tau sendiri lah ya, saat puasa itu kalau udah ketemu yang segar-segar bawaanya udah kenyang aja haha...saya gitu soaolnya, apalgi kalau abis minum kelapa muda hehe
  3. Selalu sediakan menu yang seimbang dan bergizi (ingat Piramida makanan pokoknya)
  4. Kurangi ngemil atau mengkonsumsi makannan kemasan seperti ciki-cikian, wafer yang notabennya enak banget ya, gurihnya itu bikin lidah nda mau berhenti ngunyah haha. Tau kenapa? karena lemak trans/lemak jahat ini banyak ditemukan dimakanan kemasan.
  5. Monggo dilanjutkan jika ada tips lainnya xixixi
Saat diskusi dr. Dian Permatasari juga mengatakan bahwa sebaiknya perbandingan protein nabati dan hewani itu 1:2. Who sendiri merekomendasikan kebutuhan vitamin dan mineral sekitar 3-5 porsi per hari. 



Bapak Karyanto Wibowo
                            
Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman yang memiliki misi untuk membawa kesehatan bagi sebanyak mungkin orang melalui produknya. Misi ini diperkuat dengan komitmen ganda perusahaan yaitu kemajuan ekonomi harus sejalan dengan kontribusi sosial. 

Bapak Karyanto Wibowo menyatakan bahwa sejak tahun lalu komitmen ganda ini diperkuat dengan diluncurkannya Danone Manifesto, yang mana ini merupakan komitmen Danone untuk memimpin Alimentation revolution dengan mendukung masyarakat untuk mengubah pola makan dan minum yang lebih sehat untuk masa depan yang lebih baik. Selain itu kami percaya bahwa makanan yang sehat didapatkan dari alam yang sehat, untuk itu danone selalu berupaya untuk menjaga kelestaariannya.

Pada kesempatan kali ini bapak  Karyanto Wibowo juga memaparkan beberapa program Danone atau CSR nya. Selain fokus pada kesehatan masyarakat juga fokus pada peningkatan kualitas air dan pengelolaan sampah makanan. Salah satu contohnya adalah adalah mengumpulkan sampah botol plastik air mineral yang nantinya akan didaur ulang menjadi sebuah karya yang bermanfaat tentunya. Seperti bantal unik ini adalah bingkisan cantik yang diberikan untuk seluruh undangan yang hadir. Percaya nda jika bantal empuk ini terbuat dari botol plastik? ^_^



Aaaah semoga program-program kecenya Danone ini terus menyebar ke semua penjuru nusantara dan semakin banyak orang yang peduli dan bijak dalam memanfaatkan sampah juga peduli dengan lingkungannya. 






*******

2 komentar:

  1. Bu dokter banyak banget yang enggak bolehnya, hahah... Iya sih biar makin sehat ya, baik lagi puasa ataupun enggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi...Pokoknya menghindari menu yang sekiranya tidak baik untuk tubuh kita ya mbak, sehat itu butuh proses dan perjuangan pastinya hehe

      Hapus