Senin, 28 Agustus 2017

Festival Ngidam SGM Bunda Kini Hadir di Mall Summarecon Bekasi loh!

Bismillahirrahmanirrahiim,



"Masa Hamil & Menyusui yang Penuh Kebahagiaan"

"Hamil atau menyusui syarat untuk mendapatkan semua keistimewaan"


Pengen rujak mangga yang asem, pengen yang pedes-pedes, pengen es krim, pengen ini pengen itu..... hihihi Alhamdulillah ya. Hayo siapa yang sekarang lagi ngidam. Selamat ya bunda yang sedang ngidam. Sekarang bunda lagi pengen apa nich? Dari yang saya sebutin diatas, ada yang masuk daftar ngidamnya bunda nda? Semoga aja nda ngidam pas tengah malem terus minta dibeliin ke suami tercinta ya bun n_n. Jadi ngidamnya bisa diturutin dan debaynya nda jadi suka ngiler nanti pas sudah lahir (hehehe). Tapi kalau kata para ahli, ngidam yang nda diturutin dan bikin ngiler itu nda bener ya bun.


Kamis tanggal 24 Agustus 2017 lalu, saya menghadiri "Festival Ngidam SGM Bunda" bersama Media dan Blogger bertempat di Susana Restaurant, Aston Hotel Kuningan, Jakarta. Festival ngidam? Apa itu, kelihatannya seru sekali ya bunda :)

Jadi ngidam itu apa sih, kalau nyari di kamus besar bahasa indonesia (KBBI) belum nemu sih artinya. Tapi kalau kata cari kata dasarnya yaitu idam, bunda bisa nemu kata mengidam yang artinya adalah ingin sekali mengecap sesuatu (ketika hamil muda). 

Nah jadi intinya ngidam itu adalah besarnya dorongan keinginan akan sesuatu hal yang dialami oleh bunda yang sedang hamil dan pada umumnya keingiannya terkait dengan konsumsi makanan atau minuman tertentu. Sedikit informasi ya bunda informasi yang saya dapetin dari Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K), keinginan ngidam biasanya dipicu oleh fluktuasi hormon yang signifikan sehingga terjadi perubahan sensitivitas indera selama kehamilan. Salah satunya yaitu indera perasa yang membuat bunda cenderung menginginkan jenis makanan atau minuman tertentu. 

Mengapa ibu hamil mengidam?
Hal ini dikarenakan kehamilan berhubungan dengan perubahan petida opioid endogen (POE), ada hubungan kuat antara POE dengan asupan makanan. 

Kadar POE Berubah Pada Kehamilan
  • POE meningkat pada kehamilan
  • Beta-endorfin meningkat
  • Met-enkefalin hipotalamus meningkat
  • Jumlah reseptor opioid menurun
  • Kadar dynorphin plasma 2x lipat pada trimester ketiga
Selain itu bunda, ternyata dari sisi psikologis seperti yang diutarakan oleh Tara de Thouars, BA, M.Psi, perasaan ngidam muncul karena adanya rasa cemas dan khawatir yang sering dialami oleh bunda pada saat kehamilan sehingga ngidam cenderung dijadikan cara oleh para bunda agar dapat memberikan rasa nyaman dan mengurangi kecemasan berlebih.



Dengan adanya perasaan ngidam ini dan bunda yang kesulitan mengontrol keinginan makan atau minum sehingga bunda hanya memakan makanan dan minuman tertentu, dapat berdampak pada tidak tercukupinya kebutuhan nutrisi untuk buah hati kita. Jadi bunda hati-hati ya dalam mengontrol asupannya. 

Efek buruknya kalau bunda nda bisa ngontrol keinginan ngidam, dapat dilihat dari data Riskesdas tahun 2013. Dari data tersebut menginformasikan bahwa angka bayi kecil dengan berat dibawah 2.5 kg mencapai 10.2% dan bayi dengan badan pendek yaitu dibawah 48 cm mencapai 20.2%. 
                      
Perubahan di masa kehamilan

                       

                         
Jadi bisa dilihat ya bunda, masih tingginya angka bayi yang kekurangan nutrisi di Indonesia. Memang seharusnya ngidam yang kita alami, kita arahkan ke makanan yang bergizi yang dibutuhkan buah hati kita. Hal-hal kecil yang bisa kita pilih seperti menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang berkadar gula tinggi atau berminyak. Kalau kita pengen yang manis, kita arahin buat makan buah atau jus saja ya bunda, sama-sama manis namun lebih bergizi. Selain itu perhatikan juga konsumsi air minumnya ya bunda, sebaiknya bunda mengkonsumsi air mineral 10 gelas sehari.

Nah bunda, SGM sebagai produsen produk SGM Bunda sangat peduli dengan kondisi yang dihadapi oleh para bunda ini. SGM Bunda menginginkan agar para bunda menikmati masa ngidam dengan sehat dan bahagia, oleh karenanya SGM Bunda menghadrikan “Festival Ngidam SGM Bunda” di Mall terkemuka di Bekasi yaitu Summarecon Mall Bekasi yang akan berlangsung pada tanggal 2-3 September 2017. 


SGM Bunda ingin mendukung Bunda di masa ini dengan memberikan berbagai keitimewaan & hal-hal yang menyenangkan serta membahagiakan untuk Bunda.

Bagi bunda yang pastinya ingin sajian kuliner yang lezat dan bergizi ada Ngidam Jajan. Selain itu ada juga Ngidam Dimanja yang isinya fasilitas perawatan kecantikan, pijat relaksasi sampai musik hamil. Dan ada juga nih buat para Bunda yang pengen eksis walaupun sedang hamil, namanya Ngidam Eksis yang acaranya adalah fashion show dan photo booth. 

Ada bonus lagi nih bunda, hehehe namanya Ngidam Ketemu Artis. Puas-puasin ketemu artisnya ya bunda n_n. O iya, ada juga edukasi buat para bunda lho. Disana ada kegiatan edukasi yaitu talk show mengenai nutrisi masa kehamilan, perencanaan keuangan saat persalinan dan dukungan psikologis buat bunda saat hamil dan menyusui. Ada juga kelas senam hamil, edukasi laktasi, tips cantik saat hamil dan menyusui dan demo memasak makanan yang lezat dan bernutrisi. Aaaah saya jadi excited banget ini pengen ngerasain hamil juga lalu dimanjain dengan ikutan acaranya ini, pasti seru dan bikin para bumil happy ya :)



Puluhan ribu bunda hamil di Jawa dan Sumatra telah mendapatkan edukasi nutrisi dan akses USG gratis. Ini saya berfoto dibelakang foto para bumil yang sudah mendapatkan fasilitas gratis tersebut :)

   
Suasana saat sesi Q&A dengan para narasumber 

Nah bunda-bunda yang sedang hamil jangan lewatkan event Festival Ngidam SGM Bunda ini ya, ayo ajak suami tercinta dan keluarga untuk merayakan momen kehamilan yang penuh kebahagian dan edukasi bersama SGM Bunda di Mall Summarecon Bekasi, enjoy your pregnancy ya Bunda-bunda hebat :)




*******


6 komentar:

  1. Aah seru festival ngidam..jadi pengen ngidam euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo seru banget, smoga disegerakan ya cin :)

      Hapus
  2. Aku juga mau datang aah ke Festival Ngidam penasaran kaya apa serunya bisa ngidam jajan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik, pasti seru dan meriah yo kaka :)

      Hapus
  3. Aku suka banget ngidam, kalau ngidam itu katanya kudu diturutin, tapi aku belum pernah ngidam loh. Pernah saking pinginnya ngidam, aku pingin payung transparan karena ngelihat vidio klipnya AB Three jaman dulu, tapi enggak ada ya udah, selesai, gak berefek apa-apa. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi, ngidam itu emang biasa dialami sama bumil yo mba :)
      Selama ngidamnya nda aneh2 mah oke2 aja ya hehe

      Hapus