Sabtu, 30 September 2017

4 Tips Ini Jadikan Liburan Ke Luar Negeri Pertama Kalimu Berkesan!

sumber:teachaway.com 
Sedang lihat-lihat harga tiket garuda dan tertarik membeli tiket ke luar negeri tapi masih bingung langkah apa saja yang harus diambil? Ke luar negeri tak sejelimet yang kamu pikirkan, kok. Asalkan kamu mengikuti prosedur yang ada. Buang deh jauh-jauh pikiran kalau ke luar negeri haruslah orang kaya dan berduit, padahal dengan budget yang sesuai dikantong sudah bisa mengantarkan kamu ke luar negeri. 

Jadi, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum ke luar negeri? Simak 4 tips ini ya :) 
  • Siapakan Paspor dan Visa
Btw ini ya, utuk memasuki sebuah negara tentunya membutuhkan dokumen-dokumen seperti paspor, visa jika negara yang kamu masuki tidak bebas visa, dan juga tanda pengenal seperti KTP dan lainnya. KTP ini untuk berjaga-jaga saja sih, dan juga merupakan bukti kalau kamu orang Indonesia. Juga buat check-in pesawat domestik.

Menariknya untuk membuat pasor, kini tak perlu ribet lagi sekarang. Karena sudah bisa langsung mendaftar online dan mengisi data-data yang diperlukan sebelumnya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dokumen pendukung seperti ijazah terakhir, KK (kartu keluarga), akte lahir, KTP, dan persyaratan lainnya.

sumber:depok.imigrasi.go.id

Jika memungkinkan, coba pilih E-Passport deh yang tentunya akan memberikan banyak kemudahan. Untuk berjaga-jaga dan tidak mepet, buatlah paspor setidaknya 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Karena terkadang, paspor juga sering digunakan untuk booking tiket pesawat juga. Jika sudah mengantongi paspor, buatlah visa jika negara yang kamu tuju tidak bebas visa, oke guys lets trip hihi...

Meski pembuatan visa cukup rumit, mulai dari formulir online, kadang juga melampirkan buku tabungan, sampai biayanya yang tidak murah. Untuk itu mending pergi ke negara yang bebas visa (negara ASEAN maupun Jepang dll), atau yang menerapkan Visa On Arrival (VOA) yang bisa diurus di imigrasi bandara negara tujuan.

  • Berburu Tiket Pesawat Murah 
Nah saya punya referensi nih guys buat kamu yang ingin mendapatkan tiket murah, ada baiknya cari tiket promo pesawat jauh-jauh hari deh. Tapi, jangan asal membeli tiket yang memiliki harga lebih rendah. Karena, harga rendah bukan selalu murah loh ya, catet! Maksudnya adalah, jika kamu membeli tiket yang murah tapi tidak nyaman dan membuatmu harus mengeluarkan dana lain untuk pijat atau malah membeli obat pegal-pegal kan sama saja bohong. Mending membeli tiket agak tinggi sedikit, namun memberikan kenyamanan lebih. Betul nda hehe...

sumber:sheknowws.com

Contohnya seperti membeli tiket pesawat Garuda. Siapa yang menyangsikan kenyamanan terbang dengan Garuda? Tiket garuda kelas ekonominya saja sudah mendapatkan penghargaan sebagai maskapai dengan kelas ekonomi terbaik. Percaya deh sama maskapai ini, bete juga kali kalau mau travelling terus pesawatnya delay :( So pilih maskapai juga penting ya untuk kenyamanan kita :)
  • Siapkan Tempat Menginap 
Hai kalian termasuk tipe Traveller yang gimana nih? Traveller yang ‘gimana nanti’, hal ini tidak berlaku jika pergi ke luar negeri. Kamu wajib memesan penginapan jauh-jauh hari. Jangan sampai bisa travelling kesana, tapi bingung harus tidur di mana haha.

Penginapan ini bisa disesuaikan dengan budget kamu kok! Kalau kamu kesana dengan budget mepet, hostel bisa jadi pilihan, couchsurfing atau Air BnB yang sudah menyediakan penginapan lengkap dengan kuliner khasnya. Intinya penginapan itu sama pentingnya dengan tiket penerbangan dan mengurus Visa. Beberapa negara juga mewajibkan mencantumkan alamat menginap selama berpergian sebagai syarat pengajuan Visa.
  • Lakukan Riset dan Tukarkan Rupiahmu 
sumber:hargen.co.id




Least but not last, ini penting banget! Kamu bisa melakukan riset dengan bertanya pada Google, atau grup traveller, bahkan kamu juga bisa bertanya pada teman sesama warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri. Setelah itu, kamu jadi bisa mengatur kemana saja kamu akan pergi, dan jangan lupa untuk menukarkan uang rupiahmu di dalam negeri ya guys

Semoga 4 tips yang sudah saya informasikan bisa bikin liburanmu berkesan ya guys. Selamat berlibur dan berpetualang...Happy Travelling :)



******

2 komentar:

  1. Hepiii banget dah jalan jalan mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo mih, refreshing biar tetep waras sehat lahir dan batin :)

      Hapus