Kamis, 14 September 2017

Fun Discussion : "Karena Setiap Susu Itu Berbeda" So Jangan Salah Pilih!

Bismillahirrahmanirrahim,


Susu merupakan sumber nutrisi tapi bukan segala-galanya, jadi jika ada anak usia 1/2 tahun tapi enggak minum susu ya gak papa asalkan kebutuhan nutrisnya terpenuhi dari apa yang dikonsumsinya setiap hari. Masih adanya anggapan bahwa jika anak sudah lepas ASI ekslusif perlu ditambah sufor, padahal tidak begitu anjurannya. Intinya susu formula itu sebagai pelengkap saja, tidak harus dan tidak WAJIB! 

https://hellosehat.com/







Alhamdulillah siang itu 12 September 2017, bertempat di Sleepyhead Coffee Jakarta Selatan saya berkesempatan untuk menghadiri Fun Discussion yang diselenggarkan oleh komunitas ISB yang bekerjasama dengan  Kompeni Sehat (Komunitas Penulis Kesehatan), tema yang diangkat kali ini adalah : Jadilah Bunda Pintar, Setiap Susu Berbeda, Jangan Salah Pilih" dengan narasumber yang juga seorang jurnalis yang berpraktek di RS. Harapan Bunda dr. Martin leman, SpA. 

dr. Martin leman yang murah senyum :)
Dok Foto : Twitter 
@KompeniSehat

Beberapa highline yang akan dibahas diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • Cukupi Gizi bayi dengan ASI 
  • Cukupi Gizi anak dengan makanan gizi seimbang
  • Cukupi Gizi seimbang anak untuk kondisi tertentu pilih susu boleh, tapi pilih yang tepat ya
Semua ibu-ibu di seluruh dunia pasti sangat sepakat jika ASI adalah sumber nutrisi TERBAIK untuk  sang buah hati.  Sudah banyak peneltian juga yang membuktikan kebaikan ASI dan di dalam alquran pun menyebutkan bahwa pemberian ASI sebaiknya sampai 2 tahun.  Lanjut dr. Martin Leman pun menegaskan jika ASI adalah sumber makanan terbaik bagi bayi, setelah 6 bulan baru ditambah dengan MPASI. 

Usahakan untuk tidak memberikan MPASI terlalu dini ya Moms, misalnya di usia 4 bulan udah dikasih pisang atau makanan yang lainnya, kasihan bayinya karena saluran pencernaannya belum siap dan kuat untuk mencerna yang berat-berat :( Jika merasa ada yang ragu tolong konsultasikan terlebih dahulu dnegan dokter spesialis anak. 

Oiya Moms Kualitas dan kuantitas ASI tiap ibu tentunya berbeda ya, tergantung dari asupan dan nutrisi yang dikonsumsi. So jangan dibanding-bandingkan ini ya, percayalah dan yakini bahwa sang buah hati insha Allah tercukupi kebutuhan ASInya. Jika kita banding-bandingkan yang ada malah nanti stress/panic dan ini malah bias menyebabkan kualitas ASI menurun. So Bismillah…Insha Allah ASI kita selalu dicukupkan kebutuhannya untuk sang buah hati, stay positif ya Moms J

Nutrisi ibu, pola sehat ibu penting dipenuhi untuk kecukupan gizi bayi. Misalnya ada Ibu yang terkena HIV atau hepatitis perlu perhatian khusus saat memberi ASI eksklusif. Faktor nutrisi, lingkungan, genetika berpengaruh terhadap kualitas ASI yang diberikan. Nah nutrisi yang bagus harus dibarengi dengan waktu yang baik dalam pemberian makanan.

Dalam diskusi yang fun ini, dr. Martin leman pun menjelaskan beragam jenis-jenis susu yang mempunyai manfaat yang berbeda-beda.  Misalnya saja nih ya Susu Kental Manis atau yang sering disebut dengan SKM ini, taukah moms? Jika pembuatan SKM ini ditambahkan banyak gula, makanya tidak heran dengan rasanya yang begitu manis. Nah sebaiknya SKM ini dijadikan topping saja dalam pembuaan cake, atau es campur itu baru oke hehe…Adakah moms di sini yang memberikan SKM sebagai minuman susu sehari-hari buat anaknya? Hayooo J

Masih banyak orang tua diluar sana yang mungkin bingung atau dilema tentang manfaat susu, apakah perlu kita minum susu setiap hari? Dalam hal ini adalah jika kita sudah lepas dari ASI Ekslusif hingga dilanjutkan ASI sampai 2 tahun?  

Pemberian Susu ini sebenarnya TIDAK WAJIB untuk anak di atas 1 tahun? Kenapa, kembali lagi perhatikan cakupan nutrisinya, karena anak satu tahun itu kan sudah mulai makan menu pola makan keluarga, sudah bisa menikmati aneka jenis makanan yang bervariasi yang dimakan oleh orang tuanya. Jadi selama kebutuhan nutrisinya sudah dicukupi dari makanan sehari-hari ya nda perlu lah minum susu.

So saya simpulkan dari pernyataan dr. Martin ini, susu itu boleh diberikan jika kondisi anak misalnya anak susah makan (ini pun juga harus diperhatikan penyebabnya apa) jadi sebagai pertolongan pertama agar anak mendapatkan nutrisi.

Pernah nda merasakan jika anak rewel terus malas atau mogok makan (GTM) lalu anteng pas dikasih susu???  Nah dr. Martin pun menyarankan jika ada anak yang terbiasa begitu sebaiknya pemberian susu diberikan setelah makan agar perut tidak kembung, karena jika diperhatikan dengan seksama waktu pemberian susu ini terkadang menghambat jam makannya sang anak. Usahakan jika memberikan susu minimal dua jam sebelum waktunya makan ya Moms :)

Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi susu gunakan air dengan susu  70 derjat celcius, karena dalam suhu ini bakteri akan mati. Jika menggunakan  air yang mendidih tunggu hingga 10-15 menit ya Moms.


Perhatikan juga Konsep Gizi Seimbang itu tidak lebih dan tidak kurang. Anak sehat itu tidak harus gendut ya, kurus pun belum tentu tidak sehat. Yang menjadi tolak ukurnya adalah grafik pertumbuhannya, sudah kah berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala anak sesuai dengan umur bayi kita? Selalu pantau tumbuh kembang bayi dan konsultasikan kepada sang dokter spesialis anak ya Moms. 

Pertumbuhan otak anak itu menurun di usia 2 tahun jadi maksimalkan pertumbuhan anak di usia 2 tahun. Jadi misalnya ada petumbuhan anak kita yang terlambat untuk mengejar keterlambatan itu jangan sampai usianya lebih dari 2 tahun karena itu sudah telat!

Saya makin kagum akan sosok dr. Martin ini yang ternyata beliau juga jurnalis, pemaparan beliau enak dan kategori dokter gaul hehe, asyik pokoknya saat sharing dan tanya jawab dengan beliau :) Beliau mengerti dan paham jka para blogger yang hadir di sini juga turut menyebarkan informasi yang positif dan bermafaat terkait diskusi hari ini. Saran dr. Martin, jika kita menyampaikan informasi sebaiknya kroscek dulu kebenarannya. Jika masih ada keraguan sebaiknya tanya langsung kepada yang lebih ahli, jangan sampai kita ikut menyebarkan berita yang HOAX ya!


Kesimpulan dari fun discussion ini adalah


Berikan anak makanan sesuai tahapan yang ada, jangan hanya berdasarkan trend tertentu.  Sebagai orangtua kita harus update dan terus memberdayakan diri, mencari sumber referensi ilmu yang terpercaya untuk bekal pengasuhan anak-anak kita :)



Suasana Fun Discussion :)
Dok Foto : Twitter Ka @Melyluthia



Twitter: @KompeniSehat
IG : @Kompeni_Sehat



*******

6 komentar:

  1. apalagi buat anak jangan salah memberi susu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo betul sekali Mba Hani, berikan ASI sampai 2 tahun ya nanti :)

      Hapus
  2. Noted... susu adalah alternatif makanan untuk kebutuhan nutrisi yang baik

    BalasHapus
  3. Iya Mba Agatha, saya jadi ingat pernyataan salah satu dokter ketika saya ikut seminarnya...beliau juga menyatkan hal seperti yang di infokan sama dr. Martin Leman, bahwa sufor ini untuk anak2 dengan kondisi tertentu misalnya sang Ibu belum bisa memberikan ASI, dan sufor jadi alternatif untuk asupan sang bayinya.

    Semoga mencerahkan ya tulisan ini :)

    BalasHapus
  4. Lengkapnyooo penjelasanya, seneng banget bisa fun discussion gini.

    BalasHapus
  5. Lengkapnyooo penjelasanya, seneng banget bisa fun discussion gini.

    BalasHapus