Rabu, 06 September 2017

Ini Loh Tips Jitu Menang Lomba Blog ala Haya Aliya Zaki

Bismillahirrahmanirrahiim...

"Ada saat pertama supaya kita bisa ke level berikutnya, asal          mau belajar. Orang sukses bermula dari saat pertama"        (Haya Aliya Zaki)

Sebagai seorang blogger yang masih tergolong baru, untuk mengikuti kontes blog butuh niat juga nyali yang lumayan besar (menurut kacamata saya sih ini *eh). Karena kebanyakan kalau yang ikut adalah yang langganan juara blog biasanya langsung pada mundur teratur, udah pesimis duluan padahal nyoba aja belum...ibarat kata kalah sebelum berperang haha. Ada yang merasakan hal yang sama kah? 

Jujur saya sendiri belum pernah ikutan lomba blog yang pure diadakan oleh suatu brand, biasanya nulis aja saat ikutan event dan tulisannya dilombakan dan emang WAJIB nulis! Beberapa teman saya ada yang menyarankan untuk mengikuti lomba blog yang kira-kira saya minati, untuk nambah konten di blog juga untuk menambah networking. Sempat pernah mau ikutan sih sebenarnya, udah ngedraft tapi tau-tau udah DL :(

Oleh karena itu saat Indonesian Social Blogpreneur (ISB) yang bekerjasama dengan CNI mengadakan workshop dengan tema "10 Quick Tips on Content Marketing" saya langsung antusias daftar. Apalagi yang jadi narasumbernya Madam Haya Aliya Zaki, makin semangatlah saya untk menyerap ilmunya secara LIVE! 

Siang itu 27 Agustus 2017, berasa hari yang sangat produktif karena saya terpilih sebagai salah satu peserta yang akan mengikuti workshopnya, Asyiiik alhamdulillah ya :) Berlokasi di Burger King, Plaza Festival Jakarta Selatan. 

Teh Ani berta selaku founder ISB membuka acara

Sharing Session dengan Kaka Niko Riansyah 

Ka Niko sapaan akrabnya, selaku Digital Marketing Specialist CNI akan sharing mengenai Content marketing, monggo disimak ^^

Dalam dunia marketing sebuah konten kretatif itu sangatlah penting, karena ini bisa menjadi daya tarik pembaca untuk ingin lebih tau produk yang ditawarkan. Jika awal mula baca/lihat aja udah nda menarik gimana mau mencoba produknya? Duh...duh...duh...

https://business.linkedin.com/marketing-solutions/blog/best-practices--content-marketing/2016/what-is-content-marketing--definitions-from-25-thought-leaders

Lalu bagaimana sih membuat konten marketing menarik dan diliirk?
Ini dia 10 Tips yang dijabarkan dengan detail oleh Ka Niko :
  1. Banyak membaca is a must
  2. Identifikasi lalu pahami audience/target market/pembaca blog kita itu seperti apa
  3. Mencari konten yang relevan dan membuatnya secara berkala alias konsisten 
  4. Buat artikel dengan gratis agar memudahkan audience kita nge-share di medsos 
  5. Update secara rutin
  6. Tidak melakukan copy paste
  7. Menulis konten yang kreatif dan unik 
  8. Gunakan kekuatan sosmed yang kamu punya untuk berbagi konten yang telah kita buat
  9. Gunakan outsource jika diperlukan
  10. Adanya tolak ukur dari setiap konten yang kita buat


Oiya teman-teman untuk sumber konten yang unik dan kreatif  bisa diperoleh melalui 5 cara berikut ini :
  1. Sponsorship
  2. Thought Leaders
  3. Analyst firms
  4. Partners (good for jointly produced content)
  5. Freelance writers
Selain 5 cara di atas teman-teman juga bisa browsing di mbah google apa aja sih yang sedang menjadi hot topic atau trending topic di dunia maya sekarang? Setelah itu kita sesuaikan dengan terget market kita, cocok nda? Misalnya nih ya...yang beberapa hari ini di timeline FB, IG lagi hitz banget dan menyita banyak perhatian publik adalah pasangan Raisha&Hamish yang menikah. Kita bisa aja bahas dari segi fashion misalnya gaun pengantin yang dikenakan Raisha/prosesi adat penikahannya seperti apa atau apa aja yang kira-kira menarik perhatian kita dan perlu di kupas hehe. 


Tips Jitu Menang Lomba Blog by Haya Aliya Zaki 

         "Bloggers sell stories NOT products" 
Narasumber yang bikin saya antusias dan semangat untuk hadir di sini adalah perempuan manis bertubuh tinggi yang mana juga blogger senior, hitz yang sering banget memenangkan lomba blog juga sering jadi juri ini. Siapa sih yang nda kenal Haya Aliya Zaki?

Boleh dikepoin blognya di sini ya www.hayaliyazaki.com dan www.ceritamelalak.com @hayaliyazaki 

Dont copy paste ya teman-teman, ini akan membuat google marah besar! Gunakan bahasa dirimu sendiri itu lebih baik, tapi jangan alay juga ya hehe. Ternyata tulisannya Madam Haya (sapaan akrabnya dalam dunia medsos hehe) pernah dicopy paste loh, karena sempet shock dan juga down jadi diabiarkan gitu aja tanpa complain langsung ke pihak peyelenggara lomba. Setelah dua bulan baru dilaporin, dan hadiahnya sudah terlanjur diberikan kepada yang bersangkutan, so ini jadi pembelajaran buat kita nih genks. Jikalau ada yang mengalami serupa (berharap sih jangan ada kejadian begini lagi ya) langsung dilaporin aja, screenshoot tulisan kita beserta tanggal publishnya.  

Ini loh beberapa tipsnya : 
  • SOFT SELLING
Gunakan kalimat pembuka yang menarik, bisa juga membukanya dengan pertanyaan jadi ada interaksi anata si pembaca dan si penulis. Jadi usahakan tulisan kita senatural mungkin, personal dan “tidak ngiklan banget”! Strorry telling lebih disukai :)
  • USER EXPERIENCE
Saat kita mencoba suatu produk, ya kita riset sendiri lah...jadi reviewnya tidak berlebihan dan tidak ada kata "dijamin", ceritakan pengalaman anda saat mencoba produk tersebut dengan jujur atau pengalaman orang lain sebagai tambahan informasi. Hindari mengulangi nama brand agar tidak dismprit google hehe. Jujur kepada pembaca juga kalau kita sedang mengikuti lomba blog, pancing pembaca untuk berinterkasi dengan tulisan kita dengan meninggalkan komentarnya di tulisan kita, akhiri dengan kalimat tanya ajakan diskusi. 
  • RUMUS 5W+1H
Ini harus ada dalam tulisan kita, tinggal dikembangkan aja menjadi suatu cerita yang menarik. Perhatikan juga kriteria dalam lomba blognya, S&Knya jangan sampai tulisan kita oke tapi ada syarat yang belum terpenuhi, dalam hal ini Madam Haya mencontohkan seperti ini. Waktu itu ada yang tulisannya udah bagus, pas dilihat ternyata nama blognya nda banget alias menggunakan nama alay-alay begitu sehingga brand nda jadi memilihnya sebagai pemenang . Jadi di sini nama blog kita juga sebagai  branding ya teman-teman.
  • PRIZE
Tips ala Madam Haya nih, hadiah yang kita incer saat ikut lomba blog kita print lalu kita tempel di ruang kita kerja atau ditempat yang mudah kita lihat sebagai penyemangat/moodbooster saat kita lagi males misalnya. Boleh dicoba ini, sambil afirmasi positif.
  • PASSION
Gali terus apa yang menjadi passion kita hal ini akan membuat semangat dalam menuliskannya dengan mudah, karena kita paham atau menyukainya jadi tulisan itu ngalir aja beserta ide-idenya.

Madam haya concern menulis dengan tema kesehatan karena itu passionya dan ternyata background pendidikannya juga dari dunia kesehatan jurusan apoteker dan farmasi, ooo ini rupanya yang jadi poin plus karena udah punya bekal ilmu tentang kesehatan.

Cari konten yang relevan dengan blog kita, dan konsisten. Misalnya sukanya memasak/kuliner ya cari yang kira-kira nda jauh dari itu bahasnya. Jadi lebih menjiwai gitu. Saya pernah ikutan event yang kontennya emang bukan saya banget sih yang fruitaholic dan lebih concern ke healthy life style, tapi saat itu banyak temen se genks yang ikutan jadi coba dulu aah siapa tau kepilih dan ini juga bisa mengasah kemampuan saya dalam menulis sesuatu yang tidak begitu saya kuasai, so belajarnya jadi lebih ekstra alias banyak membaca dulu. Dalam hal ini sih saya menantang diri saya sendiri, mencoba sesuatu yang beda hehe.

Madam Haya pun menyatakan bahwa pencapaian tertingginya adalah saat ia ditugaskan untuk meliput sebuah rumah sakit dan klinik di Singapura pada tahun 2015, wow kece banget kan :) Selain fee yang bikin mata berbinar-binar juga berkesempaatan melakukan MCU di sana. AAah nikmatnya dobel deh, jadi pengen hehe.

  • CLEAR WRITING & TAMPILAN BLOG
Pesan kunci, perhatikan tanda baca, gunakan kalimat pendek, lebih banyak kalimat aktif, minimalisir jargon, hindari singkatan, apalagi yang tak lazim, tak ada typo! 

Perhatikan juga tampilan blog kita ya teman-teman, misalnya bersih, warnanya ramah mata, minimalis, tidak ada iklan pop up, hindari efek yang mengganggu, font jelas, tidak warna-warni.                                                        

at least but not least cermati semua peraturan lomba blog, misalnya jumlah panjang kata, banner lomba, backlink, keyword, follow akun medos brand dll.

Keuntungan Ikut Lomba Blog 
  • Dapat hadiah (kalau menang)
  • Mengasah keterampilan ngeblog
  • Tambah teman silaturahin
  • Dikenal khalayak 
  • Networking dengan brand dan agensi
  • Membuka peluang lain

"Orang Jujur akan mendapatkan 3 hal dalam hidupnya; kepercayaan, cinta,dan rasa hormat." - Ali Bin Abi Thalib



Bismillahirrahmanirrahiim.... Sore kemarin (on Sunday) nonamelinda berkesempatan untuk update skill bersama @komunitasISB yang bekerjasama dengan @cniindonesia . Nah salah satu speakernya adalah Madam @hayaaliyazaki salah satu blogger hitz plus senior. Saya begitu antusias untuk mendaftar karena pengen banget dapet ilmunya langsung dari beliau secara LIVE! ☺😊 . . Tema yg dipaparkan menarik "How to win a blogging contest" Dari sekian banyak yang dipaparkan, yang mengena di saya itu tentang PASSION! . . Yes, ketika kita melakukan segala sesuatu yang kita sukai kita menikmatinya, happy gitu dan ini akan membuat kita jadi optimal dan maksimal saat menulis. Terbukti loh ini, misalnya madam Haya kan lebih tertarik bahas tema kesehatan (baru tau jg sih kalau background pendidikannya berbau kesehatan hehe). . . Beliau ini langganan jadi juara loh dalam berbagai kompetisi. Aah pokoknya she is inspiring for me. Sebagi blogger yang penting kita ini jujur, sportif dan terus mau belajar, jangan cepat putus asa! "Ada saat pertama, supaya kita bisa naik ke level berikutnya" dan semua berawal dari pemula! Camkan ini baik2 ya hehe... . . Nah untuk workshop ISB selanjutnya saya ingin belajar membuat tampilan blog menarik, langsung praktek. Karena saya masih banyak yang belum paham utak atiknya, jadi pengen baget difasilitasi hehe. Terus waktunya kalau bisa jangan jam 2 siang ya, pagi aja jam 9/10 😊 . . . #womeninframe #inspiringblogger #workshop #komunitasISB #CNI #pictoftheday #instamoment #IniBaruBisnis
Sebuah kiriman dibagikan oleh Melinda イチゴ Niswantari (@nonamelinda) pada

Bagaiamana teman-teman? Sekarang udah tau kan tips jitunya menang lomba, saatnya siapkan dirimu untuk jadi pemenang ^_^ Ganbatte!!!

Terima kasih untuk ISB juga CNI yang sudah memfasilitasi workshop yang penuh ilmu ini ya, semoga makin sukses dan berkah semuanya :)


Winning isnt't everithing, but wanting to win is - Vince Lombardi 

*******

9 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya Madam Haya emang cakep ya teh xixixi :)

      Hapus
  2. Asiiikkk! tinggal semangat ikut lomba, deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhu, Bismillah kuatkan tekad...dan SEMANGAT!

      Hapus
  3. Semakin semangat neh ikutan lombanya

    BalasHapus
  4. ahahha, bener banget nih samaan kita, belum pernah niat ikutan lomba yang bener-bener murni tulisna dilombakan. Baru sebatas ikutan event aja dan nulis yang terpilih jadi pemenang hehe. Makasih ya tipsnya, harus dicoba juga nih resep dari mbak Haya. Yukk marii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaah kamu mah sering jadi juara, kece lah :)
      Banyak belajar dari mu nih daku! Yuk semangat ikutan lomba blognya Nyonya OOTD :)

      Hapus
  5. Kalau ikutan lomba blog tapi udah lewatin DL masih bisa yach, mbak? Atau tergantung jurinya juga hehehe... Soalnya mbak haya bilang jangan sampai mepet kalo nulis apalagi pulish dan submit :) Aku jadi bisa belajar nih, karena aku masih newbie juga ngeblognya, tks.

    BalasHapus