Senin, 04 September 2017

Wow keren, Danone Indonesia Pelopori Cuti Hamil dan Melahirkan 6 Bulan

Bismillahirrahmanirrahiim...

"Perempuan sebagai pelaku pembangunan" ungkap ibu Leny N. Rosalin dalam diskusi hangat dan menarik dengan tema "Tumbuh Kembang Anak dan Kebijakan Perusahaan" pada 29 Agustus 2017 bertempat di Double Tree By Hilton, Jakarta. 

Kita semua tahu peranan perempuan/ibu sangatlah penting dalam mendukung dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak, sebagai orangtua kita semua pasti menginginkan anak tumbuh dengan sehat, cerdas dan optimal. 

Oleh karena itu Danone Indonesia mengangkat tema diskusi ini juga menginformasikan tentang kebijakan terbarunya berkaitan dengan Parental Policy, apa itu nanti akan saya jelaskan ya :)

Saat kaka saya cuti melahirkan, saya melihat betapa beratnya ia meninggalkan si baby yang masih berusia mau 3 bulan. Yes jatah cuti melahirkan dari kantornya adalah 3 bulan, dan kaka saya dua minggu sebelum HPL sudah cuti karena ingin melahirkan dikampung halaman dan dekat dengan kedua orang tua. Terkadang hal ini menjadi dilema untuk kembali bekerja mengingat si kecil masih membutuhkan ASI Eksklusif juga perhatian yang maksimal. 

Di perusahaan saya bekerja pun memberikan cuti melahirkan 3 bulan, nah kabar baiknya Danone Indonesia yang merupakan perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia memberikan cuti hamil dan melahirkan selama 6 bulan. Hal ini sejalan dengan misinya memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang  dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan dan suasa kerja yang ramah keluarga. 

Kami para media juga blogger tentunya sangat mengapresiasi dan mendukung kebijakan ini, diharapakan dengan kebijan ini memberikan quality time dan juga bonding atau kedekatan anatara ibu dan sang buah hati, selain itu jika saatnya tiba kembali bekerja sang ibu sudah memberikan hak bayi yaitu Asi Ekslusif selama 6 bulan. 


Sebagai informasi ini adalah perbandingan cuti hamil di Indonesia dengan negara ASEAN & 5 negara dengan cuti hamil dan kelahiran terbaik :

Sebelum acara mulai, selfie dulu :)

Hadir beberapa narasumber yang kompeten dibidangnya :

  1. Evan Indrawijaya, Direktur HR Danone ELN Indonesia
  2. Dr.dr Rini Sekartini, SpA (K), dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang
  3. Rohika kurniadi Sari, SH, Msi, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan, Keluarga dan Lingkungan Kementrian Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak RI
  4. Luhur Budijarso, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Sahabat Indonesia (APSAI)
  5. Arif Mujahiddin, Communication Director Danone Indonesia
Dok Foto : Twitter @novitaniaaaa

PARENTAL POLICY

"Danone memiliki komitmen untuk mendukung upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik. Hal ini diwujudkan dalam sebuah Parental Policy, dimana kebijakan ini sejalan dengan visi Danone" ungkap Evan Indrawijaya, Direktur HR Danone ELN Indonesia.  

Kebijakan yang dikeluarkan Danone Indonesia tidak hanya dalam bentuk perusahaan yang ramah keluarga (family friendly) yang mana tidak hanya dengan pemberian fasilitas kesehatan yang lengkap bagi seluruh karyawan beserta keluarga, namun juga dengan pemberian cuti hamil dan melahirkan selama 6(enam) bulan bagi karyawan perempuan, serta cuti 10 hari bagi karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan. Wow banget kan, ini kebijakan yang bikin para ibu dan ayah berbunga-bunga :) 


Yuhu, Ini merupakan terobosan baru dalam dunia kerja di Indonesia, dimana UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 pasal 82 mengatur mengenai cuti hamil dan melahirkan  yang diberikan selama 3 (tiga) bulan. 

Menariknya lagi nih selain cuti hamil dan melahirkan, inisiatif untuk mendukung 1000 HPK yang optimal, Danone Indonesia juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Fasilitas ruang laktasi, diharapakan agar para karyawan perempuan dapat memberikan ASI Ekslusif kepada anak untuk mendukung pemenuhan nutrisi di 1000 HPK
  • Adanya Duta Gizi, nah ini lebih keren lagi ya karena duta gizi ini juga beasal dari karyawan Danone sendiri yang peduli dan perhatian pada persoalan tumbuh kembang anak, yang bertugas untuk memastikan sang ibu dapat memberikan nutrisi yang sesuai bagi anaknya sejak dalam kandungan
  • Daycare, biasanya dibuka 2 minggu sebelum hari raya dan 2 minggu setelah hari raya. Yang mana yang sering terjadi saat setelah lebaran selesai, para Asisten Rumah Tangga tidak kembali. Jadi ibu/ayah yang bekerja di Danone bisa tetap fokus bekerja. 
Eits ada lagi nih yang paling menyenangkan Danone juga menyiapkan dana lebih untuk pekerja temporary untuk menggantikan yang sedang cuti melahirkan, atau jika ada karyawan yang bisa handle kerjaanya yang sedang cuti pihak perusahaan memberikan extra income.Tidak semua perusahaan yang memperhatikan sedemikian detail kebutuhan karyawannya loh, saya soalnya pernah ngerasain handle kerjaan temen kantor yang sedang cuti melahirkan tanpa ada tambhaan income. Kerjaan sih emang jadi tambah banyak, tapi ya itu udah jadi "kenikmatan" tersendiri jika ada yang sedang cuti melahirkan hehehe *maaf ya jadi curcol hehe.


Sebegitunya Danone Indonesia menghargai dan memperhatikan karyawannya demi mendukung lahirnya generasi anak yang sehat dengan tumbuh kembang yang optimal.

Oiya tahu tidak bahwa cuti hamil dan melahirkan termasuk dalam deklarasi Universal Hak Asasi Manusia di PBB, yang menyatakan bahwa perwujudan HAM adalah dalam bentuk penghormatan, melindungi dan memenuhi. Hal ini tercakup dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Dengan memberikan masa cuti hamil yang cukup bagi perempuan bekerja, bearti turut mendukung upaya-upaya pemenuhan hak anak atas tumbuh kembang, terutama hak yang paling mendasar yaitu mendapatkan ASI yang berkualitas dan hak atas pengasuhan" tambah Lenny Rosalin. 

Luhur Budijarso selaku Ketua Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak (APSAI), menambahkan  bahwa anak merupakan pemangku kepentingan yang sangat penting bagi dunia usaha. Untuk itu salah satu komitmen APSAI adalah membantu pemerintah mewujudkan perlindungan atas hak anak dan mendampingi perusahaan-perusahaan untuk lebih ramah anak dengan mengaplikasikan Prinsip dan Kriteria Perusahaan Layak Anak (P&K PLA) yang diadopsi dan diadaptasi dari Children's Right Business Principles (CRBP) yang meliputi kebijakan manajemen, program maupun produk yang layak anak. 

"Jika seorang anak tidak terpenuhi asupan mulai dari nutrisi, kesehatan, serta kurangnya kasih sayang, maka dampak yang terjadi pada perkembangan anak akan bersifat permanen, seperti gangguan pertumbuhan tinggi badan, kecerdasan  otak yang menurun hingga kurangnya kepercayaan diri sang anak. Selain itu peran menyusui juga sangat penting karena selain memenuhi kebnutuhan nutrisi juga untuk meningkatkan bonding atau kedekatan antara ibu dan anaknya, "ungkap dr. Rini. 



Saya sebagai calon ibu sangat mendukung kebijakan Parental Policy, juga mengucapkan terima kasih banyak buat Danone Indonesia yang telah memfasilitasi diskusi yang sangat menarik dan menginpirasi ini, semoga ke depannya akan banyak perusahaan yang mengikuti jejak langkahnya Danone Indonesia untuk menerapkan Parental Policy. Duh jadi pengen ngerasain kerja di Danone kan kalau begini ^_^

Nah bagaimana dengan cuti melahirkan di perusahaan teman-teman bekerja? Ada yang mau berbagi? :)





*******



9 komentar:

  1. Kasian ya kakaknya terpaksa harus ninggalin anakknya untuk kembali bekerja. Coba kalo kerjanya di Danone, enak masa menyusuinya agak lama. Hehehe....tapi itulah pilihan ya, dua2nya berat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya mba, smoga kedepannya banyak yang mengikuti mengambil kebijakan nya Danone untuk kebaikan kita bersama :)

      Hapus
  2. Wah kece Danone indonesia.. Semoga perusahaan lain juga mengikutinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, yuk kita dukung utuk generasi sehat dengan tumbuh kembang yang optimal!

      Hapus
  3. dulu sih normal 3 bulan Mba,tapi sayapun mengalami ijin cutinya seminggu sebelum HPL😀, agar lebih lama bersama si kecil.Semoga semakin banyak perusahaan seperti Danone ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...Smoga ya karena ini untuk kebaikan generasi kita di masa depan :)

      Hapus
  4. Kebijakan parental policy dari Danone, bener-bener mendukung untuk optimalnya ASI ekslusif selama 6 bulan ya, salut buat Danone

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo mba iha, Danone sungguh memperhatikan agar tumbuh kembang anak optimal.

      Hapus
  5. Kerja sama Danone asyik ya. Karyawan yg cuti kehamikan lama, bisa sampe asi eksklusif.

    BalasHapus