Jumat, 17 November 2017

PT. Hexpharm Jaya : Yuk "JELI" Memilih Obat Generik!

Bismillahirrahmanirrahiim 
Assalamu'alaikum,



Sehat itu pilihan, betul demikian bukan? Pilih olahraga pagi atau tidur lagi karena cuacanya mendukung untuk tarik selimut hehe, pilih nyemilin buah-buahan segar atau gorengan colek sambel kacang? Pilih tidur ontime atau begadang ngerjain PR :) Yayaya, semua itu pilihan...but remember apa yang kamu pilih saat ini, akan mempengaruhi kesehatanmu di masa mendatang. Karena kesehatan adalah hal yang paling utama dalam semua kebahagiaan.  

Btw adakah di sini ketika sakit tapi males ke dokter? Alasannya karena takut disuntik, obatnya pahit, bau rumah sakit yang bikin mual dls. Aaah dulu waktu kecil saya memang begitu kalau disuruh minum obat mulutnya mingkem dan main petak umpet dulu haha. Berbicara mengenai obat-obatan pasti tau dunk ya yang namanya obat generik, jujur saya sendiri kurang begitu paham apa bedanya obat generik dengan obat bermerek/obat paten.

Senin, 13 November 2017 feel so excited banget karena Alhamdulillah saya dan beberapa blogger berkesempatan untuk mengunjungi sebuah pabrik penghasil obat generik berkualitas yang berlokasi di Kawasan Industri Lippo Cikarang. Perjalanan dari Plaza Semanggi Jakarta menuju Cikarang juga tak begitu macet, berangkat pukul 7.15an dan sekitar pukul 9an kami sudah mendarat cantik di pabrik PT. Hexpharm Jaya Laboratories. Perjalanan kurang lebih memakan waktu sekitar 2 jaman.

Begitu sampai dilokasi pabrik kita langsung disambut hangat nan ramah oleh beberapa karyawan, tak lupa mengabadikan momen kebersamaan terlebih dahulu pastinya. Kebiasaan eksis dan tuntutan profesi para blogger :)



Obat Generik VS Obat Paten 

Obat generik selalu identik dengan obat murahan untuk masyarakat tidak mampu yang khasiatnya diragukan, saya pun pernah mendengar pernyataan seperti itu. Mungkin karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan obat paten. Padahal obat generik memiliki khasiat yang tak kalah dengan obat bermerek, karena dari sisi zat aktifnya, obat generik sama dengan obat bermerek. Yang memebedakan hanya pada model kemasannya saja.

Menurut wikipedia Obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti. Ada dua jenis obat generik bermerek dagang dan obat generik berlogo yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya. Dalam obat generik bermerk, kandungan zat aktif itu diberi nama (merek). Misalnya zat aktif amoxicillin, oleh pabrik “A” diberi merek “inemicillin”, sedangkan pabrik “B” memberi nama “gatoticillin” dan seterusnya, sesuai keinginan pabrik obat. Intinya dari berbagai merek tersebut, bahanya sama yaitu amoxicillin. 

Dalam kesempatan ini Dr. Artati, General manager Medical Department PT. Kalbe Farma, Tbk menjelaskan perbedaan kualitas antara obat generik dan obat paten.

Obat paten adalah obat yang melakukan pengujian dan memiliki hak paten setelah lolos uji klinik, bisanya obat paten memiliki kisaran waktu sampai 20 tahun, setelah masa paten habis, industri farmasi lain akan membuat obat copy-nya obat paten, dan obat inilah yang dinamakan obat generik. 

Obat itu sebenarnya memiliki 3 nama loh, dari nama kimia, nama generi dan nama dagang. Nah obat generik hanya menggunakan nama generik yang mudah diingat namanya. Obat generik identik dengan adanya cap generik disetiap obatnya. Saat obat masuk ke dalam darah, kadarnya perlahan naik dan mencapai puncaknya setelah 2 jam, ini dinamakan konsentrasi maksimal (ini contoh proses obat paten).

Perlu diketahui ya untuk memasarkan produk obat generiknya, PT. Hexpharm Jaya Labs memiliki syarat uji yang sama dengan paten yaitu uji bioekuivalent dan juga harus ada izin Badan POM. Nah bisa dikatakan bioekuivalent jika cara, bentuk, konsentrasi maksimal harus sama dengan obat yang dipatenkan.


Btw kenapa obat paten itu lebih mahal ya? Hal ini dikarenakan biaya penelitian yang dilakukan kurang lebih selama 20 tahun ini dilakukan sendiri, ditambah biaya promosi.

Ada kalanya obat yang kita minum misalnya jenis A cocok buat kita tapi belum tentu cocok buat yang lain, cocok dalam hal ini adalah proses penyembuhan berlangsung cepat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah faktor genetik, jenis kelamin, usia juga kehamilan. Apalagi kondisi fisiologis kita berbeda-beda, jadi jangan disamaratakan ya.


Mengenal PT. Hexpharm Jaya Laboratories

PT. Hexpharm Jaya Labs adalah bagian dari anak perusahan Kalbe group, berdiri sejak tahun 1971, yang secara khusus bergerak dalam bidang pengembangan, produksi, dan pemasaran obat. Pabrik ini tercatat sebagai 3 perusahaan farmasi generik terbesar di Indonesia. Tahun 2012 resmi berlokasi di Cikarang. 

Apa sih keunggulan Obat Generiknya PT. Hexpharm Jaya Lab?

Sudah ada narasumber kedua yaitu Bapak Parlindungan D.S selaku Site Head PT. Hexpharm Jaya yang akan memaparkannya.

Berikut ini keunggulan PT. Hexpharm Jaya Labs : 
  • Mempunyai sistem yang handal
  • Menjamin produk obat yang dibuat tidak mencemari lingkungan dan saat memproduksi menggunkaan alat-alat yang tidak terkontaminasi ke kandungan obat 
  • Kualitas airnya pun bagus, kandungan mineralnya dihilangkan agar tidak berinteraksi dengan kandungan obat.

1. Sistem Yang Handal 

Ini untuk menjamin mutu produksi, selama dan setelah proses produksi PT. Hexpharm Jaya Labs telah menerapkan : 
  • Good Manufacturing Practice yang terkini dnegan standar PIC/S
  • Sistem management mutu ISO 9001 : 2015, sistem manajemen yang bertujuan untuk memastikan perusahaan selalu menghasilkan produk-produk bermutu yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.
Ternyata oh ternyata selain memenuhi kebutuhan dalam negeri sebagian obat-obatan yang diproduksi PT. Hexpharm Jaya Labs juga di eksport keluar negeri juga loh seperti Singapura, Myanmar, Kamboja dan Hongkong. Nah untuk dapat dipasarkan ke negara-negara tersebut perusahaan wajib memenuhi standar/regulasi yang ditetapkan di masing-masing negara-negara tersebut. Jadi makin bangga dunk pastinya, its mean produknya berkualitas :)
  • Sistem kesehatan dan keselamatan kerja OHSAS 18001 : 2007 
  • Sitem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2004
  • Lean manufacturing dan Total Productive Management (TPM)
Adanya sitem manajemen tersebut di atas bertujuan untuk memastikan PT. Hexpharm Jaya Labs memiliki keunggulan kompetitif dalam PQCDSME, apa itu?  Jadi PQCDSME adalah keunggulan dalam (Productivity, Quality, Cost, Delivery, Moral, Safety, dan Environment) sehingga tidak hanya mutu produk yang dihasilkan baik, akan tetapi harga produk juga lebih kompetitif. (Nah terjawab sudah pertanyaan kenapa obat generik harganya lebih terangkau alais ekonomis kan hehe). 

2. Infrastruktur Yang Handal 

Saat memasuki area produski saya melihat mesin-mesin canggihnya yang digunkan untuk proses produksi yang didesain sesuai dengan teknologi terkini sesuai spesifikasi yang ditetapkan oleh Good Manufacturing Practice. Mesin-mesin canggih ini ada yang didatangkan dari Jerman dan ada juga yang dari lokal (Bekasi). Wah jujur saya agak kaget sekaligus bangga ternyata ada mesin yang dari lokal juga, kata salah satu pekerja di sana yang juga mentor kami dalam visiting pabrik itu karena di luar negeri belum ada yang membuat mesin seperti itu. 

Selain mesin yang canggih, fasilitas laboratorium yang handal juga menunjang pemeriksaan produk baik sebelum, selama dan setelah proses produksi dilakukan. Sistem penunjang seperti HVAC, PWG, Clean Steam, IPAI menjamin proses produksi berjalan sesuai speks dan hasil produksi tidak mencemari lingkungan. 

3. Continual Improvement System

Saya meyakini disamping mesin-mesin canggihnya juga ada peran SDM yang baik. Semua level karyawan PT. Hexpharm Jaya Labs wajib melakukan peningkatan yang berkesinambungan.

4. Performance Management : Balance Score Card

PT. Hexpharm Jaya Labs menerapkan Balance Score Card, yaitu strategi yang mempertimbangkan penilaian kinerja perusahaan dari keseimbangan 4 aspek yaitu finansial, customer, internal proses, dan learning & growth. Dengan memantau ke empat aspek ini dapat membawa perusahaan terus tumbuh dan berkembang, selain itu juga dapat langsung mendetaksi masalah-masalah yang bepotensi muncul, sehingga dapat dilakukan antisipasi lebih dini.

Momen Seru Menjelajah Ruang Produksi Obat PT. Hexpharm Jaya Labs

Yuhu saatnya visiting pabrik, ini momen yang udah ditunggu-tunggu...karena bakalan seru melihat proses produksinya obat dari awal hingga akhir sampai jatuh ke tangan customer :) Blogger yang hadir dibagi menjadi 2 kelompok, saya masuk kelompok 2 yang dipandu oleh Bapak Erwinanto selaku Engenering Manager.

                       


                  
                            
                        
Kami diajak berselancar melihat mesin-mesin untuk proses produksi obat. Air yang digunakan diolah hingga mencapai ph 5-6 dengan menggunakan sumber airnya dari penampungan Lippo Cikarang. Jadi air nya itu bukan berasal dari dalam sumur pabriknya melainkan mengambail air dari Lippo, karena sumber airnya di dalam pabriknya tidak keluar.  Pengolahan air diproses secara computerize, sehingga terdeteksi dengan baik.

Mesin-mesin bagian utility ada 4 bagian terdiri dari pengolahan air, kompresor angin, penghasil panas (boiler) dan pengolahan limbah.

Lihatlah kostum kamai bagaikan astronot ya hehe. Ini adalah kostum yang dipakai saat memasuki area produksi, karena harus steril. Dispossible wear yang kita pakai ini ada 2 lapis loh. Sebagai catatan untuk memasuki ruangan ini kita tidak boleh memakai jam tangan, perhiasan, peniti/bross dan juga jarum pentul (ini karena dikhawatirkan jatuh).  Perhatian nih ya, jika masuk ke ruang produksi tidak boleh sembarangan loh, sakit mata dilarang masuk ya. Semua ini dilakukan agar tidak terjadi kontaminasi. Dispossible wear ini juga cuma sekali pakai aja, setelah itu ya dibuang. 


                         
                 
Oiya sejak September lalu kemasan Obat Generik Produksi PT. Hexpharm Jaya Labs atau yang lebih dikenal dengan HJ Generik berubah menjadi warna biru dari yang sebelumnya berwarna putih. Mengapa memilih warna biru? Karena biru melambangkan kenyamanan,layaknya obat yang memberikan rasa aman , nyaman agar pasiennya segera sembuh :)

So kenapa kita harus pilih HJ Generik? Ini dia alasannya :
  • Sudah memenuhi standar produksi yang ditetapkan pemerintah
  • Setara dengan obat paten
  • Terjamin kualitasnya
  • Diproduksi oleh pabrik yang modern
  • Memiliki rangkaian produk generik yang lengkap
Nah yang paling penting nih ya, saat membeli obat generik harus "JELI" ya.
J : Jelas Produsennya
E : Efektif khasiatnya
L : Lihat kemasannya
I : Ingat belinya hanya di tempat resmi

Alhamdulillah sekarang jadi lebih paham dan tau kan mengenai obat generik HJ Generik, dari pabriknya, proses pembuatannya, mesin-mesin canggihnya hingga berkenalann dengan para staf yang ramah dan baik, sungguh pengalaman yang berkesan ya hehe. So please mulai sekarang jangan sepelekan kulitas obat generik ya :) 

Terima kasih atas sambuatan yang begitu hangat dan kesempatan baiknya, semoga HJ Generik makin dipercaya sebagai produsen obat generik yang berkualitas di seluruh penjuru dunia. Oiya teman-teman bisa follow media sosialnya juga loh  kalau mau kepoin cuzz ke IG @hj.generik.


                             

                                                                            
                                                                 
                                                                        *******

16 komentar:

  1. Kemasan warna biru jadi mudah diingat ya, bagus standar mutu produk HJ ga perlu diragukan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, jadi nda ragu lagi sama kualitas dan mutunya Obat Generik :)

      Hapus
  2. Obat generik hj memang terbaik 👍👍👍

    BalasHapus
  3. Wah ternyata obat2nya PT HJ juga sudah dipasarkan ke luar negeri ya mbak, keren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhu, makin bangga dan percaya kan sama kualitasnya hehe

      Hapus
  4. Mungkin awalnya banyak yang mengira sepele obat generik. tapi teyata telah di ekspor keluar negeri ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget mba Alida, tak kenal maka tak sayang ;)

      Hapus
  5. Memang ga di ragukan lagi lah soal kualitas dr pt kalbe farma dan anak perusahaannya pt hj. Makin yakin utk konsumsi obat generik kalau sakit. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, Kalbe udah terkenal dengan kualiatsnya yo mba Ade. Apalgi setelah berselancar ke pabrik pembuatan obanya langsung ya hehe

      Hapus
  6. Obat itu banyak banget ya. Konsumen memang harus JELI. Senang makin kesini banyak orang peduli akan hal ini. Dan yakin dengan generik yang kualitasnya sama dengan obat paten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo kaka gita, JELI dalam memilih obat itu penting biar nda ketipu hehe

      Hapus
  7. Sekarang jadi makin yakin ya kalau obat generik sama kualitas nya dengan obat paten.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah nda ragu lagi yak setelah tau seluk beluknya hehe

      Hapus
  8. Bener mbak Mel, harus JELI jangan sampai salah beli obat apalagi dari produsen obat yang abal2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhu, jangan samapi salah pilih yak. Obat Gnerik pilihannya ya HJ :)

      Hapus