Selasa, 06 September 2016

Nikmatnya Berburu Kuliner Lengkap Dengan Suasana Kampung Halaman di FKS 2016




Assalamu'alaikum,
Hai pecinta kuliner mana suaranya :) Jumpa lagi dengan saya nona melinda hehe...Kali ini saya akan bercerita mengenai kesan&pengalaman saya icip-icip makanan di Festival Kuliner Serpong sabtu lalu tanggal 3 September 2016 @SummareconMalSerpong (SMS), tepatnya di area lapangan parkir Selatan. Saya ke sana tentunya tak seorang diri, nda seru dunk kalau kulineran seorang diri haha. Saya mengajak suami dan Ibu mertua saya, kami tiba di lokasi siang menjelang sore jam setengah 3an. Karena lokasinya outdoor jadi lebih seru dan nyaman kalau sore menjelang malam sih sebenarnya agar tidak gerah atau kepanasan dan yang paling penting gunakan kostum yang simple dan mudah menyerap keringat, jangan sampai saltum aja gitu hihihi…Apalagi kalau bawa rombongan krucil, takutnya rewel gitu. Eeeiits tapi tenang saja, di sini juga disediakan arena bermain seperti kereta mini jadi lumayan buat hiburan. Oya, Festival Kuliner Serpong (FKS) ini adalah event rutin tahunan yang diselenggarakan oleh SMS loh, dan ini adalah tahun ke 6 yang mengangkat tema Jawa Timur "Wuenak E Puolll". Penasaran sama apa aja yang saya makan? Simak cerita yang ada di bawah ini dulu yaa ^_^


FESTIVAL KULINER SERPONG

Melalui FKS para pengunjung dapat merasakan makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia tanpa perlu jauh-jauh datang ke daerah tersebut. Di tahun pertama, SMS berhasil mengeksplor daerah wisata primadoa Indonesia dengan tema “Beauty of Bali”. Diakuinya rendang sebagai makanan terenak versi UNESCO mendasari “Minang nan Rancak” dari Sumatera Barat digelar di tahun berikutnya. Rindu akan daerah asal Yogyakarta dan Solo lewat “Jawa Sing Ngangeni” (2013) menjadi terobati. Tahun 2014, tim SMS terbang ke daerah Sulawesi untuk merasakan kenikmatan surge kuliner dan menghadirkan “Sulawesi Nyamanna’…Pe Sadap”. “Horas…Beta Mangan Hita” dari Sumatera Utara mengajak pengunjung SMS untuk merasakan kentalnya racikan masakan kampungnya orang Batak di tahun 2015 lalu. SMS menyajikan nostalgia kampung halaman tanpa perlu bepergian jauh untuk merasakan makanan khas daerah dan menikmati seni budaya yang sangat kaya seperti penampilan musisi-musisi berbakat daerah, karnaval nusantara dari parade Gading Night Festival, serta tidak ketinggalan pertunjukan kembang api yang spektakuler setiap tahunnya. Melengkapi ambiance agar semakin nyata, pengunjung juga disuguhi dengan dekorasi yang dibuat khusus sesuai dengan kebudayaan daerah pilihan mulai dari replika rumah adat, bangunan peninggalan sejarah, ikon identik dari daerah tersebut.

Nah udah pada tahu kan tema FKS dari tahun pertama sampai tahun ke enam itu apa aja? Siapa tau ntr ada kuis jadi bisa pada jawab kan hehe. Berhubung FKS tahun ini membedah kebudayaan dari daerah asal arek-arek Suroboyo, kita di sini bisa merasakan budaya Jawa Timur seperti gapura berupa candi Penataran dan rumah adat kahas Jawa Timur tentunya.


Ceritaku…Icip-icip di FKS2016

Aku iki wong jawa tulen loh, asalnya dari kudus dekatnya semarang jadi pas ke sini mata saya langsung tertuju sama yang namanya tahu petis dan lumpianya haha…Asli sebelum sampai lokasi aja udah bayangin ngunyah tahu petis anget pakai cabe rawit, nikmatnyooo. Oiya sebelum kita icip-icip kita beli kartu FKS dulu ya, karena di sini sistem pembayarannya menggunakan kartu. Kartu FKS ini dapat dibeli ditempat. Tidak ada minimal saldo untuk pembelian kartu. Dengan bekal 2 kartu FKS yang berisi 400 ribu kami bertiga bisa mencicipi beraneka ragam kuliner yang disajikan di sini.  Menu yang kami beli untuk disantap di sana itu adalah Tahu Petis, Soto Tangkar, Mie Aceh, Sop Duren, Es Jelly, Pecel Pincuk Ibu Ida dan tak lupa kami juga pulang membawa oleh-oleh Lumpia Semarang, Cakue, Rujak Beubek, dan Serabi Notosuman. Sungguh kami puas mencicipi kulineran di FKS, beneran sesuai tag linenya “Wuena E Puoll”. Pokoknya di FKS kalian bisa menikmati ragam kuliner khas Jawa Timur, seperti Sate Ponorogo Nyamleng, Rawon, Soto Madura, Bebek Ireng Cak Baz yang empuk dan gurih, Sego Resek khas Malang dan masih banyak lagi.  Berburu oleh-oleh khas Jawa Timur dari BHEK asli Surabaya. Semua makanan yang dihadiarkan langsung dari tempat asalnya dan sudah terseleksi. Karena menu yang disajikan harus mengutamakan rasa, penyajian, kebersihan dan harga. Konsep pengemasannya juga cukup unik berupa stand dalam balutan rumah adat, angkringan, warteg dan bale.


                    
Bekal 2 kartu IDR Rp. 400.000,-

                                   


Nah Uniknya di sini ada depot bertemakan Jajanan Baheula “Java Oenik” yang menyediakan cemilan-cemilan khas jaman dulu seperti coklat ayam jago, sagon mayang, tingting jahe, permen pastiles. Ada juga balon tiup yang dijual di sini, lucu deh jadi inget jaman anak-anak bikin balon tiup wkwkwk. Menariknya tampilan harga dari cemila-cemilannya tersebut terbuat dari uang kertas jaman dulu. Kreatif yaa penjualnya hihihi. Bagi kalian yang eksis di media social jangan khawatir karena FKS juga menyediakan fasilitas Free Wifi, kece kan? 


                              
Bersantap sambil berselancar aheyyy :)


SMS emang juara mengemas event kulinernya dengan penuh warna. FKS ini diselenggarakan mulai tanggal 12 Agustus – 12 Sepetember 2016. Selama sebulan penuh rasakan nikmatnya berburu kuliner lengkap dengan suasana kampung halaman. Buat kalian yang belum ke sini, masih ada waktu loh. Jangan sampai menyesal karena belum sempet incip-incip tahu petis, lumpia semarang dkknya haha. FKS buka setiap Senin-Kamis pukul 16.00-22.00 WIB, sedangkan Jumat pukul 14.00-23.00 WIB, untuk weekend mulai pukul 11.00-23.00 WIB.
  

Oke sudah dulu ya cerita icip-icipnya, salam sehat dan ngunyah hihihi...Sampai Jumpo di event kulineran selanjutnya :)


















Sumber Tulisan :
SMSBLAST MAGAZINE 

5 komentar:

  1. lap.lap.iler.. gak nahan ya kalau di festival kuliner pengennya beli semua, icip semua hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...betul mba, lapar mata yak haha

      Hapus
  2. wahh seru amat yaaa festivalnyaaa, jadi mupeng pegnen icip-icip jugaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyoo mba, enak2 semua :) Tunggu tahun depan yo mba hehe.
      Salam kenal, Thanks udah mampir yaa.

      Hapus
  3. Ya Ampunnnn menggoda bangett fotonya..pasti seruu ya disana.

    BalasHapus