Rabu, 30 November 2016

Delia von Reuti dan Gerakan Mencintai Bumi Melalui 1 T-Shirt 1 Tree Movement

Assalamu'alaikum,


Sadarkah kita kalau bumi kita ini semakin tua, tapi perlakuan manusia-manusia di dalamnya justru tidak “mengawetkan” bumi. Disadari atau tidak, tangan-tangan manusialah yang menjadi biang kerusukan bumi. Misalnya seringkali saya melihat berita terjadinya pembakaran hutan dan penebangan kayu liar. Tahukah anda, hal ini membuat paru-paru bumi gundul selain itu juga mencemari udara karena asap yang ditimbulkannya. Upaya go green sering digalakkan demi terciptanya bumi yang sehat, hijau dan sejuk. Lalu upaya apa sajakah yang sudah anda lakukan untk terciptanya bumi yang hijau ini? Perspektif Ecocentric mengungkapkan “Bumi dan seisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan semua orang, tapi bukan keserakahan semua orang”. So tidak semua yang ada di Bumi ini dapat kita habiskan.

Rabu, 23 November 2016 lalu, Alhamdulillah saya berkesempatan mengikuti blogger dan media gathering dari Blogger Crony yang bertempat di Majapahit Penthouse Grand Hyatt, Jakarta. Temanya sangat menarik, berkaitan dengan go green yaitu Love & O2.



Sekilas tentang Love & O2

Love & O2 adalah sebuah gerakan panggilan untuk mencintai bumi yang digagas oleh seorang perempuan dermawan dan so inspirng bernama Delia von Reuti. Gerakan ini mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih meningkatkan kesadaran dan menyebarkan cinta untuk bumi. Uniknya dari gerakan ini adalah dengan mengajak setiap masyarakat untuk membeli T-shirt seharga 100 ribu, yang kemudian hasil uang yang diperoleh dari penjualan T-shirt tersebut nantinya akan didonasikan untuk membantu penanaman pohon serta pemeliharaan Taman Hutan Hujan Tropis. Gerakan ini disebut 1 T-shirt for 1 Tree Movement.


Berkenal yuk dengan Sosok Delia von Rueti


Delia von Rueti percaya, bahwa Keindahan dari seorang manusia tidak dinilai dari bagaimana cara mereka berbicara, berjalan maupun bagaimana penampilannya. Keindahan yang sesungguhnya terpancar dari rasa cintanya, dari kepeduliannya dan bagaimana mereka berbagi. Mari menjadi salah satu manusia terindah yang ada di hidup kita, menjadi hiasan dan cinta, cinta, cinta. 


                     

Sosok perempuan hebat, peduli lingkungan, dermawan nan menginspirasi ini tumbuh dan besar di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Delia menikah dengan banker asal Swiss, Patrick von Rueti dan kini tinggal di antara tiga tempat yaitu Bali, London, dan Zurich. Ia adalah desainer perhiasan papan atas loh, karyanya sudah go internasional. Sederet tokoh penting dan selebritis dunia telah meggunakan rancangannya seperti Michelle Obama, Lady Gaga, Mari Elka Pangestu dan Ani Yudhoyono.  Tak hanya berbisnis perhiasan, ia juga tergerak mendonasikan lahan pribadinya seluas 2500 hektar untuk konservasi. Lahan tersebut berada di Muara Teweh, dekat dengan Bandar Udara Baringin (hanya sekitar 7 km), Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalaimantan Tengah. Delia begitu ia disapa, mempunyai mimpi besar untuk membangun Taman Hutan Hujan Tropis untuk peratama kalinya di Indonesia. Awal bermulanya ide ini adalah karena keprihatinan Delia melihat begitu berkurangnya lahan hutan yang ada di Indonesia, bahkan dunia. Bagaimana populasi flora dan fauna turut berkurang drastic seiring berkurangnya hutan tempat habitat mereka.

Lahan ini akan ditanami pohn dengan jenis kayu keras seperti pohon kayu besi/kayu ulin, meranti, merupakan jenis pepohonan yang dapat tumbuh cepat di hutan tropis Kalimantan tengah. Selain itu akan ditanami pula dengan buah tanaman keras seperti manggis, nangka, tamarin, flamboyan, ketapang, kemuning, dan masih banyak lagi. Delia menambahkan, “Saya ingin menjadikannya sebagai taman paling indah dan diharapkan dengan tumbuh dan berbuahnya pohon-pohon ini, para satwa akan kembali ke habitatnya karena tersedia banyak buah yang bisa mereka makan.”

T-shirt yang dirancang Delia ini unik, bernuansa hijau kental dengan pepohonan, alam bertemakan hutan rimba menyejukkan setiap mata yang melihatnya :). Dalam acara ini juga telah hadir sederet selebritis seperti Teuku Zacky, Titi DJ, Aming dan istrinya memberikan dukungannya dan berpartisipasi aktif dalam gerakan 1 T-shirt for 1 Tree Movement. Dukungan gerakan ini juga datang dari Yenny Wahid dan beberapa selebritis lainnya yaitu Titi Rajo Bintang, Luna Maya. Yuk  berikan dukungan kalian dengan membeli T-shirts via http://www.loveando2.love/ atau di outlet resminya di Plaza Indonesia.




Mari sama-sama kita bergandengan tangan, bersinergi dan mengusahakan yang terbaik untuk tempat bernaung kita! Say Yes For Go Green and Support One T-shirt For One Tree Movement. Hopefully soon we can open one in your own town! ^_^ 


 Ini loh Penampakan T-shirt by Delia

                               






Untuk mengetahui detail info mengenai kegiatan Love & O2, dan 1 T-shirt for 1 Tree Movement, dapat dilihat di akun media sosialnya : 

IG : @loveando2 atau @deliavonrueti
Facebook : Love and O2



7 komentar:

  1. Ish kerennn.... Jadi oengen beli bajunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dibeli ka, bagus loh sekalian berdonasi :)

      Hapus
  2. bajunya lucuu ya, gemes banget dengan baju yg corak pepohonan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyooo, akupun naksir semua yang dipamerin di sini haha. Beli yuk mak :)

      Hapus
  3. Ngga banyak designer yang peduli lingkungan ya, itu asli designnya lucu banget, aku dah tertarik pas liat kaos gambar orangutannya. Lucu banget!!

    BalasHapus
  4. baru sempet mampir nihhhh, puas banget yak mbak foto2nya, pasti datengnya awal2, hehe..beruntung emang kita dateng ke event ini dan berkenalan langsung dengan Delia :)

    BalasHapus
  5. Ihh salut ya mbak untuk wanita inspiratifnya mb Delia, kepeduliannya tinggi sekali terhadap alam. Selain itu desainnya juga keren-keren

    BalasHapus