Minggu, 05 Maret 2017

#Bicaragizi : Menyusun Menu Mingguan dalam Kelurga

Assalamu'alaikum,
Selamat Pagi Sahabat Nutrisi ^_^



Sabtu seru nan produktif itu ketika saya memanfaatkan waktu dengan sesuatu yang positif, misalnya dengan menggali ilmu seperti yang saya hadiri pada Sabtu, 25 Februari lalu, bertempat di ruang DAI (Danone Akademi Indonesia) lantai 9, gedung Cyber 2, Jakarta. Saya hadir dalam #BicaraGizi yang diselenggarakan oleh Sarihusada dengan tema yang diangkat adalah "Perlu tidak menyusun menu mingguan dalam keluarga?"


                      


Kalau ditanya seperti itu sih, jawaban saya langsung Iyes, perlu banget hehe...secara kadang suka bingung nyiapain menu sehari-hari, pengen selalu bervariasi biar yang makan juga nda bosen, selain itu juga zat gizi yang kita makan juga bervariasi dan sehat pastinya Insha Allah...Asyik :)



Narasumber #BicaraGizi yang sudah hadir dalam bincang hangat nan santai saat itu adalah Ibu Budiarti (Nutritionist) dan Chef Zulkarnaini Dahlan (Chef Zul).




Untuk memasak sehari-hari kami terbiasa spontan, apa yang pengen di makan ya saat itu yang dimasak. Seminggu sekali belanja sayuran dan lauk pauk serta buah-buahan. Especially buah bisa belanja 2-3 kali dalam seminggu, karena kami doyan ngunyah buah haha. Ibu Budiarti menjelaskan pentingnya menyusun menu mingguan untuk keluraga, tahukah sahabat nutrisi dengan menyusun menu mingguan kita tahu apa saja makanan yang masuk dalam tubuh kita dan zat gizi yang terkandung dalam makanan yang kita makan. Selain itu kita jadi lebih efisien, menu beragam dan lebih mudah menentukan zat gizi makro (karbohidrat, protein&lemak) serta zat gizi mikro (vitamin&mineral).

Perhatikan 2 zat gizi ini ya sahabat nutrisi. Makro gizi adalah jenis gizi yang dibutuhkan dalam jumlah yang besar dan wajib dipenuhi oleh tubuh, misalnya karbohidrat komplek dan sederhana. Seangkan Mikro gizi bisa didapatkan dari buah dan sayur, air, garam dan gula. Ini perlunya gizi seimbang untuk keluarga.

Sahabat nutrisi pasti udah pada melek gizi di sini, jadi pasti juga pada tahu kan kalau pedoman 4 Sehat 5 Sempurna itu sudah tidak berlaku alias diperbaharui dengan "Gizi Seimbang" 


Gizi Seimbang itu seperti apa?

Susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. 




Sumber : Google

Chef Zul, narasumber kedua akan mengajarkan bagaimana membuat menu mingguan. Inget ya yang terpenting dari membuat rencana menu mingguan adalah disiplin pada menu yang dibuat, agar tidak mubazir. Oiya Chef Zul juga menyampaikan agar tidak bosan makanan juga harus dibuat bertekstur, misalnya sekali-kali masukkan sayuran dalam dadar jagung yang dihaluskan (hmmm...boleh nih dicoba ntr hehe).

Anak-anak usia 6-14 tahun atau usia SD-SMP merupakan periode di mana pikiran anak-anak berkembang. Anak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup dan seimbang agar proses berpiki, belajar, dan aktivitas tidak terhambat.



Pentingnya Sarapan Sehat 
  • Sarapan adalah makan terpenting dalam satu hari
  • Sarapan berhubungan dengan kontrol berat badan yang lebih baik
  • Meniadakan sarapan akan melambatkan metabolisme, memurunkan kadar gula darah, menurunkan level energi
  • Sumber energi tubuh yang tinggi nutrisi, vitamin dan mineral
  • Meningkatkan konsentrasi, performa, kekuatan dan daya tahan tubuh

Oiya usahakan sarapan tidak lebih dari jam 9 ya, jangan sampai skip sarapan karena ini justru akan memicu makan lebih banyak di waktu siangnya. 

Bagaimana sih membuat makanan/masakan yang sehat? 
Ini dia beberapa tips dari Chef Zul : 
  • Selalu gunakan bahan yang segar
  • Usahakan masak dihari yang sama saat dikonsumsi
  • Simpan di freezer secepatnya, jika makanan ingin disimpan ke freezer
  • Hindari makanan berada di suhu ruangan lebih dari 2 jam, karena bisa menimbulkan bakteri 
  • ketikan memasak daging sapi/ayam, jangan memasak dengan suhu kurang dari 160 0C
  • Untuk mencairkan bahan makanan yang dibekukan, letakkan di dalam chiller semalam sebelumnya, ini akan menjadi lebih sehat
  • Jika ingin membuat kaldu sayuran/daging dalam jumlah banyak, kemaslah untuk sekali makan dan bekukan
  • Saat mengolah makanan sebaiknya tidak over cook/kematengan, karena vitamin dan mineral akan hilang saat proses pemanasan saat dimasak
  • Saat menyimpan bahan makanan apapun dalam freezer pastikan bahwa makanan tertutup dengan baik, agar tidak terkontaminasi dengan bahan yang lain. Dan saat menyimpan pastikan makanan tidak menutupi kipasnya agar suhu dinginnya akan tetap stabil.

Sahabat nutrisi, dalam kegiatan masak memasak juga penting untuk diketahui tips pengolahan Makanan agar tetap Bergizi. Berikut 2 Teknik yang bisa digunakan :
  • BLANCHING
adalah proses menghilangkan enzim pada sayuran agar tetap segar dengan cara menyelupkan sayuran ke dalam air mendidih sesaat. Kelebihannya adalah sayuran/buah lebih menarik karena warnanya terlihat lebih segar, tekstur lebih lembut bila dimakan mentah. Saya sering melakukan treatment ini jika memasak brokoli, biasanya saya tambahkan sedikit garam/baking soda. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang suka nempel di sela-sela kuntum si brokoli. Coba deh perhatikan, saya suka menjumpai ulat kecil soalnya makanya perlu lebih hati-hati jika memasak brokoli :)

  • THAWING 
adalah proses mencairkan bahan pangan beku, bahan makanan harus terbungkus plastik. Misalnya : 
- dari freezer dimasukkan ke dalam chiller
- menaruh bahan pangan di bawah air mengalir (makan dibungkus plastik) : daging, sup
- Thawing microwave (croissant, sosis)
- Thawing suhu ruang (kue basah)
Tidak boleh mendinginkan kembali makanan beku.

Sesi terakhir, kita ditantang untuk menyusun menu mingguan dari sarapan, cemilan, makan siang hingga makan malam selama seminggu. Ada 3 kelompok, kelompok saya "Salad Buah" duh ketahuan deh kalau sebagian besar ib-ibu yang hadir tidak terbiasa menyusun menu mingguan, terbukti pas ikutan challenge mikirnya lama haha...terbiasa spontan gitu loh, jadi belajar kan menyusun menu minguan itu susah-susah gampang sebenarnya. Kalau sudah terbiasa ya mudah saja, terbukti kelompok si Lemak Cantik lancar membuat menu mingguan ini...uhuyyy!





Berakhir sudah #BicaraGizi kali ini, sampai jumpa di #BicaraGizi selanjutnya dengan tema yang lebih seru dan mencerahkan...Terima kasih ^_^






4 komentar:

  1. Informasi yang sangat bermanfaat mengenai gizi seimbang. Juga nggak boleh lupa sarapan.

    BalasHapus
  2. Jujur kadang saya susah juga mengatur menu mingguan. Biasanya ya per hari aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap mba gampang2 susah, tapi kalau udah di susun jadi nda bingung mikir lagi menu apa yaa buat selanjtnya hehe

      Hapus