Jumat, 31 Maret 2017

Hey Blogger, Sudahkah Anda Memiliki Personal Branding?

Assalamu'alaikum,




Tak dipungkiri era berkomunikasi digital sekarang marak digunakan oleh berbagai kalangan. Banyak selebritis sekaligus brand-brand besarpun juga memanfaatkan sosial media untuk mendongkrak kepopulerannya juga bisnisnya agar diketahui khalayak ramai dan laris manis adalah bonusnya. Tahukah kalian dibalik kesuksesan yang mereka hasilkan ada Personal Branding yang terbentuk dari suatu brand/selebritis tersebut. Nah kali ini saya akan mencoba sharing tentang workshop yang saya ikuti pada tanggal 26 Maret 2017 lalu. Saya berkesempatan mengikuti Blogger Gathering sekaligus workshop yang diselenggarakan oleh ISB (Indonesian Social Blogpreneur) bersama CNI. Ini adalah kali pertamanya juga saya mengikuti workshop dari ISB, tema kali ini sangat menarik yaitu "Branding In The Digital Age". Cucok banget buat saya yang lagi cari jati diri di dunia perbloggeran ini hehe...maklum nichenya masih gado-gado :) Acara ini berlangsung di Burger King, Plaza Festival. 





Hadir dua narasumber yang kompeten dibidangnya :
Mba Dewi K Rahmayanti (Inmark Digital & Social Media Consultant)
Kaka Vincent (Founder Hello Franchise) dan 
juga Ada teh Ani Berta sebagai moderator 



Gusti Alendra dari Divisi Marketing CNI dalam sambutannya menginformasikan jika produk CNI ini sudah berkiprah 30 tahun, dan bulan Oktober 2017 nanti CNI genap berusia 31 tahun. Wow usia yang cukup matang untuk sebuah brand tentunya ya. Udah pada tau kan ya CNI ini memasarkan produk kesehatan, skincare, perlatan rumah tangga dsb. Untuk detailnya bisa cek di https://geraicni.com. Dahulunya CNI dikenal menjual produknya dengan sistem MLM, saya inget banget karena kala itu teman saya juga ada yang menjadi member produk ini sekaligus agennya :) Nah sekarang udah jamannya media sosial, CNI pun mulai bermain dunia digital sejak 2,5 tahun yang lalu. Yuhu website CNI ini dibuat untuk memudahkan customer berbelanja. Menariknya interaksi di sosial media seperti Website, FacebookTwitter, Instagram mampu menjalin interaksi baik dengan para customer juga menggaet customer baru. 



Gusti Alendra, Divisi Marketing CNI
                          

Membangun Branding melalui Website

Ka Vincent mulai memaparkan presentasinya, dan diawali dengan pertanyaan apa sih bedanya Bedanya Blog VS Website? Udah pada tau kan bedanya apa? hehe...Kalau sepemahaman dan sepengetahuan saya Blog itu ya lebih ke personal yang isinya tentang konten yang kita tulis sesuka kita, sedangkan Website ini lebih mudahnya saya terjemahkan sebagai alamat brand/perusahaan dalam dunia maya, jika kita ingin mengetahui sebuah company profile si A, misalnya tinggal klik www.A.com. Begitu kira-kira, ini penjelasan detailnya : 






Ada 5 komponen utama dalam membuat website :
  •  Konten
k  Banyak yang bilang "Konten is The King", bener juga sih blog kita kalau isinya job     review/reportase event semua itu rasanya gimana gitu yak, padahal saya sendiripun masih begitu...ide, draft sebenernya banyak kalau sudah dituangkan, tapi ya gitu masih setengah jalan semua draftnya sampai sekarang :( Kalau ada ide dan ada sesuatu yang kira-kira mau ditulis saya draft aja dulu walaupun jadi satu paragraf, ntar kalau hasrat nulisnya muncul mulai deh dikembangin lagi. Intinya sih butuh konsisten ini dan disiplin! 
     
   Teh Anipun menambahkan kalau blog kita sebaiknya disisipi konten yang bermanfaat, misalnya dalam sebulan ada 4 kali kita tulis sesuatu yang bukan review/reportase event. Hal ini tentunya akan menambah poin plus buat kita kedepannya, yang perlu di ingat menulislah dengan hati dan kehati-hatian karena apa yang kita tulis akan dipertanggung jawabkan :)

  •  Fitur
F   Fitur ini membantu pembaca mengenal dan berinteraksi. Misalnya di dalam kotak widget ada pencarian, postingan terkahir, postingan paling popular dll. Hal ini tentunya akan memudahkan si user dalam mencari sesuatu karena sudah di filter secara lebih spesifik. Kemudian ada kotak halaman yang berisikan tentang anda, FAQ, kontak. Nah kontak Interaksi juga nda kalah penting ini untuk komen, bagikan dan likes. 

P  Saya pernah berselancar ke suatu website, infromasi yang saya baca di situ pun cukup menarik untuk dibagikan ke pembaca yang lain tapi apa daya pas saya cari kolom sharing media sosialnya tidak ada, jadinya ya copy paste dulu, kan da efektif hehe

  • Design
Design ini penting banget loh buat menarik dan mempengaruhi interaksi  pembaca,  So jangan sepelekan pemilihan design ya. Kalau secara tampilannya aja udah ngebosenin, ya pengunjung pastinya males ngeklik kan haha. 

Material Design 

ini merupakan konsep tampilan yang dikeluarkan oleh google dengan New Visually Representative language, yang berarti mewujudkan visualisasi agar menyerupai bentuk nyata baik dalam tekstur, bayangan dan pencahayaan.
https://material.io/guidelines

Bootstrap 

kerangka halaman yang bagus dan luar biasa yang mengedepankan tampilan untuk mobile device (Handphone, smartphone, dll).Untuk mempercepat dan mempermudah pengembangan website. 
http://getbootsratp.com/


  • Layout
Tempatkan komponen sebaik mungkin. 

UI (User Interface)
Misalnya penyesuaian warna, tombol, tulisan gambar/icon

UX (User Experience)
User Journey

  • Performa
Performa ini konon mampu mempengaruhi mood pengunjung, ini terdiri dari hosting, jaringan, keamanan dll. Misalnya nih terkait jaringan, jika web lemot pasti akan banyak ditinggalkan pengunjugnya, percaya deh. Dibalik jaringan yang lancar terdapat kepuasan pengunjung haha. Nah perlu diperjhatikan juga nih, bikin websitenya user friendly ya genks, bayangin aja pas kita mau beli-beli barang di website terus pas mau login aja rumit and ribet kan jadi males, akupun pernah merasakan belanja seperti ini dulu kala hehe.





Strategi Personal Branding Social Media







Sharing session selanjutnya semakin menarik nih, Mba Dewi K Rachmayanti akan mengupas tuntas mengenai Strategi Personal Branding Social Media. 

Personal Branding itu apa sih?  Menurut Wikipedia Personal Branding is the practice of people marketing themselves and their careers as brands. Ini adalah semacam teknik/cara untuk memasarkan diri kita ingin dilihat orang lain seperti apa. Dalam hal ini misalnya, Blogger. 

Personal Branding ini harus konsisten, juga seimbang antara sosial media dengan Blog yang kita miliki. Set goal kita maunya seperti apa? Ingin dilihat as a blogger kah, atau travel blogger dan lain sebagainya. Bentuklah diri kita seperti apa yang kita inginkan, cari kelebihanmu dibandingan Blogger lainnya. 







                
                    



Penting untuk digali dan diketahui, sebagai blogger kita harus punya USP (Unique Selling Point), apa itu? Jadi USP ini adalah pembeda atau ciri khas, setiap blogger pasti punya ciri khas tertentu. Jikalau anda dikenali dengan ciri khas tertentu, alias beda dari yang lainnya...Selamat berarti anda sudah mempunyai USP :) Ini penting karena menunjang terbentuknya Personal Branding.

Unique selling proposition/point adalah salah satu konsep dalam dunia marketing, misalnya sebagai contoh yang saya ambil diatas adalah blogger. Blogger ini harus memiliki keunikan tersendiri dibandingkan degan blogger lainnya. Unik di sini berarti memiliki perbedaan yang tidak bisa disamakan dengan blogger lainnya.





Dalam dunia perbloggeran, saya ambil contoh yang memiliki kriteria unik dari segi fashion adalah Mba Dona Imelda, pemilik akun Instagram ayoplesiran. Kebetulan beberapa kali jumpa dengan beliau menggunkan ikat kepala dibalut dengan hijabnya. Menurut saya ini jadi ciri khas tersendiri, bahkan kala itu ada yang nanya eh itu mba yang suka pakai ikat kepala siapa ya namanya? ^_^ 


                    



Gambar ini memberikan contoh apa yang dimaksud USP ^_^



Percayalah, postingan yang terencana dengan baik akan memudahkan personal branding kita terbentuk.

Remember this :

  • Create your story
  • Know your purpose
  • Understand the target market
  • Pick the right medium
Personal Branding yang baik tidak datang begitu saja, semuanya butuh proses. Nah pastinya kalian semua ingin membentuk Personal Branding yang baik kan? So please dont do this genks!

  • Being Racist
  • Spreading Hates
  • Spread Hoax
  • Doing Monolog

Kita sebagai pemilik blog harus memperhatikan dan mengetahui siapakah audience kita. Tujuannya adalah kita bisa memilih chanel media sosial  untuk personal branding. Jadi media sosial yang akan kita gunakan juga harus disesuaikan dengan audience kita.

"Sesungguhnya jika kita melakukan pekerjaan dengan penuh dedikasi, maka dengan sendirinya kita akan menjadi expert dan personal branding pun akan terbentuk", ujar mba Dewi menambahkan.
Manfaatkanlah sosial media semaksimal mungkin, beragam social media writing mempunyai keunggulan yang berbeda.
Simak gambar di bawah ini ya untuk detailnya ya : 




Hastag di IG itu efektifnya 8-11, pernah liat hastag di IG yang panjangnya udah kayak caption? Hahaha. Ini juga nda kalah penting nih, nama disemua sosmed sebaiknya dibuat serupa, jangan berbeda-beda agar memudahkan client dalam pencarian sosial media *catet! 


                        


Foto bersama para blogger&narasumber :)



Bersyukur banget bisa menambah ilmu bergizi begini, tambah ilmu tambah teman baru juga...Alhamdulillah, Terima kasih ISB atas kesempatannya dan juga CNI :) Smoga next bisa gali ilmu bareng lagi ya hehe...                 


Nah buat kamu yang belum follow ISB, yuk buruan follow dan join di komunitas ini. Bakalan banyak info menarik soalnya buat membernya ^_^




Learning, Sharing, Networking, Opportunities
Twitter : @KomunitasISB
Instagram : @KomunitasISB
Facebook : Indonesian Social Blogpreneur





Sumber Foto diambil dari simbah google :)



6 komentar:

  1. Saya masih bingung nih mba, menemukan sesuatu yang unik dan khas dari diri saya. Kalau mba Donna iya betul punya ciri khas banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, Semangat menemukan jati diri dan sesuatu yg unik ya mba :)

      Hapus
  2. Salam kenal mbak,bermanfaat sekali ulasannya tentang personal branding terutama untuk blogger baru kayak saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, salam kenal juga ya mba :)

      Hapus
  3. Iiih kereen banget artikelnya kaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiiih kaka satu ini mah lebih kece badai, nonamelinda kan baru belajar ini hihihi. makasih loh ya sudah mampir :)

      Hapus