Kamis, 15 Juni 2017

#SayaIndonesiaSayaPancasila : Menghidupkan Kembali 4 Pilar Kebangsaan Melalui Ngobrol Santai Bareng MPR

#SayaIndonesiaSayaPancasila!
Kalian pasti udah nda asing lagi dunk dengan hastag diatas? Hampir semua media sosial memposting tentang Pekan Pancasila, semua Netizen juga nda kalah ketinggalan ikut meramaikan dengan mengunggah foto bertemakan #SayaIndonesiaSayaPancasila. Pada tanggal 29 Mei - 4  Juni 2017 adalah peringatan Pekan Pancasila, semua menyuarakan tentang kebanggaannya menjadi warga negara Indonesia.  

Alhamdulillah Senin, 5 Juni 2017 saya berkesempatan untuk mengikuti acara yang di gagas oleh MPR yang bertajuk : ngobrol santai bareng Blogger dan Netizen yang berlokasi di ruang Delegasi Nusantara IV. Acara ini diadakan dalam Rangka Peringatan Hari Kelahiran Pancasila ke 72 (1 Juni 1945 - 1 Juni 2017)/Pekan Pancasila. Apa aja sih nanti yang akan di bahas atau menjadi bahan diskusinya? Mau tau banget kan pastinya hehe...Sungguh saya beruntung dan merasa bangga dunk pastinya menjadi bagian dari diskusi ini, pengalaman yang tak terlupakan bisa menginjakkan kaki di gedung MPR ini, bertemu dengan petinggi di sini pula sekaligus berkumpul silaturahim bersama para blogger lainnya :)

Untuk menuju gedung MPR RI ini lokasinya cukup strategis ya, karena lumayan dekat dengan stasiun Palmerah. Dari sini tinggal jalan kaki aja, melewati masjid yang megah. Alhamdulillah berangaktnya ramai-ramai jadi ada teman jalannya hehe, berangkat dari stasiun Pondok Cina turun di stasiun Tanah Abang lanjut pindah kereta yang menuju ke Palmerah. Sekitar 1 Jaman lebih lah perjalannannya dari Depok. 


Yeay, finally sampai juga setelah registrasi kita para tamu undangan diberikan kaos bernuansa merah putih yang bertulisakan #SayaIndonesiaSayaPancasila. Wih makin kece dunk nonamelinda pakai kaos ini hihihi, mejeng dulu lah mengabadaikan momen bersejarah ini :)
                                                                       

Acara dibuka oleh 2 MC kece, ada Makpon Mira Sahid juga perwakilan dari MPR. Tau nda kalau ngobrol bareng MPR ini sudah pernah diadakan sebelumnya, ini udah tahun ke dua, yang mana insha Allah akan rutin diselenggarakan tiap tahun. Tujuannya adalah agar lebih dekat dengan masyarakatt yang kali ini diwakili oleh para Netizen&Blogger yang dipercayai mampu menyampaikan berita secara aktual, terkini dan terpercaya dari sumbernya langsung. Secara belakangan ini berseliwearan berita-berita yang mengandung kontroversi, cenderug HOAX yang kredibilitas kebenarannya masih diragukan. 


Yuhu, i'm on stage :)

Ketua MPR RI Bapak Zulkifli Hasan dan Sekjen MPR RI Bapak Ma'ruf Cahyono hadir dalam diskusi ini, suasana makin meriah saat Bapak Zulkifli tiba di ruang Delegasi Nuasantara IV karena beliau langsung menyambut kami para Blogger juga Netizen dengan mengajak foto bersama. Saking bersemangat dan antusias beberapa orang sudah maju ke depan dan mengeluarkan kameranya untuk berwefie ria dengan Ketua MPR, bisa bayangin kehebohannya kala itu xixixi...medsos pun langsung rame foto-foto narsis nya dengan ketua MPR tersebut haha. 
 

Nemu foto saya di medsosonya salah satu netizen yang lagi heboh wefie sama Ketua MPR RI :)

Bapak Zulkifli Hasan membuka sambutannya dengan memahami makna Pancasila itu apa, kenapa sekarang mulai digaungkan lagi...istilah kecenya Pancasila reborn, supaya kita semua kembali ke nilai-nilai luhur pancasila. 

Momentum peringatan Pekan pancasila adalah saat yang paling tepat untuk kita kembali mengingat dan mengamalkan secara lebih maksimal nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. 

Pancasila adalah alat pemersatu bukan pemukul, Pancasila adalah perilaku yang disinari cahaya ucap ketua MPR. Pancasila itu gotong royong, kekeluargaan, kasih sayang, diharapakan kita semua menjadi masyarakat yang saling menghormati, saling menghargai dan mencintai. 

hastag #SayaIndonesiaSayaPancasila diharapkan agar masyarakat Indonesia mempunyai karakteristik seperti Pancasila. 

Akhi-akhir ini negara tercinta RI, terutama Jakarta sering banget terjadi kericuhan di mana-mana, merasa tidak aman karena terjadi ledakan/bom bunuh diri, bahkan di media sosial banyak berita-berita yang berisi hujatan, makian yang ini semua makin memperkeruh suasana di negeri ini menjadi tidak nyaman. Apalagi sejak PILKADA terjadi, makin heboh kan pendukung yang Pro/Kontra dengan salah satu tokoh idoalnya. Semuanya mengakui jika idoalanya itu yang terbaik, begitupun sebaliknya. Dua kubu ini seperti tidak pernah ada titik temunya, cuma akal dan pikiran yang jernih yang belum terkontaminasi yang bisa melihat sisi baiknya seseorang. Jangan sampai karena politik kita jadi saling menyakiti.

Kesuksesan demokrasi pancasila dapat berjalan baik jika masyarakat sadar memilih yang benar, bukan alasan lain!

Ketua MPR RI, Bapak Zulkifli Hasan

Sayangnya disikusi dengan ketua MPR RI ini tidak berlangsung lama karena beliau ada schedule bukber dengan sang Presiden, ini aja infonya acara ke tujuh yang beliau hadiri :) Dilanjutkan diskusi santai dengan Sekjen MPR Bapak Ma'ruf Cahyono, denger-denger nih beliau adalah sekjen termuda loh di sini, dan pawai dalam berpuisi, nda nyangka kan? Kalau mau lihat beliau mendeklamasikan pusinya intip ajaa di IG nya @nonamelinda ^_^

Dalam diskusi ngobrol bareng MPR ini juga ada sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. Hayo masih pada ingat nda?

4 Pilar Kebangsaan, apa sajakah itu?
  1. Pancasila
  2. UUD 1945
  3. NKRI
  4. Bhineka Tunggal Ika
Cerita sedikit boleh ya hehe...Saya jadi ingat jaman-jaman sekolah saat masih mengikuti upacara bendera, dari SMP hingga SMA saya selalu ditunjuk untuk membacakan UUD 1945 secara diplomasi, dengan intonasi yang tegas, lancar. Awalnya deg-degan tapi lama-lama malah jadi bangga, dan jadi hapal UUD 1945 karena setiap seminggu sekali dibacakan :)

Tahu nda sih dengan adanya upacara bendera yang diselenggarakan tiap seminggu sekali di hari Senin itu, menjadikan kita lebih disiplin, belajar sejarah Indonesia, pengamalan nilai-nilai luhur dari Pancasila, dan menghargai jasa-jasa para pahlawan di Indonesia yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia, terbebas dari penjajah. 

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya"
(Quote Soekarno)

Sekjen MPR RI, Bapak Ma'ruf Cahyono

"Adanya #PekanPancasila ini diharapkan pancasila itu semakin membumi, semakin kokoh, " ungkap Sekjen MPR. Beliau juga berpesan sekaligus mengingatkan untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan baik untuk merangkul bukan memukul. 

Maksudnya adalah sebagai Netizen or Blogger seharusnya menulis merangkul dan bisa memberikan pengetahuan lebih, menyampaikan informasi yang sebenar-benarnya. Yuk bersama-sama saling beragandengan tangan, saling merangkul untuk mewujudkan Indoenesia yang damai, aman, nyaman dan sejahtera :)

Acara ditutup dengan pembacaan Puisi oleh Bapak Ma'ruf, yang isinya bikin kita sendu...kata-katanya penuh makna...berikut ini isi puisinya.


MANIFESTO INI BARU INDONESIA DARI MPR RI UNTUK NKRI

Masih Indonesiakah kita
setelah sekian banyak jatuh bangun
setelah sekian banyak tertimpa dan tertampa
setelah sekian banyak terbentur dan terbentuk

Masihkah kita meletakkan harapan 
di atas kekecewaan
persatuan di atas perselisihan
musyawarah di atas amanah
kejujuran di atas kepentingan

Ataukah ke-Indonesiaan kita telah pudar 
dan hanya tinggal slogan dan gambar?
Tidak...! 
Karena mulai kini nilai-nilai itu
kita lahirkan kembali
kita bumikan dan kita bunyikan 
menjadi jiwa dan raga setiap manusia Indonesia

Dari Sabang sampai Merauke
kita akan melihat lebih banyak lagi
senyum ramah dan tegur sapa
gotong royong dan tolong menolong
kesatuan bukan anjuran tapi kebiasaan
kepedulian menjadi dorongan
dari terbit hingga terbenamnya matahari
kita melihat orang-orang berpeluh tanpa mengeluh 
berkeringat karena semangat 
kerja keras menjadi ibadah
ketaatan menjadi kesadaran
kejujuran menjadi bagian harga diri dan 
kehormatan

Wajah mereka adalah wajah Indonesia
yang sebenarnya
tangan mereka adalah tangan Indonesia yang sejati
keluhuran budi mereka adalah keluhuran Indonesia
yang sesungguhnya
HARI INI KITA GEMAKAN, INI BARU INDONESIA!

 

                     



*******

2 komentar:

  1. yes..SayaPancasila SayaIndonesia, semoga dengan keberagaman kita semakin utuh yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...Mari kita tingkatkan nilai-nilai luhur Pancasila dengan mengamalkannya yaaa hehe

      Hapus