Senin, 16 Oktober 2017

INHALEC 2017 : Jadikan Halal Sebagai Gaya Hidup

Bismillahirrahmanirrahiim 

Assalamu'alaikum,


Sebagai muslim yang hidup di negara yang mayoritas muslim tentunya menjadi kebahagian  dan kemudahan tersendiri buat saya, yang mana tidak terlalu memusingkan ketika ingin menyantap makanan apakah ini halal/tidak? Walaupun tetap waspada juga sih, tapi rasa khawatirnya tidak begitu banyak bila dibandingkan dengan teman-teman saya yang tinggal di negara yang mayoritas penduduknya bukan Muslim. Itu hanya sebagain contoh saja ya, pernah mendapat curhatan teman yang sedang lanjut ambil sekolah S2 di negara yang mayoritas bukan muslim itu rasanya nano-nano katanya. Untuk sholat aja harus remainder sendiri waktunya karena tidak terdengar suara adzan di sana, sholatpun bisa di mana saja asalkan bersih tempatnya karena keberadaan Mushola/Masjid tidak begitu banyak.

Belakangan ini begitu marak produk yang berlabelkan halal? Lalu bagaimana menurut teman-teman? Perlu dan penting nda sih produk berlabelkan halal ini? Tentunya dengan label halal membuat kita semakin yakin dan aman ketika kita menggunakan atau memakai produknya karena halal itu jalan menuju keberkahan dan insha Allah akan membawa kita dalam kebaikan...Aamiin.

Btw tau nda kalau di negara Indonesia kita tercinta ada halal expo? Biasa di sebut dengan INHALECIndonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference, berdiri sejak tahun 2015. INHALEC sudah berlangsung dua kali loh, tahun ini akan diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta pada tanggal 19-21 Oktober 2017. Event ini diselenggarakan dengan dukungan banyak pihak seperti Majelis Ulama Indonesia, Masyarakat Ekonomi Syariah, Kemetrian Perindustrian, Kementrian Pariwisata, dan Kementrian Koperasi dan UKM.

Bentuk kepedulian atas kurangnya informasi mengenai industri halal di Indonesia inilah yang menjadi latar belakang diselenggarkannya INHALEC.



Pemerintah Indonesia menargetkan pada 2020 kehadiran wisatawan Muslim dunia untuk datang ke indonesia sebanyak 5 juta orang dari totl 168 juta wisatawan Muslim sedunia. Hal ini tentunya tidaklah mudah, mengingat persaingan bisnis halal kian ketat di sejumlah negara. Bahkan di negara-negara yang mayoritas penduduknya bukan muslim, seperti Jepang, Korea, Thailand dan Chile. Iya banget nih, begitu maraknya penawaran berlabel Wisata Halal yang nyatanya begitu menarik perhatian, sayapun kepincut tapi nunggu dompetnya di isi sama Allah lagi  :)

Oleh karena itu sudah saatnya Indonesia melakukan hal yang sama, yakni dengan melihat halal bukan hanya sekedar aturan dalam hukum islam, namun juga sebagai gaya hidup atau lifestyle yang komprehensif. 

Dalam Press Conference INHALEC 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2017  di Hotel Grand Sahid Jaya, Candi Panataran 1&2 Jakarta. Sapta Nirwandar, Chairman Halal Lifestyle Center mengatakan bahwa beberapa negara di dunia termasuk keempat negara di atas telah memiliki ajang pameran industri halal tahunan. Untuk itulah Indonesia nda mau ketinggalan dan ikut menjadi salah satu negara yang tercatat "eksis" menyelenggarakan Halal Expo dan Conference. 


Narasumber Press Conference INHALEC 2017
INHALEC mempersembahkan sebuah rangkaian acara yang meliputi expo yang memamerkan produk halal, konferensi untuk membahas tren global dan kesempatan bisnis di industri halal serta penampilan seni dan budaya bernuansa religi yang dikemas dalam nuansa kolaborasi music etnik dan modern.  

Secara keseluruhan expo akan mencakup 10 sektor yang menjadi bagian dari gaya hidup halal, yakni makanan, pariwisatra, fashion, kosmetik, pendidikan, finansial, farmasi, media dan redaksional, layanan kesehatan dan kebugaran serta seni dan budaya. 

Nah Misi INHALEC 2017 adalah mengembangkan industri halal dan mempromosikan Gaya Hidup Halal yang dijabarkan dalam berbagai program, antara lain : 
  • Tanggal 19 Oktober 2017, acara dibuka dengan Conference yang membahas tentang "HALAL INDUSTRY, CULTURAL AND TECHNOLOGY" yang menampilkan pembicara para pakar di bidang industri halal. Diharapakan konferensi ini aka dihadiri oleh 250 peserta dari dalam dan luar negeri.

  • Konser Musik Spiritual Etnik oleh Dwiki Dharmawan cs, yang akan menampilkan sajian musik religi yang akan dikemas dalam alunan musik kolaborasi modern dan etnik.
  • Tanggal 20 Oktober 2017 akan ada pemutaran film religi keluarga "Iqro" yang menceritakan kehidupan anak jaman sekarang yang sangat gandrung pada sains namun kurang punya minat belajar Al Qur'an belum bisa mengaji. 
              
  • Pertunjukan fesyen busana muslim setiap hari, menampilkan karya-karya perancang fesyen muslim Indonesia berbakat seperti Dian Pelangi, El Ztta-Dauky, Wardah, Risty Tagor dls.
  • INHALEC Halal Expo yang memamerkan show case produk-produk industri halal. 
Jadwal selengkapnya bisa di cek di https://www.inhalec.co/. Adanya INHALEC 2017 adalah sebagai bukti bahwa Indonesia sebagai negara dengan mayoritas Muslim tak sekedar menjadi konsumen industri halal melainkan juga sebagai produsen.

Alasan teman-teman wajib datang ke INHALEC 2017 : 
  • Expo produk-produk halal
  • Pusat info komunitas Muslim
  • Dihadiri menteri dan pakar halal
  • Ada pemutaran Film Iqro sekaligus konser musik 
Yuk datang, ramaikan dan dukung INHALEC 2017 karena akan banyak ilmu, inspirasi dan keseruan di sana ^_^


Wassalam,



*******




Sumber Foto : 

https://twitter.com/lifestyle_halal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar