7 Tips Jitu Bikin Vlog Makin Kece Ala Bella Panggabean

Bismillahirrahmaniirahiim...
Assalamu'alaikum,




As a blogger new be, selain harus piawai mengolah kalimat yang menarik dan enak dibaca juga harus piawai mengambil foto, foto yang kece, enggak ngeblur akan menarik perhatian followers kita dan bonusnya followers pun jadi bertambah hehe. Secara zaman now keberadaan followers itu mempengaruhi brand ataupun agency. Lihat aja selebgram yang followersnya segambreng, jadi banyak tawaran endorse atau kerjasama yang tentunya saling menguntungkan dan menambah pundi-pundi tabungan hehe.

Hmmm nulis aja masih belum belepotan, udah harus belajar ambil foto yang cakep, terus belajar vlog juga. Emang blogger harus bisa semuanya? Alangkah baiknya jika kombinasi ketiganya ada dalam diri seorang blogger. Perfecto yes...paket komplit! ^_^


Saya mulai tertarik belajar bikin video or vlog saat diminta client untuk mereview dalam bentuk video, saat itu saya belum punya account youtube hingga akhirnya membuat account youtube. Bikin video selama ini juga menggunkan aplikasi yang simple yang ada di HP, kalau lihat vlogger/youtuber itu videonya keren-keren jadi pengen belajar bikin video yang kece juga. 


So pucuk dicinta ulampun tiba, alhamdulillah Sabtu tanggal 9 Desember 2017 berlokasi di Bhinneka Head Office, Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Saya berkesempatan untuk belajar "Cara buat video blogmu jadi kekinian" bersama Binneka Communnity Zone yang berkolaborasi dengan Komunitas Emak-emak Blogger (KEB).  

Sudah ada Kaka Bella Panggabean seorang Director of Photographi, yang mengambil studi di Communication Advertising Universitas Indonesia yang akan sharing ilmunya dalam membuat video yang ciamik! Pemilik akun IG @bellapangab juga telah banyak menghasilkan video komersial. 


Kepoin IG nya Ka Bella yuk :)

Foto itu bisa menggambarkan sebuah cerita loh teman-teman, dari foto kita bisa bercerita.  Pernah nda kebingungan buat bikin caption saat posting di IG? Misalnya kita mau posting foto bertemakan healthy life style, baiknya isi captionnya ya sesuai dengan fotonya ya. Kadang kalau bingung posting foto aja tanpa caption haha.

Usahakan setiap foto itu mempunyai ceritanya sendiri “Tell A Good Story” ini juga berlaku untuk video ya, setelah kita melihat itu video harus ada insight atau pesan apa yang sekiranya mau disampaikan ke pembaca. Perasaan  yang kita alami, jika kita tunjukan dengan video maka akan lebih mudah ditangkap oleh orang lain daripada kita menceritakannya lewat kata-kata. Bagi yang agak kesulitan menceritakan lewat kata-kata mungkin bisa menungkannnya lewat vidio :) 



Me and www.bellapanggabean.com

Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat video?

Dalam membuat video blog yang perlu diperhatikan adalah inti dari cerita video yang akan disampaikan, cerita yang menarik dan realistis. Kemudain yang nda kalah penting adalah kenali pembaca dari blog kita, buat pembaca selalu menunggu-nunggu postingan video kita selanjutnya.

Saya pernah dibikin penasaran dan kepo akun IG selebgram, updateanya selalu saya tunggu-tunggu kalau buka sosmed hampir stalking Ignya. Kenapa? Karena saya suka sama postinganya, informatif, komunikatif juga dibalut dengan foto yang sangat menarik. Pernah saya bertanya juga direspon dengan baik dan cepat. Aaah makin jatuh hati kan jadinya*eh. Video pun begitu kalau sudah punya fans seatia, tinggal nembangin kontennya sesuai pembacanya. 

Show Them, Don’t Tell Them

Buatlah scriptnya dengan cara ditulis terlebih dahulu, saya terbiasa langsung on the spot sih kaarena dadakan haha. Jadi kadang begitu take otak langsung berfikir akan ngomong apa, ngalir aja gitu...tapi jujur hasilnya akan jauh lebih bagus jika ada scriptnya. Moms View dan Pita’s Life adalah 2 youtuber yang dicontohkan sama Ka Bella kala itu. 

Yang saya tangkap dari Moms View ini menyajikan video seputar daily life tapi yang dicari oleh para mommy, dengan cara menarik dan fun. Misalnya video skin care apa sih yang dipakai sebelum tidur...begitupun dengan Pita’s Life,  jadi Mom Pita ini orang Indonesia yang tinggal di luar negeri dan bahasa yang digunakan di youtubenya itu bahasa Indonesia karena audiencenya kebayakan orang Indonesia. Jadi biar asyik aja komunikasinya, menyesuaikan gitu.

Btw sosok youtuber idola kalian siapa teman-teman? Beberapa bulan lalu ada sosok youtuber TKI asal Indonesia yang bekerja di Korea yang bikin heboh dunia maya dengan logatnya Jawa+Korea...ada yang tahu? Yes Bajindul, menurut saya dia itu unik dan lucu. Punya ciri khas yang juga jadi personal brandingnya dia, dari style penampilannya yang nyentrik hingga gaya bicaranya saat menyapa audience. Hello gess...bukan guys yak wkwkwk.

Salah satu videonya dan viewsnya banyak ini nih, saat lagi menikmati wahana di korea...Sumpah gokil abizzz haha. 



3 Kunci dalam membuat video :
  1. Quality
  2. Consistency and
  3. Suistanability
They make us think. They make us feel. If told right, they inspire us.  Kita harus punya cerita yang dimulai dari awal, tengah dan akhir dengan susunan yang menarik dan teratur.

Dalam pengambilan gambar untuk membuat video atau sebuah vlog, bisa menggunakan banyak pilihan. Mulai dari Web Cam, Go Pro, DSLR, Mirror Less bahkan samartphone only like me hehe. Soalnya belum punya tool penunjang lainnya huhuhu. Doain ya semoga bentar lagi punya camera DSLR :) Manfaatkan dan berdayakan yangm ada secara maksimal!

Do :
  • Choose Your Word Carefully, pemilihan kata-kata itu penting.
  • Melakukan riset, dengan begitu kita jadi tahu informasi apa yang dibutuhkan oleh pembaca.
  • Lighting, waktu terbaik untuk mengambil gambar/lihgting  alami  adalah di jam 7-9 pagi dan 3-5 sore
  • Sound
  • Bangun interaksi dengan pembaca, yes komunikasi itu penting. Seperti please komentar, like subsribes yes 
  • Stories have a beginning, middle and end. 
  • Finally, dont think to much. Just Shoot it!!!
Yes, itu 7 tips jitu bikin vlog makin kece ala Bella Panggabean. Mungkin ada yang mau nambahin lagi?

Don't :
  • Jangan pernah mengambil gambar dengan background warna putih, karena terlihat flat.
  • Jangan berdiri terlalu dekat dengan tembok, apalagi nempel, sebaiknya ada beberapa jarak. Ini biar terlihat kece dan lebih menarik, coba deh dipraktekan bedanya foto nempel di tembok sama dikasih jarak. Hasilnya bagusan mana?
  • Jangan samapai juga kita terjebak dengan hal yang terlalu teknis
Foto bersama KEB and Team Bhinneka 
Are you ready for the next Youtuber or Vlogger? hehehe. Anyway big thanks for Bhinneka and KEB yang sudah support kami untuk belajar dan upgrade skill, juga Ka Bella Panggabean for sharingnya yang bermanfaat ^_^



******

4 komentar:

  1. Nice sharing mba..
    Insha Allah tambah semangat ya kita bikin Vlog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, harus semangat biar makin kece hehe

      Hapus
  2. hihihi bikin penasaran followers? jadi harus prepare materi dulu ya mba, biar continuitasnya terjaga hmm... salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sesekali bikin gemes dan gregetan haha. Iya baiknya sih begitu biar efektif dan efisien sih...Salam kenal juga mba Cici :)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.