Rabu, 20 Desember 2017

Fun Discussion : Bincang Sehat Seputar Gizi dan Nutrisi

Bismillahirrahmaniirahiim,
Assalamu'alaikum...



Berbicara masalah gizi dan nutrisi memang selalu menjadi topik yang menarik untuk di bahas ya, kenapa demikian? Karena efeknya bisa menjadi sangat panjang dan menyangkut kehidupan banyak orang. Siapa sih yang tak ingin melihat negaranya maju dikelilingi oleh masyarakat yang sehat juga cerdas

Kamis, 14 Desember 2017 saya menghadiri Fun Discussion dengan “Knowing ‘Milky Wasys’ One Step Closer” di Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (KPPPA). Acara ini diselenggarakan atas kerjasama antara KPPPA dengan Kompeni Sehat. Sudah ada Bapak Gazhali selaku founder K2JPK (Kelompok Kerja Jurnalis dan Penulis Kesehatan) yang akan memandu diskusi siang ini. K2JPK adalah wadah berkumpul jurnalis dan penulis yang peduli kesehatan. Karena semkain banyak dan semakin sering informasi juga ilmu kesehatan tersebar luas ke masyarakat, diharapkan semakin banyak masyarakat melek informasi kesehatan, mau menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, minumal untuk dirinya sendiri dan keluarganya.

Apa saja yang menjadi higlight kali ini?

  • Gizi Buruk
  • Pergeseran Global Pola Diet
  • Isu Kesehatan

GIZI BURUK

Dalam kesempatan kali ini Dr. Reisa Broto Asmoro sharing mengenai kasus gizi buruk di Tangerang, anak gizi buruk karena minum air tajin dan akhirnya meninggal dunia. Padahal ada susu gratis di puskesmas hanya karena malu kalau bawa anaknya ke sana karena kurus dan kurang gizi.


Menurut survey keperluan rumah tangga terbesar urutannya adalah, beras, rokok dan pulsa. Wah hasil 3 terbesar jawabannya tidak ada yang mengutamakan beli buah&sayuran...Hmmm gimana mau sehat ya, miris jadinya :(

Percaya nda percaya ya, kalau angka stunting dan obesitas di Indonesia ini jumlahnya terus meningkat. Bahkan anak yang mengalami gizi buruk malah orangtuanya obesitas! Mengejutkan bukan? But inilah faktanya yang terjadi dilapangan. Kenyataannya gizi buruk kadang terjadi karena ketidak tahuan dan ketidak pedulian orang tua pada anaknya. Memprihatinkan kalau begini ya :( Faktanya lagi anak stunting ini tidak hanya terjadi di luar daerah saja akan tetapi terjadi di kota besar di Jakarta.

Terkait mengenai Susu Kental Manis (SKM), saya sudah pernah membahas mengenai SKM. Faktanya pemakaian susu kental manis banyak salah kaprah. Pengggunaan SKM sebagai minuman justru terjadi di kota besar yang notabene harusnya menerima banyak informasi kesehatan. Dalam hal ini, edukasi terhadap produsen harus dilakukan mengenai susu kental manis baik dari segi iklan maupun label. Nyatanya banyak iklan produk menggunakan bintang iklan anak sehingga mengesankan produk ramah untuk dikonsumsi anak, berbahaya sekali kan ini.

Jadilah konsumen yang cerdas, dengan membaca label komposisi bahan yang terkandung di dalamnya sebelum membeli.  Ayo ajarkan anak-anak untuk belajar baca label dalam kemasan ya :)

KPPPA juga telah melakukan 3 Upaya dalam Pemenuhan Gizi Seimbang Pada Anak, apa sajakah itu? Bisa diliihat  pada gambar di bawah ini :


ISU KESEHATAN

Isu kesehatan yang beredar di masyarakat ini juga dipengaruhi oleh peran medsos dalam penyebarannya, so sebelum sharing alangkah bijaknya untuk mengetahui apakah informasi yang disampaikan itu benar dan bermanfaat bukan hanya berita HOAX semata!
Hampir 70% berita kesehatan di masyarakat yang selama ini beredar adalah HOAX!

Materi-materi yang mengedukasi belum banyak yang mudah dipahami dan dimengerti oleh para orangtua. Inilah yang menjadi PR kita sebagai media dan juga blogger untuk memberikan informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat pada umumnya. 

Pergeseran Global Pola Diet

Dahulu kala nenek moyang kita adalah pemburu dan memakan apa yang ditemui, berbeda dengan zaman now pola makan sudah dipengaruhi gaya hidup sebagai bukti peningkatan kemampuan. Jadi bukan sehat yang didapat tapi kepuasaan terhadap diri sendiri bisa menikmati menu makanan yang lagi kekinian hehe.

4 Poin utama perubahan pergeseran pola makan dipengaruhi oleh : 
  • Meningkatnya konsumsi minuman/jajanan kaya kalori/gula, terutama pada negara-negara dengan pendapatan rendah
  • Peningkatan asupan makanan oalahan yang padat energi/gula
  • Penurunan asupan buah, sayur dan kacang-kacangan
  • Makin singkatnya waktu prosesing makanan, dan meningkatnya penggunaan makanan setengah matang dan siap saji yang padat energi/gula.
Bapak Moh. Adib Khumaidi Andi Khomeini, selaku Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia 2017 mengungkapan pola makan yang tepat sehari-hari.

Prinsip gizi seimbang itu adalah 6 bulan pertama hanya utuh ASI. Setelah itu dilanjutkan dengan MPASI, pola makan seimbang usia dini berpengaruh pada kehiduan selanjutnya.
Faktor yang mempengaruhi Asupan Makanan diantaranya adalah  Lingkungan Keluarga, Sosial, Media, teman Sebaya dan penyakit. Misalnya nih ya sekarang kan lagi tren  Juice mangga yang kekinian itu loh, coba waspada apakah dalam pembuatannya ditambah pemanis buatan/gula dalam jumlah yang wajar? Karena terkadang yang enak belum tentu sehat, kenikmatan sesat hehe.


Dok Foto Twitter @DewiSulistiawaty
Anak adalah bibit eksistensi dan kemajuan bangsa, jika anak berkualitas maka eksistensi dan kemajuan bangsa pun berkaulitas. Yuk cetak generasi maju berkualitas dengan tumbuh kembang optimal. Mari terus mengedukasi dan memberdayakan diri dengan ilmu-ilmu parenting.

Sarapan itu penting, jangan pernah melewatkan sarapan ya. Manfaat sarapan selain sebagai sumber energi antara lain mampu mengontrol asupan harian, pola makan teratur ini baik bagi anak. Dengan makan bersama keluarga tercinta kita bisa mengontrol nutrisi keluarga, terciptalah kebersmaan dan komunikasi yang baik, mengajarakan sopan santun, dan juga lebih hemat juga lebih sehat Insha Allah :) 

Jangan lupa untuk manfaatkan bahan pangan lokal yang ada, tak perlu impor segala jika ada yang lokal itu lebih baik. Sehat itu pilihan, yuk jadikan sehat sebagai tren :)
Wujudkan IDOLA Indonesia Layak Anak, Saya anak Indonesia, Saya Gembira!



Terima kasih @KompeniSehat sudah mengadakan Fun Discussion, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat ya teman-teman. See You  on next discussion ^_^ Kira-kira next tema apa ya yang mau di bahas? Any idea :)




******

2 komentar:

  1. Pergeseran global pola diet bener banget,karena sayapun mengalaminya lebih senang makanan dan minuman yg manis Dan konsumsi makanan siap saji

    BalasHapus
  2. Aku catet 6 bukan pertama hanya butuh ASI ya, ga usah macem-macem.

    BalasHapus