Senin, 11 Desember 2017

Nyamuk Bandel? HIT Expert Solusinya!

Bismillahirrahmaniirahiim,
Assalamu'alaikum...



Cempaka, Dahlia.... 2 minggu ini kita sering mendengar nama-nama sweet flower tersebut. Dua siklon tropis yang berdampak kepada cuaca disekitar pulau Jawa dan Sumatera. Memang saat ini dengan adanya pemanasan global, kemungkinan munculnya siklon tropis menjadi lebih tinggi dan lebih tinggi juga kekuatannya. Selain itu juga, pemanasan global akan berdampak kepada makhluk hidup yang ada di bumi. Eits tapi saat ini saya belum membahas lebih jauh lagi mengenai siklon tropis ya. Hehehe.....

Oiya teman-teman merasa nda sih, terutama yang nda pake AC sih :D kalau suasana lagi panas pasti nyamuknya bakalan buanyakkk. Ada nyamuk yang ukurannya gede, sekali nyedot darah buanyak tapi mudah ditepuk terus ada nyamuk yang ukurannya kecil dan suka muter-muter terbang dikepala kita dan yang paling banyak itu nyamuk kecil yang nyedotnya sedikit-sedikit tapi sering dan suka banget ngumpet. Dah gitu susah banget buat nepuk atau matiin nyamuk bandel tersebut. Bikin gregetan deh pokoknya kalau ada nyamuk bandel kaya gitu. Kalau cuma nyedot darah aja sih fine lah :D tapi selain nyedot darah juga bikin gatel dan lebih bahayanya lagi juga beberapa jenis nyamuk menyebarkan penyakit seperti malaria, demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD).

Sungguh kehadiran nyamuk ini mengganggu sekali, bikin tidur jadi nda nyenyak. Saya kategori orang yang kalau udah tidur itu anteng, its mean kalau udah fase terlelap ya mau ada suara berisik nda bakalan kebangun, pernah suami kebangun karena bersin berulang-ulang dan kenceng banget tapi saya beneran nda kebangun loh. Ke esokan harinya Suami saya cerita sampai geleng-geleng, sambil berkata enak banget ya hun tidurnya :)

Nah pernah nih kejadian pas lagi mau bobo, pakai acara berantem dan perang dulu sama si nyamuk. Gegaranya ya itu suaranya berisik banget, nguing...nguing....nguing lalu gigit, so saya jadi nda bisa bobo dengan tenang. Kebangun-bangun gegara nyamuk, kalau lampunya dimatiin nyamuknya makin menggila. Alhasil kita tidur dalam kondisi lampu nyala deh, terpaksa deh cara ini kita lakukan. Suami sampai pernah berbisik, ini nyamuk kecil-kecil tapi bikin kesel ya...Cuma dengan suara bisingnya sampai bisa bangunin orang yang lagi terlelap tidurnya, kalah deh sama suara bersin saya yang menggelegar hahaha.


Btw kenapa nda pakai obat nyamuk aja sih? Jujur saya suka pusing akibat aroma yang ditimbulkan oleh si obat nyamuk, makanya jarang banget menggunakan cara ini. Terus takut juga bau yang ditimbulkannya akan mengganggu kesehatan. Hingga pada Kamis, tepatnya tanggal 7 Desember 2017 saya mendapatkan pencerahan saat menghadiri Community Gathering bertajuk "Generasi Baru HIT Expert" bersama Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang berlokasi di EV Hive D.Lab, Jl. Riau Menteng, Jakarta Pusat. 

Bincang-bincang santai kali ini akan bahas seputar nyamuk, kenapa sih nyamuk zaman now makin bandel? Terus adakah solusi jitunya untuk membasmi nyamuk yang semakin bandel ini? Fakta VS Mitos seputar nyamuk yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Yuk kita bahas bersama pakarnya hehe.

Telah hadir narasumber yang cantik dan ramah dr. Lula Kamal yang juga didaulat sebagai Brand Ambassador HIT. Acara dibuka dengan sangat meriah oleh MC energik Ka Lia Atma. 


MITOS VS FAKTA SEPUTAR NYAMUK 

FAKTA :
  • Nyamuk merupakan hewan yang berbahaya sekaligus mematikan di dunia.
  • Nyamuk itu suka sekali sama aroma tubuh manusia so nda heran kan jika kita menggantungkan baju yang sudah pernah dipakai ada nyamuk yang menempel di baju kita. Itu bikin sarang nyamuk! Perhatiin deh, saat dikebut-kebut tuh baju. Pasti ada nyamuk yang lagi terbang :)
  • Ternyata oh ternyata bukan Ibu Mertua aja yang demen baju merah, nyamuk diketahui menyukai warna merah dan juga warna gelap. 
  • Percaya nda nyamuk hanya butuh 1 cc air saja untuk berkembang biak? Coba di cek tuh dispensernya, itu loh kan suka ada penampung air di bawahnya, usahakan untuk tidak ada air yang tersisa di wadah tersebut.
  • Nyamuk itu suka travelling juga loh, jadi nyamuk itu ikut kemanapun kita pergi, bahkan tak jarang kan di mobil juga kita menemukan nyamuk :(

MITOS :
  • Suhu makin tinggi, nyamuk makin besar. Justru, semakin panas malah semakin banyak nyamuk. makin sering kawin dan bertelur.
  • Nyamuk bersarang hanya ditempat yang ada airnya, karena baju yang bergelantunganpun bisa menjadi sarang nyamuk.
Tau gak sih, hewan apa yang menyebabkan kematian paling banyak pada manusia itu apa hayo? Mungkin ada yang nebak Singa, Harimau, Buaya, Hiu atau Ular, tapi ternyata hewan yang paling mematikan di dunia menurut WHO adalah nyamuk. Hah apa? Kok bisa nyamuk yang mini ukurannya ini justru malah mematikan? Ini nih faktanya yang disampaikan oleh WHO, bahwa data di tahun 2016 sekitar 725.000 orang meninggal setiap tahunnya karena DBD dan data tahun 2015 sekitar 438.000 orang meninggal karena malaria. Dan fakta yang paling mengejutkan adalah ada sekitar 100-200 juta kasus manusia yang terinfeksi DBD dan malaria. Luar biasa bukan! Sedangkan data dari Kementrian Kesehatan Indonesia menyebutkan bahwa kasus DBD di seluruh Indonesia pada tahun 2016 adalah sebesar 201.885 orang dengan 1.585 orang yang meninggal dunia.

Nyamuk ternyata hewan yang mematikan dan berbahaya!

Kembali lagi ke topik mengenai pemanasan global, dimana suhu bumi menjadi semakin meningkat dan didukung dengan suhu udara dan kelembaban di Indonesia yang memang tinggi, maka seiring dengan meningkatnya suhu bumi juga berdampak kepada siklus hidup dari nyamuk itu sendiri. Sama seperti hewan lain yang juga harus beradaptasi dengan perubahan iklim, nyamuk juga mengalami perubahan atau berevolusi.

Dengan pemanasan global ini, nyamuk menjadi lebih sering kawin sehingga berdampak pada ukuran tubuh dari nyamuk yang menjadi semakin kecil. Ukuran nyamuk yang menjadi semakin kecil ini lah yang menyebabkan nyamuk menjadi sangat lapar untuk menyedot darah manusia karena nyamuk memerlukan energi agar dapat berkembang menjadi ukuran tubuh yang lebih besar agar dapat kawin dan berkembang biak. Sehingga nyamuk zaman now ini menjadi semakin bandel dan agresif dalam menyedot darah manusia.

Di mana sajakah nyamuk dapat bersarang?
Simak gambar di bawah ini ya!

Ternyata banyak area yang tanpa kita sadari menjadikan tempat bersarangnya nyamuk ya, seperti pada gambar di bawah ini dari kolong sofa, tudung lampu, talang air yang tersumbat, pot tanaman, vas bunga, lipatan tirai, hiasan lampu, pinggiran pigura, tumpukan buku dls.

Saya sendiri sering memergoki si nyamuk lagi nempel manja di lipatan tirai/gorden, saya paling gemes dan langsung neplok tuh nyamuk...hasilnya adalah gorden kesayangan saya penuh bercak darah si nyamuk :( 


Kapan saat yang tepat untuk menyemprotkan anti nyamuk?
Waktu yang tepat adalah saat pagi dan sore hari, macem orang kantoran aja ya si nyamuk ini, ada jam istirahatnya haha. Cukup semprotkan Sebaiknya berikan jeda kurang lebih 1 jam sebelum ruangan akan di tempati. Agar aromanya tidak terlalu menyengat. Perlu diketahui ya bahwa nyamuk Demam Berdarah itu pada malam hari tidak menggigit, karena mereka beraktivitas pada pagi sampai sore hari.

Wefie with dr. Lula Kamal yang ceria :)
Saat ini sudah terdapat berbagai macam anti nyamuk yang ada di pasaran, dan pilihan saya jatuh kepada HIT Expert. Kenapa HIT Expert? Jadi seiring dengan berevolusinya nyamuk yang ada di bumi ini, HIT juga berevolusi untuk mengatasi gangguan nyamuk  dengan cara memberikan 4 kelebihan dalam 1 produk, apa sajakah kelebihannya? :
  • Micro-Particle : Formula baru dengan ukuran partikel yang jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya sehingga partikel dapat bertahan lebih lama di udara dan dapat mematikan nyamuk bandel dengan lebih baik lagi.
  • Teknologi Double Nozzle :  yang dapat mengeluarkan semprotan dengan lebih jauh ke berbagai arah sehingga cukup menyemprot secukupnya, so lebih efektif dan efisien dalam memberantas nyamuk.
  • Ergonomis : Kemasan yang lebih premium dan kece dengan desain cap yang ergonomis sehingga sangat nyaman saat digenggam oleh tangan dan semprotan yang dihasilkan juga semakin halus.
  • Wangi Premium : Terdapat 2 pilihan wangi baru yang premium yaitu Sweet Flower dan Fresh Citrus yang aromanya menyegarkan lebih mirip parfum malah, setidaknya aromanya tidak bikin pusing. 

Ada enggak yang lebih baik dari HIT? Yang lebih mahal banyak, hahaha.

Selain mencegah perkembanganbiakan nyamuk, kita juga harus membasmi nyamuk sampai ke sarang-sarangnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? 

Nah Berikut Tips jitu mengusir cantik si nyamuk :
  • Usahakan untuk tidak menggantungkan baju yang sudah pernah dipakai, ini emang jadi PR sih ya karena cucian baju otomatis makin banyak :)
  • Membersihkan tempat yang menjadi sarang nyamuk secara berkala
  • Melakukan 3M, memberantas jentik-jentik nyamuk
Saya sudah membuktikan dan menaklukan nyamuk bandel dengan HIT Expert, bagaiamana dengan teman-teman? Tidur jadi makin berkualitas, bangunpun badan fresh kembali karena no drama lagi perang sama nyamuk! Buat yang bandel, pakai yang expert. HIT Expert solusinya :) 

Foto bersama komunitas Emak-emak Blogger yang super Hitz  ^_^




******

42 komentar:

  1. Yang bikin gemes itu nyamuk kecil yang suka ngerubung di atas kepala tapi kalau gigit sakit dan gatalnya minta ampun. Habis talkshow itu aku langsung 'berburu' nyamuk pakai HIT Expert biar nyamuk-nyamuk ngeselin itu cepat musnah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun gemes suaranya itu cukup menggangu banget yes!Bikin nda bisa bobo nyenyak gegara nyamuk :(

      Hapus
  2. Kalau pakai Hit baunya gak bikin pusing kan? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insha Allah enggak, malah dikira wangi parfum yak haha

      Hapus
  3. Luar biasa ya nyamuk jaman now, bandelnya ngalahin anak-anak yang super bandel.untungbaada HIT Expert

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, betul banget mak jangan coba-coba sepelekan yak. Ini kecil mungil tapi membahayakan dan mematikan pula :(

      Hapus
  4. Nyamuk itu, kecil2 ngeselin :))

    BalasHapus
  5. Iyaah menyelinap ya di gorden �� harus digebrak2 gitu. Supaya keluar dari persembunyiannya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo, suka kesel kalau pas diceplokin darahnya nempel di gorden :( Huh jadi nambah kerjaan deh huhuhu. Tapi puas and happy berhasil matiin tuh nyamuk haha

      Hapus
  6. Wangi HIT ga terlalu keras jd ga bikin pusing aku suka yang sweet flower.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo, wanginya nda begitu seterong yes :)
      Aku juga suka sweet flower hehe

      Hapus
  7. suka banget sama wangi barunya HIT Expert, kayak pengharum ruangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah banyak yang bilang begitu, makanya pada suka sama aormanya nda nyangka itu obat nyamuk yak :)

      Hapus
  8. Banyak info menarik yah di acaranya, jadi tahu bagaimana cara menghadapi nyamuk bandel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul sekali mbak. Jadi makin melek dunia nyamuk beserta Mitos dan Faktanya yang mengejutkan hehe

      Hapus
  9. KAlo denger ngiung..ngiung udah deh ngajak perang dengan tepuk tepuk, tapi ada lagi aja datang bawa temen2nya. Nyamuk oh nyamuk makin bandel aja. Rasanya puas banget kalo pas ada nyamuk langsung tak semprot pake HIT Expert, trus tepar si bandelnya xiixi *menaang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi, emang bunyinya itu ngeselin banget ya ka :(
      Alhamdulillah udah ada HIT Expert ya, bye-bye deh nyamuk bandel hehe

      Hapus
  10. Aku sering menggantung baju nih drmh. Ternyata jd sarang nyamuk juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo ka, kupun juga begitu. Mulai mengurangi kebiasaan ini biar gantungan baju bersih and nda buat sarang nyamuk!

      Hapus
  11. Nyamuk makin kecil dan belang makin berbahaya ya dan untungnya saya sudah pake HIT Expert dirumah, nyamuk bandel langsung mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo Mba Iha, Waah udah pkai HIT juga ya? Suka aroma wangi yang mana nih :)

      Hapus
  12. Awalnya aku juga putus asa neh ngatasin nyamuk... Tapu untung ada hit expert yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, so help fuull banget buat berantas nyamuk bandel yak hehe.

      Hapus
  13. Aku pakai nih mba hit expert yg sweet flower. Wanginya enak dan ga bikin pusing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos kita mba, sesama sweet flower hihihi. Alhamdulillah aromanya nda begitu menusuk ya di hidung, jadi nda bikin pusing hehe

      Hapus
  14. Emang berasaaa banget ya akhir akhir ini nyamuk makin bandel. Sampe kzl. Untungnya ada HIT Expert ya sekaraaang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul deh ku ngerasain juga soale, suka kesel dan bad mood kalau udah perang sama nyamuk :(
      Darahnya itu loh jadi bekas ke mana-mana kalau abis di tepok haha.

      Hapus
  15. apa lagi jika cuaca berubah.. hujan lalu panas... nyamuk cepat banget berkembang biaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hik...hik...hik...Tapi sekarang udah ada solusinya karena ku pakai HIT Expert, selamat tinggal deh nyamuk bandel :)

      Hapus
  16. Macam orang kantoran aja nyamuk itu ya haha. Btw jangankan yang ga pakai AC, yang bobonya ditemenin AC pun pasti akan tetap dihinggapi nyamuk kog. Apalagi kalau enak enak bobo nguing-nguing duhhh jadilah aku patrol malam buat 3 lelaki yang kasian banget kalau digigit nyamuk. Yess akhirnya ketemu deh sama HIT Expert yang emang expert banget deh buat mematikan nyamuk bandel. Hajaarrrrr ya

    BalasHapus
  17. Aku pakai HIT nih buat menghindari gigitan nyamukk.memang penting banget nih agar g digigit nyamuk

    BalasHapus
  18. Saya jg pakai HIT mbak. Aroma terapinya itu loh saya suka banget

    BalasHapus
  19. Nyamuk emang bikin kesel. Jadi kalo anak udah keliatan bentol digigit nyamuk, semprot HIT to the rescue.

    BalasHapus
  20. Nyamuk emang ganggu banget ya. Mau cobain HIT Expert juga ah.

    BalasHapus
  21. Aku pakai HIT yang citrus. Sore hari udah semprot kamar supaya bobo makin nyenyak.

    BalasHapus
  22. Mbak, rumahku pakai AC aja masih banyak nyamuknya. Sebel banget gak sih itu :(
    Sekarang aku pake HIT Expert. Tiap pagi sama sore aku semprot2in deh biar pada jera itu nyamuk2 pada :D

    BalasHapus
  23. Nyamuk emang paling bikin mood ngga asik ya mba, apalagi kalo meninggalkan jejak hasil gigitannya di muka ish ngga banget deh, Alhamdulillah sekarang sudah ada HIT Expert, yg ampuh basmi nyamuk bandel, bye nyamuk bandel!

    BalasHapus
  24. Musim hujan gini banyak nyamuk jadinya untung ada Hit heheh

    BalasHapus
  25. HIT memang Joss, penting nihh buat yang ingin rumahnya terbebas dari nyamuk

    BalasHapus
  26. Aku sdh pernah merasakan nyamuk hutan dan nyamuk Jayapura. Meskipun siang tp ttp nekat nongol juga. Dan gak nyaman bgt klo nyamuk nongol, bete. Untung ada di Cibubur bisa pakai HIT Expert. Nyamuk tak masalah lagi.

    BalasHapus