Rabu, 24 Januari 2018

BBPLK Bekasi Cetak Generasi Cepat Kerja Berkompetensi

Bimsillahirrahmanirrahiim...
Assalamu'alaikum,

                         

I Love Monday, yes bagi saya senin itu always ngangenin hehe. Walaupun Monday identik dengan macet tapi entah kenapa Monday itu selalu menjadi hari yang penuh kejutan sekaligus menantang! Seperti Senin lalu tepatnya tanggal 22 Januari 2018, saya berpetualang menuju planet Bekasi *ngikutin apa yang orang-orang bilang hihihi. Kala itu cuaca lagi mendung-mendung manja juga gerimis, tapi tak melunturkan semangat saya. Perjalanan saya ke sana berdua aja dengan Mba Sally, kita berdua naik bis jurusan Bekasi Barat dari Jalan Lingkar Luar yang dekatnya tol pokoknya. Sepanjang perjalanan kita berdua asyik ngobrol apa aja ditemani rintik-rintik gerimis, alhamdulillahnya perjalanannya lancar dan cuaca juga bersahabat saat kita sampai Bekasi. Pukul 8 kita udah sampai di depannya Metropolitan Mall, oiya ceritanya kita berdua mau visit BBPLK Bekasi. Karena hari masih pagi, jadi kita berdua putuskan untuk jalan kaki menuju ke sana. Kapan lagi menikmati suasana winter di Bekasi :)

Yeay, mendarat cantik di BBPLK Bekasi :)
Dok. Foto : Mas Jun 

Hari gini nyari kerjaan susah? Mungkin mayoritas bilangnya iyes, apalagi yang punya pengalaman yang sama. Karena tak jarang yang IPK nya tinggi dan lulusan Universitas ternama kerjanya nda sesuai dengan jurusannnya, ada juga yang ngerasain nganggur berbulan-bulan. Aaaah itu mungkin biasa ya, di dunia kerja itu emang untung-untungan juga sih. Dulu tak terpikirkan kalau punya kelahlian tertentu yang marketnya bagus  seperti sekarang ini yang sedang in profesi Chef, MUA, Desaigner memungkinkan akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu juga bisa bekerja secara independent tak melulu jadi karyawan dengan mendirikan usaha hehehe.

Setiap orang dibekali dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing juga dengan potensi/passion yang berbeda. Jika sejak dini kita mengetahui potensi kita apa dan menggalinya akan jauh lebih optimal pasti hasilnya. Sama halnya dengan ketika kita bekerja, bekerja kalau sesuai dengan passion pasti lebih melejit, menyenangkan dan happy :) 

Oiya teman-teman ada yang sudah familiar kah dengan keberadaan BLK/Balai Latihan Kerja? Dahulu kala saya tahunya adalah tempat magang buat yang ingin mencari kerja. Jujur pemahaman saya tentang BLK ini juga minim banget, karena emang saat lulus SMA orientasinya ingin melanjutkan kuliah nda kepikiran langsung kerja begitu. Tahunya yang bisa langsung kerja itu lulusan SMK karena udah dibekali keahlian tertentu. Nah makanya saya sangat antusias sekali saat berkesempatan visit BBPLK ini :)

Jadi kedatangan saya ke sini adalah menghadiri pembukaaan pelatihan berbasis kompetensi tahap 1 tahun 2018 di BBPLK Bekasi. Saya tak sendiri tentunya, bersama para blogger lainnya yang mendapatkan kesempatan dari komunitas Blogger Depok City (BDC) untuk meliput. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indoensia Raya, saya pun ikut berdiri dan menyanyi. Jadi tau rasanya gimana jadi peserta ketika menghadiri pelatihan kompetensi ini, para peserta juga membacakan sumpah dan janji siswa kompetensi. Peserta yang sudah lulus mengikuti kompetensi tahap 1 ini, nantinya akan bisa bekerja di perusahaan yang sudah bekerjasama dengan BBPLK Bekasi.



Yuk Berkenalan dengan BBPLK Bekasi 

Kesan pertama saat tiba di sini itu nyaman, asri banget, bersih, nda nyangka ada BLK yang kece seperti ini hehe. Suasana seperti ini bikin para peserta pelatihan nyaman dan fokus belajar. Di sini juga disediakan asrama juga loh bagi peserta yang rumahnya jauh/tinggal diluar Bekasi. Sarana untuk beribadah seperti Masjid juga ada, bersih dan rapi, karena saya berkesempatan sholat dhuhur di sini. Di area taman juga ada spot tempat duduk bersama teman-teman jadi bisa berdiskusi di sini ditemani semilirnya angin hahaha.

                         

Balai Besar Pengembangan latihan Kerja (BBPLK) Bekasi atau yang lebih dikenal dengan nama CEVEST (Centre for Vocational and Extention Sevice Training) yang berlokasi di Jl. Guntur Raya No. 1 Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan. BBPLK ini berada dalam naungan Kementrian  Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Didirikan pada tahun 1985 dengan bantuan dana dari Pemerintah Jepang, merupakan bentuk kerjasama dalam rangka pengembangan SDM. Berdiri di atas lahan seluas 10 hektar dengan penataan yang rapi ini akan terus berupaya memberikan fasilitas yang terbaik.

Latar Belakang Masalah saat ini : 
Mulai dari kebutuhan pasar kerja, rendahnya tingkat pendidikan, petambahan jumlah angkatan kerja dan kurangnya akses pendidikan vokasi.
  • Pada tahun 2030 mendatang Indonesia perlu tambahan 60 juta tenaga kerja terampil
  • 60% angkatan kerja iNdonesia (usia di atas 20 tahun) berpendidikan SMP dan SD
  • Setiap tahun 2 juta angkatan kerja baru masuk pasar kerja, untuk itu perlu perluasan pendidikan vokasi seperti pelatihan kerja, pemagangan kepada 4 juta angkatan kerja tiap tahun
Pelatihan berbasis kompetensi Tahap 1 ini ada 4 kejuruan loh, yaitu :
  • Kejuruan Teknik Elektronika
Program Pelatihannya terdiri dari : 
  1. Viber Optik (V-Sat)
  2. Operator Otomasi Elektronika Industri
  3. Teknisi Fiber Optik 
  4. Operator Instrumen dan Kontrol
  5. Teknisi Audio Video
  6. Teknisi Telepon Selular
  7. Teknisi Surface Mounted technology (SMT)
Berikut ini contoh alat yang digunakan untuk membuat lampu LED seperti yang ada di jalan-jalan besar. 



  •      Kejuruan Teknologi Informasi&Komunikasi (TIK)
   Program Pelatihannya terdiri dari : 
  1. Animator
  2. Client Server Programming
  3. Databese Programming
  4. Movie Animator
  5. Cloud Computing
  6. Graphic Designer
  7. Mobile Programming
  8. IT For Solution Bussiness
  9. Computer Technician
  10. Web Developer
  11. Network Profesional
  12. Warehouse Crew Development Programmer
Ini salah satu ruangan TIK nya, Layar PC nya ukurannya besar jadi nyaman untuk belajar dan berkutat didepan layar :)
                       

  •      Kejuruan Refrigeration
       Program Pelatihannya terdiri dari : 
  1. Teknisi Lemari Pendingin (Show Case)
  2. Teknisi Pendingin AC Split
  3. Teknisi Refrigerasi Komersial

                    
  •     Kejuruan Perhotelan
    Tahun ini akan dibuka kejuruan Perhotelan, yang fasilitasnya juga cukup lengkap. Ada 2 tipe kamar yang disediakna di sini yaitu : Presiden Suite Room dan Standart Room. Ini loh penampakan hotelnya, terdiri dari 2 lantai. Aaaah nanti kalau main-main ke Bekasi lagi coba menginap di sini aah, untuk harga juga pastinya relatif lebih murah karena punya pemerintah :)

                            



Bincang-bincang santai dengan para petinggi BBPLK Bekasi 

Narasumber yang hadir :
  • Ibu Helmiaty Basri, selaku Kepala BBPLK
  • Bapak Yudi, Kabid Program BBPLK
  • Bapak Syafruddin, Kabid Penyelenggara dan Pemberdayaan,
  • Ibu Meimei dari Tata Usaha.

Saat bincang-bincang dengan para narasumber di sana menginformasikan bahwa pihak BBPLK Bekasi mempunyai MOU/Perjanjian dengan perusahaan-perusahan, yang mana para peserta didik setelah lulus bisa langsung mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya di perusahaan yang bekerjasama dengan BBPLK. Waaah enak ya teman-teman, kesannya jadi nda buang-buang waktu untuk belajar alias efektif dan efisien serta tepat sasaran. Lulus dan dapat sertifikat langsung bisa dapat pekerjaan, sekolahnya juga gratis lagi tanpa dipungut biaya sepeserpun. 

Sayangnya informasi bermanfaat seperti ini masih banyak orang yang belum tahu, termasuk saya sendiri sebelum datang ke BBPLK Bekasi ini hehe. Btw yang ngaku warga Bekasi tau ada tempat pelatihan kerja sekece ini nda? Hahaha. 

Mitra kerjasamanya pun juga bonafit loh, berikut ini jejeran nama-nama perusahaan yang sudah bekerjasama dengan BBPLK Bekasi. Siapa yang nolak coba udah dikasih pelatihan gratis sesuai dengan kemampuan kita, dapat sertifikat pula setelah itu dapat pekerjaan di perusahaan yang bonafit!



Bapak Syafruddin, sebagai Kabid Penyelenggara mengatakan bahwa pelatihan berbasis kompetensi ini bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil yang juga sebagai strategi untuk mengatasi angka pengangguran. Dimana angka pengangguran.

Ibu Helmiaty Basri, selaku Kepala BBPLK pun menegaskan bahwa Soft skill wajib dimiliki tenaga kerja, sehingga program ini nantinya menciptakan tenaga kerja yang terampil. Pengangguran terjadi karena ketidakseimbangan tersedianya lapangan kerja dan tenaga kerja. Program pelatihan di BBPLK Bekasi ini menampung mayoritas 90% lulusan SMK di Bekasi.

Saat itu Bu Helmiaty juga bercerita kepada kami, bahwa Pa Jokowi pernah menolak untuk datang ke BBPLK Bekasi ini, setelah di bujuk berkali-kali baru mau. Dan kaget ternyata BBPLK Bekasi ini kece banget, diluar ekpetasi hehe.



Para Blogger Memperkenalkan diri :)

Kurangnya publikasi mejadikan BBPLK Bekasi tidak begitu familiar dikalangan para remaja, oleh kaena itu tugas blogger or netizen ikut menyebarluaskan bahwa Bekasi punya lembaga pelatihan kerja  dengan fasilitas yang cukup lengkap. BBPLK mendengar kebutuhan industri, dan pelatihan yang ada di sini juga menyesuaikan dengan kebutuhan industri atau perusahaan.

BBPLK ini banyak diminati oleh lulusan SMK, kenapa? Karena ternyata kalau di sekolah peralatan yang disediakan kurang jadi rebutan untuk memakainya atau ngantri. Ibaratnya satu alat dipakai rame-rame secara bergantian. So nda efektif dan efisien kan secara waktunya, nah bedanya di BBPLK ini alatnya disediakan dengan jumlah yang cukup banyak. Jadi satu orang difasilitasi dengan satu alat. Hal ini yang membuat para peserta di sini puas.

Fyi nih teman-teman, tiap BLK di daerah itu tidaklah sama pelatihan kejuruannya. Karena tergantung dari potensi dari daerah itu sendiri. Contohnya di Bekasi ini potensi terbesarnya ada di IT dan elektronik. Hal ini tertunya berdasarkan riset dari tim ahli. Kalau di daerah teman-teman sendiri apa kira-kira yang menjadi potensi? :)

Bu Helmiaty juga menegaskan banget bahwa semua staffnya diharuskan untuk mempunyai sosial media. Seperti twitter, Facebook juga Instagram. Tujuannya adalah untuk promosi semua kegiatan yang berkaitan dengan BBPLK agar makin terpublikasi dan eksis hingga banyak orang yang tahu akan keberadaan BBPLK di Bekasi ini. Jika seluruh staf ikut mempubikasikannya di sosial medianya masing-masing kan lumayan, dan ini akan memberikan dampak yang luar biasa pastinya. 


Kios 3in1

adalah sarana pelayanan informasi yang mengintegrasikan Pelatihan, Penempatan dan Sertifikasi dalam suatu chanel koordinasi terpadu. 
  • Pelatihan
Pelatihan terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat, industri maupun lembaga pemerintah.
  • Sertifikasi
Bentuk pengakuan formasi terhadap kualitas lulusan pelatihan kerja ataupun tenaga kerja yang telah mengikuti Uji Kompetensi.
  • Penempatan
Penempatan tenaga kerja baik di perusahaan dalam negeri maupun luar negeri melalui informasi pasar kerja dan forum jejaring industri.

Gimana-gimna, tertarik mengikuti pelatihannya? 
Berikut ini persyaratannya :
  1. Laki-laki/Perempuan
  2. Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir
  3. Forocopy KTP
  4. Pas Photo 3x4 1 lembar
  5. Lulus Tes Seleksi
  6. Sehat Jasmani & Rohani, serta tidak buta warna
Oiya untuk masa belajar peserta di BBPLK Bekasi ini antara 1,5 bulan sampai 6 bulan tergantung dari jurusan yang diambil. Selain itu para peserta (boarding) juga mendapatkan fasilitas transport PP, asrama, makan, pakaian kerja, asuransi, sertifikat pelatihan dan sertifikat BNSP. Wah mantap kan? Tinggal fokus belajar aja nih, karena nda mikirin biaya hehe.

Bagaimana cara pendaftarannya?

Registrasi online melalui website www.kios3in1.net/006, setelah itu ada proses seleksi pelatihan kerja meliputi seleksi administratif, tes tertulis, dan wawancara. Nah untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : 08159171717 dan 085711070057.

Harapannya tentunya dengan banyak yang mengetahui akan informasi ini , angka pengangguran di Indonesia dapat diminimalisir. Selain itu juga menciptkan generasi yang cepat kerja dengan day saing yang mumpuni karena dibekali dengan soft skill sesuai dengan kemampuan para pesertanya. Dan semoga semua BLK disetiap daerah mempunyai fasilitas yang lengkap dan memberikan pelatihan gratis dengan kejuruan yang sesuai dengan potensi disetiap daerah. Jika semua bersinergi dengan baik, Insha Allah angka pengangguran di Indoensia berkurang.

                          

Detail info bisa follow media sosialnya :
www.blkbekasi.kemnaker.go.id
Twitter : BLK Bekasi kemnaker RI
Facebook & Instagram : BLK Bekasi Kemanakaer RI


                           







******



18 komentar:

  1. liat LED warna warni seru,,,udah kebayang klo bisa bikin mo dipasang dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, skill seperti ini kayaknya banyak dibutuhkan ya mba hani. Jadi kepengen buat lampu stroberi hehe

      Hapus
  2. Kalau di BBPLK Bekasi alatnya dikasi utk satu org satu berarti ya mbak, enggak gantian?
    Wah jdnya bisa belaajr bareng2 dan lbh hemat waktu dan biaya jg ya TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo mba, setiap peserta dibekali alat perang satu-satu. jadinya kan puas belajarnya nda saling menunggu hehe

      Hapus
  3. Keren..bagi yang diluar kota bisa tinggal di asrama pula ya, dapat ilmunya gratis tinggal di asrama pun gratis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, semoga makin bnyak yang tau keberadaan BBPLK Bekasi ini yo mak biar bnyk yang punya soft skill :)

      Hapus
  4. Perlu disebarkan informasi ky gini seluas-luasnya ya, supaya sampai ke orang yang tepat, dan bisa ikut pelatihannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga udah infoin ke orang yang sekiranya dia membutuhkan keterampilan agar dapat pekerjaan yang pas.

      Hapus
  5. Gratis dengan banyak fasilitas bahkan dikasih asrama buat yang dari luar kota, waah keren bangat nih BBPLK Bekasi, Salut!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyooo, totalitas banget ya. Yuk informasikan ke teman-teman yang butuh upgrade soft skill hehe

      Hapus
  6. Bagus nih programnya. Jadi saya mau juga ikutan dan nambah skill, ga begini-begini aja. Boleh juga nih di share buat tetangga, saudara, ponakan ya.. Gratis dan dibiayai lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mas, biar makin banyak ya soft skillnya :)

      Hapus
  7. Ini BLK asli supercozy euy pengin ikutannnnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin betah ya teh, asri sejuk bersih, lengkap pula fasilitas yang disediakan :)

      Hapus
  8. Seru banget ya foto-foto di sini. Hehehe. Peserta pelatihan keknya bakal betah dengan fasilitas di BLK Bekasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo, aku aja betah buat pepotoan haha. nanti kita staycation di hotelnya yo Mamak Sud :)

      Hapus
  9. Kalau ada semacam BLK ini di berbagai daerah mungkin Indonesia bisa lebih maju lagi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, karena kita jdinya difasilitasi sesuai dnegan kejuruan yang kita sukai jadi lebih total belajarnya hehe. Smeoga makin bnyak BLK di daerah yang fasilitas dan kejuruannya juga lengkap seperti di BBPLK Bekasi yo mak :)

      Hapus