Jumat, 02 Februari 2018

Dompet Dhuafa Membentang Kebaikan Hingga Kancah Internasional

Bismillahirrahmanirrahiim,
Assalamu'alaikum...


                   

Hai teman-teman, gimana semalem bobonya pules alias nyenyak kan? Bersyukur sekali masih bisa diberikan nikmat sehat juga berkumpul dengan kelurga tercinta dalam keadaan untuh harmonis. Masih bisa merasakan tidur ditempat tidur yang empuk, nyaman, aman dan di rumah sendiri.

Apa kabarnya orang-orang di luar sana yang masih belum punya tempat tinggal? Kadang suka nyesek, miris melihat anak-anak kecil yang hidupnya dijalanan, boro-boro sekolah buat mencari makan aja mereka harus bekerja terlebih dahulu, ada pula yang meminta-minta :( Ya Allah entah di mana orangtuanya, mungkin juga ia hidup sebatang kara tak punya keluraga. Kalau lihat situasi seperti ini secara nyata di depan mata kita, rasa syukur tak henti-hentinya terucap. Betapa beruntungnya saya hidup dalam lingkungan keluarga serta kasih sayang yang lengkap dari keluarga.

Itu baru sekelumit masalah anak-anak terlantar, belum lagi masalah kemiskinan yang begitu complicated. Menurut Undang-Undang Dasar 1945 "Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara". Faktanya negara tidak sanggup mengatasi kemiskinan yang jumlahnya meningkat tiap tahunnya. 

Oleh karena itu harus ada solusi jitu untuk mengentaskan kemiskinan juga kerjasama dengan lembaga terkait. Misalnya Dompet Dhuafa, baru-baru ini saya mengetahui berbagai program Dompet Dhuafa, dulu saya taunya Dompet Dhuafa itu cuma menyalurkan Zakat hehe. Ternyata sekarang banyak program menarik yang sudah dilakukan Dompet Dhuafa. Salah satunya yaitu memberdayakan kaum dhuafa juga mengurangi kemiskinan. 

Siang itu Selasa 30 Januari 2018, berlokasi di Gado-Gado Boplo, Menteng Jakarta Pusat. Saya menghadiri Public Expose 2018 : Laporan Kinerja Dompet Dhuafa Tahun 2017. Apa saja yang akan di bahas, baca tuntas sampai selesai ya :)

Apa sih Dhuafa itu?

Dhuafa berasal dari bahasa arab yang artinya lemah. Dhuafa sendiri menurut KBBI memiliki arti orang-orang lemah (ekonominya dan sebagainya). Sedangkan pengertian kaum dhuafa adalah golongan manusia yang senantiasa hidup dalam zona kemiskinan, ketertindasan, ketidakberdayaan, kelemahan dan penderitaan yang terus menerus. Contoh kaum dhuafa adalah fakir miskin, anak terlantar, orang cacat dan anak-anak yatim.

Menurut BPJS Kesehatan 2017, terdapat 29 Juta orang miskin dan 177Juta penerima bantuan BPJS di Indonesia. Indonesia adalah negara dengan tingkat kesenjangan paling tinggi urutan ke-4 di dunia. Dilihat dari berbagai aspek mulai dari Agama, Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Budaya, Nilai Lingkaran Kemiskinan ini menimbulkan dampak keasenjangan yang mengakibatkan terjadinya kriminalitas meningkat, penurunan kualiats SDM, diskiminasi, disharmonisasi, melemahnya wirausaha.



Dan tahukah teman-teman masih ada 26 Juta penduduk miskin di Indonesia yang harus kita tolong dari segala sektor. Dalam hal ini Dompet Dhuafa mengajak seluruh ekosistem pemberdayaan di masyarakat untuk membantu penduduk miskin yang ada. Sesuai dengan Visi Dompet Dhuafa yaitu terwujudnya masyarakat dunia yang berdaya melalui pelayanan, pembelaan, dan pemberdayaan yang berbasis pada sistem yang berkeadilan.





Kehadiran Dompet Dhuafa juga ikut berperan membantu pemerintah dalam membayarkan premi BPJS penduduk miskin dari zakat yang terkumpul. Faktanya masih banyak penduduk Indonesia yang tidak sanggup membayar premi BPJS yang paling  murah sekalipun :(

Melalui Dompet Dhuafa kita bisa membantu lebih banyak lagi penduduk miskin, semua program Dompet Dhuafa diberikan dengan pendamapingan agar tidak disalahgunakan.

Halal, legal dan masuk akal menjadi prinsip Dompet Dhuafa.

Kiprah Dompet Dhuafa di Kancah Internasional :
  • Februari : Penyaluran bantuan bahan makanan dan obat-obatan di Kamp penampungan pengungsi korban perang di Kamp Harjelle, Suriah
  • September : Tim Kesehatan Dompet Dhuafa yang didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan bantuan pelayanan kesehatan dasar bagi para pengungsi di Kamp. Cox’s Bazar.
Penghargaan yang diperoleh Dompet Dhuafa diantaranya adalah :
  • Beastudi Etos meraih UI Scolarship Award 2017 ketegori Silver.
  • LAZ dengan Opersional Kelembagaan Terbaik versi Baznas di Baznas Award 2017
  • Penghargaan Human Dignity untuk Ormas dan indivisu yang berkontribusi luar biasa dalam membangun peradaban tinggi dan mulia versi Gerakan Indonesia Beradab di GIB Award 2017.
  • Penghargaan Organisasi Terpilih di Ajang Indo Relawan Award 2017

Penghimpunan 2017






Penyaluran 2017





Penerima Manfaat Dalam negeri dan 
Penerima Manfaat Luar Negeri 






Sektor Penerima Manfaat Program Dompet Dhuafa






5 Pilar Program Dompet Dhuafa yaitu :
1.       Pendidikan
2.       Kesehatan
3.       Ekonomi
4.       Sosial
5.       Dakwah




Mengenal Lebih Dekat Sejarah Lahirnya Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa (DD) adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnnya yang halal dan legal, baik dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga.

Hadirnya DD berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya. Singkat ceritanya saat Koran Republika menyelenggarakan promosi di Yogyakarta, Bapak Parni Hadi selaku Pemimpin Redaksi saat itu bertemu dan berbincang-bincang dengan teman-teman dari Corps Dakwah Pedesaan (CDP), Bapak Parni Hardi bertanya berapa gaji atau honor mereka perbulan? Intinya gaji yang mereka terima itu sedikit tak sepadan dengan perjuangan yang mereka lakukan. Mirisnya lagi itu gaji yang diterima juga hasil dari uang yang mahasiswa sisihkan dari kiriman orang tua mereka. Sontak makin kaget, tercengang dan setengah tidak percaya mendengar jawabannya seperti itu! Kemudian Bapak Parni Hadi tergerak untuk membuat sesuatu untuk membantu teman-teman.

Nah dari situlah yang menginspirasi lahirnya Dompet Dhuafa Republika, Iyes saya juga baru tau kalau DD itu lahir dari koran Republika. Dari penggalangan dana internal, Republika lalu mengajak segenap masyarakat untuk menyisihkan sebagian kecil penghasilannya.

Pada 2 Juli 1993, sebuah rubrik di halaman muka Harian Umum Republika dengan tajuk “Dompet Dhuafa” pun dibuka. Kolom kecil tersebut mengundang pembaca untuk turut serta pada gerakan peduli yang diinisiasi Harian Umum Republika. Maka dari itu, tanggal 2 Juli 1993  ini kemudian dijadikan sebagai hari jadinya Dompet Dhuafa Republika. Alhamdulillahnya rubrik “Dompet Dhuafa” mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat ditandai dengan kemajuan yang signifikan dari pengumpulan dana masyarkat.

4 September 1994, Yayasan Dompet Dhuafa Republika pun didirikan. Profesionalitas DD kian terasah seiring dengan meluasnya program kepedulian dari yang semula hanya bersifat lokal menjadi nasional bahkan internasional. Tidak hanya berkhidmat pada bantuan dana bagi kalangan tak berpunya dalam benatuk tunai, DD juga mengembangkan bentuk program yang lebih luas seperti bantuan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan bantuan bencana.

Tahun 2001, tepatnya pada tanggal 10 Oktober Dompet Dhuafa Republika dikukuhkan untuk pertama kalinya oleh pemerintah sebagai Lembaga Zakat Nasional (Lembaga Amil Zakat) oleh Departemen Agama RI. Berdasarkan UU RI Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat, DD merupakan institusi pengelola zakat yang dibentuk oleh masyarakat. Tanggal  8 Oktober 2011, Menteri Agama RI mengelurakam Surat Keputusan Nomor 439 Tahun 2001 tentang PENGUKUHAN DOMPET DHUAFA REPUBLIKA sebagai Lembaga Amil Zakat tingkat nasional.

Saat ini Dompet Dhuafa memiliki 17 cabang, 5 cabang berada di luar negeri (Hong Kong, Australia, Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan).  9 kantor layanan, 138 program, 18 gerai sehat layanan kesehatan cuma-cuma, 5 rumah sakit, 4 sekolah, 7 outlet Dayamart, 1 De Fresh, 11 Unit Bisnis, sebagain besar merupakan hasil pendekatan Dompet Dhuafa terhadap khasanah budaya lokal.

Semua kegiatan dilakukan dengan dukungan 60.000 donor setia yang secara ekonomi mapan, profesional dan berpendidikan. 


Dompet Dhuafa lembaga yang jelas, terdaftar, resmi dan diaudit. Insha Allah amanah.

Public Expose Dompet Dhuafa 2017

Jelang 25 tahun berkiprah, Dompet Dhuafa telah berkontribusi menyelesaikan masalah kemanusiaan di dalam dan luar negeri, bekerjasama dengan berbagai multistakeholder baik pemerintah dan NGO nasional dan Internasional.

Acara Public Expose ini untuk menginformasikan kinerja yang sudah dicapai oleh Dompet Dhuafa Jelang 25 tahun berkiprah dan juga sebagai agenda meningkatkan akuntabilitas transparansi publik serta menyampaikan data lembaga terkait aktivitas, perolehan dana, penyaluran dana melalui program, penghargaan dan informasi lainnya kepada publik selama 2017.  Adapun rangkaian acaranya terdiri dari 2 poin yaitu : Laporan Program dan Perkembangan Lembaga dan Infromasi Publik mengenai Dompet Dhuafa selama tahun 2017. 

Informasi yang saya terima acara Public Expose ini dilaksanakan setiap tahun mengundang para stakeholder, donatur, masyarakat umum, media dan jurnalis.

Telah hadir beberapa narasumber : 
  1. Ismail A Said sebagai Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika
  2. drg. Imam Rulyawan sebagai Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi
  3. Iwan Ridwan sebagai Direktur Utama  Dompet Dhuafa Enterprise
  4. Mukhlis Bahrainy sebagai Pengusaha Agroindustri
  5. Fadhil sebagai Pendamping Ekonomi Program Green Horti Mojokerto


drg. Imam Rulyawan MARS

drg. Imam Rulyawan MARS sebagai Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi mengatakan “Dompet Dhuafa jelang 25 tahun ini, semakin menguatkan potensi lokal dengan menjalankan konsep Social Enterprise seperti program Green Horti dan Kebun Indonesia Berdaya”. Dompet Dhuafa Filantropi dengan Dompet Dhuafa Social Enterprise saling bersinergi untuk melebarkan sayapnya dengan berbagai program. Hal ini juga senada dengan apa yang diungkapkan oleh Bapak Iwan Ridwan selaku Direkur Dompet Dhuafa Social Enterprise bahwa “Dompet Dhuafa Social  Enterprise melakukan pengembangan dan penguatan usaha-usaha dengan berbasis Social Enterprise yang profesional menuju kemandirian usaha dan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.



Bapak Mukhlis Bahrainy sebagai pengusaha Agroindustri “Kolaborasi teknologi Industri Agro untuk Program wujudkan Masyarakat Mandiri” selaku Direktur PT. Pachira Group. Bersinergi dengan Dompet Dhuafa dalam industri rumah nanas. Beliaupun siap mendampingi Dompet Dhuafa dalam hortikultura dari produk jadi hingga penjualan.
Program Green Horti adalah program Dompet Dhuafa untuk petani yang menghasilkan buah-buahan dan sayuran organik non pestisida.

Dalam kesempatan ini Dompet Dhuafa juga memperkenalkan program Wakaf uang yang harusnya lebih produktif. Wakaf bisa diberikan kepada siapa saja, tdak harus muslim. Aqil baligh dan dewasa adalah syarat untuk berwakaf. Gerakan sejuta Wakif, 1 orang bisa wakaf dengan minimal 1000 rupiah. Kebaikan itu bagaikan MLM, karena setiap kebaikan akan dilipatgandkan pahalanya jika diikuti. 


Program Dompet Dhuafa :
Misi Bisnis Dompet Dhuafa Social Enterprise (DDSE)
Penguatan dan pengembangan Dompet Dhuafa Social enterprise yang profesional menuju kemandirian usaha dalam rangka meningkatkan nilai-nilai sosial dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Coorporate Governance. Dompet Dhuafa Social Enterprise merupakan salah satu pilar program Dompet Dhuafa sejak 2014. Program ini berkontribusi di dalam masalah sosial dengan membangun unit-unit usaha di masyarakat. Hasil dari unit-unit usaha digunakan untuk mendukung program Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa Filantropi Fokus pada Donasi
Misi Bisnis Dompet Dhuafa Social Enterprise adalah penguatan dan pengembangan Dompet Dhuafa Social Enterprise yang profesional menuju kemandirian usaha dalam rangka meningkatkan nilai-nilai sosial dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Coorporate Govermance. 

Harapannya tentunya bisa lebih mandiri secara ekonomi dan diri. Adanya unit-unit usaha secara tidak langsung menambah lapangan pekerjaan di masyarakat. 


Berikut ini beberapa contoh program Dompet Dhuafa :

  • Bidang retail bisnis : ada unit usaha Daya Mart yaitu model bisnis retail berbasis pemberdayaan dengan konsep 100% kepemilikan diarahkan untuk kaum Dhuafa. Daya Mart ini dikembangkan di daerah Sumatra Barat, dan selama 2017 sudah dibuka sebanyak enam gerai dengan manajemen dari Dompet Dhuafa Niaga. Produk UMKM juga dipasarkan di sini.
  • Pada bidang kesehatan DDSE selama 2017 mengembangkan social hospital network yaitu rumah sakit berbasis wakaf. Dompet Dhuafa Medika Farma untuk klinik dan apotik yang mudah diakses dhuafa.
  • Kampus Umar Usman ini sudah ada sejak 2013 dengan tujuan melahirkan pengusaha baru dalam waktu 1 bulan dan juga sudah berhasil menciptakan lulusan yang berkualitas.
  • Pinjaman modal tanpa bunga sangat membantu petani. Pengembangan agro wisata juga menjadi tujuan pendamping program green horti.Cocok nih sekalian piknik bersama keluarga plus ada edukasinya juga. Agro wisata petik strawberry dan taman kelinci menjadi contoh yang sudah berhasil dikelola oleh Dompet Dhuafa.
  • Bidang Agro Industri : melalui PT. Karya Masyarakat Mandiri (KMM) dengan program Indonesia Berdaya telah mengolah lahan seluas 8,5 hektar yang ditanami dengan aneka tanamn buah diantaranya buah naga, nanas, pepaya, jambu kristal, dan alpukat yang ditanami secara tumpang sari di daerah Subang Jawa Barat. Rencana selanjutnya di perkebunan tersebut akan segera dibangun pabrik ekstrak buah dan makanan olahan seperti selai, sirup dan lainnya. Harapannya pabrik tersebut dapat berproduksi secara padat karya dan menyerap tenaga kerja dari kalangan kaum dhuafa.
  • Bidang Kesehatan : mengembangkan social hospital network yaitu rumah sakit berbasis wakaf untuk melayani kaum dhuafa. 5 Rumah Sakit yang dikelola oleh Dompet Dhuafa Social enterprise yaitu :
  1. RS. Rumah Sehat Terpadu 
  2. RS. AKA Medika Sriwabhono , Lampung Timur 
  3. RS. Mata Ahmad Wardhi, Serang
  4. RS. Lancang Kuning, Riau 
  5. RSIA Sayyidah, Jakarta Timur
 
Selengkapnya untuk mengetahui apa saja kegiatan yang sudah dilakukan Dompet Dhuafa  bisa diakses melalui : 
website : www.dompetdhuafa.org 
Facebook & Youtube : Dompet Dhuafa
Instagram & Twitter: @dompet_dhuafa


              








Sumber Tulisan  :
www.dompetdhuafa.org
http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-kaum-dhuafa-beserta-contohnya/

Sumber Foto :
IG : @dompet_dhuafa

1 komentar:

  1. Program nya bagus dan berhasil ya mbak. Benar2 peduli akan kesejahteraan masyarakat

    BalasHapus