Dua Hari di Batam, Kurang...!!!!

"Travel Brings Power and Love Back To Your Life" - Rumi-

Hai teman-teman...minggu depan ada long weekend nih, udah rencanain mau liburan kemana nih? Mungkin ada yang mau ke Bali, Lombok, Derawan atau yang nda terlalu jauh seperti Malang atau buat yang di ibukota, mungkin ke Bandung. Tujuan wisata boleh kemana aja sih, yang penting selamat, pulang perginya :D 

Yuhu beberapa waktu yang lalu saya dan teman saya mencoba berwisata ke kota industri yang berbatasan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia. Yap, tidak lain kota itu adalah Batam. Sebuah kota terbesar yang ada di Kepulauan Riau. Awalnya memang kami berencana untuk liburan di Singapura dan Malaysia, tapi setelah kami pikir-pikir, kenapa nda singgah dulu ke Batam. 

Begini-begini kami juga suka dan cinta berwisata di negeri sendiri, Indonesia tercinta :D Dan juga menurut kami, akan lebih menarik jika kami terlebih dulu menjelajahi Kota Batam yang terbilang dekat dengan dua negara tersebut. Pilihan ini juga cenderung lebih menguntungkan karena kami bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus dalam satu kali perjalanan. Lebih efektif, efisien, dan bikin kantong jebol hehehe.

Mencari Tiket Pesawat 

Oke, mari mulai perjalanan kita dengan terlebih dulu googling tiket pesawat tujuan Surabaya-Batam. Akhirnya kami pun mendapatkan tiket pesawat citilink yang kece dengan harga yang murah, Yipppi...senangnya tak terkira :) Tak lupa juga kami menyusun itinerary untuk perjalanan kami di kota industri ini. Kami susun itinerary ini supaya perjalanan kami lancar dan dapat menikmati tempat wisata dan keindahan alamnya, aheyyy!

Setelah mengumpulkan banyak informasi dari si mbah, ternyata  banyak juga destinasi wisata menarik di Batam. Buat yang suka pantai, ada berbagai macam pantai yang indah di Batam (pastinya, kan kepulauan :D). Ada pantai Nongsa, pantai Melur, pantai Sekilak, pantai Melayu, pantai Tanjung Bemban, pantai Marina, pantai Tanjung Pinggir dan pantai Mirota. Selain itu ada bangunan yang ikonik seperti jembatan Barelang, Masjid Raya Batam dan Masjid Jabal Arafah. Pokoknya banyak pilihannya deh, sampai bingung menentukan pilihan  :D

 Destinasi Liburan Ke Batam yang Wajib Kamu Kunjungi!

Pengalaman pertama menginjakkan kaki di Kota Batam setelah perjalanan selama kurang lebih 2 jam 15 menit dan tiba di Bandara Hang Nadim, kami langsung menuju pusat kota untuk mencari penginapan ala backpacker (kan ngirit :D). Pas kami liat jam ternyata udah jam 15.40, jadi ya kami langsung bergegas mengunjungi area alun-alun kota dan masjid raya Batam, sekalian mau shalat Ashar. Liburan boleh, tapi jangan samapi lupa akan kewajiban menunaikan ibadah sholat saat waktunya tiba!

Ternyata walaupun udah sore, tapi pengunjung alun-alun sama masjid rayanya masih ramai. Tak lupa sebagai Kids Zaman Now, jangan lupa apa? (bukan ingatan, kalau kata Dilan *eh) tapi foto-foto, wifie dan selfie hahaha. Salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan adalah foto dengan background 'Welcome to Batam'. Walaupun belum ke Hollywood, foto dengan background 'Welcome to Batam' gak kalah kerennya loh! 

Aaah spot foto di masjidnya juga gak boleh dilewatkan. Masjid rayanya kece, tampak megah dengan desian menawan dan halaman yang cukup luas. Tidak salah memang, tempat ini ramai dikunjungi karena selain bisa istirahat dan bersantai, juga menjadi tempat menunggu beribadah shalat.


Alun-Alun Kota Batam 
Source : enjoybatam



Sehabis shalat Maghrib dan memang sudah saatnya makan malam, kami mencari tempat makan sekaligus tempat nongkrong yang kece agar dapat menikmati pemandangan kota. Tempat yang kami pilih adalah Kafe Bukit Cinta (Cabuci) yang ada di jalan Yos Sudarso. Setibanya di Cabuci, ternyata memang beneran kece. Keren abis pemandangan Batam di malam hari dari ketinggian.

Yuhu demi pemandangan yang keren abis, kami akhirnya memilih bagian outdoor untuk tempat makannya. Yah walaupun hawanya dingin karena anginnya lumayan kenceng juga, tapi bakalan terbayar lunas dengan pemandangan kotanya. Menunya sendiri dihadirkan secara lengkap di kafe ini mulai dari aneka makanan berat, aneka kudapan, hingga makanan ringan. Beragam minuman juga disediakan, seperti aneka jus buah, minuman khas Batam yaitu teh obeng, hingga minuman beralkohol seperti bir. Oh ya, jangan heran ya, beberapa kafe dan restoran di Batam memang menyediakan minuman beralkohol ini.


Nongkrong dan Berwisata Kuliner di Kafe Bukit Cinta 
Source : hotnewsgarasi



Landmark Kota Batam yang juga tak boleh dilewatkan adalah Jembatan Barelang. Jembatan yang menghubungkan Pulau Batam, Rempang, dan Galang (Barelang) ini memang sangat ikonik dan “Batam sekali”. Selain sebagai spot foto yang instragrammable, pemandangan laut lepas dengan pulau-pulau kecil yang tampak dari kejauhan juga gak kalah kecenya.

Sesuai dengan itinerary yang sudah kami buat sebelumnya, dari jembatan Barelang, kami melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Kampung Pengungsian Vietnam yang lokasinya tak jauh dari jembatan Barelang. Ada banyak hal yang bisa diperoleh dari Kampung Pengungsian Vietnam, utamanya yang berkaitan dengan wisata sejarah dan budaya.

Jembatan Barelang - Kamp. Pengungsian Vietnam
Source : haluannews

Terakhir dan nda lengkap rasanya kalau nda ke pantai, apalagi buat saya yang suka pantai dan hobi berjemur xixixi...kami pun tidak lupa untuk menyempatkan diri menikmati indahnya panorama alam pantai khas Batam. Tidak jauh dari Kampung Pengungsian Vietnam, tepatnya di Jembatan Barelang 5 terdapat sebuah pantai cantik bernama Pantai Mirota. Pantai ini menawarkan pemandangan hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut hijau kebiruan dan ombaknya yang tenang. Tak hanya itu, beragam permainan air seperti banana boat juga bisa dinikmati di pantai sepanjang 400 meter ini.

Menjelang sore, kami harus segera kembali ke penginapan untuk beristirahat dan menyiapkan diri demi perjalanan di esok hari menuju Singapura dan Malaysia. Meski berat dan memang 2 hari itu waktu yang sangat sempit, kami terpaksa harus rela berpisah dengan kota yang indah ini. Kota Batam harus kembali kami kunjungi karena banyak tempat yang belum kami kunjungi apalagi panti-pantainya, dan diskon tiket pesawat dari Airy yang akan kami pilih untuk perjalanan kami selanjutnya ^_^

Yuk siapkan liburan berkesanmu sekarang juga bersama Airy Rooms!
And Happy Holiday teman-teman :)

Pantai Mirota 
Source : dananwahyu 




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.