Menguak Kisah Sukses Sang Inspirator Onggy Hianata

Menguak Kisah Sukses Sang Inspirator Onggy Hianata
 Yang Mendunia!

Saya bersama Sang Inspirator Bapak Onggy Hianata
Photo By : Elly Nurul 

"Semakin Anda terbang tinggi, semakin luas cakrawala Anda. Terbang Menembus Langit". -Onggy Hianata-


Seperti mimpi yang harus setinggi langit, hidup dengan mimpi itu membuat kita bersemangat, bergairah menjalani kehidupan karena ada tujuannya. Hidup harus punya tujuan mau dibawa kemana arahnya?

Seperti quote di atas...Yes Semakin tinggi, semakin luas jangkau pandangmu. Betul teman-teman? Quote di atas saya kutip dari sang inspirator yang mendunia yang baru saya kenal. Beliau adalah Bapak Onggy Hianata, jujur sebelumnya saya kurang begitu familiar. Saat googlingpun tak banyak yang saya temukan mengenai biografinya dan sepak terjangnya dalam dunia yang digelutinya sekarang. Kami menyebutnya "Sang Inspirator"

Sosok beliau saya dapatkan saat menghadiri Bloggers Gathering with Motivator Bapak. Onggy Hianata yang berlangsung di EV Hive D. Lab, Jl. Riau No. 1, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat pada tanggal 14 Maret 2018. 



Onggy Hianata, Sosok Inspirator yang Mendunia!

Memiliki nama lengkap Onngy Hianata Chunnardy, seoarang Coach A Life Changing Bootcamp kelahiran Tarakan, Kalimantan Timur yang dibesarkan dengan kondisi serba kekurangan dan ketidakpastian dari masa kecil hingga beranjak dewasa. Hal itu tidak membuat beliau berputus asa dan menerima apa adanya, justru sebaliknya membuat Dia selalu berjuang. 

"Percaya nda? Saya masuk SD langsung loncat ke kelas 3 SD, itu karena keluarganya tidak mampu membiayainya sekolah "tutur Bapak Onggy. 

Di usia muda beliau sudah mencoba berkali-kali usaha untuk bertahan hidup. Kegagalan demi kegagalan pun harus dilalui, tetapi Dia selalu mencoba berdiri dan berjalan lagi bahkan berlari mengejar impiannya. Mulai dari usaha jualan Apel, kerupuk, jagung bakar. Setelah menikah kerja diperusahaan garmen pun dilakoninya. Keinginannya untuk memiliki usaha sendiri begitu kuat, walaupun mengalami gagal berkali-kali dan pernah dicurangi atau kena tipu sama pembeli.

Satu usaha jatuh, usaha lain jatuh, usaha lagi jatuh lagi. Berlangsung terus menerus sampai beliau berusia 30 tahun tetapi semangatnya tidak pernah luntur. Proses jatuh bangun yang cukup panjang ini menjadi pengalaman dan pembelajaran buat Bapak Onggy juga bekal untuk melanjutkan kehidupan yang lebih baik lagi tetunya.


Ada satu periode dimana Bapak Onggy mulai gemar membaca buku, khususnya buku tentang perkembangan mental dan karakter&kepribadian. Hingga ada suatu momen terjadi yang membuat beliau mengalami perubahan atau kebangkitan luar biasa sampai tahun 2000.

Bertekad untuk sukses karena terpacu saat meilihat anaknya yang masih bayi kepanasan dan terkena biang keringat, saat keinginannya untuk beli AC terpenuhi eeh ada tragedi krisis moneter 1998 yang mana penjarahan merajalela. Alhamdulillah keluarga Bapak Onggy terselamatkan berkat ada tetangganya yang juga kenal dengan genksnya penjarah.

Hidup serba pas-pasan, bersyukurnya beliau dikelilingi keluarga yang  sangat mendukung  akan keputusannya. Kini beliau menjadi contoh dan inspirasi bagi banyak orang yang merasa hidupnya gagal dan tak berarti. Berkat kemauan dan keyakinan yang kuat serta kerja keras pantang menyerah kondisi kehidupannya kini bisa dibilang berbalik 180 derajat penuh. Pencapaian beliau bukan hanya kebebasan waktu dan finansial, tapi banyak nilai kehidupan. Siapa sih yang nda pengen bebas secara finansial? Semoga saya pun segera menyusul bebas secara finansial, mohon di aamiin kan ya teman-teman :)

Bapak Onggy menyadari bahwa kunci menuju kesuksesan hidup sesungguhnya terletak pada pola pikir yang kemudian membangkitkan motivasi dan membangun karakter pribadi. Yang sering kita sebut sebagi mind set, berulang-ulang beliau pun menegaskan bahwa mindset kita harus dirubah!

Organisasi yang didirikannya sekarang telah berkembang di 5 benua.
Berikut ini adalah prestasi dan penghargaan yang pernah beliau terima dari dunia Internasional :

  • Organisasinya telah meraih 5 Guiness World Record
  • Menjadi pembicara dalam beberapa forum dan pembinaan kelas dunia di penjuru Asia dan Afrika
  • Menyandang gelar warga kehormatan dari pemerintah Kamerun
  • Menjadi Cover Story majalah terkemuka Internasional yang berbasis di Amerika Serikat, yang juga pernah memuat profil utama dari Richard Branson (CEO Virgin Atlantic), Rich DeVos dan puluhan tokoh sukses dunia lainnya.
  • Menjadi salah satu pembicara tamu dalam program Joh C. Maxwell di Amerika Serikat.
Sebagi wujud terimakasih atas kesuksesan yang telah diraih, ia merasa terpanggil untuk menularkan kesuksesan tersebut ke banyak orang di luar sana yang membutuhkannya. Ia kemudian menggagas dan mendirikan EDUNET GLOBAL sebagai wadah baginya untuk menyentuh lebih banyak kehidupan orang lain dan lewat pembinaan mental  “VALUE YOUR LIFE- A Life Changing Bootcamp" Ia gali dan bangkitkan kembali potensi terbaik dari setiap orang yang hadir.

Sejak tahun 2003 hingga sekarang ia mendedikasikan dirinya lewat program pembinaan mental, yang telah dihadiri lebih dari 75 negara di dunia. Perubahan terjadi oleh para peserta Bootcamp luar biasa, bahkan ribuan orang sudah berhenti dari ketergantungan rokok, narkoba, alkohol dan kebiasaan buruk lainnya. Sekarang Dia dikenal sebagai inspirator dunia. 

Ia juga sangat memegang teguh prinsip dan pesan almarhum Ayahnya yakni Komitmen dan integritas dan menjaga nama baik! Bocorannya Bapak Onggy akan menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Value your Life" yang diangkat dari kisah hidupnya yang sangat menginpirasi banyak orang. Bukan itu saja loh, kabar baiknya akan ada filmnya juga yang menceritakan sosok kehidupan beliau yang penuh jatuh bangun menuju sukses. Kita tungguin ya teman-teman ^_^


Bootcamp "Value Your Life"


Value Your Life – A Life Changing Bootcamp 
adalah program pembinaan mental utama yang dimiliki oleh EDUNET GLOBAL, dengan memotivasi, menggali potensi dan mengembangkan karakter individu sebagai kegiatannya. Di Bootcamp kita belajar semua tentang nilai kehidupan, berbicara tentang forgive dan forget,  love tentang bagaimana kehidupan sehari-hari pada umumnya. Ada peserta dari Singapura yang tidak mempunyai tangan dan kaki tapi bisa ikutan juga, bahkan ada yang bisu dan tuli bisa ikutan juga loh teman-teman. Karena metodenya dirancang dan di simulasi dengan sederhana. Program ini di ikuti dari kategori usia minimal 17 tahun yang secara fisik dan mental sudah matang.

Bootcamp 2 – Becoming A Person Of Values
Merupakan program pembinaan mental lanjutan dari “Value Your Life – A Life Changing Bootcamp” hadir bagi mereka yang ingin menggali potensi dirinya lebih besar lagi, memiliki karakter seorang “Pemenang” dan ingin terus belajar mengenai esensi kehidupan yang sesungguhnya. Program ini hanya diperuntukan bagi individu yang telah lulus “Value Your Life – A Life Changing Bootcamp”.

Jadi selain menyelenggarakan kegiatan seminar dan Bootcamp sebagai program utamanya, EDUNET GLOBAL juga menyediakan beberapa materi penunjang juga loh yang berhubungan dengan motivasi dan pembinaan mental, seperti 

  • Poster : Gambar dan kata-kata positif serta membangun
  • CD Audio : Lirik positif, memotivasi dan sarat makna
  • PIN : Simbol kebanggaan bagi lulusan Bootcamp
  • Buku : tema positif, memotivasi dan sarat makna

JADILAH YANG TERBAIK DARI DIRI ANDA!

Setiap manusia sesungguhnya selalu memiliki sisi dan potensi terbaik dalam dirinya. Hanya saja kebanyakan dari kita sering tidak menyadari atau bahkan tidak perduli dengan hal tersebut. Padahal bila kita sadar dan memiliki motivasi kuat untuk mengembangkan karakter, pola pikir dan potensi terbaik yang ada dalam diri kita , pengaruhnya akan luar biasa besar bagi kualitas hidup dan eksistensi diri kita.

Berangkat dari realitas di atas, EDUNET GLOBAL tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam proses pemebrdayaan dan pengembangan potensi diri manusia khususnya melalui berbagai program pembinaan mental dan pola pikir. Dari kegiatan ini diharapkan setiap pribadi akan sanggup mengaktualisasikan potensi terbaiknya agar dapat memberikan kehidupan yang lebih baik, lebih bernilai dan lebih luas berkualitas bagi dirinya, keluarga maupun masyarakat luas.

VISI
Membentuk kepribadian matang, dinamis, kreatif, penuh motivasi dan berani mengambil tantangan serta mempunyai pola pikir yang positif adalah tuntutan utama dan mendasar untuk mencapai sukses hidup di masa-masa mendatang yang kian kompetitif.

MISI
Membentuk individu menjadi pribadi yang memiliki karakter dan jati diri sejati serta siap memberikan hal yang terbaik dari dirinya. Seorang individu yang selalu antusias dan penuh kemauan keras untuk mencapai kesuksesan hidup walaupun berkali-kali mengalami kegagalan. Memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan dan pengembangan karakter, pola pikir dan sikap mental individu yang kuat dan positif.


Sharing Session Alumni Bootcamp


1. Dra.  Ary Hellya Kurniati, Apt dan Ir. Sudarmono Djoko Nugroho

Memiliki jabatan yang tingi di kantor membuat Ibu Ary terlena dan sombong.Awalnya Ibu Ary ikut Bootcamp karena diajakin temannya, dari yang sempat menolak berkali-kali hingga akhirnya mencoba. Dan alhamdulillah di hari ke-3 mengalami transformasi kehidupan yang luar biasa. Pasangan suami-istri mengikuti bootcamps dengan waktu yang berbeda, istrinya mengikuti terlebih dahulu melihat perubahn istrinya yang sedemikian dahsatnya sang suamipun ikutan bootcamp akhirnya. Rumah tangga yang hampir bercerai karena ego dan ketidakharmonisan itupun alhamdiulillahbterselamatkan berkatcampur tangan Alah emmalui bootcamp ini :)


2. Dr. Erry Gautama dan Dr.dr. Anggraini Dwi S., Sp.Rad.(K)

Ibu Anggraini, dokter di rumah sakit negeri terkemuka di surabaya dan Indonesia. Kesombongan perempuan yang sukses, yah hampir mirip sama ceritanya Ibu Ary. Awal mulanya juga dijaak oleh seorang teman. Merasa ditelanjangi saat ikut bootcam, karena lebih memikirkan duniawi, mengabaikan kelurga dan lingkungan sekitar.

Kehidupan saya benar-benar  baru. Televisi mulai saya abaikan, mencari hal-hal yang positif, menjadi sahabat yang baik buat anak dengan menjadi pendengar yang baik sehingga bisa saling sharing dengan nyaman. Pendekatan dengan pasiennya jadi lebih baik, empati pendekatanya sangat jauh lebih baik dan itu memberikan efek yang postif hingga kelingkungan kerja saya. Saya jadi lebih kuat.


Suaminya pun ikut bootcamp juga dan merasa hidupnya lebih berwarna. Beliau 11 bersaudara, saya anak lelaki nomor 2 yang bisa mengakrabkan semua saudara saya hingga silaturahim jadi lebih baik ke semua saudara. 
                                                                                                              

3. Yulianto SE

Siapa sangka laki-laki keturunan cina ini pernah ingin mengkakhiri hidupnya dengan melakukan adegan bunuh diri di kereta pada Desember 2016. Papanya meninggalkan mamanya dr usia 5 tahun. Saat itu Julianto sedang dlam kondisi terpuruk dengan terlilit hutang mencapai kisaran 200 Juta, karena mengalami kerugian dalam bisnisnya. 

Padahal beliau sudah mengikuti bootcamp waktu itu, cuma ya itu kok rasanya cobaan hidup ini berat banget ya. Hingga saat melakukan adegan bunuh diri itu diurungkannya karena saat itu terlintas dalam bayangannya sosok Ibunya, batinnya makin tersiksa saat membayangkan jika nanti ibunya yang akan menagggung beban hutangnya itu. Lalu dia teringat akan nilai-nilai hidup yang pernah diajarkan di bootcamp. 

Yang terpenting dalam hidup itu adlaah menemukan makna hidup tujuan hidup mu itu apa? Pikiran kamu menentukan nasibmu, Nasib itu bisa dirubah tergantung pikiran kita!


                      


Sekilas tentang Film "Terbang Menembus Langit"

Seringkali ada hal-hal yang menghalangi kita ke titik tersebut, menghalangi untuk maju. 
Apa yang kamu pikirkan menentukan nasibmu, mulailah merubah pikiranmu dengan hal-hal yang positif!

Film Terbang Menembus Langit diangkat dari kisah nyata kehidupan Sang Inspiraor Onggy Hianata, jatuh bangunnnya hingga mencapai sukses. Film besutan sutradara Fajar Nugros yang diproduksi oleh Demi Istri Production layak di tonton! Insha Allah akna tayang di Bisokop kesayangan kita semua pada tanggal 19 April 2018. Simak official trailernya di bawah ini ya!


                   

                      


Twitter : @BcvalueYourLife
Facebook : BC value Your Life
Instagram : bc_valueyourlife
Youtube : @bootcampmedia


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.