Menjadi MoslemPreneur Cerdas di Era Millennial

Assalamu'alaikum,

Sudah lama sekali saya ingin berwirausaha, pengen banget punya side job as mompreneur tapi bingung memulainya dari mana. Maunya punya usaha yang awet gitu, nda loncat sana loncat sini, pengen diseriusin dan di maintenance dengan baik. Kalau sudah berkembang dan terlihat hasilnya baru deh ngajuin resign *eh. 

Maklum cicilan masih banyak euy, makanya ingin menambah pintu rezeki dari berniaga ini biar cepet beres cicilannya, Aamiin :) Pernah mencoba jualan online baju, tapi tak berlangsung lama. Intinya saya coba-coba dulu, dari nyari reseller terus masarin ke temen-temen, rasanya nano-nano yes hehehe. Kalau mau sukses emang harus fokus dan total sih ya!

Saya juga lagi semangat-semangatnya dan antusias ikut seminar yang ada kaitannya dengan berwirausaha, so saat Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) membuka pendaftaran untuk seminar dengan tema tersebut saya daftar deh dan alhmadulillah terpilih menjadi pesertanya. How lucky me! 

Tepatnya tanggal 4 Maret 2018, saya berkesempatan hadir berbagi ilmu dengan tema “Menjadi Wanita MoslemPreneur di Era Millenia” yang berlokasi di Hotel Amaris La Codefin Kemang, Jakarta Selatan.

Yang dihadiri oleh 3 narasumber yaitu : 
1. Ibu Hj. dr. Deri R Manopo
2. Kaka Hj. Cilya Marthalena
3. Ustazah Cory Cahyati
 
Narasumber (Ki-Ka) : Hj. Cilya Marthalena, Hj. Deri R Manoppo, Ustazah Cory Cahyati
Sumber Foto : IG @srikandi_smc
Be MoslemPreneur di Era Millennial

Hj. Cilya Marthalena akan memaparkan bagaiamana memaksimalkan MEDSOS untuk berjualan. Yes, teknologi kian berkembang dan kita pun bisa memanfaatkan teknolgi untuk berjualan. Oiya saat kita memanfaatkan media sosial misalnya di Instagram nih, "Foto menarik + deskripsi yg menjual' juga hastag yg tepat bisa memudahkan orang dalam pencarian produk.  

Ada 5 point di sini yang harus digali diantaranya adalah :
  • Target Market
  • Promotion
  • Place
  • Product
  • Price
Marketplace & Go Food

Banyaknya marketplace juga bisa kita manfaatkan untuk menjual produk-produk kita loh, boleh disurvey terlebih dahulu sebelum memutusakan untuk berjualan di marketplace. Misalnya Si A, B, C pasti memiliki tipe pembeli yang berbeda-beda...atau kalau mau menjual ke lebih dari satu marketplace juga boleh, pinter-pinternya kita maintenance aja nanti. 

Oiya jika kita jualan produk makanan, atau punya usaha catering misalnya kita juga bisa bekerjasama dengan Go Food untuk pengirimannya. Bisa bagi hasil nanti sistemnya. Jadi apapun usaha kita asal ada niat pasti ada jalannya kok, nda harus punya ruko atau toko dulu. Yang penting ada kemauan, take action dan ada produknya yes hehehe. So udah punya ide atau bayangan mau jualan apa???

Ide, kreativitas itu memang mahal, sepakat???
Idea---Plan---Action----!

1. Cari usaha yang produk dan alur usaha nya syar'i
2. Buat planning usaha (Ikut komunitas, Pelatihan)
3. Action (Mulai dari menjadi Reseller/Agen/Mitra Usaha)
    Pilih Usaha yang ada sistem mentoring

Dampak positif sosmed :
1. Memperluas jaringan pertemanan
2. Media pengembangan diri
3. Memudahkan dalam memperoleh informasi
Hasil Survey penggunanan Medsos!


Selanjutnya narasumber kedua
 Hj. Deri R Manoppo memaparkan mengenai "Usaha Dunia Akhirat". Berjualan juga ada ilmunya ya teman-teman :)

Bekerja untuk membangun aset bukan untuk mengejar uang. Jadi hal yang terpenting ketika mengeluarkan uang coba dipikirkan kembali apakah ini untuk membangun aset atau menambah beban.Ibu Deri memaparkan mengenai aset & beban juga mengenai penghasilan aktif & penghasilan pasif yang membuat saya tertarik.

Harta yang kita miliki saat ini tergolong ASET tau BEBAN?
Terlebih dahulu kita harus pahami apa definisi dari dua kata tersebut.

ASET  adalah segala sesuatu milik kita yang bisa memasukkan uang secara rutin ke kantong kita. Seperti saham, deposito, surat berharga lain, real estate, kos-kosan, bisnis yang diusurus orang lain, lahan produktif, ternak dll.

Sedangkan BEBAN adalah segala sesuatu yang menyebabkan kita harus mengeluarkan uang. Misalnya rumah yang kita tinggali, mobil yang kita pakai. So sudah paham sekarang kan bedanya Aset dan Beban? Sudahkah kita memiliki aset? Jujur saya belum memiliki aset, aset saya yang berharga saat ini ya suami tercinta *eh. 

Apa sih Bedanya MLM sama MLR?

MLM adalah jaringan pemakai karena ada produk yang kita pakai, setiap saat kita perlukan dan kita butuhkan. Misalnya sabun, pasta gigi, kosmetik, suplemen kesehatan dll. Kalau kita cocok dan nyaman kita akan memakainya, dan ini bisa menjadi income pasif kita. 


MLR (Multi Level Recruiting) atau Perekrutan Berjenjang adalah jaringan mendapatkan uang dari anggota baru yang masuk, sebagian besar diserahkan ke perusahaan, untuk dikelola tergantung apa bungkusnya (produk, asuransi, tabungan, reksadana, investasi). Sebagian kecil dibagi-bagi diantara anggota tergantung posisi. Jika tidak ada kegiatan rekruitment anggota baru, maka aliran uang otomatis berhenti. 

Hukum Wanita Bekerja Dalam Islam
                       
Sebelumnya saya ingin bertanya nih, menurut teman-teman boleh tidak wanita itu bekerja dalam islam? Pasti jawabannya beragam nih hehehe. Jadi hukum wanita bekerja dalam islam menurut pendapat para ulama ada 3 yaitu, Mubah, Wajib dan Haram. Simak penjelasannya berikut ini ya!

Mubah dengan syarat :  
1. Menutup aurat/memakai hijab (An Nuur : 31)
2. Menghindari fitnah
3. Adanya izin dari orangtua/suami/wali (An Nuur : 34)
4. Tetap menjalaankan kewajibannya di rumah
5. Bukan menjadi pemimpin bagi kaum laki-laki 

Wajib bagi yang ditinggal suaminya misalnya meninggal dan tidak ada yang bisa menafkahi lagi. Maka hukum bekerja di sini menjadi wajib karena untuk kelangsungan hidup anak-anaknya. 

Di zaman Rasul SAW ternyata sudah ada loh wanita karir dan sukses. 
Berikut ini 4 Wanita Karir pada zaman Rasul Saw :
  • Khadijah binti Khuwailid
adalah wanita yang pertama kali memeluk islam, dia adalah sosok wanita yang kaya raya lagi terhormat, seorang wanita yang mulia, tegas dan mampu menghindari hal-hal yang tak terpuji.
  • Aisyah
adalah seorang wanita penyair yang dikenal pandai, cerdas soal hadist, tafsir al Quran, dan beliau juga dikenal sebagai ahli hukum, pemimpin penengah, guru dll .
  • Asma binti Abu Bakar
adalah wanita yang memainkan peran penting dalam membantu Rasulullah SAW dan Abu Bakar saat berhijrah dan beliau juga berperan besar dalam karir Abdullah Bin Az Zubair ketika melawan penindasan Bani Umayyah. 
  • Fatimah binti Muhammad saw
adalah wanita yang bekerja dan mencari nafkah untuk keluarganya, sabar dalam segala hal dan disebut sebagai salah satu wanita teladan. 

Lalu apa aja sih Rahasia sukses Bisnis Khadijah Ra? 
1. Mempunyai keimanan yang kokoh
2. Menagalir 'darah' Pedagang/Entrepreneur (Mentalitas Wirausaha)
3. Punya Modal dan Pandai Mengelola Uang Menjadi Produktif dan Memilih SDM 
4. Gemar Bersedekah
5. Berani Mengambil keputusan dan peluang
6. Pandai membaca pasar dan target pasar 
7. Stabilitas kota Makkah yang strategis dalam perdagangan

Ustazah Cory ini memiliki suara yang merdu loh, saat membacakan bismillah dan hamdalah Masya Allah...bikin hati adem rasanya, saya sampai meneteskan air mata. Pengen sholat di Imamin beliau rasanya :)

Setiap perbuatan tergantung tujuan atau niatnya. Miliki hati dan pikiran yang positif jika ingin bahagia. Yes ciptakan positive thinking, setiap perbuatan itu tergantung hati dan pikiran kita :) 

Berkenalan dengan SMC (Srikandi Moslem Community) 

Srikandi Moslem Community (SMC) adalah komunitas atau wadah para wanita muslim yang memiliki usaha atau yang sedang ingin memiliki usaha di seluruh Indonesia. Di komunitas ini kita akan saling belajar, sharing pengalaman serta sukses bersama. Sebagai seorang muslimah di zaman now, baik yang masih single atau sudah menjadi Ibu Rumah Tangga, kita dituntut untuk bisa mandiri, bisa menghasilkan uang namun tetap menjalankan dan menjaga faidah kita sebagai wanita muslim. 

                                


Pengalamanku mengkonsumsi Az Zahra Madu Premium 

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS An-Nahl  : 69).

Beberapa hari ini saya mengkonsumi Madu Az-Zahra, saya lebih suka menikmati madu dengan cara dilarutkan air hangat+perasan jeruk nipis. Hal ini saya lakukan untuk menjaga stamina juga, kemarin tenggorokan kering dan gatel berasa mau gejala flu gitu. Malamnya sebelum bobo saya minum ini, alhamdulillah besoknya nda jadi flu hehehe. Tentunya juga di imbangi dengan istirahat cukup+menu makan seimbang. Terkadang saya juga meminum langsung madunya dengan menuagkannya satu sendok makan dan dilumatkan sebentar dilangit-langit lidah. Rasa madunya manis asem gitu, seger lah rasanya. 



Madu Az-Zahra Honey adalah produk madu premium, dengan komposisi kandungannya : madu murni + Royal Jelly + Bee Pollen + Propolis. Madu Az Zahra ini mulai di pasarkan per Januari 2018, tapi penikmat dan pelanggannya sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia loh. 


Nah harganya Rp150.000,00 untuk ukuran (100 ml). Tertarik untuk mencobanya bisa pesan dan kepoin Instagramnya di @azzahra.honeypremium atau WA : 081381717154



Wassalam,

******

2 komentar:

  1. Jadi women entrepreneur dan pegawai masing2 memang ada enak dan enak bangetnya, haha... Tapi dengan jadi pebisnis memang kita bisa amengatur waktu. Asyik ya jadi tambah bekal untuk jadi pewirausaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya miss, karena setiap pilihan pasti ada konsekuensinya dan juga kelebihan dan kekurangannya hehehe

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.