Lakukan 7 Tips Jitu ini Untuk Mendapatkan Tidur Berkualitas

The greatest gift you can give to your family is a healthy you"
Your Health = Your Family Health



Pembahasan mengenai kesehatan sudah menjadi concern saya sejak saya kuliah, kalau ngomongin kesehatan itu kompleks karena banyak faktor yang mempengaruhi oran itu sehat. Baik itu dari lingkungan sekitarnya atau dari dirinya sendiri. Contoh mudahnya bisa kita lihat dari pola makan sehari-hari atau lihat saja gaya hidupnya secara keseluruhan. 

Menurut pengamatan saya, dewasa ini sudah banyak orang yang melek dan menganut "Healthy Lifestyle". Yes gaya hidup sehat sudah menjamur dimana-mana, mulai dari makan makanan organik, olahraga yang kian marak dan kekinian seperti acro yoga, muathai, pilates dls. Semua itubertujuan untuk mendapatkan tubuh yang sehat bugar dan ideal lah pastinya. Tapi terkadang ada yang luput dan kurang menjadi perhatian kita, apa hayo? 

Pernah kah terpikirakan jika tidur yang berkualitas juga mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan? Hayo ngaku siapa di sini yang suka begadang? Well, i know jam tidur or jam biologis setiap orang berbeda-beda tapi yang namanya tidur cukup dan berkualitas itu tak boleh kita sepelekan juga loh! 

Hmmm tidur cukup dan berkulitas itu seperti apa sih? Masih ingt gelombang otak? Yap ada Beta (sadar), Alpha (relax), Tetha (tidur), Delta (tidur lebih dalam). Nah untuk mendapatkan tidur enak bangun seger alias tidur berkualitas kita perlu bawa otak kita ke gelombang DELTA. yang beatnya paling rendah. 


Pernah nda, teman-teman tidur tapi nda mimpi, tahu-tahu udah pagi? Tapi badan berasa seger banget??? Itu karena kita masuk ke gelombang DELTA. Kalau masih mimpi itu masih di tetha, otak masih bekerja di malam hari, apalagi kalau mimpinya horor bangun-bangun bisa capek hehehe. 

Ayo dicek selama ini tidurnya udah berkualitas belum? 
Ingin mendapatkan tidur berkualitas? Monggo di simak tips dari saya ini ^_^

Lakukan 7 Tips Jitu ini Untuk Mendapatkan Tidur Berkualitas

1. Olahraga Teratur 


Jika kita tidak terbiasa olahraga, dan memulai olahraga awalnya tubuh seringnya merasa kaget karena belum terbiasa yaitu dengan menimbulkan efek badan terasa pegal-pegal atau kram. Tapi tenang saja proses ini tidak berlangsung lama kok, setelah 2-3 minggu tubuh akan mulai beadaptasi. 

Percayalah olahraga rutin minimal 15-30 menit perhari akan memberikan efek yang baik untuk kualitas tidur kita di malam hari, saya sudah membuktikannya soalnya. Olahraga yang saya lakukan setiap hari adalah berjalan kaki. Kebetulan faktornya juga mendukung karena lokasi kantor saya memang mengharuskan saya berjalan kaki karena kalau mau naik angkot pun juga nanguung hahaha.

2. Makan makanan yang mengandung melatonin

Selain makanan yang mengandung melatonin seperti minum susu hangat, tidur dalam suasana gelap juga mampu memproduksi melatonin secara alami. Dan saya lebih menikmati tidur dengan cara seperti ini, lebih adem dan nda silau kan karena efek dari lampunya. 

3. Jauhi gadget atau smartphone 

Yap, jika waktu sudah memasuki WIB (Waktu Indonesia Bobo) hehehe, alangkah bijaknya mematikan gadget atau di non aktikan dulu mobile datanya karena layar gadget juga notifikasi itu bikin berisik dan kepo untuk melihatnya. Letakkan gadgetnya jauh dari jangkaun kita. Teman-teman terdekat saya tahu kalau di atas jam 10 HP saya udah off. So informasi atau WA yang masuk di atas jam segitu seringnya ya akan terbaca esok harinya :)

4. Relaksasi atau Gunakan Pendulum 
Sadari nafas yang memberi kehidupan, syukuri. Lanjut rebahan di kasur, atur napasnyaa, relaks, terus setelah itu lemesin badan selemes-lemesnya, setiap tarika napas, badan semakin lemas. Rasakan hembusan napas, detak jantungnya ualngi hingga merasakan relaks. Inhale-exhale!

5. Pilih matras yang berkualitas dan nyaman, contohnya  Serta Matras Indonesia. 

                         

Kenapa memilih Serta?

  • Adanya fitur Adaptive Dynamic Cooling System, yang menjaga suhu permukaan matras tetap dingin dan nyaman sehingga membuat kita tetap dalam zona nyaman saat tidur lebih lama. Kenyamanan permukaan matras saat tidur sangat mempengaruhi kualitas tidur supaya kita berada di dalam zona nyaman tidur. 

Adanya fitur Adaptive Dynamic Cooling System, yang menjaga suhu permukaan matras tetap dingin dan nyaman sehingga membuat kita tetap dalam zona nyaman saat tidur lebih lama.  Kenyamanan permukaan matras saat tidur sangat mempengaruhi kualitas tidur supaya kita berada di dalam zona nyaman tidur.
Adanya fitur Adaptive Dynamic Cooling System, yang menjaga suhu permukaan matras tetap dingin dan nyaman sehingga membuat kita tetap dalam zona nyaman saat tidur lebih lama.  Kenyamanan permukaan matras saat tidur sangat mempengaruhi kualitas tidur supaya kita berada di dalam zona nyaman tidur.

  • Adanya teknologi 7-Zone Pocket Spring yang mengikuti lekuk tubuh secara sempurana dan menopang tulang belakang dengan baik, sehingga memberikan kenyamanan dengan maksimal


Adanya teknologi 7-Zone Pocket Spring yang mengikuti lekuk tubuh secara sempurana dan menopang tulang belakang dengan baik, sehingga memberikan kenyamanan dengan maksimal


Sleep is for starting the day not for end of the day"

Apa sih bahayanya jika kita kurang tidur?
  • Metabolisme jadi melambat
  • Tidak fit alias mudah lelah
  • Menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Gampang terkena penyakit
  • Menaikkan hormon leptin yang bisa meningkatkan nafsu makan
Nah nda heran kan kalau orang yang tidurnya kurang itu jadi mudah sakit, sensitif dan kadang suka ngeselin karena bawaanya emosian :(  Karena saya pun pernah mengalaminya juga, kalau tidurnya kurang itu selain muka kusut kurang fresh juga kepala pusing. Faktanya tidur siang tak bisa menggantikan kurangnya tidur kita saat malam hari!

The Essentials of Healthy Lifestyle yang berlokasi di Living Soul Plaza Indonesia, Rabu 21 Maret 2018 bersama pakar healthy life style Nutritionist Alvin Hartantoo. Bagaimana lifestyle yang baik akan mempengaruhi kualitas tidur kita. 

Untuk menunjang hidup sehat ada 3 hal penting yang harus diperhatikan : 
1. SLEEP
Tidur yang berkualitas yang tentunya harus ditunjang oleh matras yang kita gunakan
2. MEAL 
Konsumsi jenis makanan yang boleh dan harus dihindari sebelum tidur
3. SPORT 
Gearakan yang dapat dilakukan sebelum tidur agar mendapatkan tidur yang berkualitas conth hypnoterapy. Olahraga seperti yoga yang dapat membuat tubuh relax dan disertai hypnoterapi untuk jiwa yang sehat.

Jam tidur setiap orang itu berbeda tergantung dari usianya :
Bisa dikategorikan menjadi 6 kelompok :

1. Bayi (0-11 bulan)  itu membutuhkan 14-17 jam per hari
2. Balita (1-2 tahun) : 11-14 jam per hari
3. Anak pra-sekolah (3-5 tahum) : 10-13 jam per hari 
4. Anak usia sekolah  (6-13 tahun) : 9-11 jam per hari
5. Remaja (14-17 tahun) : 8-10 jam per hari

6. Orang dewasa (18-64 tahun) 7-9 jam per hari
dengan springbed Serta Mattress jadikan tidurmu jauh lebih berkualitas.

Good Sleep = Good Metabolism 

Ketika malam hari hormon kita akan mencapai puncaknya dan terjadi proses pembakaran lemak yang disebut dengan "LIPOSIS". Ketika kita cukup tidur, kita akan membakar lebih banyak daripada saat kurang tidur. Proses "LIPOSIS" yang tidak efektif bisa meningkatkan trigliserida dalam darah yang nantinya bisa menaikan kolesterol kita. 

How to maintain health?
  • Eat just natural food
  • Exercise 2-3 times/week
  • Sleep
  • Repeat
Tips Tidur Cepat :
  • Hindari kafein di atas jam 4 sore
  • Mandi dengan air hangat
  • Suhu ruangan yang tepat
  • Hindari olahraga di malam hari
  • Hindari "Blue Light"
  • Saat tidur pastikan 100% lampu padam
Pentingnya tidur :
  • Istirahat otak dan meningkatkan kreativitas
  • Mengurangi stres
  • Istirahat fisik (otot, sendi, tulang)
  • Istirahat organ (Detox)
  • Meningkatkan hormon di tubuh
  • Meremajakan sel-sel di tubuh
  • Memberikan efek "Self healing"
Nah teman-teman ada tips nih untuk memilih juga membeli kasur, slaah satunya dalah jangan malu-malu buat cobain kurnag lebih 5 menit buat trial, coba buat tiduran...rasain empuknya kasur, nyaman nda? kalau cuma duduk-duduk manja mah nda akan ketahuan kan??? hehehe


Tahukah kamu bahwa 1/3 hidup manusia digunakan untuk tidur. 

Sleeping, Meal, Sport
Uang bisa dicari tapi kesehatan nda bisa dibeli!!!
Yes kesehatan itu bisa dijaga salah satunya ya dengan pola tidur yang baik dan berkualitas tentunya. Bagaimana caranya?

Apa sih yang kita butuhkan saat tidur?
1. 48% kenyamanan
2. 49% Penyangga badan/tulang belakang
3. 29% Suhu ruangan 

Ada 3 posisi tidur yang dianjurkan : 
1. Posisi tidur terlentang
2. Tengkurap
3. Tidur Miring


Kalian lebih suka posisi tidur yang mana teman-teman? Saya sendiri lebih cenderung tidur terlentang dan miring ke kanan atau ke kiri. Yang jelas posenya berubah-ubah senyamannya tubuh ini pokoknya hehehe. 
Bapak Mukti Argo Pambudi selaku perwakilan Serta mengenai product knowledge matras yang konon memiliki peringkat no 1 di Amerika. Sesuai dengan taglinenya "Always Comfortable" Serta memberikan kenyamanan dalam membuat tidur kita berkualitas. 

Ada 2 hal penting yang menunjang tidur berkualitas yaitu Comfort dan Support yang artinya nyaman digunakan dan juga support untuk membuat tidur kita berkualitas. 

Dalam hal ini Serta Matras memiliki "Comfort Features" diantaranya adalah :

  • Mattress Fabric
  • Wool
  • Latex
  • Memory Foam
Sedangkan "Support Feature" nya ada 2 yakni : 
  • 7-Zone Pocket Spring
  • 5-Zone Latex Core

Penghargaan yang sudah di raih Serta : 

  • 1 World Mattress Brand 2011-2016 based on Furniture Today
  • 2014-2016 : Women's Choice Award America's Most Recommended

                           



@duladiana
@alvinhartantoo
@sertamattressid

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.