BISTRO BARON : Sajikan Menu Sarapan Yang Sehat nan Mewah!

Photo By : Febrianty Rachma 
             
Untuk pertama kalinya saya merayakan World Health Day 2018 dengan sarapan sehat bersama teman-teman blogger hehehe. Kami berkesempatan untuk mencicipi menu sarapan sehat nan mewah di BISTRO BARON, Plaza Indonesia (11/4/2018). Acara ini diselenggarakan oleh Sembutopia dengan tema yang sangat menarik "Breakfast : The most important meal of the day?" 

Tujuannya adalah mempromosikan budaya sarapan pagi yang sehat, dengan keseimbangan kalori dan nutrisi. Karena dewasa ini makin banyak orang yang skip dan menganggap remeh sarapan pagi, karena saking sibuknya tidak sempat sarapan hehehe. Lalu, seberapa pentingkah sarapan pagi yang sehat itu? 

Makan pagi adalah sajian yang terpenting dalam satu hari, pertama kali ditulis oleh Lenna F. Cooper, pada tahun 1917 disebuah majalah berjudul Good Health. Bahkan ada ungkapan terkenal dari seorang ahli nutrisi Adelle Davis "Makan pagi bagaikan seorang raja, makan siang bagaikan seorang pangeran dan makan malam bagaikan seorang pengemis". Yang artinya adalah, asupan kalori yang kita serap seharusnya sesuai dengan siklus ritme dari kehidupan dan kegiatan kita sehari-hari. Sehingga malam hari kita tidak kelebihan kalori yang menumpuk lalu kita bawa tidur dan akhirnya menyebabkan kegemukan serta memperberat kerja organ di malam hari. 


Mengapa Makan Sehat (Bergizi) dan Pola Makan Sehat Itu Penting Bagi Kita?

“Makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan”

Yap, prinsip ini adalah prinsip hidup manusia yang sebenarnya, dan sudah teruji ribuan tahun. Baru beberapa puluh tahun terkahir berubah akibat kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup manusia modern. 

Pernahkah teman-teman bertanya kepada diri sendiri, sebelum memasaukkan apa pun ke dalam mulut kita? “Apakah makanan ini menjadi manfaat untukku atau malah menjadi penyakit?”

Remember this!!!
Makanan yang tidak sehat adalah R.A.C.U.N yang pealn-pelan akan emrusak tubuh kita dan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan serta penyakit kronis. Dewasa ini makin meningkat jumlah penyakit degeneratif seperti Jantung Koroner, Diabetes, Hipertensi dll. Dan faktor pencetus dna pemicunya dari pola makan yang tidak sehat.

Sedangkan makanan yang sehat (bergizi) adalah S.E.N.J.A.T.A yang pelan-pelan juga akan memberi kita kesehatan yang optimum, yaitu kesehatan badan, pikiran, dan jiwa.
“Every time you EAT or DRINK, you either feeding a disease or fighting it. SO EAT WISELY” –UNKNOWN-

Makanan sehat yang bergizi mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, antara lain: 
1. Mendapatkan dan mempertahankan berat badan ideal
2. Meningkatkan energi
3. Meningkatkan daya pikir dan konsentrasi
4. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit alergi dan stress
5. Mencegah penuaan dini
6. Mencegah dan melawan penyakit kronis

Perlu diingat ya genks, sistem kerja tubuh kita itu kompleks. Untuk bisa berfungsi dengan baik, tubuh kita memerlukan berbagai macam gizi dan mineral. Jadi, makanlah berbagai macam makanan bergizi agar tubuh mendapatkan berbagai macam gizi dan mineral. 


"Eat healthy , feel healthy. Eat bad, fell bad”  -UNKNOWN-

“Makanlah dengan komposisi seimbang dengan porsi sehat”

Makanlah selalu dengan komposisi seimbang untuk energi dan kesehatan, yaitu makan karbohidrat kompleks, protein alami, serat sayuran, dan air putih.

Dan mulailah tinggalkan porsi makan “tradisional”. Kebanyakan orang Indonesia percaya, bahwa makan nasi dalam jumlah yang banyak itu mengenyangkan dan bertenaga. Ini adalah kebiasaan makan yang salah kaprah!

Makanlah dengan porsi sehat yang disarankan, yaitu perbanyak serat sayuran, cukup protein alami, dan makan sedikit karbohidrat kompleks. Mulailah Makan teratur, jangan melewatkan jadwal makan atau menggabungkan jadwal makan. 

Did you know genks???
Makan teratur itu memegang peranan sangat penting bagi energi kita setiap hari, kestabilan gula darah (mencegah dan melawan diabetes), kesehatan sistem metabolisme dls. 

Berkaitan dengan makan teratur saya punya cerita nih. Setiap orang memang punya jam makan yang berbeda-beda sih ya tergantung dari kebiasaan yang diterapkan juga dikeluarga. Nah dari kecil kebiasaan keluarga kami sebelum mulai beraktivitas sekolah adalah sarapan pagi bersama dengan menu yang beragam dan berbeda setiap hari.

Hal ini saya terapkan sampai sekarang, kalau skip sarapan rasanya jadi emosian dan nafsu makan jadi kurang terkontrol. Rasanya pengen ngunyah terus. Kan kasian organ pencernaanya jadi kerja terus yang harusnya dia istirahat tapi masih dipaksa harus on :( Ada yang pernah ngalamain hal serupa?

Berbeda ketika saya sarapan dengan menu seimbang dan dengan porsi sehat. Perut saya belum keroncongan dan rasa lapar belum datang sebelum jam makan siang tiba, snacking time pun juga tidak dilakukan, karena hasrat untuk ingin ngunyah belum muncul karena perut masih terasa kenyang. Yes kuncinya adalah di menu seimbang dan sehat yang sudah saya sebutkan di atas.

Saya ambil contoh menu yang saya pilih buat sarapan kala itu adalah nasi putih better sih pilih karbohidrat komplek seperti nasi merah hehe, ikan mujair dan rebusan kangkung ditemenin sambel. Selesai sarapan sebelum jam 9. Waktu sarapan pagi saya itu mulai dari jam 6-9, selalu diawali dengan minum air hangat dan aneka buah-buahan. Setengah jam kemudian barulah mulai makan nasi dkknya.

Sarapan Sehat Yuk!

Kebaisaan saya setelah bangun tidur adalah minum segelas air hangat untuk “membangunkan” metabolisme kita. Setelah selesai mandi dan sikat gigi dilanjutkan dengan makan buah-buahan. Pilihlah buah yang tinggi kandungan seratnya dan tidak terlalu manis, alias rendah kandungan fructose-nya, mislanya alpukat, stroberi, pepaya, jambu, dan melon.

Remember genks! Jangan makan sarapan yang salah karena sarapan pagi adalah makanan yang paling penting dalam keseharian kita. Hmmm gimana sudah terbayangkan kan sarapan sehat itu seperti apa? Hehehe. Jadi mulai mikir ya selama ini menu makan yang biasa disantap buat sarapan seperti bubur ayam, nasi uduk dengan gorengan, lontong sayur dengan kuah santan, walaupun enak sayangnya kurang sehat karena hanya mengandung karbohidrat sederhana, dan lemak tidak sehat, kurang serat dan kurang gizi!!!

Sarapan pagi itu membantu kita menurunkan berat badan, karena kalau makan paginya puas maka yang terjadi adalah kita tidak terpengaruh untuk snacking jam 11 12 atau jam 2 siang sebelum/sesudah jam makan siang.

Mayoritas orang indonesia senang skipping sarapan pagi dan ini merupakan kebiasan buruk yang harus dirubah karena efeknya bahaya loh untuk kesehatan jangka panjang,  salah satunya adalah membuat gula darah menjadi turun.  

Sarapan pagi baik untuk performa juga bahan bakar untuk badan dan otak kita. Suka merhatiin nda kebiasann sarapan orang Indonesia itu apa? Yes penuh dengan karbohidrat + gula, dan ini bahaya kalau dibiasakan terus menerus. Asupan buah dan syurnya juga sangat kurang.


"Menurut data dari Balai Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pertanian pada 2011, diketahui bahwa konsumsi buah-buahan masyarakat Indonesia hanya 34,55 kilogram per kapita per tahun. Sedangkan konsumsi sayuran sebagai salah satu sumber serat bagi kesehatan, selain buah, di Indonesia hanya 40,35 kilogram per kapita per tahun. Jumlah konsumsi buah ini jauh sekali dibandingkan dengan rekomendasi FAO sebesar 73 kilogram per kapita per tahun dan standar kecukupan untuk sehat sebesar 91,25 kilogram per kapita per tahun. Data lainnya menunjukkan Indonesia adalah negara konsumsi buah terendah di regional Asia, dalam data tersebut terlihat bahwa China menjadi negara terbanyak mengkonsumsi buah dengan capaian lebih dari 250 kilogram buha per kapita per tahun. Di susul dengan Singapura dan Vietnam, lalu Kamboja. Indonesia tidak sampai 40 kilogram per kapita per tahun"
Sungguh mengejutkan ya, apalagi Indonesia tergolong negara yang berlimpah aneka buah-buahan. Kurangnya konsusmi sayur dan buah menjadi salah satu penyebab melonjaknya peyakit tidak menular di Indonesia beberapa tahun terkahir. 

Buah dan sayur mengandung vitamin A, C, E, asam folat, seng, magnesium, kalium, dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Belum lagi kandungan antioksidan, serat, maupun cairan di dalamnya. Serat yang berfungsi memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh. Serat juga mengatur agar peningkatan kadar gula dalam tubuh tidak berlebih juga tidak menurun secara drastis. 


BISTRO BARON : Sajikan Menu Sarapan Yang Sehat nan Mewah!


Sajian BISTRO BARON menampilkan sejumlah cita rasa kuliner dengan kelezatan yang klasik namun menampilkan bahaa-bahan berkualitas dan pilihan yang bermutu tinggi dari Amerika. Pilihan menu dibuat sedemikian rupa dengan keseimbangan kalori antara karbohidrat, protein dan buah-buahan. 

Kami yang hadir pun saat itu mencicipi buah jeruk mandarin Sunkist Delite yang tanpa biji dengan rasa yang manis segar, dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi biasanya menjadi primadona sarapan pagi. Selain itu kami juga mendapat special healthy hampers seperti kismis SunMaid dari California dan Kurma Medjol dari Arizona. Keduanya dikenal sebagai “power pack” yang sangat baik dikonsumsi dipagi hari untuk memberikan energi yang sangat dibutuhkan tubuh. 


Tidak ketinggalan dua jenis apel dari Washington yaitu Envy dan Pacific Rose ditampilkan juga dalam menu sajian pagi di BISTRO BARON ini. Apel sudah lama dikenal sbeagai “the super foods” yang memiliki multi fungsi nutrisi yang sangat ajaib bagi tubuh kita. Mulai dari asupan serat, kandungan nutrisi dan vitamin, serta fungsi detox dan anti kanker. Pernah denger ungkapan ini kan : “an apple a day keeps the doctor away”???

Sedangkan untuk karbohidrat menampilkan kentang dari Amerika yang memiliki kompleksitas dan kandungan gizi serta nutrisi yang tak terbantahkan untuk memberikan energi prima dipagi hari. 

Saat itu saya mencoba menu sarapan "Le Omelette ala BISTRO BARON" yang menggoda. Porsinya sungguh mengenyangkan ini hahaha. Apa saja yang ada di menu ini? Pastinya ada telur, 2 sosis dengan rasa yang berbeda, setangkup roti panggang, salad yang dilengkapi dengan cherry tomat yang enak rasanya :) 


Le Omelette ala BISTRO BARON
Eggs Benedict ala BISTRO BARON 




Tentang Sembutopia

Sembutopia adalah channels digital platform yang mulai diluncurkan November 2017 oleh Bapak Kafi Kurnia bersama teman-teman. Tujuannya adalah sbeagai media edukasi, motivasi dan inspirasi penyembuhan. 

Bapak Kafi Kurnia

Kegiatan yang dilakukan oleh Sembutopia meliputi seminar, outdoor event, lomba foto dan lomba tulis blogger dengan tema gaya hidup yang sehat. Sejalan dnegan misinya untuk memberdayakan kemampuan kita dalam menjaga kesehatan dan peyembuhan diri (self helaing). 

Di Sembutopia kami percaya bahwa dengan adanya edukasi dan motivasi tradisi makna yang benar makan konsumen di Indonesia lebih terjamin kesehatan-nya dan bisa memberdayakan ekonomi lebih kreatif. 

Genks Kuliner Sehat :)
Photo By : Febrianty Rachma



1 komentar:

  1. Seru sekali acaranya, makanannya juga sehat dan enak jadi nagih buat balik lagi ke sana.



    Wajar sih kalau Indo jarang makan buah soalnya mahal :D
    Semoga kedepannya kita makin hidup sehat dan kaya raya biar bisa jajan buah terus

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.