Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Anyang-Anyangan

Saya termasuk kriteria orang yang minumnya banyak dan minum sebelum haus, rutinitas ketika bangun pagi sebelum sholat shubuh/ambil wudhu adalah meminum satu gelas air putih biasa atau hangat/jeniperan so hal yang wajar jikalau saya lebih sering pipis, hahaha. Saya sering kali terbangun karena pengen pipis, biasanya jam 4 pagi sudah berasa penuh nih kandung kemihnya. Pernah bgerasa gitu juga nda teman-teman? :)

Saya pernah mengamati beberapa orang di kantor yang satu ruangan. Dibandingkan teman-teman saya yang lainnya saya termasuk yang paling banyak minumnya dan paling sering ke toiletnya, saya juga pernah bertanya iseng ke mereka sudah berapa gelas hari ini yang diminum? Jawabannya pun beragam, malah ada yang dari jam 10 pagi belum ambil minum sama sekali loh, gelasnya masih kosong, waduh...kok bisa ya? Nda haus tuh tenggorokannya? Padahal rata-rata mereka itu tiba di kantor jam 7.30/8.00. Berarti sekitar 2 jam an mulut dan tenggorokannya kering, hmmm sebisa mungkin diusahakan untuk minum sebelum haus ya teman-teman. Cukupi kebutuhan minum harian  agar tidak dehidrasi. 

Minum sebelum haus itu penting banget loh ternyata, kalau udah haus baru minum itu artinya tubuh sudah mengalami dehidrasi. Hal ini pun disampaikan oleh dr. Boy Abidin, SPOG, (K) yang menjadi narasumber saat saya menghadiri Blogger Gathering di Ballroom Harris Hotel Kelapa Gading pada tanggal 26 Mei 2018 dengan tema "Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih Pada Wanita". 





Ceritaku dengan Anyang-anyangan

Saya ingin bercerita sekaligus sharing mengenai Anyang-anyangan yang pernah saya alami, sudah pada tau kan anyang-anyangan itu itu apa? Adakah di sini yang pernah sering bolak-balik ke toilet? 

Dalam sehari saya terbiasa minum air putih sekitar 8 gelas perhari, dan ketoilet setiap 1/2 jam sekali. Total dalam sehari saya bisa bolak-balik toilet antara  8-10 kali. Ada yang bilang saya beseran, tapi sejauh ini sih normal-normal aja mengingat saya juga bnyak minumnya :)

Saya pernah merasakan sakit yang luar biasa dibawah perut  karena menahan (BAK), ini terjadi bukan karena disengaja tapi karena kondisinya waktu itu sedang mudik dan sudah masuk tol. Menahan sesuatu yang seharusnya dikeluarkan segera itu sangatlah tidak nyaman. Rasanya udah nda karuan waktu itu, pas tiba saatnya berhenti di toilet umum, air seni yang saya keluarkan bercampur rasa sakit dan keluarnya sedikit-sedikit, intinya walaupun sudah selesai hasrat ingin BAK nya tapi rasanya belum tuntas dan berakhir rasa nyeri di area perut bawah. Itulah yang dinamakan Anyang-anyangan


Anyang-Anyangan atau Infeksi saluran Kemih (ISK) 

adalah infeksi akibat KOLONI KUMAN di saluran kemih yang masuk secara hematogen (aliran darah) & ascending (menjalar ke atas). 

Duuuh ampun kapok banget rasanya, makanya sebisa mungkin kalu udah pengen pipis ya nda usah ditahan-tahan atau di empet. Kadang ini jadi kendala kalau lagi mudik, jadi minumnya agak dikurangin biar nda beser apalagi kalau kena AC duuuh makin menjadi-jadi deh :( Makanya suka happy kalau mudik pas sedang puasa atau momen ramadan seperti ini, karena nda bakalan bolak-balik berhenti di pom bensin hahaha! 

Yaah itulah sekilas ceritaku dengan anyang-anyangan. Dulu belum tahu dan berkenalan dengan Prive Uri-Cran yang menjadi solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan. 


Cara mengatasi Anyang-Anyangan secara alami dengan Prive Uri-Cran. Kandungan ekstrak Cranberry nya bekerja aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan dari gangguan Anyang-anyangan :) Ada 2 Jenisnya yaitu Prive Uri-Cran dan Prive Uri-Cran Plus. Bedanya satu dalam bentuk tablet yang satu dalam bentuk serbuk.

Faktanya :
  • 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan.
  • 80% kasus infeksi Saluran Kemih disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E.coli yang umumnya hidup di dalam saluran cerna.


Secara anatomi, saluran kemih wanita lebih rentan diserang bakteri jahat E.coli, bila tidak segera ditangani ini akan mengakibatkan infeksi saluran kemih, so jangan anggap sepele anyang-anyangan ya! Apa aja sih Gejala Anyang-anyangan itu?

Gejala Anyang-Anyangan 
  • Nyeri saat BAK (disuria), rasa panas di urethra
  • BAK lebih sering sampai di malam haari (nocturia), jumlah urin sedikit
  • Tidak dapat menahan rasa BAK
  • BAK tidak tuntas (anyang-anyangan)
  • Nyeri pada perut bagian bawah

Penyebab Anyang-Anyangan
  • Kurang minum, ingat jangan menunggu sinyal haus baru minum ya, catet!
  • Air atau toilet yang tidak bersih
  • Penggunaan tissue yang tidak bersih atau pantyliner
  • Sering menahan BAK, ini bahaya banget!
  • Arah proses pembasuhan setelah BAB yang tidak benar
dr. Boy Abidin juga menyampaikan beberapa point penting dalam hal ini, sebisa mungkin untuk tidak menggunakann pantyliner kecuali dalam keadaan tertentu misalnya saat kondangan, intinya penggunaan pantyliner tidak disarankan untuk dipakai sepanjang hari. Pilihlah pakaian dalam yang berbahan katun yang lembut, jika memungkinkan pilihlah menggunakan handuk berbahan katun daripada tissue untuk mengeringkan setelah BAK :)

Dokter Kandungan lulusan Universitas padjajaran Bandung, yang kini praktek di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading


Siapa saja sih yang berpotensi terserang ISK/Anyang-anyangan?

  • Anak-anak
  • Pria
  • Wanita
  • Wanita hamil & menopause
  • Penderita diabetes
Yup, wanita hamil juga berisiko terkena Anyang-anyangan, dan efek yang ditimbulkannya pun beragam dan perlu diwasapadai ya! Berikut ini komplikasi ISK pada kehamilan : 

  • Kelahiran prematur
  • Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) 
  • Preeklampsia
  • Hipertensi
  • Gagal ginjal
  • Kematian janin



Pencegahan Anyang-Anyangan 
  • Minum air putih lebih dari 2-3 liter per hari
  • Menjaga keberishan organ intim
  • Hindari menahan BAK
  • bersihkan dari depan ke belakang
  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun
  • Mengkonsumsi buah CRANBERRY 

Kenapa Prive Uri-Cran?

Cara mengatasi Anyang-Anyangan secara alami dengan Prive Uri-Cran. Kandungan ekstrak Cranberry nya bekerja aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan dari gangguan Anyang-anyangan :) Ada 2 Jenisnya yaitu Prive Uri-Cran dan Prive Uri-Cran Plus. Bedanya satu dalam bentuk tablet yang satu dalam bentuk serbuk.

Prive Uri-Cran ini adalah salah satu produknya Comiphar, terdiri dari 2 tipe yaitu :
1. Prive Uri-Cran dengan kemasan tablet/kapsul
2. Prive Uri-Cran Plus dengan kemasan serbuk

Alasan kenapa harus pilih Prive Uri-Cran?
  • Mengandung ekstrak buah Cranberry yang diketahui efektif mencegah ISK karena memiliki Proanthocyanidin yang dapat menghambat perlekatan bakteri E.coli di saluran kemih. 
  • Keuntungan utama produk ini dibandingkan penggunaan antibiotik profilaksis adalah tidak menimbulkan resistensi antibiotik
  • Mensupport kesehatan jantung, menjaga kadar gula, kesehatan dalam pencernaan, sebagai antioksidan
  • Kandungan 36 mg PAC (Proanthocyanidin) dapat dijadikan pilihan sebagai profilaksis ISK
  • Rasanya segar, sedikit asam dan tidak terlalu manis...lebih enak diminum dengan air dingin :) 
                                

Alhamdulillah ya sekarang sudah ada solusi alami buat mengatasi anyang-anyangan so nda worry lagi deh, saat mudik wajib sedia Prive Uri-Cran buat mencegah terjadinya anyang-anyangan :) 


17 komentar:

  1. Belom ada yang mampir neng :)
    Keren banget nih hidup sehat Melinda, pasti jauh dari sakit anyang2 an.
    Alhamdulillah ada Prive Uri-Cran juga ya Mel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi...Iya sejak ada Prive Uri-Cran jadi nda worry lagi deh ya :)

      Hapus
  2. Wah ade justru kebalikan nih jarang banget minum. Tapi sekali minum banyak. Padahal itu bisa jadi penyebab anyang2an ya. Duh.. ga lagi deh.

    BalasHapus
  3. Aku pernah mengalami anyang-anyangan, nyiksa banget. Mesti minum UrinCran ya, buat usaha preventif

    BalasHapus
  4. Suatu hari aku janjian sama teman ke suatu acara. Pas ketemuan dia langsung ke toilet dan setelahnya bilang gini "Coba ya ada gitu orang yang bersalah, terus dihukum dan hukumannya adalah nahan pipis." Hahahahaa, saking enggak enaknya nahan pipis ketika dia lagi di bus. Dan aku juga pernah dalam perjalanan jauh udah kebelet banget sementara belum nemu SPBU, ya Allah mau nangis rasanya. Jangan lagi-lagi deh nahan pipis kayak gitu, udah-udahannya sakit banget huhuhu.

    BalasHapus
  5. duh anyang-anyangan memang gak enak banget deh.. rasa sakitnya ganggu banget.. pernah coba UriCran ini rasanya emang enakkk

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ya sekarang sudah ada solusi alami buat mengatasi anyang-anyangan.. wajib sedia Prive Uri-Cran buat mencegah terjadinya anyang-anyangan ya

    BalasHapus
  7. Aku pun selalu minum sebelum Haus mba Mel.. Bangun tidur pasti yang dicari selain handphone itu ya air putih.. :D Aku pernah anyang-anyangan, pernah periksa ada "pasir" gitu di ginjal, jadi enggak mau kena lagi.. Penting banget minum air putih ya..

    BalasHapus
  8. Dari acara ini aku jadi tau kalo yg penting minum sblm haus. Tapi skrg puasa jadi ga bisa minum.

    BalasHapus
  9. Kemarin pas pergi seharian sempat mulai anyang-anyangan karena sepertinya kena dehidrasi dan nahan pipis juga. Alhamdulillah pas maghrib langsung dapat air putih, minum banyak-banyak. Biasanya aku minumnya prive uricran ini juga

    BalasHapus
  10. Ngeri buat ibu hamil kalau kena ISK. bersyukurnya aku nggak kena ini saat 2 kehamilan dulu.

    BalasHapus
  11. Baru "kenal" anyang2an dan langsung keingetan kebiasaan jelekku yg kadang nahan pipis, syukurlah gak sampe gimana2 cuma skr jadi lebih aware dan jadi tahu bahayanya kalau nahan pipis keseringan.

    Dan syukurnya lagi ada UriCran yang bisa jadi solusi anyang2an, rasanya enak pula ya syegeeerrr..

    BalasHapus
  12. Anyang anyangan emang ga nyaman banget. Dan alhamdulillah ada Urican ya jadi bisa atasi anyang anyangan

    BalasHapus
  13. Tapi kadang kalau minum sebelum haus aku jd bolak balik ke toilet, beser hahaha.
    Tapi gpp wes drpd ditahan ntr jadi anyang2an yaaaaaaaa..
    Wah asyik ketemu dr, Boy dapat pengetahuan ttg anyang2an dan cara menghindari/ mengobatinya jg ya TFS

    BalasHapus
  14. aku masuk RS gegara ini hahaha, jadi kapok gak.mau suka nahan pipis sama jaga asupan air. nah salah satu mencegah kalau lagi pergi jauh aku suka bawa ini agak ektrim sih ditaro di air trus gak diaduk dikocok aja hahaha. susah nemu sendok kadang kadang

    BalasHapus
  15. Anyang-anyangan dulu bingung kalau kena di apain, ya udah diemin aja, untungnya sembuh sendiri, padahal ngeri ya efeknya. Alhamdulillah nih sekarang ada solusi buat ngatasi anyang-anyangan

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah sekarang ada solusi untuk anyang-anyangan ya, lumayan tersiksa juga kalau pas kena anyang-anyangan ..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.