Memanfaatkan Potensi Kearifan Lokal Indonesia Demi Mewujudkan Takdir Kejayaan Indonesia 2020

                   

Seluruh dunia tahu bahwa negeri tercintaku Indonesia sangatlah kaya raya, dari segi bahasa, budaya, kekayaan alam yang berlimpah ruah, pariwisata juga kearifan lokal yang mungkin belum banyak orang yang tahu termasuk saya sendiri saking banyaknya hehehe. 

Yup kita pun tahu bahwa Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau dan 734 bahasa, sudah pasti memiliki jejak kejayaan yang luar biasa dalam banyak hal. Seperti dalam hal kuliner, dalam hal ini saya ambil contoh ikan asin. 

jadi sore itu saya menghadiri syukuran hari kebangkitan Nasional  yang ke 110 tahun bersama Sembutopia di Javanegra Gourmet Atelier, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada tanggal 20 Mei 2018 beberapa hari lalu.


Tema dari diskusi diskusi sore itu bertajuk "Takdir Kejayaan Indonesia 2020". Well, diskusi sore itu pun terbilang cukup berat buat saya dan membuat saya merenung, betapa bersyukuranya dan bangganya saya menjadi warga negara Indonesia. 

"Indonesia 2020 adalah sebuah visi yang bertujuan menggelorakan semangat bangsa untuk segera mencapai takdir kejayaan Indonesia, dengan bermodalkan warisan nenek moyang kita dan memberdayakan warisan itu sehingga menjadi prestasi yang membanggakan". 



Kearifan Lokal Indonesia


Telah hadir Bapak Kafi Kurnia Founder Sembutopia yang juga memiliki binis makanan, beliau mengungkapkan bahwa negeri ini sudah "Gemah Ripah Loh Jinawi" yang bisa dibuktikan dari beragamnya kekayaan makanan atau kuliner Indonesia.

Beliau pun menceritakan pengalaman pribadinya saat  berkunjung ke beberapa negara. Suatu ketika dalam diskusi panel saat ditanya makanan Indonesia apa yang patut di sampaikan dalam dunia Internasional, yang mungkin bisa menjadi sesuatu yang luar biasa??? Kira-kira jawabannya apa yo??? Jawabannya adalah Ikan Asin, dan banyak yang menertawakan jawaban dari Bapak kafi ini. Karena belum banyak yang tahu manfaat dari ikan asin ini yang ternyata cukup mendunia loh!

Bapak Kafi Kurnia 
                                   
Saat itu semua orang mengganggap rendah ikan asin, padahal tanpa disadari kalau kita ke pasar dan melihat ikan asin itu jenisnya beragam. Coba aja nanti pas ke pasar survey dan di hitung hehehe. Btw kalian suka ikan asin jenis apa teman-teman??? Aaah ngomongin ikan asin itu paling enak kalau ditemenin sayur asem sama sambal dan juga kerupuk yak hahaha.

Fakta unik dibalik Ikan Asin : 
  • Salah satu sajian kuliner yang kaya akan rasa kelima yaitu umami.Yes ini yang membuat hidangan masakan emnadi gurih dan lezat
  • Diberbagai negara iakn asin sudah dijadikan toping dalam masakan, misalnya di Hongkong ikan asin menjadi sajian dan bumbu yang sangat dalam dalam nasi goreng, bahkan di Jepang ikan asin dijadikan camilan yang membuat ketagihan sedangkan di Italy ikan asin menjadi taburan dalam pizza. 
Wiiih betapa ikan asin sangat mendunia ya, karena bisa ditemui dalam tiap kultur dan budaya. Konon sejak abad ke 9 dan 10 diberbagai prasasti yang ditemukan di berbagai wilayah Nusantara sudah ditemukan bukti-bukti tentang adanya industri ikan asin. bukti ini juga di dukung dengan bukti-bukti lain tentang industri pembuatan garam. 

Yes, nenek moyang kita berhasil mengembangkan dan  memanfaatkan "kearifan lokal". Dengan melihat nilai geografis negara kita yang berupaya kepulauan dan yang "kaya" dengan hasil-hasil ikan kemudian memadukannya dengan "keahlian" mengawetkan ikan dengan pengembangan industri garam! Sehingga menjadi sebuah kekayaan kuliner dan budaya yang sangat luar biasa. 

Well, dengan begitu banyaknya "kekayaan' yang dimiliki oleh Indonesia namun ada yang kurang dimiliki oleh negeri tercintaku ini yaitu SDM alias orang yang mampu mengelola kekayaan negeri ini dengan baik! Hal ini pun diungkapkan oleh Mba Kanti Janis seorang novelis dan Advokat.  


Sejak abad ke 6 kita sudah tahu kecap manis merupakan warisan dari negara cina yang di impor dari Indonesia, dan kemudian berkembang di Indonesia yang merupakan salah satu jejak kejayaan Indonesia. Hal ini bisa dijadikan ekspor Indonesia yang mendunia.

Coba deh amati makanan Indonesia itu selalu ada kerupuk dan sambelnya, jenisnya pun bermacam-macam. Salah satu kearifan lokal juga ini :) Saya pun kalau makan tak ada sambel kurang semangat hehe. 

4 macam kearifan lokal yang dimiliki oleh negeri Indonesia yakni :
1. Kecap manis
2. Kerupuk
3. Ikan asin
4. Sambel

Bapak Iwan SJP ex Jurnalis menyampaikan hal yang sama dengan mba Kanti bahwa Indonesia adalah negeri yang sangat Kaya luar biasa. Beliau melakukan perjalanan dengan istrinya dengan menggunakan kapal & melihat keindahan pariwisata yang mana semakin ke timur semakin menarik dan mempesona.

Well, Indonesia sudah memasuki 110 tahun Kebangkitan. Sudah bangkitkah Indonesia??? 
Kita pun bisa menjadi bagian yang memviralkan potensi kearifan loak yang dimiliki Indonesia melalui tulisan kita atau lewat media sosial :)

Karena takdir kejayaan Indonesia bukan visi atau mimpi semata, dan tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara Indonesia :)

[Ki-Ka] : Sandy Canester, Premita Fifi, Adya Novali, Fritz Simanjutak, Iwan SJP, Kafi Kurnia

1 komentar:

  1. Saya yakin Indonesia bisa mewujudkan Takdir Kejayaan 2020, hal pertama yang kita harus lakukan adalah mengkonsumsinya di keluarga kita dahulu.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.