Tips Ramadhan Sehat Ceria dan Hemat Bersama Belleza 3

Alhamdulillah, per tanggal 17 Mei 2018 umat islam sudah mulai menjalankan puasa Ramadhan. Saat Ramadhan adakah yang punya persiapan atau tradisi khusus? Kalau saya sendiri selain lebih menyiapkan fisik dan kesehatan juga membeli makanan yang wajib ada saat ramadhan, seperti kurma, dan lebih banyak setock buah-buahan buat bekal sahur dan berbuka. Menu sop buah itu jadi hidangan berbuka favorite soalnya :) 

Sejatinya puasa itu membuat badan jauh lebih sehat, saya suka merhatiin dan mengamati sekilas orang yang rajin puasa Senin-Kamis itu jarang sakit dan so produktif sekali. Coba tengak-tengok teman-temannya deh yang pada rajin puasa hehehe. Kenapa puasa bikin sehat??? karena salah satu fungsi puasa itu adalah untuk detoksifikasi alias membuang racun, logikanya organ-organ pencernaan kita kan beristirahat nda kerja terus hehe. 




Oiya teman-teman sudah tahu belum kalau siklus selama berpuasa terbagi menjadi 4 tahapan yaitu :


1. 1-2 Days 
  • Glikogen sebagai sumber energi
  • Tubuh lemas
  • Denyut jantung dan gula darah menurun
2. 3-7 Days
  • Lemak sebagai sumber energi
  • Sistem pencernaan beristirahat
  • Sistem imun meningkat
3. 8-15 Days
  • Detoksifikasi dan penyembuhan alami
  • Pikiran lebih jernih
4. 16-30 Days
  • Memori konsentrasi meningkat
  • Poliferasi jaringan tubuh

Makanya saat hari pertama puasa kadang ada yang merasakan tubuhnya lemas, hal ini wajar-wajar aja sih. Kalau menurut saya pribadi sih agak kaget gitu yak tubuhnya :) Hal ini tapi tidak berlaku bagi semua orang sih, apalgi yang terbiasa puasa Senin dan Kamis hehe. 


Beberapa manfaat puasa bagi kesehatan :
  • Membentuk pola makan sehat
  • Mengistirahatkan sistem pencernaan
  • Meningkatnya sitem imun
  • Menurunkan kadar insulin, gula darah, kolesterol, dan trigliserida
  • Kerja hormon ghrelin lebih efektif

Puasa tetap sehat bugar??? Bisa banget, yuk simak tips & trik di bawah ini :
  • Lakukan aktivitas fisik maupun non fisik agar tidak fokus pada rasa lapar saat berpuasa. Walaupun puasa tapi tetap olahraga minimal jalan kaki 15 menit per hari. Ini yang biasanya saya lakukan tiap hari. Badan jadi makin bugar deh rasanya :)
  • Usahakan kebutuhan air terpenuhi, minimal 2L sehari. Bisa menggunakan rumus 2+4+2 (2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur hingga imsak).
  • Pola makan gizi seimbang

Bagaimana sih pola makan sehat yang benar saat berpuasa?

  • Pola Makan Ketika Sahur 

Makanlah dengan beragam gizi seimbang, konsumsi cairan minimal 2 gelas dan perbanyak asupan serat dari sayur dan buah. Usahakan konsumsi makanan kurang lebih 30 menit sebelum imsak. Sebaiknya pilihlah karbohidrat kompleks seperti beras merah karena ini dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Hindari makanan pedas, makanan asin, junk food dan gorengan juga minuman bersoda. 

Makanan pedas dan berlemak tinggi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut sedangkan makanan terlalu asin dan minuman bersoda dapat menimbulkan rasa haus dan dehidrasi. So dont do that yes teman-teman agar puasanya lancar sehat dan bugar :)


  • Pola Makan Ketika Buka Puasa 
Begitu mendengar adzan magrib berkumandang rasanya langsung ingin meraih segelas air ya untuk menghilangkan dahaga atau es buah hehe. Yes awalilah berbuka dengan yamg manis alami sepereti kurma atau kalau tidak ada pilihlah segelas air putih untuk mengembalikan cairan tubuh. Berbukalah secara perlahan dengan porsi kecil untuk menghindari sakit perut. Beri jarak 1,5 jam untuk makan utama agar perut siap mencerna makanan. Dan tidurlah 2-3 jam setelah makan. 

Berbuka dengan yang manis alami ini fungsinya untuk menormalkan kembali gula darah. Hindari berbuka dengan gorengan juga makanan dan minuman yang terlalu manis karena ini akan mimicu kenaikan berat badan!

Sebaiknya memang jangan langsung makan besar biar nda kaget pencernaannya, saya biasanya mengawali dengan makan kurma ditemenin aneka buah-buhaan seger atau sop buah/kelapa muda. Setelah itu lanjut sholat magrib dan tadarus. Kalau sudah berasa lapar baru makan besar :) 

Saya pernah ngerasain pas lagi buka puasa di suatu event, setelah makan kurma sebiji lanjut makan besar yang terjadi setelah itu adalah perut saya sakit, rasanya nda enak banget dan ini lumayan lama ilangnya harus dibuat tidur terlebih dahulu karena kalau buat jalan nyeri-nyeri gimana gitu :( 


Jadi ilmu di atas itu saya dapatkan saat saya menghadiri Womantalk Class dengan tema "Healthy Plan For Ramadhan" bersama Polytron pada tanggal 4 Mei 2018 yang berlokasi di Tanamera Coffe Ahmad Dahlan, Jakarta Selatan.



Narasumber yang hadir diantaranya adalah :
1. Jocevlyn Halim,  BSC MHM MND
2. Fifi Alvianto 
3. Bapak Sugiat





Sharing Session with Fifi Alvianto


Dalam kesempatan ini Ka Fifi yang dikenal sebagai professional blogger akan berbagi tips memasak dengan mudah dan praktis yang dikenal dengan food prep atau Food Preparation. 

Sudah tahu belum food prep itu apa? Yup food prep adalah teknik menyiapakan semua bahan-bahan makanan yang akan digunakan untuk memasak dengan menyimpannya di dalam wadah berbeda (sesuai kategorinya misalnya sayuran, daging, ikan dls). Tujuannya adalah supaya lebih mudah saat ingin digunakan. 

Add caption
                     

Saya pun di rumah sudah menerapkan ini, jadi setiap suami pulang dari belanja tugas saya selanjutnya adalah melakukan food prep dan memasukkanya dalam kulkas. Hal ini menjadi lebih mudah dan efektif saat ingin memasak apalagi rutinitas tiap pagi harus memasak buat bekal suami tercinta juga saya sendiri :)


Sudah tahu belum food prep itu apa? Yup food prep adalah teknik menyiapakan semua bahan-bahan makanan yang akan digunakan untuk memasak dengan menyimpannya di dalam wadah berbeda (sesuai kategorinya misalnya sayuran, daging, ikan dls). Tujuannya adalah supaya lebih mudah saat ingin digunakan.



Tips dari Fifi Alvianto seputar Food Prep :
  • Ada pengeleompokan buah dan sayuran yang harus di cuci
  • Cabe rawit ujungnya harus dicabut setelah dicui dan ditiriskan, karena bagian ujung cabai rawit ini mudah membusuk 
  • Masukkan daging langsung ke dalam freezer tanpa di cuci

Polytron Memperkenalkan Belleza 3 



Sudah ada yang tahu belum kalau Polytron itu local brand? Yes, ini merupakan produk asli Indonesia tanpa campur tangan negara lain. Woow makin awesome dunk karena pabriknya ada di Kudus, tempat saya lahir hehe. 


Bapak Sugiat bagian product dari Polytron memperkenalkan produk terbarunya Polytron yaiitu Kulkas Belleza 3 yang membuat sayuran dan buah-buahan tetap segar. Untuk mengujinya dipilihlah buah apel, di mana dalam 15 hari tekstur dan rasa buah apel masih tetap segar dan krenyes-kreyes apelnya masih berasa :)




Why Belleza 3???
Selain desain lebih cantik Belleza 3 juga memiliki 6 keunggulan yang dengan inovasi terbarunya yaitu :

  • EDGE LED Lighting
Penggunaan lampu LED lebih hemat energi, serta menghasilkan terang lebih merata ke seluruh bagian kulkas.
  • Zen Design
Desain lebih elegan dan mewah, dengan bahan kaca tempered.
  • Shielded Moisture Compartment
Buah tetap sehar 2x lebih lama. Adanya kompartemen khusus untuk penyimpanan buah-buahandengan penyekat udara yang mencegah udara luar tidak masuk ke dalam. 
  • Humidity Control Crisper
Kompartemen khusus untuk menyimpan sayuran, menjaga kesegaran sayuran secara optimal. Mengatur tingkat kelembapan agar sayuran tetap segar dan tidak cepaat mengering.
  • Photocatalytic Deodorizer
Berfungsi untuk menyerap dan menetralkan bau tak sedap, terbuat dari bahan yang bisa dicuci dan digunakan kembali. 
  • Smart Cooling System 
Pengaturan fungsi defrost diatur otomatis sehingga lebih hemat energi. Sistem penagaturan suhu digital dengan sensor suhu yang presisi, sehingga menghasilkan proses pendinginan yang sangat akurat.
  • Garansi 10 tahun 
Polytron berkomitmen untuk selalu memberi kesegaran bagi Anda dan keluarga, dengan memberi garansi 10 tahun untuk kompresor Belleza 3.







Belleza 3 hadir dengan 5 warna yang cantik yakni : 
1. Black Mirror
2. Dark Grey
3. Dark Brown
4. Dark Blue
5. Violet

Ada 3 tipe Belleza 3 mulai dari kapasitas 210 Liter, 220 Liter dan 240 Liter dengan kisaran harga mulai dari Rp2.800.000. Bagaimana tertarik untuk membelinya? ^_^

                           


1 komentar:

  1. dan aku suka sama belleza yang kompartmen-nya terpisah antara buah dan sayur... :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.