Wujudkan Mimpi dan Cita-cita Bersama "Sharing The Dream"


Salah satu faktor untuk mencerdaskan bangsa dan menuntaskan kemiskinan adalah melalui pendidikan. Yap, karena dengan bekal ilmu yang diperoleh dari sekolah kita bisa mengaplikasikannya untuk meraih mimpi atau hidup yang lebih baik dan berkualitas. Eeeh tapi itu saja tidak cukup ya di zaman now, kita harus mempunyai bekal soft skill seperti kemampuan berorganisasi/berkomunikasi yang baik ditambah dengan kemampuan bahasa inggris yang mumpuni yang sekiranya dibutuhkan untuk bekerja di zaman now.

Jadi, Kamis tanggal 26 Juli 2018 berlokasi di The Hook, Jakarta Selatan. Saya berkesempatan mengikuti sebuah gathering yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Siapa di sini yang concern dengan dunia pendidikan? Ada info menarik loh mengenai beasiswa hehehe.


Sekilas Tentang SCG 

Ada yang familiar dengan SCG (Siam Cement Group)? 




Mr. Nantaphong Chantrakul selaku Director dari SCG Indonesia menyampaikan bahwa SCG adalah salah satu konglomerat bisnis terkemuka di ASEAN yang telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun yang senantiasa memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia melalui berbagai inovasi produk yang bernilai tinggi.

SCG berkomitmen mengedepankan keseimbangan antara sumber daya manusia, lingkungan, sosial, dan ekonomi yang berfokus pada konsep SD (Sustainable Development). 

Nah salah satu bentuk komitmen SCG dalam menerapkan konsep SD adalah konsistensinya dalam menyelenggarakan program CSR tahunannya yaitu "SCG Sharing The Dream". Program ini telah berjalan selama lebih dari 5 tahun loh. 


Apa itu Sharing The Dream?

Sharing The Dream adalah salah satu program CSR dari SCG yang memberikan beasiswa kepada siswa siswi berprestasi secara akademik, juga mengedepankan nilai-nilai moral seperti berperilaku baik. 

Peran beasiswa sangat penting bagi generasi muda untuk memberikan kesempatsn kepada mereka yang berprestasi tapi terbatas dalam hal finnacial.


Mba Novia dari pihak SCG menyampaikan bahwa SCG sangat fokus terhadap aspek pendidikan karena pendidikan sangat berdampak penting tehadap masa depan dan pembangunan bangsa. Maka dari itu SCG ingin mewujudkan semua mimipi para pelajar di Indonesia untuk tetap melanjutkan pendidikan.

Bagaimana tes atau proses untuk bisa mendapatkan beasiswa SCG? 
Seperti tes beasiswa pada umumnya sih sebenarnya. Berikut ini syaratnya : 

1. Nilai akademik yang cukup baik rata-rata 7,5 yang direferensikan oleh guru BK
2. Status kondisi financial 
3. Menulis Essay

Nah untuk menulis essay ini tiap tahun temanya berbeda, ada juga yang essaynya ditulis dalam bahasa inggris. Oiya essaynya ini ditulis tangan karena nanti tukisan tangannya akan dinilai oleh Psikolog untuk mengetahui karakter dari si pelajar. 


Sharing Session Bersama Alumni Sharing The Dream

Mas Septi adalah salah satu penerima beasiswa SCG sejak SMA, dia menuturkan pengalamannya saat apply beasiswa ini ada peristiwa yang bikin gemas alias gregetan. Saat dia mau mengirimkan berkas dokumennya ke kantor pos yang mana saat itu mendekati hari raya. 

Tapi karena keinginan nya begitu besar untuk bisa mewujudkan mimpinya untuk melanjutkan kuliah di ITB dengan jurusan Teknik Sipil yang menjadi pilihannya. Bermimpilah, karena dari mimpi itu kita bisa mejudkan cita-cita kita. 

Para peserta yang hadir saat itu sudah terbagi dalam 5 kelompok yang akan ditantang untuk membuat presentasi dengan tema Pendidikan di Indonesia. Nah kelompok kami membahas tentang apa sih manfaat brand terhadap pendidikan dan beasiswa di Indonesia???





1 komentar:

  1. Setuju banget. Pendidikan lebih baik dapat mengubah nasib suatu bangsa.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.