5 Potensi Anak Generasi Maju, Apa Saja Itu?






Hai Ayah Bunda...

Berbicara mengenai tumbuh kembang anak dan parenting emang tak ada habisnya ya, selalu semangat buat belajar sekaligus memberikan yang terbaik buat buah hati tercinta. Saya mau cerita sedikit nih, bulan kemarin keponakan saya genap berumur 4 tahun, Veville namanya. Awalnya sih bingung, mau ngasih kado apa ya? Hmmm masa mau ngasih baju princess lagi. Memang sih, keponakan saya itu senang banget sama film animasinya Disney seperti Frozen, Cinderella, Moana dan Beauty and The Beast. Dan kayanya memang cita-citanya pengen jadi princess sih :)  


Film animasi tersebut banyak ditampilkan nyanyian dan tarian, terutama tari ballet. Melihat kegemaran anaknya yang gemar menyanyi dan menari mengikuti film animasi tersebut, menjadikan kakak saya ingin mengembangkan potensi dari anaknya tersebut dengan mengikutkannya ke tempat belajar tari ballet. Dan untuk kegemaran anaknya yang suka menyanyi, dibelikanlah alat untuk karoke. Eh terus saya jadinya ngasih kado apa nih, akhirnya saya ngasih buku gambar dan alat mewarnai. Kenapa coba saya ngasih buku gambar dan alat mewarnai, karena ternyata keponakan saya yang cantik tersebut, suka mewarnai juga. Pernah ikutan lomba mewarnai di salah satu mall sih, tapi belum jadi juara. Nah biar kemampuan mewarnainya makin terasah, maka saya memutuskan membelikan buku gambar dan alat mewarnai untuk keponakan saya tercinta. Don’t Give Up Princess :)

Tau nda ayah bunda, ternyata mengikutsertakan anak dalam kompetisi atau perlombaan dapat menstimulasi kemampuan anak dalam bersosialisasi loh. Saat mengikuti perlombaan, anak akan memiliki banyak teman sekaligus terlatih dalam menerima kekalahan ataupun kemenangan. Anak juga dapat menganalisa perilaku mana yang baik dan buruk yang dilakukan oleh teman-temannya. Dan pada akhirnya, anak pun akan berusaha untuk meniru perilaku baik dan menghindari perilaku buruk. Kompetisi juga dapat dijadikan sebagai indikator bagi orang tua dalam mengukur perkembangan anak. Melalui kompetisi pula, orang tua juga bisa mengetahui kelebihan apa yang dimiliki anak dan bagaimana mengasahnya agar menjadi sebuah prestasi seperti yang dikatakan oleh Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., seorang psikolog anak dan keluarga yang akrab dipanggil dengan Nina.




Festival Sahabat Generasi Maju 

Agar dapat menstimulasi kemampuan anak dan dimana setiap anak memiliki kesempatan serta potensi untuk berkembang dan sebagai bentuk dukungan serta komitmen dari SGM Eksplor terhadap anak-anak Indonesia agar dapat tumbuh menjadi Anak Generasi Maju dan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018, SGM Eksplor menggelar kegiatan Grand Final Sahabat Generasi Maju dan meluncurkan inovasi lengkap SGM Eksplor dengan Complinutri yang diselenggarakan di Summarecon Mall Bekasi pada hari Sabtu tanggal 28/07/2018.




Yuhu kegiatan Sahabat Generasi Maju ini dimaksudkan untuk mengajak orang tua dan anak Indonesia untuk kembali mengingat pentingnya pemenuhan nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat untuk mengasah 5 Potensi Prestasi Anak generasi Maju yaitu cerdas, kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri.

Sebelum diadakannya Grand Final Sahabat Generasi Maju, sebelumnya sudah terlebih dahulu diadakan Festival Sahabat Generasi Maju yang sudah dilaksanakan dari tanggal 19/04/18 hingga 08/07/18 melalui media sosial Facebook dengan cara mengajak orang tua untuk menunjukkan dan menceritakan potensi prestasi yang dimiliki oleh si kecil. 

Selain itu SGM Eksplor telah melaksanakan kegiatan edukasi dan stimulasi 5 Potensi Prestasi seperti lomba mewarnai, kegiatan olahraga serta permainan edukatif lainnya di beberapa kota besar yaitu Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Dan akan dipilih 25 pemenang yang mendapatkan beasiswa pendidikan senilai total 1 Miliyar Rupiah seperti yang diutarakan Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor. 


5 Aspek Tumbuh Kembang Anak 

Selain itu Nina selaku dewan juri pada Festival Sahabat Generasi Maju juga mengatakan bahwa setelah perhelatan festival ini, orang tua juga harus terus menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu dengan yang lain agar anak dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal, yaitu aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial. Hal ini diperlukan karena lima potensi anak generasi maju tidak tumbuh secara instan, tetapi perlu dikembangkan sejak usia dini.

Hadir juga selebriti dan Ibu dua orang anak Alyssa Soebandono. Sebagai Ibu yang bekerja, ia pun memiliki prioritas utama untuk memastikan anak-anaknya memiliki tumbuh kembang optimal. Ibu berparas cantik ini pun sampai menyewa rumah yang dekat dengan lokasi syuting, jadi saat break syuting ia akan pulang karena tidak ingin melewatkan momen tumbuh kembang anaknya. 

Alyssa pun menuturkan bahwa ia sangat mengapresiasi adanya Festival Sahabat Generasi  Maju ini, karena di sini dapat mengajak si kecil untuk mencoba berbagai permainan edukatif untuk mengembangkan potensi dan menstimulasi tumbuh kembangnya. Berikut ini contoh kelas untuk mendukung potensi anak generasi maju, anak-anakpun bisa bermain di sini loh karena ada berbagai macam wahana permainan yang seru dan menarik :)




Saya pun ikut mencicipi smothies yang dibuat dari susu SGM Eksplor loh yang ditambah aneka topping ada buah, marsmellow, coklat dls, rasanya enyak loh ini hehehe. Bisa jadi alternatif saat anak ingin cemilan sehat nih ayah bunda, selamat mencoba ya :)

 

dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. gizi, SpGK mengatakan bahwa pemenuhan nutrisi yang tepat untuk usia dan kebutuhan si kecil adalah hal penting agar bisa mengasah potensi prestasinya dengan optimal. Perahtikan juga asupan zat gizi yang dibutuhkan si kecil dalam jumlah besar mulai dari makronutrien dan mikronutrien. Untuk anak di atas 1 tahun juga membutuhkan pangan fungsional lain seperti serat dan probiotik. 


Oiya dalam hal ini SGM Eksplor juga memberikan edukasi nutrisi untuk orangtua, dengan memperluas jangkauan edukasi dan memberikan materi bagi para orangtua untuk menjadikan anaknya generasi maju dengan memperkenalkan website www.generasimaju.co.id di mana orangtua bisa mendapatkan informasi untuk mendukung si kecil memiliki masa depan yang lebih baik atau menjadi generasi maju. 



******

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.