Fakta dan Kebaikan Soya Yang Perlu Diketahui


“Our Actions are Our Future, Zero Hunger 2030 is possible” 

Yuhu, tema di atas diangkat sebagai selebrasi Hari Pangan Sedunia 2018 oleh PBB dan FAO (Food and Agricultural Organization). Yang mana kampanye ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan pangan dan gizi yang menjadi tantangan untuk mencapai Indonesia tanpa kelaparan 2030, seperti yang diamanatkan oleh Sustainable Development Goals.

Faktanya saat ini terdapat sekitar 815 juta penduduk dunia masih mengalami masalah kelaparan. Menurut data Global Health Index 2018, Indonesia menempati posisi ke-73 dari 119 negara yang berada pada level serius. Jleeeb banget nda nih, disaat ada yang berlimpah makanan masih ada berita tentang kelaparan :(

Nah salah satu bentuk partisipasi yang bisa kita lakukan untuk memperingati Hari Pangan Sedunia adalah dengan menjadi konsumen yang mengadopsi makanan yang lebih sehat dengan mencari sumber alternatif pangan yang bernutrisi. Lets Take Action for #ZeroHunger.


Terkait hal tersebut di atas, Danone Indonesia kembali lagi menyelenggarakan edukasi bergizi. Kali ini temanya adalah “Kedelai/Soya sebagai alternatif pangan yang bernutrisi" yang berlokasi di Rumah Kajoe, Cilandak, Jakarta Selatan.
"Pangan merupakan salah satu hal yang sangat dekat dengan kami. terlebih, melalui 'One Planet One Health' kami percaya bahwa pangan yang baik berasal dari bumi yang baik", ujar Bapak Arif MujahidinCorporate Communication Director Danone Indonesia dalam sambutannya. 

Beliau juga menegaskan bahwa “Kesehatan itu bisa diciptakan melalui makanan dan produk Danone itu diciptakan melalui kriteria health”. 



Kedelai atau Soya Sebagai Alternatif Pangan Bernutrisi


Kedelai atau soya merupakan bahan pangan yang sudah familiar bagi masyarakat Indonesia. Produk olahannya seperti tahu dan tempe, harganya memang sangat terjangkau tapi memiliki kebaikan nutrisi yang bisa menjadi salah satu pangan yang melengkapi kebutuhan nutrisi anak-anak. Berbagai nutrisi tersebut termasuk makronutrien (karbohidrat, protein dan lemak)  dan mikronutrien (seperti mineral). 

Kenapa kedelai? Faktanya kedelai merupakan “The King Of Bean” yang kaya akan protein dan beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. 

Hal ini juga dijelaskan oleh Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, Guru besar Departemen Ilmu dan Teknologi  Pangan IPB bahwa kedelai sebagai alternatif sumber protein terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang terdiri dari : 

  • Protein (40%)
  • Lemak (20%)
  • Karbohidrat (25%)
  • Serat (8%) dan mineral
Soya juga dapat menjadi alternatif protein yang dapat dikonsumsi bersama dengan protein hewani. Tak sampai di sini saja, soya juga memiliki skor Protein Digestability Corrected Amino Acid (PDCAA) lebih tinggi yakni 0.90-1.00 jika dibandingkan dengan beras, jagung, dan terigu. Selain itu, soya kaya akan asam amino esensial. 


Tahukah Moms, susu soya dapat  membantu pertumbuhan anak!
Yap, susu berbasis soya dapat digunakan sebagai alternatif yang aman sebagai pengganti susu formula biasa karena telah dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Terlebih lagi bagi anak yang memiliki alergi terhadap protein hewani dan menunjukkan tanda intoleransi laktosa. 

Meskipun kaya akan protein dan nutrisi lainnya, pangan olahan soya, seperti pangan lainnya, tidak bisa dikonsumsi snediri dan perlu dilengkapai oleh komponen nutrisi lainnya untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Ida Gunawan M.S., Sp.GK-K, Ahli Gizi Klinis "Kecukupan nutrisi sangat penting di fase kritis tumbuh kembang anak, salah satunya adalah komponen protein hewani dan nabati disertai dengan konsumsi makronutrien dan mikronutrien yang seimbang".




Soya telah dikonsumsi selama lebih dari 1500 tahun di Indonesia dan jumlah konsumsi soya di Indonesia mencapai 2,500,000 ton/tahun dan menjadi makanan favorit di Indonesia. Berikut ini beberapa fakta soya yang perlu diketahui :

  • Protein pada soya merupakan protein nabati dan mengandung 11 asam amino esensial. 
  • Soya merupakan salah satu susu alternatif yang berasal dari tumbuhan, bebas dari laktosa, dan memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh (rata-rata 7 gram protein/porsi). 
  • Dengan mengonsumsi 25 gram soya /hari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) , serta mengurangi resiko terkena kanker prostat dan payudara. 
  • Soya merupakan salah satu komoditas penting dalam ketahanan pangan.
  • Di Indonesia, soya merupakan komoditas terpenting ketiga setelah padi dan jagung. Lebih dari 90% soya di Indonesia digunakan sebagai bahan pangan, terutama pangan olahan. 
Peran Soya Dalam Kesehatan Tubuh
  • Mengonsumsi soya dapat membuat jantung lebih sehat
  • Membantu Melindungi tulang
  • Mencegah kanker payudara sejak dini
  • Mengurangi risiko terkena kanker prostat


Ada beragam Cara Menikmati Soya loh Moms!

Well, salah satu cara paling mudah mengonsumsi soya adalah dengan meminum susu soya.
Hmmm tahukah moms, soya juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan loh! Dengan kandungan protein yang tinggi, rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol soya dapat diolah menjadi lebih dari 25 jenis makanan seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan masih banyak lagi.


Nah berikut ini beberapa kreasi makanan dari soya yang saat itu disajikan di Rumah Kajoe, apa saja itu? 

  •   Susu Kedelai
Ini susu kedelai yang pas dilidah saya deh, aromanya pun tak begitu menyengat, waktu itu pernah nyobain dalam bentuk bubuk dan bikin cukup eneg buat minumnya. So far ini seger dan rasa manisnya juga pas, suka deh :) Ada yang mau coba buat sendiri di rumah?

            

  • Chiffon Cake Pandan with Soya Milk

Ini juga enak banget, lembut dan mansinya pas. Kalau udah makan satu maunya nambah hahaha. Perpaduan pandannya makin bikin rasanya jadi semakin enak! 



  •  Nugget Tempe

Ada yang udah pernah coba nugget tempe? Gimana rasanya? Suka nda? Kalau saya lebih suka makan tempenya langsung, soalnya memang doyan tempe banget xixixi. Buat yang ingin mencobanya, saya kasih tahu resepnya ya!


  • Steak tempe
Bagaimana dengan steak tempe? 
Kalau lagi makan sama orang bule coba sodorin ini deh :)

                 

  • Burger Tempe
Peratama kali nyobain dan langsung suka...nda berasa loh kalau ini terbuat dari tempe, kombinasinya pas dari sayur juga saosnya. Cocok buat menemani sarapan pagi bersama segelas susu kedelai segar :)

               

  • Soya Cupcake
Ini sayang untuk dimakan ya rasanya, terlalu cantik hahaha. 
Tambahkan topping sesuai selera deh :)


        



  • Soya Pudding
Namanya saja soya pudding ya, pastinya terbuat dari soya dunk tapi rasanya enak loh ternyata. Cara membuatnya juga terbilang mudah.




Bagaimana moms, tertarik untk mencoba kreasi makanan dari soya kah? 
Selamat berkreasi dan semoga berhasil menghidangkan makanan kaya nutrisi untuk kelurga tercinta ^_^



******


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.