Ini Loh Pemenang Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju bersama Sekretariat Kabinet 2018

Mengikuti sebuah lomba atau kontes itu seru loh, karena ini mampu mengasah kreativitas dan melatih rasa percaya diri untuk bersaing secara sehat. Yes, bagi saya pribadi mengikuti lomba di media sosial itu juga membuka peluang untuk networking lebih luas! Selain wawasan nya bertambah, jika hoki hadiah pun kita dapatkan (bonus sih ini). 

Tak heran kan jika banyak brand atau perusahaan yang menyelenggarakan lomba di media sosial, kuisnya pun beragam bentuknya. Intinya yang saya lihat sih untuk mengenal lebih dekat dengan brand atau mempromosikan produk barunya. 

Well, media sosial memang menjadi media yang oaling diminati oleh banyak orang. Karena ke efektifannya dan cepatnya dalam menyebarkan informasi. Hal ini pun juga dilirik oleh Sekretariat Kabinet, dengan mengadakan Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju bersama Sekretariat Kabinet 2018. Ada yang ikutan lombanya? 


                                     Berkenalan dengan Sekretariat Kabinet 

Sekretariat Kabinet atau yang bisa kita sebut dengan Setkab adalah lembaga pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas dalam memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan, berdasarkan Peraturan Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Kabinet.

Sekretariat Kabinet dipimpin oleh Sekretaris Kabinet yang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Saat ini Bapak Pramono Anung menjabat sebagai Sekretaris Kabinet. Tugas dari Sekretariat Kabinet adalah memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan. 

Dalam hal ini Sekretariat Kabinet aktif berperan dalam menyebarluaskan informasi seputar kinerja pemerintah untuk #MenujuIndonesiaMaju dan media sosial adalah salah satu sarananya. Hal ini lah yang menjadi latar belakang diadakannya lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju bersama Sekretariat Kabinet 2018.   

Peran Netizen penting untuk mengedukasi publik dan menyebarkan info yang aktual, dan terpercaya. Dewasa ini peran media sosial mampu dengan cepat menyebarkan informasi mengenai apa saja yang sedang dilakukan pemerintah, baik itu terkait infrastruktur, dan hal-hal yang terkait dengan kinerja pemerintah. 


“Apa yang dilakukan oleh pemerintah apa adanya itu diperlukan, tidak perlu ditambah-tambah” ungkap Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung saat memberikan sambutan pada launching lomba Media Sosial (medsos) #MenujuIndonesiaMaju dengan total hadiah Rp107 juta (sudah dipotong pajak), di aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta, pada tanggal 26 Maret 2018.  

Lomba media sosial ini ini terselenggara atas kerja sama Sekretariat Kabinet (Setkab) dengan Bank Mandiri yang berlangsung sepanjang bulan April hingga November 2018. Tiap bulannya ada tiga jenis lomba melalui media sosial Sekretariat Kabinet, yaitu Youtube, Facebook, Twitter, dan Instagram. 

  • Kategori Youtube :

Untuk Youtube, yang dilombakan adalah membuat vlog dan film pendek mengenai pembangunan insfrastruktur di Indonesia, dan manfaat pembangunan bagi masyarakat dengan durasi maksimal 5 menit. 


  • Twitter :

Berbeda dengan twitter, lombanya membuat moments/kultweet/chirpstory yang berhubungan dengan seberapa jauh dampak kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah terkait program prioritas. Selain itu juga da lomba mengisi Teka Teki Silang loh, mayan buat mengasah otak ini ya guys :)




  • Instagram :

Untuk Instagram, lombanya membuat video reportase/vlog sepanjang 1 menit, selain itu juga ada lomba menemukan kata dlaam kotak.


  • Facebook :

Lain lagi dengan lomba di Facebook, selain mengisi Teka Teki Silang juga ada lomba mengisi kata yang hilang dari pidato Presiden/Seskab. 




  • Blog 

Makin komplit lombanya karena ada juga lomba menulisnya nih, yaitu lomba blog yang sudah berlangsung dari periode Juli-September 2018. Hadiahnya pun menggiurkan sekali ya itu :)





Tujuan Lomba #MenujuIndonesiaMaju 

Tujuan lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju menurut Yuli Harsono (Deputi Seskab bidang Dukungan Kerja Kabinet), selaku penaggung jawab lomba Media sosial #MenujuIndonesiaMaju adalah untuk menyampaikan kepada masyarakat mengenai hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai oleh pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. 


Ini Loh Pemenang Lomba Medsos 
#MenujuIndonesiaMaju bersama Sekretariat Kabinet 2018 


Yuhu udah nda sabar ya rasanya buat tahu siapa saja pemenang dari lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju bersama Sekretariat Kabinet 2018. Berikut ini daftar namanya berdasarkan kategorinya, adakah nama kalian di sini ^_^

Pemenang Kategori Facebook :




 Pemenang Kategori Instagram :





 Pemenang Kategori Twitter :





Yeaaay, alhamdulillah...Selamat ya untuk para pemenang lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju bersama Sekretariat Kabinet 2018. Alhamdulillah ada nama saya loh sebagai pemenang kategori twitter, inipun ikutnya juga mepet DL (hahaha, karena dimention sama seorang teman dan waktu itu di salah satu grup komunitas ada juga yang share dan ramai banget ngomongin lomba ini, karena hadiahnya wow banget. 

Diantara kuis di media sosial lainnya, kuis di twitter menurut saya yang paling menarik dan mudah. Jawaban pahlawan masa kini versi saya adalah sosok pahlwan yang peduli dengan lingkungan dan bumi kita tercinta ini yaitu sosok perempuan bernama DK Wardhani yang juga penulis buku #belajarzerowaste "Menuju Rumah Minim Sampah". 


Testimoni Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju bersama Sekretariat Kabinet 2018 


Menurut saya pribadi lomba ini sangat unik dan menarik ya, karena secara tidak langsung mengajak netizen atau masyarakat untuk mengetahui, peduli, membuka mata dan pengetahuannya tentang pemerintahannya, yang mungkin selama ini berita terkait pemerintah kurang menarik atau kurang mendapat perhatian dari masyarakat luas.

Dengan adanya lomba ini paling enggak kita jadi melek dan lebih paham apa aja sih yang sudah dilakukan oleh pemerintah, secara tidak langsung juga kita ikut megawal kan jadinya. Karena generasi milenial sekarang kan jauh lebih kritis, harapannya juga para netizen ikut berpartisipasi dalam meyebarkan informasi/berita yang valid. 

Semoga tahun depan ada lomba seperti ini dengan hadiah yang wooow lagi ya teman-teman ^_^ Nha biar nda ketinggalan info terkininya dan berita seputar perkembangan pemerintahan kepoin media sosialnya ya dan jangan lupa follow juga!




website : www.setkab.go.id
Facebook Fanpage : @Setkabgoid
Twitter : @setkabgoid

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.