Healthy Living Day : Sebuah Resolusi Hidup Sehat

"To Change your Life, you have to change your habits" (UNKNOWN)


Sehat itu ternyata sangat mudah dan sangat sederhana, tidak sesulit dan sekompleks yang dibayangkan pada kebanyakan orang. Kunci hidup sehat itu adalah KOMITMEN. Yes berkomitmen dalam segala hal menjadikan kita berkemauan keras dan melakukan usaha terbaik yang kita bisa. Semuanya dapat membantu mewujudkan berbagai hal positif. 

Sehat itu pilihan, upaya apa yang sudah teman-teman lakukan untuk mencapai hidup sehat? Jangan sampai ngerasain sakit lalu baru aware akan kesehatan ya, karena sehat itu investasi jangka panjang yang hasilnya bisa kita nikmati mulai dari sekarang hingga nanti. Mau dunk pastinya saat kita tua nanti masih sehat bugar dan produktif :)




AIA Healthy Living Index 2018

Mendengar kata Healthy Living Index, kira-kira apa saja ya yang menjadi kriterianya? Saat ditanya seperti itu, saya jawab pola makan sehat, lalu ada yang jawab kualitas tidur, olah raga teratur, medical check-up secara berkala dsb. 

Hasil riset AIA Healthy Living Index 2018 mengungkap bahwa tingkat kepuasan masyarakat di Asia terhadap kesehatan menurun dari 84% di 2016 menjadi 81% di 2018. Hasil berbeda ditunjukkan di Indonesia, di mana kepuasan masyarakat terhadap kesehatan meningkat!

Masyarakat Indonesia merasa sangat puas dengan kesehatannya. Tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap kesehatan mereka terus mengalami peningkatan sejak 2013. Sayangnya, meningkatknya kepuasan masyarakat Indoensia terhadap kesehatan mereka tidak tercermin dari gaya hidup yang dijalankan. 

Faktornya diantaranya adalah banyaknya usaha yang dibutuhkan untuk berolah raga menjadi alasan utama masyarakat berhenti berolah raga, selain itu hanya 5% masyarakat Indonesia yang mengalokasikan biaya untuk olahraga. Faktor lainnya adalah pandangan masyarakat terhadap makanan sehat mulai berubah. Yang awalnya menganggap bahwa makanan sehat itu lebih murah berubah menjadi lebih mahal. 

AIA Healthy Living Index adalah survei yang dilakukan di Asia Pasifik untuk mengetahui pandangan masyarakat mengenai kesehatan dan harapan mereka untuk hidup yang lebih baik. Melalui survei ini, kami dapat memahami tren kesehatan saat ini sehingga kami dapat membantu masyarakat hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik. Survei ini juga menjadi dasarpendekatan kami untuk pengembangan produk dan layanan, serta sebagai inisiatif untuk memotivasi masyarakat menjalankan pola hidup sehat, hal ini diungkapkan oleh Kathryn Monika Parapak, Head of Brand and Communication, PT AIA FINANCIAL dalam acara AIA Healthy Living Day yang berlangsung pada Kamis, 6 Desember 2018 yang berlokasi di Elite Club, Jl. Epicentrum Utama Raya, Kuningan, Jakarta selatan. 


Btw nih ya, selain menjaga hidup sehat, medical check-up juga nda kalah penting loh, hal ini untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi penyakit sejak dini. Sayangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan medical check-up masih rendah karena merasa dirinya sehat, sementara penyakit kritis terkadang tidak memiliki gejala khusus, namun dapat menyebabkan kematian. 

Mencegah lebih baik daripada mengobati kan, yuk lakukan pencegahan dengan rutin melakukan medical check-up secara berkala. Penyakit kritis bisa berdampak serius jika tidak ditangani sejak dini, tidak hanya terhadap kesehatan tapi juga berdampak pada keuangan. 


Dalam kesempatan ini hadir juga dr. Raissa E. Djuanda M.Gizi, Sp.GK, yang mengatakan bahwa "Sejalan dengan hasil survei AIA Healthy Living Index2 2018, salah satu temuan yang menjadi perhatian dalam Riset kesehatan Dasar atau Riskesdas 2018 adalah meningkatnya prevalensi penyakit tidak menular. Kenaikan ini berhubungan dengan gaya hidup yang tidak sehat, terutama pola makan. 

Perhatikan pola makan dengan menu gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah serta membatasi konsumsi makanan kemasan. Asupan total lemak sebaiknya tidak melebihi 30% dari total asupan energi serta konsumsi buah dan sayur setidaknya 400 gram per hari. Batasi GGL (gula, garam dan lemak) atau konsumsilah dalam keadaan yang wajar alias secukupnya. 


Fun Activity Zumba Bersama Laila Munaf

Berolahraga minimal 15 menit perhari itu sudah menjadi kebiasan baik yang saya lakukan, seperti jalan cepat saat berangkat dan pulang  dari kantor. Lumayan kan, karena kalau tidak dibiasakan jadinya males bergerak hehe. Selain jalan cepat, saat weekend tiba saya bisa memilih berenang atau yoga, melakukan olahraga yang saya suka itu bisa bikin bahagia loh. 

Apalagi saat ini, makin beragam olahraga yang bisa kita pilih dan lakukan. Pilihlah yang sekiranya mudah dan kamu senang melakukannya. karena yang tearpenting adalah keinginan dan kesadaran untuk hidup sehat dengan aktif dan rutin berolahraga. Dengan hidup sehat kita bisa menikmati hidup yang berkualitas. 

Sore itu kami para blogger yang hadir bersama rekan media berkesempatan mengikuti zumba bersama Laila Munaf, Instruktur Zumba sekaligus owner Sana studio. Walapun berlangsung sekitar 30 menit tapi lumayan berkeringat dan seger, gerakan zumba ini seperti dance gitu, asyik deh pokoknya apalagi kalau instrukturnya cantik makin semangat deh pastinya :)



#AIAIndonesia secara konsisten berupaya untuk membuat perubahan positif dalam hidup masyarakat dengan menyediakan produk proteksi dan rencana keuangan jangka panjang serta secara aktif menyerukan gaya hidup sehat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satunya adalah program "AIA Sepak Bola untuk Negeri" untuk mengajak masyarakat menjalankan gaya hidup sehat melalui partisipasi aktif dalam olahraga. Melalui program ini AIA mendonasikan 10.000 bola untuk anak-anak Indonesia dan menggelar coaching clinic sepak bola di berbagai kota bersama International Development Coach Tottenham Hotspur dan tokoh sepak bola Indonesia. 




Highlight tips sehat dari laila MUnaf adalah "jadikan olahraga sebagai kebiasaan dan kebutuhan" cari olahraga yang kita sukai dengan begitu kita akan semangat melakukannya. Dan yang terpenting dari itu semua you have to be happy, yes karena haati yang bahagia Insha Allah bikin kita makin sehat dan bugar! Apa resolusi hidup sehatmu teman? ^_^
Foto sebelum Nge-Zumba :)
                        




Instagram : @aiaindonesia
Facebook : AIAIndonesia

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.