Mau Jadi Pengusaha? Intip Kisah & Tips Sukses 3 Pengusaha Muda Ini!

Halo Geng Millennials!

Siapa yang tahun ini punya resolusi punya bisnis/bikin usaha? Punya ide bisnis jangan didiemin aja geng, nanti keburu di eksekusi orang loh! Iyes, kayak aku ini nunggu ini itu…eeh tau-tau udah ada aja yang eksekusi ide bisnisku. Sama persis, entah ideku yang pasaran atau emang kita punya ketertarikan yang sama *aheyyy!

To be honest, 2 tahun terkahir ini aku emang lagi tertarik belajar tentang dunia entrepreneurship, so aku suka banget datang ke event atau workshop terkait hakl tersebut. Selian untuk membuka wawasan juga memperluas networking sih. Punya cita-cita punya bisnis sendiri, alias nda pengen jadi karyawan seumur hidup, bosen jadi pegawai mulu (bukannya nda bearsyukur ya geng!). Pengen upgrade skill dan menyalurkan apa yang menjadi passion ku :)


Kamis, 24 Januari 2019 berlokasi di Kembang Kencur, Pejaten, Jakarta Selatan aku menghadiri Interactive Talkshow MoneySmart #MillennialsPreneurClub.

Dengan 3 narasumber para prkatisi pengusaha muda yang bergerak dibidang makanan dan fashion, yang sudah terjun langsung di dunia bisnis jaman now!

1. Yasa Singgih (Founder Men’s Republic)
2. Haykal Kamil (Aktor & Founder of Kal’s Corpora)
3. Michael Chrisyanto (Founder Eatlah)



Beberapa pertanyaan yang muncul itu kira-kira seperti ini : 
  • Gimana sih cara memulai menjadi entrepreneur dari awal? 
  • Apa aja rahasia yang diperlukan untuk menjadi entrepreneur dan apa aja yang akan kalian hadapi saat memutuskan untuk menjadi entrepreneur?
  • Rasanya membangun usaha dan mengembangkan bisnis itu gimana sih?
  • Tips dan trik sukses untuk menjadi entrepreneur, apa sih rahasia sukses mereka?
  • Strategi dan beberapa ide menarik dari pengusaha muda yang inspiratif
Kapan lagi bisa dapetin ilmu dari 3 narasumber yang kece ini kan?
Bakalan seru dan bikin kamu semangat buat segera eksekusi ide bisnis kalian deh abis baca tulisan ku ini ^_^



Berkenalan dengan MoneySmart

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.


Kisah Yasa Singgih dengan Men's Republic 

Dare to Step Up! adalah tagline dari merek sepatu Men's Republic yang memiliki pesan utama yang ingin disampaikan kepada setiap gentlemen di Indonesia untuk berani mengambil setiap langkah dalam hidupnya! Yup, setelah melakukan riset panjang selama bertahun-tahun akhirnya menemukan 1 kata penting yang mencerminkan gentlemen sejati yaitu keberanian.

3 kata yang selalu menjadi pedoman Men's Republic dalam menciptakan setiap karyanya dalam bentuk apapun : 
1. Gentlemen yang berarti berkelas
2. Trustworthy yang bearti tepercaya
3. Prestigious yang berarti berharga
  

Turning point nya pengen menjadi pengusaha adalah saat mau masuk SMA. Di saat mau bayar uang semesteran, sang ayah terkena serangan jantung dan butuh biaya banyak banget buat berobat. Disitulah hatinya terketuk, untuk tidak jadi tukang minta duit buat bayar sekolah. Sebagai anak bungsu  ia tidak mau merepotkan kedua orangtuanya. 

Berkat The Power of Kepepet, mulai lah ia mencoba untuk menjadi pengusaha.  Focus di sepatu pria yang stylis, kualitas bagus dengan harga terjangkau. Konon harga sepatu termurahnya mulai dari Rp45.000,- loh. Bahan dari sepatunya adalah kulit sintetis.  Alhamdulillah Men's Republic jalan tahun ke 5 di tahun ini. Produk sepatunya pun harus memiliki 6 kriteria kenapa layak untuk dipasarkan dan layak untuk dibeli yaitu : 
1. Value for money
2. Gentlemen colors
3. Good design
4. Durability
5. Comfortable
6. Useful & functional

5 Kunci sukses Menjadi Pengusaha ala Yasa Singgih :
  • Make Our Family Proud
  • Enjoy the process and Believe the result
  • Make a huge positive impact
  • Imagination with purpose
  • Together at the top
Penasaran sama desain sepatunya seperti apa? Silakan di cek di www.mensrepublic.id. Oiya infonya bakalan launching produk sepatu khusus women's juga loh. Tungguin aja ya ;)


The Journey of Haykal Kamil To be Entrepreneur

Dari bisnis fashion muslim hingga Kal’s Chicken

Perjalanan bisnisnya dimulai sejak masih sekolah loh, saat ia duduk di bangku SMA tahun 2007. Jadi ceritanya saat itu ia dan teman-temannya dapat tantangan dari senior untuk cari duit, harus mengumpulkan uang untuk menyelenggarakan sebuah acara prom night. Yang punya acara mereka, kita yang suruh cari duit,”ungkap Haykal dengan ekpresi yang agak kesel tapi masih senyum :)

Berbekal pengalamannya saat SMA itulah, ia mencoba menggeluti bisnis baju untuk konser. Yap beberapa baju yang pernah ia jual itu dari konsernya Maroon 5, Justin Bieber. Bruno Mars. Jatuh bangun ia lalui, sampai akhirnya ia berkutat di fashion muslim bersama kakak-kakaknya.

Sebagai anak lelaki pertama di keluarga dia merasa tertohok saat minta uang bayaran buat kuliahnya, lalu Mamanya nanya “Kamu masih perlu kuliah? Perlu lah, jawab Haykal”. Dan ternyata untuk mebiayai kuliahnya Haykal kala itu sang Mama menjual mobil keluarga. 

Berawal dari situlah, ia mulai berfikir nda bisa nih minta uang terus sama orang tua, harus bisa lebih mandiri. Ide untuk mulai usaha atau bisnis pun muncul, mulailah jualan baju dengan modal yang seadanya dan mencari partner untuk mendesign bajunya yaitu seorang temannya yang jadi design dilibatkan. Cara bagi hasilnya pun, disepakati setiap satu baju yang laku dapat komisi berapa persen gitu, sesuai kesepakatan bersama.

Dari situlah, mental menjadi pengusaha mulai digenjot. Belajar dari hulu sampai hilir prosesnya. Mulai dari bahan, design, market, sampai mengatur keuangan. Well, ternyata banyak yang dipelajari untuk menjadi seorang CEO. Karena terjun langsung dari awal jadi paham lah. Jadi CEO itu tak mudah guys! CEO yang diimaksudkan di sini adalah CHIEF EVERYTHING OFFICER jadi kita di tuntut untuk mengerti segala hal yg terkait dengan bisnis kita. Dari hulu ke hilir kita harus paham, hingga belajar tentang laporan keuangan itu juga penting loh! 
Adik dari Zaskia Adya Mecca ini sebelumnya juga sudah mempunyai usaha lain bersama kakak-kakaknya. Setelah cukup lama berkecimpung di dunia fashion, sekarang ia coba merambah ke bidang kuliner yang diberi nama Kal’sChicken.  Kal’s Chicken ini konsepnya fried chicken dengan saus bar, kebetulan emang pecinta ayam. Bisnis Fashion dan Food Beverage tentu berbeda banget, ia pun masih terus belajar untuk mengembangkan bisnis di bidang kuliner tersebut. 

Tidak mudah merintis usaha dari awal, perjalanan bisnisnya tak semanis yang orang lihat…Yap, ia bahkan smepat tidak menggaji dirinya selama setahun pertama loh. Tapi Alhamdulillah seiring berjalannya waktu usahanya kian berkembang. 

Tips sukses Menjadi Pengusaha ala Haykal Kamil

  • Kalahkan Rasa Malu
  • Cari Peluang
  • Trial&Eror
  • Keep silaturahim dan perluas networking
  • Do It now

Yap, kalau punya gengsi tinggi ya mana mau jualan sampai dipinggir jalan, katanya…Siapa sangka artis tampan ini pernah jualan baju di pinggir jalan loh! Pernah diketawain orang juga, dibilang gini ‘eh artis gak laku ya, dan itu jadi pelajaran penting buatnya. Dari situ ia belajar, dan berusaha mengalahkan rasa malu. Karena kalau dipelihara nda akan maju. 

Pintu Rezeki ada di Perniagaan.
Pernah dengar hadits nabi tentang itu? Yup, salah satu rezeki itu bisa diperoleh dari perniagaan atau perdagangan. Kalau aku pribadi sih yakin, yang namanya rezeki itu ada di mana-mana, kemana-mana ada aja rezekinya. Itu berlaku buat orang yang mau berusaha sih :)




Kisah Sukses Michael Chrisyanto dengan Eatlah

Tips sukses Menjadi Pengusaha ala Micahel Chrisyanto : 

  • Find the right people
  • Product concept
  • Story of the product
  • Logo 
  • Team marketing
  • Problem solving
Pilihlah Logo yang long lasting dan ada ciri khasnya tersendiri, jadi orang begitu liat product kita akan teringat. jangan bangun usaha atau bisnis karena lagi hype tapi pilihlah yang kira-kira bakalan tetap ada 5-10 tahun ke depannya. 

Michael, membagikan ceritanya saat mendirikan Eatlah ini, untuk mendapatkan bumbu yang pas sesaui itu membutuhkan waktu sampai 8 bulan loh. 




               






https://www.facebook.com/moneysmartid/
https://www.moneysmart.id/
https://twitter.com/moneysmartid

1 komentar:

  1. Tips langsung dari para pengusaha muda. Mereka juga struggle dalam merintis karir usahanya ya. Nggak seinstan yang orang-orang lihat.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.