5 Tips Jitu dan Sehat Atasi PMS

Mendekati PMS atau Premenstrual Syndrome biasanya seorang wanita cenderung mudah marah, sensitif, emosian dan nyidam makanan yang pedes-pedes dls. Rasanya aura negatif itu bersarang saat PMS tiba, betul demikian? Masalah ini sebenarnya umum terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. 

Well, saat PMS tiba berhati-hatilah dengan wanita. Salah ngomong dikit bisa berabe deh hehehe. Akupun tipe orang yang emosian dan mudah marah saat PMS. Kalau udah ngerasa mau datang haid, supaya moodnya stabil aku biasanya mengatasinya dengan berolahraga atau makan rujak yang super pedas hahaha. Just do what i want to do, and make me happy ^_^


Beruntungnya tanggal 19 Februari 2019 lalu, aku menghadiri grand launch Ediva juga Fun Talkshow dengan tema "Bye Bye Bad Day" dengan narasumber dr. Nadia Octavia dan Ayu Hastari. Acara seru ini berlangsung di AEON Mall, BSD City Tangerang. 




Tentang Ediva Series by Meiji 

Ediva diproduksi oleh perusahaan Jepang ternama yakni PT Meiji Indonesian Pharmaceutical Industries

             

Ediva Series ini ada 2 yaitu :


1. Ediva Young (Biru)
Merupakan suplemen untuk membantu memelihara kesehatan kulit dengan 3 kandungan utamanya yaitu Evening Primrose Oil, Vitamin E dan Royal Jelly. Sebaiknya diminum 1 kali sehari 1 kapsul. 

              Merupakan suplemen untuk membantu memelihara kesehatan kulit dengan 3 kandungan utamanya yaitu Evening Primrose Oil, Vitamin E dan Royal Jelly. Sebaiknya diminum 1 kali sehari 1 kapsul.

2. Ediva Pure (Merah)
Merupakan suplemen untuk membantu meringankan gejala PMS (pre-menstruasi) dan dapat berfungsi untuk menyeimbangkan hormon wanita. Kandungan bahan utamanya antara lain Evening Primrose Oil, Vitamin E dan Minyak Momordica cochinchinensisTidak boleh dikonsumsi untuk anak-anak, ibu hamil dan ibu menyusui serta pasien yang sedang mengalami pengobatan koagulan darah. Nah sebaiknya diminum 2 kali sehari 1 kapsul, boleh diminum setelah atau sehabis makan.

Kemasan : Dus, 4 blister @7 kapsul lunak dengan kisaran harga untuk Ediva Young  Rp109.000,- sedangkan Ediva Pure Rp137.000,- (harga di tiap outlet tentu berbeda ya).

                  

Bahan yang terkandung dalam Ediva series ini memiliki berbagai manfaat yang mampu menjaga dan merawat tubuh dari dalam untuk para wanita Indonesia. Berikut ini kandungan bahan alami yang terdapat pada Ediva : 
  • Evening Primrose Oil (EPO)
Diekstrak dari jenis pohon primrose, memiliki asam gamma-linoleat (GLA) dalam jumlah besar. GLA adalah asam lemak esensial dari kelompok Omega-6, yang memiliki fungsi menyeimbangkan hormon reproduksi yang membantu menghilangkan rasa sakit dari sindrom pramenstruasi pada payudara dan sindrom perimenopause. 

Manfaat Primrose Oil bagi kulit : 
  • Meningkatkan kelembaban kulit
  • Menghidrasi kulit
  • Meningkatkan elastisitas kulit
  • Meningkatkan kelembutan kulit
Primrose Oil juga menjaga kesehatan kulit, memperbaiki kulit kering dan mencegah dermatitis atopik.
  • Vitamin E 
adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak dan mempunyai efek antioksidan dan menangkal radikal bebas. Vitamin E penting untuk fungsi dan perkembangan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, kesehatan mata, dan kesehatan kulit. 
  • Royal Jelly 
adalah produk berharga yang disekresiakan dari kelenjar susu lebah, memiliki lebih banyak lemak, karbon dan vitamin dibandingkan madu biasa. Selain itu Royal Jelly memiliki nutrisi penting seperti B1, B2, B6, C, D, E, Niacin, Asam Folat dan nutrisi khusus lainnya. Kandungan dari lebah ini mampu menstimulasi dan meningkatkan produksi kolagen untuk mengembalikan kekenyalan kulit, membantu proses regenerasi sel-sel  kulit baru, mnegurangi garis halus, mengencangkan kulit, serta, membantu mengontrol produksi minyak. 

  • Buah GAC (Momordica cochinchinensis)
Minyak Momordica cochinchinensis diekstrak dari membran merah disekitar Buah GAC yang matang. Buah GAC terkenal dengan julukan “Fruit from heaven” atau buah dari Surga yang memiliki banyak manfaat terutama sebagai antioksidan yang kuat dan tinggi karena mengandung beta-karoten dan likopen yang sangat tinggi. Buah GAC ini berasal dari Vietnam.
                           
               

Ngobrol seru seputar PMS bersama dr. Nadia Octavia 

PMS itu suatu kondisi yang normal, tidak semua wanita mengalami gejala yang sama, karena setiap orang memiliki kadar hormon yang berbeda. Gejala PMS setiap orang itu berbeda-beda. Waktu kita PMS itu tubuh sedang mengalami peningkatakan stres oksidatif atau bisa disebut radikal bebas. Cara mencegahnya yaitu dengan mengkonsumsi antioksidan, secara alami bisa didapatkan dari buah, sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E. Salah satunya dari Beta karoten dari buah-buahan dan sayuran yang warnanya merah jingga seperti wortel, ubi, labu, sedangkan likopen terdapat dari buah/sayuran yang warnnaya merah kuning orange, seperti tomat, jambu biji, pepaya. Peran antioksidan itu penting banget saat PMS. 

Saat PMS datang, ada juga ketika yang mengalami hipersensitif sama hormon yang namanya prolaktin, ibu yang sudah menyusui  itu produksi ASI kita tergantung dari hormon prolaktin, sewaktu PMS terjadi fluktuatif hormon prolaktin dan si asam lemak ini diharapkan bisa mampu menekan hormon prolaktin dan membantu meningkatkan hormon estrogen dan progesteron. 

                         
Ayu Hastari, selebriti mom yang juga MC ini berbagi pengalamannya jelang PMS. Rasanya kalau lagi haid/PMS itu awut-awutan, Dia suka mencatat tanggal haidnya, jadi bisa antisipasi gejala PMS. 

Keluahan mens period di hari pertama itu biasanya mood swing, terkadang suka mengganggu aktivitas, nda bisa dicolek deh...senggol bacok huhuhu *eh! Lebih sensitif dan suka marah-marah, makan jadi lebih banyak, pengen makan yang pedes, manis dan asin-asin...gagal deh dietnya kalau udah kayak gitu. 

Sudah semakin dekat atau hari H-nya menstruasi, kepala jadi lebih berat, bdan meriang, pusing, perut nda enak, tenggorokan rasanya juga nda enak, pengennya tiduran deh. Nah Ibu muda yang usianya tahun ini genap 31 tahun nanti bulan Oktober berbagi tips alami untuk menghilangkan gejala menstruasi yang menggangu, ini dia tipsnya : 
  • Nda boleh kurang tidur, mensiasatinya ya tidur lebih awal 
  • Cukupi kebutuhan air putih supaya tubuh terhindar dari dehidrasi
  • Berolahraga, supaya hormon endorfinnya keluar, hormon yang mengelurkan rasa bahagia
  • Makan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin A, C, dan E seperti pisang yang mengandung hormon serotonin yang bikin mood happy
  • Cemilan dark coklat wajib ada!
Ayu menegaskan untuk mengatasi PMS lebih ke pola hidup sehat sih, oiya ada juga kebiasan baik yang dilakukannya sama seperti aku seperti saat bangun tidur minum segelas air hangat dengan perasan lemon.

Saat ditanya apa sih rahasianya tampil awet muda? Melihat penampilannya yang energik dan look young gitu ya..."Saya itu menolak tua, ujarnya,"! Menyadari bahwa kulit semakin hari semakin banyak permasalahannya. Yes, gejala penuaan dinipun sudah mulai muncul seperti di seputar mata sudah muncul garis-garis halus, flek hitam dimana-mana. Sekarang cukup intens merawat kulit, karena dulunya terbilang lalai dalam merawat kulit muka. Misalnya lupa hapus make up saat mau tidur karena udah lelah, memakai skin care juga seadanya aja nda gitu detail banget. Hal ini karena ngerasa kulitnya baik-baik aja. Ehh nda taunya pas skin test usia kulitnya 1 tahun lebih tua dari umur aslinya, sempet stress tau!

Mulai dari situlah, Ayu lebih memperhatikan penggunaan skin care, seperti menggunakan sun screen itu wajib, sesekali Me Time ke salon melakukan perawatan, apalagi sekarang udah ada suplemen kesehatan kulit seperti Ediva series ini, begitu curhatan ibu muda satu ini kala itu. 

               


5 Tips Jitu Atasi PMS ala dr. Nadia Octavia : 

1. Edukasi 
Tiap bulan dicatat nih, kapan nih tanggal menstruasi. Biasanya 4-7 hari gejala PMS, nah dibikin mood happy misalnya doing what you love, shopping, nonton film, pokoknya yang bikin kita happy so ketika gejala PMS datang tak terasa

2. Nutrisi
Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah dan sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E. 

3. Olahraga 
Minimal seminggu 150 menit, olahraga yang sederhana saja misalnya lari, jogging, usahakan tetap aktif berolahraga.

4. Istirahat yang cukup
Ini penting banget karena kalau kurang istirahat baisanya mudah emosi hehe. Jadi makin memperburuk situasi nanti.

5. Cukupi kebutuhan air
Agar tubuh terhindar dari dehidrasi, jangan menunggu haus baru minum ya!

Nah kalau gejala-gejala PMS masih terasa dan belum hilang dengan cara alami, dokter biasanya akan memberikan resep analgetik. Kenapa haidnya terkadang telat or tidak teratur ya? Ada yang pernah maju atau mundur haidnya? Hal ini bisa terjadi karena faktor hormonal, misalnya karena stres, sedang melakukan diet dls.  

Hadirnya Ediva Pure mampu meringankan gejala PMS dan menjadi solusi jitu atasi PMS! Kemasannya juga praktis jadi bisa dibawa kemana-mana. 
Bye bye bad day, and welcome good day ;) 



www.edivaseries.com
Instagram dan Facebook @edivaseries

19 komentar:

  1. Sempet denger kalau setelah menikah, sakit mens akan hilang, tapi nyatanya ngga, haha. Aku masih suka sakit mens sampai sekarang (udah anak 2), dan suka bingung nyari obatnya kecuali kalau diresepkan dokter. Perlu stok Ediva sepertinya, dan harus rajin olahraga yang pasti, karena belakangan aku malesan untuk olahraga :(

    BalasHapus
  2. Kadang aku bingung ya PMS tiap bulan kok ya tetap aja ada bad mood hahaha, hormon sih ya.

    BalasHapus
  3. Aku juga kalau mau haid selalu uring-uringan, haid juga jadi nyeri padahal dulu enggak, sepertinya Ediva boleh dijadikan solusi

    BalasHapus
  4. Perubahan hormon ya, pasti ada ekses ke bodi. Selama kita menyadari, biasanya bisa kurang tu yang namanya bad mood , hehe

    BalasHapus
  5. Aku klo lagi PMS sebisa mungkin di rmh aja. Drpd ketemu bnyk org trus bikin pengen mkn org ehhhhhh huahahaha

    BalasHapus
  6. wkwwk PMS oh PMS, aku suka bad mood ga jelas banget kalo lg PMS, apalagi perut juga suka jd sakit melilit huhuhu gak enak banget

    BalasHapus
  7. Hahahhahahaha gue banget nih, kalau PMS suka senggol bacok. Makanya, kalau lagi PMS tuh aku suka menahan diri banget.... mau coba Ediva ini ahhhh

    BalasHapus
  8. Aku ini lagi PMS mbaaa, adoooh... Hahaha... Noted banget, nih, tips-tipsnya. Aku soalnya masih suka begadang dan itu emang bikin badan pun jadi makin enggak enak apalagi pas masa PMS, ya. Aku baru tahu, nih, kalo ada produk Ediva. Manfaatnya banyak, yaa..

    BalasHapus
  9. Aku penasaran sama buah buah dari surga hehehe... banyak kandungan vitamin dll yg penting banget buat kesehatan kita ya. Apalagi pas PMS itu terkadang ga ngeh kok suka ngomel2 ga jelas hihihi... Tapi aku sih ga sakit perut segala alhandulillaah ��

    BalasHapus
  10. Sebelum punya anak, aku tuh tiap haid melilit bangettt perutnya. Sampe guling-guling di kasur seharian. Tapi alhamdulillah sekarang gak separah dulu. Masih tertangani lah.

    Makasih share info suplemennya ya mba

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah kalo sindrom PMS palingan aku mudah marah, tapi kalo perut sakit udah gak ngerasain. Ini suplemennya bisa untuk menjaga kecantikan juga ya supaya awet muda.

    BalasHapus
  12. Aku baca ini pas lagi PMS. Nggak nyaman banget. Kayaknya aku mau nyobain tips mba Melinda terutama untuk perbanyak minum air putih

    BalasHapus
  13. Belum pernah nyobain Ediva nih mbak Mel. Saya jg nih kalau lagi PMS rasanya gimana gitu, gak nentu. Tapi kl kita bisa antisipasi, kan yg lain disekitar kita jg gak bakalan terganggu

    BalasHapus
  14. Yaa ampun ini jawaban banget sih, aku kalau PMS itu sering kepikiran ada nggak sih sesuatu yang bisa mengurangi efek kondisi PMS, jadi pingin nyobain

    BalasHapus
  15. PMS memang memang jadi dilema bagi banyak wanita yaaa akupun kalo sedang PMS hari pertama atau kedua biasanyaaa tiduran aja dirumah huhu... ediva ini belum pernah aku coba sih mba.. bisa membantu mengatasi masalah PMS ya... mau coba juga deh

    BalasHapus
  16. mau nyobain juga akh biar adem kalau lagi pms wakakaka

    BalasHapus
  17. Kalau lagi PMS ga usah ditanya deh, karuan2nya, mood swing bnget. Ediva mnegandung vitamin E juga ya, ini penting banget bagi kulit ya mba.

    BalasHapus
  18. jarang loh mba yang ngebahas tentang PMS. dari info diatas salah satuyang saya suka makan coklat ketika datang bulan pastinya ga hanya saya tapi juga semua perempuan suka coklat

    BalasHapus
  19. PMS ini ya ampun deh tapi setelah usia masuk kepala 4 aman kok gak terlalu mengganggu,, apa mungkin hormon sudah stabil atauu entahlah. Dulu aku selalu emosi kalau PMS, sekarang biasa saja. Malah lagi ngadepin si ABG yang PMSnya kayak macan wkwkwk

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.