World Kidney Day : Perayaan Hari Ginjal 2019 Bersama Danone-AQUA

Me : Hai Cinta, mam apa today?
Him : Mam sop daging

Sepenggal percakapan sehari-hari dengan suami tercinta, yap…karena akutuh sebagai istri yang perhatian juga peduli akan gizi yang dikonsumsi oleh suami. Jadi aku wajib tau apa aja yang masuk ke dalam tubuhnya. Kenapa sih kok yang ditanya cuma udah makan apa? Kok nda udah minum apa? Udah berapa liter hari ini? Padahal kebutuhan cairan itu juga tak kalah penting loh untuk keseimbangan tubuh kita!


Kalau diperhatikan kebanyakan orang baru akan minum saat haus, kebiasaan ini justru keliru loh guys! Justru saat timbul rasa haus, itu tandanya tubuh sudah mengalami dehidrasi. 

Air merupakan support kedua terpenting dalam hidup setelah makan. 75% tubuh kita terdiri dari cairan. Salah satu penyakit modern antara lain karena dehidrasi kronis. Tanpa cairan tubuh tidak bisa berkerja secara optimal. 

Waktu terbaik untuk mengonsumsi air minum adalah saat bangun tidur usahakan minum segelas air putih), 30 menit sebelum makan, setelah makan, dan sebelum tidur. Sebaiknya menghindari atau mengurangi mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik seperti kopi dan teh untuk menghidrasi tubuh. Karena minuman tersebut ibarat 'menguras' air dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urine. 


                             
Minggu, 24 Maret 2019 berlokasi di Thamrin 10 Park & Ride, Danone-AQUA menggelar perayaan hari ginjal sedunia 2019 dengan tema "Hidrasi Sehat untuk Ginjal Sehat" dalam rangka memperingati hari ginjal sedunia, yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2019. Danone-AQUA mengadakan serangkaian kegiatan edukatif yang bertujuan untuk menekankan pentingnya menjaga hidrasi untuk kesehatan ginjal. 




                                        
Rangkaian acara nya diantaranya adalah Fun Walk, peluncuran AQUA hydration calculator yang dapat menghitung kebutuhan hidrasi perorangan, serta stiker urine meter yang dibagikan sebagai bentuk edukasi akan pentingnya menjaga kebutuhan hidrasi harian. Selain itu juga ada sesi talkshow dengan narasumber diantaranya : 

  • Dr. Tria Rosemiarti, Hydartion Science Director Danone-AQUA
  • Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK, Ketua IHWG
  • Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dekan FKUI
  • Adinia Wirasti, aktris dan pelaku gaya hidup sehat
                                         
Acara yang diselenggarakan oleh Danone-AQUA ini  juga sejalan dnegan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui gerakan Ayo Minum Air (AMIR) yang dicannagkan oleh Kementrian Kesehatan RI untuk menekankan pentingnya gaya hidup sehat sejak dini, seperti konsumsi gizi seimbangg, hidrasi sehat (jumlah/volume air yang cukup sesui kebutuhan untuk hidup sehat), dan berolahraga secara teratur, agar masyarakat bisa terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit ginjal. 





       Sejarah Hari Ginjal Sedunia/World Kidney Day 2019 



Do You Know guys,
Menurut ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGKkebutuhan cairan atau minum setiap individu itu berbeda-beda loh, tergantung dari usia, aktivitas sehari-hari, lingkungan (suhu atau kelembaban) sama kondisi si individu tersebut, misalnya apakah lagi sakit, hamil atau menyusui dls. 

Kekurangan air minum akan berdampak pada tubuh dari mulut hingga dubur, ujar Dr. dr. Ari Fahiral Syam, SpPD-KGEH, MMN, Dekan FKUIKalau mulut kering gusi dan lidah kita jadi sensitif jadi lebih mudah sariawan, hayo siapa yang suka sariawan? Bisa jadi penyebabnya karena kurang minumnya nih…kurang minum juga bisa mempengaruhi BAB kita jadi susah, selain itu juga karena kurang bergerak dan serat.

Orang Indonesia itu lebih mudah percaya dengan berita yang tidak benar, berita yang sering di broadcast lewat WA. Sering kan kita mendapat pesan yang di forward ke grup WA, yang mana sumber kebenarannya terkadang perlu dipertanyakan karena isinya tidak mencantumkan dari mana sumbernya berasal. Pasien yang datang ke saya, selalu dengan masalah salah mengonsumsi sesuatu karena katanya. Padahal informasi yang diterimanya adalah HOAX!

Tanda tubuh kekurangan cairan diantaranya adalah, pusing, tenggorokan kering, kurang konsentrasi, mudah emosi, sariawan, perut sembelit, dan yang paling mudah bisa dilihat dari warna air seni kita atau dengan cara towel-towelin tangan kalau bersisik atau ada bekas putihnya. Apalagi kalau sehari-hari kegiatannya di ruangan ber AC, terkadang suka nda berasa hausnya kan…karena udaranya yang sejuk, tapi aku sebenarnya kurang cocok kalau seharian di ruangan ber AC sih, bikin kulitku yang cenderung kering jadi makin kering, so harus diantisipasi dengan perbanyak minum juga lotion. Lihat gambar di bawah ini untuk cek warna air senin mu ya!

                             
Kurang minum air putih terlihat sepele ya, duh tapi jangan salah dehidrasi itu lama-lama dapat menyebabkan berbagai penyakit ginjal loh. Faktanya angka penderita penyakit ginjal kronis di Indonesia mencapai angka 3,8 permill. Yuk kenali kebutuhan cairanmu , dengan hidrasi sehat minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh bisa menjaga kesehatn ginjalmu. Cara paling mudah untuk menja ginjal kita sehat adalah dengan minum air putih. Selain bikin sehat, segar, bugar, hidrasi sehat juga bisa bikin kita jadi lebih focus, kulit jadi lebih bagus, dan mood kita juga oke.  

Adinia Wirasti, salah satu sosok aktris juga pelaku gaya hidup sehat yang menginspirasi menuturkan motivasinya untuk hidup sehat itu adalah karena tuntutan pekerjaan yang sangat ajaib! Ajaib itu maksudnya, waktu jam istirahat yang kadang tak menentu. Misalnya aja, saat orang harusnya tidur atau istirahat, dalam dunia entertainment seperti pekerjaan saya ini justru berkebalikan. Kayak kalong deh, paginye baru istirahat. So kalau nda mulai aware sama kesehatan, bisa dibayangin kan badannya nanti gimana…kalau udah sakit diri sendiri juga yang rugi! 

Know your body more dan jalin #PertemananSehat itu juga penting banget loh, untuk memotivasi supaya concern dan konsisten dalam menerapkan pola hidup sehat. Percaya deh, saat lingkunganmu positif itu akan menular, hal baik itu jika dilakukan bersama-sama terasa menyenangkan bukan? Butuh motivasi mau mulai hidup sehat dari mana/mau cek pilihan olahraga apa yang kira-kira sesuai? Coba aja cek hastag #PertemananSehat udah banyak yang posting di Instagram kok, siapa tau bisa jadi inspirasi ;) Kita itu tinggal di tropical country jadi banyak tropical disease. So aware dengan badan sendiri. Paksain untuk minum air putih agar badan kita sehat.

                                  

                      

Sebagai merek kelahiran Indonesia, selama lebih dari 46 tahun Danone-AQUA selalu berusaha memberikan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Hal ini sejalan dengan misi dan visi Danone, “One Planet One Health” bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat. 

Komitmen Danone-AQUA dalam menjaga lingkungan sangat konsisten. Hal ini dapat dilihat dengan kampanye dan aksi #BijakBerplastik. Yes, saat CFD pun kita bisa jumpai beberapa tempat sampah juga rangkaian inovasi dari botol plastik yang bisa didaur ulang menajdi bahan-bahan yang berguna seperti baju, sarung tangan, bantal dls.   




******

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.