Dompet Dhuafa Mengajak Kita Untuk #JanganTakutBerbagi

Kebaikan itu yang penting konsisten. 
Amal (kebaikan) yang paling dicintai Allah adalah yang terus menerus meski sedikit (HR. Muslim).


 

Bismillahirrahamaniirahim...
Assalamu'alaikum teman-teman, 


Sudah melakukan aksi kebaikan atau berbuat baik apa hari ini? Ngomongin kebaikan aku jadi inget sama tontonan favorite ku waktu kecil, Doraemon! Doraemon waktu itu menantang Nobita untuk melakukan 10 kebaikan setiap hari. Jika dalam sehari 10 tantangan itu berhasil dilakukan, Doraemon akan mengabulkan 1 permintaannya Nobita. Nobita pun antusias dan selalu mencatat dengan mencek list kebaikan yang sudah  dilakukannya. 

Aku pun terinspirasi loh sama tantangan yang dilakukan oleh Doraemon, jadi belajar bahwa begitu banyak cara kebaikan yang bisa kita lakukan untuk membuat orang lain tersenyum dan bahagia. Dari hal terkecil atau paling sederhana sekalipun yang kadang tanpa kita sadari, ternyata itu bisa membuat orang lain bahagia ;) Coba aja mulai mencatat kebaikan-kebaikan yang sudah kita lakukan, lalu kita evaluasi setiap harinya. hal ini bukan untuk menghitung-hitung kebaikan yang sudah kita lakukan akan tetapi lebih untuk memotivasi diri kita untuk terus berbuat baik, agar setiap harinya semakin meningkat apa yang bisa kita perbuat atau bagi untuk orang lain!



Berbicara mengenai aksi kebaikan, aku jadi teringat saat mengikuti Tantangan Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa kala itu. Ada 25 Tantangan Kebaikan yang harus dilakukan selama 25 hari. Karena aku tipikal orang yang menyukai tantangan, dan suka akan hal-hal yang baru, so aku menantang diriku untuk mengikuti tantangan ini! Bismillah, I can do it! Apalagi ini tantangannya adalah untuk berbuat baik, jadi bisa termotivasi untuk memiliki kebiasan baik dan aku percaya kebiasaan baik itu menular atau menginspirasi orang lain untuk berbuat baik juga. 

Terkadang kita harus dipaksa terlebih dahulu untuk berbuat baik, agar menjadi habbit. Singkat cerita, ternyata banyak yang bisa kita lakukan untuk berbuat baik loh. Sederhananya saja kita bisa menolong orang yang kesulitan atau membutuhkan bantuan, bukan hanya materi saja kok yang bisa kita berikan tapi bisa juga dalam bentuk tenaga, pikiran, atau memberikan sebuah informasi yang memang mereka butuhkan misalnya. Yes, se simple itu kok…dan ini udah satu langkah untuk berbuat baik. 

Buat yang penasaran sama 25 Tantangan Kebaikan yang waktu itu aku lakukan, berikut ini 5 diantaranya : 
  • Berbagi quote positif di akun media sosialmu
  • Memasak untuk keluarga 
  • Berbagi bekal/makanan kepada security atau mentraktir makan driver ojol 
  • Bersilaturahim ke tetangga/teman 
  • Berbelanja ke Toko kelontong dengan menggunakan reusable bag 

                               

Yang selalu aku ingat adalah di setiap niat baik itu Allah akan tunjukan jalan dan rezekinya, dan setiap niat baik itu berpahala!  Well, kita tidak pernah tau amalan kebaikan apa yang akan menyelamatkan kita kelak menuju SurgaNya…so teruslah berbuat kebaikan! “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. (QS. Al-Isra : 7). 


Tentang Campaign #JanganTakutBerbagi

Jelang Ramadhan 1440H, Dompet Dhuafa kembali mengajak kita untuk berbuat kebaikan lewat campaign terbarunya dengan tagline “Jangan Takut Berbagi”. Semangat berbagi terhadap mereka yang membutuhkan menjadi esensi kuat bagi Dompet Dhuafa dalam mengajak masyarakat terlibat dalam berbagai aksi kebaikan. 

Sebagai lembaga Filantropi islam yang bersumber dari dana zakat, sedekah, infak, dan wakaf (ZISWAF), serta dana lainnya, berkhidmat dalam pemeberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya. Dompet Dhuafa terus mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya local melalui sistem yang berkeadilan. Program-program dan layanan yang dihadirkan oleh Dompet Dhuafa juga bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar tidak takut berbagi terhadap sesama, kapanpun dan dimanapun. 


Mengenal Institut Kemandirian Dompet Dhuafa 


Alhamdulillah…Kamis 21, Maret 2019 aku berkesempatan berkunjung ke Institut Kemandirian Dompet Dhuafa yang berlokasi di Karawaci, Tangerang. Institut Kemandirian Dompet Dhuafa bediri pada tahun 2011, yang mana ini adalah wakaf dari Almarhum Prof Drs. Amir Radjab Batubara yang kala itu menjabat  sebagai Vice President Citi Bank. Masya Allah dermawan sekali ya beliau, pahala wakaf itu luar biasa karena termasuk amal jariyah yang pahalanya terus akan mengalir walaupun orangnya sudah meninggal. 

Sosok Bapak Amir ini diceritakan oleh Ustad Syahroni  sebagai sosok yang cinta dan peduli sama anak yatim, penyayang, penyantun, kalau lihat anak yatim pengennya mengangkat martabat anak yatim. "Ada quote yang menarik "Kami Yatim Tanpa Andalan Tapi Kami Usahawan". Misalnya walaupun kamu terlahir yatim, tapi ke depan jangan minder, jangan terbelakang karena kamu sejajar dengan yang lain karena kamu usahawan. Kalau Usahawan dari untung, kalu pegawai dari gaji! Doktrin ini selalu ditanamkan kepada kami, buat memotivasi dan semangat. Bapak Amir itu juga seorang motivator buat kami", ujar Ustad Syahroni saat memberi sambutan kepada rekan-rekan blogger juga media. 
                   

Oiya penerima manfaat atau sasaran adanya Institut Kemandirian Dompet Dhuafa adalah orang-orang Dhuafa yang perlu meningkatkan keterampilan, selain itu juga kaum difabel, agar memiliki masa depan yang lebih baik. Dibimbing langsung oleh instruktur yang berpengalaman. Pelatihan atau belajar di sini gratis untuk pengangguran dan Dhuafa, tersedia asrama dan konsumsi bagi peserta luar kota. Lamanya waktu belajar sekitar 1-3 bulan tergantung dari kelas yang diambil.

Institut Kemandirian Dompet Dhuafa merupakan wujud pengentasan masalah pengangguran dan kemiskinan di bidang kejuruan/keterampilan. Di lahan seluas 2000 meter ini, terdapat beragam program keterampilan atau kelas untuk memberdayakan kaum dhuafa khususnya. Diantaranya adalah : 

1. Kelas Otomotif

                         
2. Kelas Salon Muslimah


                            

3. Kelas Teknisi Handphone
                           
4. Kelas Fashion Class and Design

                       
5. Kelas Komputer

                            
6. Kelas Pangkas Rambut Pria
                          
Aku baru tahu dan cukup terkejut ketika para peserta yang belajar di sini ada yang berasal dari Aceh, NTB setelah berkeliling ke dalam kelasnya, dan ngobrol-ngobrol dengan para guru juga peserta yang belajar. Mereka semua antusias dan semangat, mengambil kelas yang sesuai dengan passionnya, mereka ingin sukses dan bisa kembali ke daerah asalnya untuk memajukan daerahnya dengan ilmu yang mereka peroleh dari hasil belajar! "Usaha yang baik adalah yang kita mengerti dan menggelutinya"!

Tertarik untuk belajar di sini? Info selengkapnya bisa cek di www.institutkemandirian.org, untuk persyaratan khususnya itu muslim/muslimah dengan usia 18-45 tahun, dhuafa, tidak sedang kuliah/sekolah, dan pengangguran. 



Bahagia dengan Memberi dan Berbagi 

Dompet Dhuafa mengajak semua kalangan masyarakat di Indonesia untuk menebarkan semangat #JanganTakutBerbagi dan bergandengan tangan wujudkan kemandirian di bulan suci nanti. Kemiskinan yang ada di Indonesia dapat ditekan jika kaum dhuafa dapat diberikan modal dan pelatihan untuk berdaya dan mandiri. 

WAKAYAPA (Wakaf Anak yatim dan Papa), bangunan yang di wakafkan oleh Bapak Amir ini merupakan cikal bakal Institut Kemandirian Dompet Dhuafa didirikan. Belajar dari Bapak Amir yang memberikan semangat #JanganTakutBerbagi. 


"Dompet Dhuafa membantu kita untuk berbagi menjadi lebih mudah, bermanfaat, dan bermakna" dengan donasi melalui online! Jenis donasi yang bisa kita pilih diantaranya adalah zakat, infak/sedekah, wakaf dan kemanusiaan. Gak perlu repot datang ke kantornya. Mudah dan praktis kan? Ketika kita lapar, butuh shopping, jasa bebersih rumah, aja tinggal klik-klik aja...sedekah pun sekarang juga bisa tinggal klik-klik aja ;) Kini saatnya menjadikan berbagi itu lifestyle! Kita Mau, Kita Mampu, Pasti Kita Bisa! Bismillah...!!! 



                 

     
Berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu (Al-Qassas : 77).






"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jangan Takut Berbagi yang dislenggarakan oleh Dompet Dhuafa"


1 komentar:

  1. Dan saya baru tau jika ada institut kemandirian dompet dhuafa. Salut dan terinspirasi banget!

    Jadi pengen berbuat baik dan yups! Kita harus berlomba lomba dalam kebaikan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.