Belajar Betawi dan Ngabuburit Seru di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Belajar budaya Indonesia itu selalu seru dan asyik karena setiap daerah punya ciri khasnya masing-masing. Btw aku mau merekomendasikan tempat ngabuburit seru dengan pemandangan yang menyejukkan hati dan pikiran *eh! Lokasinya di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan. Yayaya, lebih tepatnya adalah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, jadi ngabuburitnya sekaligus belajar budaya betawi ;)

Ada yang udah pernah main ke sini? Untuk menuju ke sini, aksesnya mudah kok. Karena dipinggir jalan raya, udah terlihat sebuah gapura besar yang bertuliskan “Pintu Masuk I Bang Pitung Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan". Beberapa kali lewat di daerah Setu Babakan, tapi tak kunjung main ke mari. Hingga akhirnya menginjakkan kaki di sini bersama teman-teman blogger dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB). 

Oiya buat kalian yang ingin berkunjung ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, bisa dengan menggunakan tranportasi umum seperti Transjakarta (Jalur Koridor Blok M-Cipedak) atau dengan menggunakan KRL turun di stasiun Universitas Pancasila lanjut ojol, sekitar 4,6 Km. 

Kesan pertama saat memasuki Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, halamannya luas, asri, sejuk dan bersih. Begitu masuk ke dalam lebih menarik lagi, terdapat Museum Betawi juga loh di sini. Ada berbagai bangunan rumah adat khas Betawi yang bikin kamu betah dan nyaman untuk sekedar bersantai-santai sejenak, dengan pemandangan hijau yang bikin suasana semakin asri. 
                                        
                        
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Perkampungan Budaya Betawi adalah suatu kawasan di Jakarta Selatan dengan komunitas yang ditumbuh kembangkan budaya yang meliputi seluruh hasil gagasan dan karya baik fisik maupun non fisik yaitu : kesenian, adat istiadat, foklor, sastra, kuliner, pakaian serta arsitektur yang bercirikan ke-Betawian. 

Kawasan Perkampungan Budaya Betawi terletak di Kelurahan Srengseh Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, dengan luas sekitar289 hektar. Di lahan seluas itu dapat dijumpai aktivitas keseharian masyarakat Betawi seperti latihan pencak silat, ngederes, aqiqah, injek tanah, ngarak penganteeen sunat, memancing, menjala, budidaya ikan tawar, bertani, berdagang sampai kegiatan memasak makanan khas Betawi, seperti : sayur asem, sayur lodeh, soto mie, soto babat, ikan pecak, bir pletok, jus belimbing, kerak telor, laksa, toge goreng, dodol, tape uli, geplak, wajik, dan lain-lain. 

Jadi ngiler ya ngomongin makanan, dari banyaknya makanan yang udah aku sebutin di atas yang paling khas dan unik menurutku itu bir pletok, inget banget saat kali pertama nyobain minuman khas Betawi ini dari temen kantor yang orang Betawi. Yup minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Rasanya gimana gitu…anget-anget nyes yak hahaha.
  
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, merupakan kawasan wisata budaya, wisata air dan wisata agro yang memiliki potensi lingkungan alam yang asri, dan sangat menarik yang sulit dijumpai ditengah hiruk pikuknya kota Jakarta. Terdapat dua buah Setu alam yang ada di Perkampungan Budaya Betawi yaitu : Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong yang dikelilingi hijau dan rindangnya pohon-pohon buah khas betawi seperti kecapi, belimbing, sawo, dls yang tumbuh sehat membumi dihalaman depan, disamping dan diantara rumah-rumah penduduk sebagai objek wisata yang paling lengkap dan menarik. Tak hanya itu, ada pergelaran rutin kesenian Betawi setiap hari Sabtu dan Minggu loh. 

Di dalam Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, kita akan menjumpai beberapa rumah adat Betawi, seperti rumah panggung yang ada di gambar ini misalnya. Bangunannya memiliki ciri khas dengan kayu-kayu yang meruncing yang disebut Gigi Balang. Unik dan menarik banget deh ini!

                                

Berkenalan dengan Frances Caitlin Tirtaguna

Frances Caitlin Tirtaguna, adalah sosok gadis belia yang memiliki segudang prestasi sekaligus menginpirasi anak-anak muda zaman now. Bagaimana tidak, gadis penulis buku Ondel-ondel Galau yang berisi tentang kebudayaan Betawi ini juga membuat sebuah website Perkampungan Budaya Betawi (PBB).

Frances, meluncurkan buku yang diberinya judul Ondel-ondel Galau pada April 2018 sebagai wujud kepeduliannya terhadap budaya Betawi. Ketertarikannya pada budaya Betawi muncul saat pelajar salah satu SMA di Jakarta ini sedang terperangkap dalam keramaian lalu lintas di ibukota dan melihat sepasang ondel-ondel lusuh yang sedang mengamen di jalan. 

Gadis kelahiran Jakarta, September 2002, ini langsung tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang kebudayaan Betawi, dan membuatnya memutuskan untuk melakukan riset yang akhirnya membawanya ke Perkampungan Betawi Setu Babakan

"Sejak kecil Frances hobi bercerita, bercerita tentang apa saja yang dialaminya. Sepulang sekolah ia selalu menceritakan kepada Mamanya...kadang dengan kesibukan Mamanya yang tak selalu bisa mendengarkan ocehan anak bungsunya ini, hingga Mamanya punya ide, agar Frances menuangkan ceritanya kedalam tulisan. "ujar Mamanya Frances. 

              

Berawal dari saat ia melakukan riset untuk bukunya di PBB Setu Babakan tahun lalu, pengalamannya melakukan riset di sana membuatnya berfikir mengenai banyak hal tentang PBB Setu Babakan, mulai dari minimnya informasi online yang kredibel, hingga perekonomian masyarakat di PBB Setu Babakan. Nah dari situlah ia akhirnya bertekad dan berinisiatif untuk membuat sebuah portal website PBB Setu Babakan, agar semua orang bisa dengan mudah mengakses informasi dengan mudah dan lengkap tentang Kebudayaan Betawi dan Perkampungan Budaya Betawi.  

Dengan adanya buku Ondel-ondel Galau juga website www.setubabakanbetawi.com Frances berharap agar generasi muda Indonesia lebih mengenal, melestarikan serta mengembangkan kebudayaan Betawi. Website ini didedikasikan bagi masyarakat Betawi untuk dapat lebih mempromosikan perkampungan ini kepada masyarakat Indonesia maupun internasional. 

             


Apa saja yang bisa kita temukan di website www.setubabakanbetawi.com 

Yup beragam informasi menarik bisa kita temukan di website ini, mulai dari ragam budaya, wisata, acara dan festival dan mitra pedagang (referensi tempat kuliner khas Betawi, kerajinan&batik, kesenian dll). Website ini juga berfungsi sebagai ensiklopedia digital yang memuat pengetahuan mengenai budaya Betawi. 

Website ini berisikan tentang Sejarah, Profil, Fasilitas, Ragam Budaya (mulai dari Kesenian, Adat & Tradisi, Pakaian Adat, Transportasi Tradisional, Rumah Adat, Permainan, Seniman & Tokoh hingga Kuliner Betawi), Acara & Berita serta Mitra Pedagang. 

           

                                                              
Harapannya melalui website ini, dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat PBB Setu Babakan. Karena pengunjung website bisa dengan mudah mencari makanan dan minuman tradisional Betawi, kerajinan dan batik Betawi, hingga sanggar-sanggar Kesenian Betawi yang diperlukan. 

Frances, menyerahkan secara simbolis dan merilis secara bersama Website yang dibuatnya bersama teamnya kepada Ketua UPK PBB Setu Babakan, Ibu Hj. Rofiqoh Mustofa, didampingi oleh Budayawan Betawi Bang Indra Sutisna, bang Yahya Andi Saputra, Lembaga Kebudayaan Betawi, dan Forum JIBANG (Pengkajian dan Pengembangan Perkampungan Budaya Betawi) pada tanggal 15 Mei 2019 di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.  


                         

Dalam kesempatan ini Frances juga menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu, masih muda, berprestasi, dan peduli. Ya itulah sosok Frances yang sangat melekat. Berbagi dibulan penuh berkah Ramadhan, Insha Allah pahalanya dilipat gandakan.  semoga kebaikn Frances menular dan banyak ditiru oleh anak-anak muda lainnya ya! 


Akutuh selalu bangga dengan anak-anak muda yang selain berprestasi juga peduli dan memiliki rasa nasionalisme juga idealisme terhadap Indonesia. Belajar mengenal budaya bangsa sendiri yang beragam ini, akan membuat kita menjadi lebih mengenal, tahu dan memiliki rasa peduli terhadap budaya bangsa. Karena tak kenal maka tak sayang, bukankah begitu? ^_^ 

Salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan budaya kepada anak-anak kita sejak dini melalui berkunjung ke museum misalnya. Yuk agendakan untuk ngabuburit bareng teman atau keluarga tercinta sambil belajar Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babaka ;)


                                 


Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan
Jam berkunjung Pukul : 09.00-17.00 WIB
Jl. Moch. Kahfi II Setu Babakan Kel. Srengseng Sawah Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 

Telp/Fax (021) 786 2861

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.