Johnson's Sentuhan Cinta : Pijat Bayi dan Manfaatnya

Sentuhan adalah bahasa cinta, setuju? Banyak cara untuk mengungkapkan cinta, yes bukti kasih sayang orang tua untuk sang buah hati salah satunya adalah dengan sentuhan kasih sayang yakni dengan melakukan pijat bayi ;)

Well, siapa sih yang tidak suka dipijat? Faktanya bayi juga butuh dipijat loh, biar nda rewel dan bikin rileks bayi so tidurnya jadi nyenyak hehehe. Memijat bayi secara rutin merupakan salah satu cara untuk memberikan sesuatu yang lebih, karena salah satu faktor penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia adalah sentuhan kasih dari ibu. Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah factor yang krusial untuk pertumbuhan, komunikasi serta proses belajar si kecil. 






Tentang Sentuhan Cinta 

Johnson's sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhdap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program "Sentuhan Cinta". Program ini mendorong para ibu si Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas. 

Sentuhan Cinta diperkenalkan pertama kali pada tahun 2000 dengan peluncuran buku panduan pijat bayi Johnson's bekerja sama dengan dokter anak Indonesia. 

Tujuan kampanye sentuhan cinta ini adalah untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat dan mandi bagi kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya dalam periode emas. 

Nah dalam menjalankan kampanye ini, Johnson's akan bekerja sama dengan Habitat for Humanity, Alfamart dan Shopee. Bersama partner lainnya Johnson's hadirkan gerakan sentuhan cinta yang mengedukasi ibu-ibu Indonesia akan pentingnya pijat bayi untuk tumbuh kembang optimalnya.



Johnson's menghadirkan kelas pijat bayi di berbagai daerah di Indonesia dan menyelenggarakan gerakan pijat bayi terbesar yang disiarkan secara live dari kota besar Indonesia.

Sejak dulu hingga kini, gerakan sentuhan cinta Johnson's telah menuai berbagai kesuksesan. Di 2019  ini Johnson's terus berkomitmen untuk memberi  awal yang lebih baik bagi bayi-bayi Indonesia dengan mengedukasi lebih banyak  ibu akan pentingnya pijat bayi untuk melancarkan sirkulasi darah, memperkuat kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaan. 

Sentuhan yang dilakukan melalui ritual pijat bayi akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan juga kepatan mineral tulang.

Johnson's mengajak ibu di Indonesia untuk berpartisipasi dengan berdonasi lewat pembelian produk Johnson untuk membangun fasilitas kesehatan bagi ibu dan bayi di Gresik, Jawa Timur. 


Johnson's Sentuhan Cinta : 
Pijat Bayi dan Manfaatnya 


Rabu, 26 Juni 2019 aku hadir di acara #TUMBloggersMeetUp bersama Johnson's yang mengadakan talkshow dan workshop tentang "Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaat bagi Tumbuh Kembang Si Kecil" yang berlokasi di Hotel Gran Mahakam, Magnolia Ballroom Lt. 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Dengan narasumber : 

  • dr. Bernie Endyarni Medise, SpA (K), MPH, Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial. 
  • Emillya Eventha, Certified Infant Massage Instructor

                    


Golden Period pada Bayi & Anak 

Bayi baru lahir sangat rentan, terutama diawal masa kehidupannya, rentan terjadi gangguan dan infeksi, yup karena daya tahan tubuh masih lemah  jadi (mudah terserang penyakit), pencernaan masih belum berkembang (asupan nutriis harus tepat yaitu pemberian ASI Ekslusif misalnya). 

Penelitian menunjukkan bahwa periode emas atau 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) adalah periode penting bayi, dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya sampai bayi beranjak dewasa. Tidak hanya nutrisi saja yang dibutuhkan oleh bayi, namun penting bagi bayi untuk emndapatkan afeksi melalui sentuhan ibu yaitu dengan ritual pijat dan mandi bayi. 

Tahukah Moms, sejak dilahirkan bayi belajar melalui panca indera nya setiap hari. Tumbuh kembang bayi yang terganggu dapat berpengaruh buruk pada kehidupan selanjutnya (kecerdasan, emosi, fisik, mental) perlu penanganan khusus dan perlu stimulasi sehari-hari yang rutin dalam merawatnya. 




Pijat Bayi dan Manfaatnya 

Fakta tentang Bayi!
Selain kontak dari kulit ke kulit, penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dapat meningkatkan kemampuan kognitif, kewaspadaan dan konsentrasi pada anak. Namun sayangnya, berdasarkan Johnson’s Global Bath Time Report, hanya 23% orang tua di seluruh dunia percaya bahwa pijatan sangat penting bagi pertumbuhuan orak anak mereka!

Langkah-langkah Memijat Bayi, bisa dibaca di https://www.johnsonsbaby.co.id/pijat-bayi-untuk-tumbuh-kembang-bayi-optimal#b1Zy37ORp46TO2xo.97 atau bisa lihat di video berikut ini untuk lebih jelasnya ya :




Cara Terbaik Perawatan Bayi dan Anak

Penuhi kebutuhannya, apa saja itu? Secara fisik mencakup nutrisi dan stimulasi (sejak dilahirkan bayi belajar melalui panca inderanya setiap hari), sedangkan secara mental atau emosional yaitu dengan ikatan bonding anak dengan orang tua. 

Well, dari sejak bayi dilahirkan ia akan menggunakan inderanya untuk melanjutkan bonding yang dimulai dari kandungan. Yup, karena sejak dalam kandungan usia 4 bulan, saat bayi sudah ditiupkan ruhnya kita sebagai orang tua sudah bisa mengajak berkomunikasi. Say hello dan bercerita kepada bayi itu juga penting untuk bonding loh ya ;)

Saat indera penglihatan bayi berkembang, ia akan belajar mengkoordinasi mata-tangan termasuk memegang dan meraih objek. 


Tips dalam memastikan agar tumbuh kembang anak lebih optimal!

DO!
Perhatikan dan pastikan 3 unsur ini terpenuhi dengan baik yaitu : 

  1. Kesehatan : Terpenuhi nutrisinya dan terhindar dari paparan penyakit 
  2. Kenyamanan : Cermati dan perhatikan yang nempel di kulit bayi (baju, handuk), kebersihan peralatan yang digunakan mulai dari alat makan juga mainan
  3. Kebahagiaan : Kebutuhan kasih sayang dan keamanan
Donts!
Pastikan jangan membuat bayi tidak nyaman oleh hal-hal sepele : 
1. Wewangian yang tajam
2. Suhu ekstrim
3. Tekstur kasar
4. Suara keras/kasar
5. Cahaya yang terlalu terang/silau




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.