Inspirasi Menata Rumah Mungil & Ruang Kerja di Rumah

“Home is where we should feel secure and comfortable" 
-Catherine Pulsifer-


Mencari rumah idaman atau minimal yang sesuai dengan kebutuhan kita bukanlah hal yang mudah. Pantas saja kalau ada yang bilang cari rumah itu ibarat cari jodoh, karena ya itu gampang-gampang susah! Ketika menemukan lokasi yang strategis, harganya pun bikin geleng-geleng…beberapa kali survey lokasi dan masih belum sreg juga, tenang jangan patah semangat guys! Situasi seperti ini udah pernah aku alami dan kini semuanya sudah terlewati hehehe. 

Buat mencari referensi rumah atau hunian, aku selalu memanfaatkan adanya pameran properti. Ajang pameran ini bisa banget kita manfaaatkan loh seperti Indonesia Properti Expo atau yang disingkat IPEX ini. 

                


Tentang Indonesia Properti

Indonesia Properti Expo (IPEX) merupakan pameran yang telah dirintis sejak tahun 1992. Pameran ini terus berkelanjutan dan berkesinambungan diadakan secara regular setiap tahunnya. 

Indonesia Properti Expo (IPEX) telah diselenggarakan dengan sukses pada tanggal 27 Juli-4 Agustus 2019, Hall A & B, JCC, Senayanm Jakarta. Pameran ini berhasil mendatangkan lebih dari 150 developer yang membawa lebih dari 650 proyek properti dari seluruh Indonesia. Optimisme bisnis properti terutama dalam penjualan rumah sebagai hunia masih berjalan positif, mengingat masih tingginya angka kaebutuhan rumah yang masih belum terpenuhi. 

Event Indonesia Properti Expo 2019  kali ini merupakan yang ke-18 kalinya diselenggarakan, dimana Bank BTN telah menjadi sponsor tunggal guna penyediaan fasilitas kredit/pembiayaan KPR atau KPA. 

                               

Nah pada tanggal 31 Juli 2019, aku bertandang ke JCC dan mengikuti Talkshow sekaligus blogger gathering bersama Komunitas ISB yang bertajuk Serba-Serbi Menata Rumah bersama Kaka Zata Ligow yang akan berbagi tentang "Tips&Trick Menata Ruang Kerja di Rumah"  dan Adelya Vivin yang akan mengupas tentang "Tips & Trick Menata Rumah Mungil". 


       


Inspirasi Menata Rumah Mungil & Ruang Kerja di Rumah


Kebiasaan menata rumah atau beberes itu terasa mengasyikkan buat yang hobinya beberes rumah, kadang suka bosan gitu ya dengan penataan rumah yang gitu-gitu aja butuh suasana yang baru biar rumah yang kita huni walaupun mungil tapi terlihat luas dan rapi gitu? Rumah mungil tapi tampak luas? Ada loh tipsnya, pemilik akun instagram @adelyavk menegaskan tentang misalnya seperti penempatan furniture, pemilihan warna cat dinding, pemilihan dekorasi dinding hingga pemanis ruangan yang tepat bisa memberikan aksen luas di rumah kita yang mungil. 

Well, lalu bagaimana sih tips dan triknya meata rumah mungil agar terlihat luas? 
Ini dia beberapa point yang harus diperhatikan : 

1. Storage atau Tempat Penyimpanan
Salah satu elemen penting dalam rumah mungil adalah storage. Yup dengan adanya storage, barang-barang lebih tertata rapi. Aktivitas beberes rumah pun jadi lebih efisien, pernak-pernik atau mainan anak-anak jadi tidak berserakan di mana-mana ;)

2. Lighting Natural/Pencahayaan 
Elemen lain yang tak kalah penting agar rumah lebih luas adalah cahaya. Kehadiran cahaya alami alias dari sinar matahari ini juga membuat ruangan lebih terang. Bisa hemat tagihan listrik kan jadinya hehehe. 

3. Sirkulasi Udara
Walaupun rumah mungil tapi usahakan memasang jendela dan ventilasi yang cukup di riap ruangan. Bisa dengan memasang exhaust fan, seperti di kamar mandi dan ruang dapur untuk memasak agar tidak pengap.

4. Warna Cat
Pemilhan warna cat juga tak kalah penting loh untuk memberikan aksen rumah mungil menjadi tampak luas, yes pilihlah warna-warna terang seperti warna putih.  

5. Ketepatan Furniture
Sesuaikan furniture yang kita pilih dengan tema rumah kita, misalnya tema rumah kita berkonsep ala Jepang. Tinggal sesuaikan warna atau desainnya yang seragam dengan tema rumah kita. 

6. Penghijauan 
Kehadiran tanaman memberikan kesan rumah jauh lebih hidup dan segar. Selain itu mmapu mempercantik ruangan. Pilih tanaman yang mudah perawatannya saeperti kaktus misalnya. 




Tips 7 Trik Menata Ruang Kerja di Rumah :
  • Siapkan tempat khusus untuk Meja Kerja
Jika tak punya ruang lebih, bisa manfaatin atau memilih pojok ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dll. 
  • Meja yang pas
Ini penting banget sih, biar nda pegel pilih meja yang ergonomis. 
  • Aksesoris 
Selain mempercantik ruangan, adanya aksesoris juga mampu bikin mood jadi happy. Pilih aksesoris yang ukurannya sesuai dengan ruangan kerja kita. Mood board, Kalender/jadwal kerja/to do list.
  • Tanaman  
Memberi sentuhan alam diruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan dapat menambah daya serap hingga 20%. Pengaruh alam di dalam runag kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja. 







Beberapa orang mencari tempat tinggal yang indah. Sementara yang lainnya membuat sebuah hunian menjadi tempat yang indah -Hazrat Inayat Khan-



*******

1 komentar:

  1. Kalo aku kebanyakan barang perabotkebutuhan si kecil Hania, padahal pengen nata2 yang rapi kayang orang2 ..thanks tipsnya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.