Konsumen Cerdas Ingat Cek KLIK Sebelum Belanja dunk!

Semenjak concern untuk memulai hidup sehat, aku selalu ceki-ceki angka kecukupan gizi (AKG)/informasi Nilai Gizi dalam setiap belanja makanan. Khususnya makanan dalam kemasan, seperti cemilan. Emang yang jadi pusat perhatianku tuh itu sebelum memutuskan untuk membeli makanan!

Well, ternyata itu saja tidak cukup loh...ada yang luput dari perhatianku. Jadi ada 4 kriteria yang harus diperhatikan sebelum memutuskan barang itu harus dibeli atau tidak! Ini berlaku dalam membeli makanan, obat-obatan dan juga kosmetik ya! 

Informasi ini aku dapatkan saat menghadiri sebuah talkshow bertajuk "Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan yang Aman" yang diselenggarakan oleh Badan POM RI pada tanggal 7 September 2019 di Avenue of The Stars Lippo Mall Kemang. 

Talkshow "Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan yang Aman"

Sebagai konsumen kita harus cerdas dan bisa memilih khususnya dalam memilih sebuah produk obat dan makanan yang aman. Mau belanja aman? Ingat aja Cek KLIK! Hadir  narasumber dalam acara ini adalah : 
  • DR. IR. Penny K. Lukito, MCP selaku Kepala Badan POM RI
  • Tulus Abadi, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)
  • Fathurrahman, S.T.  APRINDO 
  • Ojak S. Manurung, S.E., M.M selaku Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan 
  • Ussy Sulistiawaty, Public Figure sekaligus womenpreneur  
  • Ananda Omesh, host 
  • Rio Febrian Performance 


Konsumen Cerdas Ingat Cek KLIK Sebelum Belanja dunk!



Apa sih Cek KLIK itu?

Penjelasan lengkapnya bisa di lihat dari gambar di bawah ini ya! 


"Cek KLIK adalah upaya mengedukasi masyarakat yang selama ini selalu digaungkan oleh Badan POM, kali ini lebih meluas dan dan mudah-mudahan lebih efektif karena Badan POM bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), jadi nanti seluruh toko-toko/supermarket atau  ritel di Indonesia nanti akan di pasangi informasi tentang Cek KLIK. Sehingga masyarakat terus di ingatkan untuk menjadi konsumen yang cerdas, karena mempunyai konsumen yang cerdas di bangsa ini adalah kekuatan kita agar masyarakat tidak mengkonsumsi produk-produk yang illegal dan berbahaya bagi kesehatan! Manusia unggul dan Indonesia maju itu harus kita capai tentunya dari masyarakat yang mengkonsumsi produk-produk pangan, obat dan kosmetik," ujar Ibu Penny Lukito. 



Ada tips nih dari Bu Penny untuk menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya sebelum belanja, yakni : 
  • Beli produk dan makanan di jalur yang legal 
  • Cek KLIK
  • Cek produk yang mau dibeli, jika ragu bisa di cek melalui aplikasi Cek BPOM


 

Selebriti sekaligus womanpreneur Ussy Sulistiawaty, mengungkapkan bahwa sebelum ia menerima endorse di sosial media,hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah selalu menanyakna apakah produknya sudah ada izin BPOM nya belum? Jika belum ya selamat tinggal deh hehehe! 
  


Setelah launch program nasional Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja, Ibu Penny Lukito  bersama Bapak Faturrahman mengunjungi sarana ritel yang berada di Lippo Mall Kemang yakni Hypermart, untuk melakukan pemasangan materi edukasi di sarana ritel yang berisikan informasi edukasi untuk mengajak konsumen melakukan Ayo Cek KLIK sebelum belanja! Hal ini juga sebagai wujud untuk melindungi konsumen. 



Aplikasi BPOM Mobile 

BPOM Mobile merupakan aplikasi berbasis mobile phone yang digunakan untuk memudahkan masyarakat dalam pengecekan produk  obat dan makanan yang terdaftar, melakukan pengaduan terhadap suati produk, serta untuk mendapatkan berita terbaru dari BPOM. 

Upaya terobosan terbaru dilakukan oleh BPOM, seiring dengan perkembangan digital maka hadirlah Aplikasi BPOM Mobile yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan yaitu penerapan 2D Barcode pada produk obat dan makanan. So, masyarakat bisa mengecek sendiri informasi berbagai jenis produk mulai makanan, obat, dan kosmetik hingga masa kadaluwarsanya. 

       

Cara menggunakan aplikasinya mudah kok, pertama klik Cek Produk, nanti akan membaca dan melakukan scan barcode di kemasan produk. Nah setelah itu, akan diperoleh informasi dan identifikasi produk suplemen, pangan, kosmetik hingga obat. Tak hanya itu loh, di keterangan detail produknya mulai dari nomor registrasi/Nomor Izin Edar (NIE), nama produk, merek atau nama dagangnya, masa berlaku, kemasan, bentuk sediaan misalnya kaleng dan isi bersihnya berapa/komposisi, kemudian napa pendaftar. 

Selain itu, di aplikasi BPOM Mobile juga ada kanal pengaduan, tenang identitas pelapor akan dirahasiakan kok ;) So kita sebagai masyarakat juga ikut memantau apabila ada produk-produk yang mencurigakan!

                


Jika ragu dengan Obat dan Makanan yang dikonsumsi bisa hubungi HALOBPOM di nomor telp 1-500-533 (Pulsa Lokal). Yuk jadi konsumen yang cerdas dan berdaya, dengan Cek KLIK belanja aman pastinya :)



Website : www.pom.go.id
Facebook : bpom.official
Twitter : @bpom_ri 
Instagaram : @bpom_ri


1 komentar:

  1. kalo aku selalu detail tentang kedaluarsa, pernah trauma beli yang udah basi :(

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.