Pola Asuh Grow Happy Untuk Anak Sehat dan Cerdas

Dear Moms,

Siapa sih yang tak ingin melihat anaknya tumbuh dengan sehat, cerdas, ceria? Itu pastinya jadi harapan semua orangtua ya! Paling bahagia rasanya jika anak kita tumbuh dan berkembang dengan optimal ya, sesuai dengan usianya. "Happy Moms Happy Child" karena Ibu yang bahagia akan melahirkan anak yang bahagia. 

Oiya Moms, sebenarnya untuk menjadi anak yang tumbuh dan berkembang dengan baik bukan hanya dari sisi akademisnya saja/pendidikannya saja loh, tapi pertama-tama pondasi yang terpenting adalah kebahagiaan. Kenapa? Karena kalau anaknya tidak bahagia bagaimana bisa menerima stimulasi dengan baik, menerima pelajaran dengan baik, dan memiliki tumbuh kembang lebih baik?  

Apa sih Happiness itu? 
Apa sih maknanya happiness itu? 

Pertanyaan ini dilontarkan Ibu Pramudita Sarastri, Brand Executive Nestle Lactrogrow pada saat workshop yang diselenggarakan oleh Nestle Lactrogrow dengan tema yang bertajuk "Grow Happy Parenting : Happy from the Inside Out,"  pada Rabu, 25 September 2019 di Pand'or, Jl. Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 



Workshop ini diadakan di delapan kota di Indonesia. Tema ini dipilih karena mengingat  peran orang tua dalam mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal, selain memnuhi kebutuhan gizi sang anak juga membantu mengembangkan kematangan emosi anak. 


"Happiness start from family"
Happiness itu tentu kebahagiaan, menciptakan momen-momen spesial setiap saat dengan anak. Memastikan kebutuhan mereka tercukupi. Happiness itu perasaan tenang, nyaman, tidak kekurangan. Happiness itu adalah salah satu dari emosi, perasaan damai, bahagia apapun yang dialami ini bisa dijalani dengan happy. Yup, itulah beberpa jawaban dari teman-teman tentang apa arti happiness! 

Oke, intinya pokoknya bahagia gitu ya Moms hihihi. Jadi kita akan ngomongin kebahagiaan pada anak. Happiness untuk anak itu gimana sih? Salah satu tandanya bisa dilihat dari  ekspresinya, seperti senyum dan tertawa. 

"Happiness start from family"! Yup, aku setuju sih sama ini…semua berawal dari rumah, keluarga, ini yang akan membentuk karakter sang anak ke depannya. Happines itu dimulai dari keluarga, lingkungannya yang membuat happy. Melihat Mama papa nya happy dulu, maka akan tertular ke anaknya. Keluarga yang harmonis, bahagia, ceria, maka itu akan menular ke anaknya, karena anak-anak adalah peniru yang paling ulung, ia melihat, merekam lalu mengikutinya. Bukankah begitu Moms ;)




Happiness is not a given, to grow happy is a choice we make every day
Well, kebahagiaan tidak terjadi begitu saja, kebahagiaan itu bisa kita latih sejak kecil. 
Lalu bagaimana cara melatih agar anak itu bahagia sejak kecil? Baca sampai selesai ya buat tahu jawabannya hihihi. 


That’s why Lactogrow hadir dengan kampanye Grow Happy, dan ingin mengajak para Ibu di Indonesia untuk mendukung si kecil grow happy, karena Happiness adalah salah satu pondasi yang penting untuk si kecil tumbuh dengan masa depan yang lebih baik. A happy childhood is a foundation for future happiness.

A happy child has higher chance of a healthy development and success later in life. Kebahagiaan yang terbentuk dari kecil, pada saat dewasa karakternya akan terbentuk dan menjadi karakter anak yang happy. Misalnya sang anak jadi mudah bersosialisasi, lebih peduli sama orang lain dll dan ini semua harus dipupuk dari kecil



Pola Asuh Grow Happy Untuk Anak Sehat dan Cerdas

Bagaimana caranya untuk Grow happy?

1. Keterlibatan orang tua
Hayo siapa di sini yang punya bonding momen bersama anak? Ceritanya beda-beda nih pastinya bonding momen dengan anaknya. Misalnya bisa saat si anak sedang main gadget, kita sebagai orangtua wajib mendampingi dan memantau, atau pada saat si kecil tidur kita bisa membacakan dongeng. Memori dan bonding seperti ini harus kita ciptakan, agar si kecilpun nyaman dan merasa bahagia ;)

2. Stimulasi 
Stimulasi yang tepat pada tahapan usianya, seperti mainan edukatif yang merangsang perkembangan motorik halus dan kasarnya. 

3. Nutrisi
Setuju nda sih jika nutrisi berperan penting? Misalnya aja anak kita picky eater, udah susah payah memberikan makanan bergizi, udah masuk nih, tapi ternyata pencernaan nya kurang sehat jadi makanannya tidak bisa terserap dengan baik. Duh, sayang banget kan jadinya kalau seperti ini. 

Sangat penting mendukung kesehatan pencernaan si kecil, terutama nutrisi yang mendukung kesehatan saluran cerna. Maka dari itu Lactogrow hadir dengan Happy Nutri, yang memiliki kandungan kalsium, 12 vitamin dan 7 mineral, minyak ikan, Omega 3 dan omega 6 dan yang paling penting ada probiotik Lactobacillus reutri,  yang terbukti secara klinis aman, dan bermanfaat untuk tubuh dan bisa mendukung kesehatan saluran pencernaan si kecil. Nestle Lactogrow merupakan susu pertumbuhan untuk usia anak 1 tahun ke ata yang memiliki 3 varian rasa loh, yaitu madu, vanila dan plain. 

                                  

Untuk lebih mendukung kegiatan Grow Happy ini, Lactogrow menggelar berbagai kegiatan edukasi dan sharing dengan para narumsber yang kompeten, TVC, workshop, untuk menyebarkan Grow Happy ke berbagai kota, yakni ada 8 kota yang tersebar di Indonesia. Lets Grow happy together ;) 

Ternyata sangat penting ya bagi kita orangtua untuk mendukung kebahagiaan anak demi tumbuh kembang yang maksimal dan optimal, karena kebahagiaan itu memiliki peran penting untuk mendukung masa depan anak yang lebih baik. 



Pencernaan Sehat untuk Anak Bahagia dan Pintar! 

"Grow happy dimulai dari pilihan yang tepat dalam memberikan nutrisi untuk si kecil, terutama nutrisi yang mendukung kesehatan saluran cerna," ujar Dr. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K), Konsultan Gastrohepatologi Anak (sub spesialis pencernaan) Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita

                   
Kalau anaknya bahagia efeknya akan bagus dunk, jadi lebih sukses, secara sosial hubungannya juga baik, mulai dari bersikap, berperilaku itu semua menentukan kesuksesan. Ada cara nya untuk membentuk kebahagiaan itu dari diri sendiri. Lalu bagaimana caranya supaya anak kita menjadi bahagia? Pertama kita lihat dari 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah kesempatan emas dan terpenting, yang dimulai dari masa konsepsi/masa kehamilan, hingga usia anak 2 tahun. Karena ini adalah masa pertumbuhan dan perkembangan tercepat, organ dalam sangat berpengaruh dalam pertumbuhan. 


Apa Bedanya anak yang masih muda dan orang dewasa dari segi pencernaan?
1. Usus yang matang dan belum matang 
Sel usus yang sudah matang bentuknya rapat-rapat, jadi tidak memberikan kesempatan  alergen/kuman jahat untuk masuk ke dalam tubuh. Usus yang sudah matang sel-selnya maka mudah untuk masuk ke darah.


2. Lapisan mukosa atau selaput lendir, pada usia matang maka lapisan tersebut sudah rapat, jadi bagus. Sedangkan pada usia sebelum matang masih tipis pula dan bercak-bercak, so jika ada kuman/alergen mudah masuk.



3. Sistem kekebalan tubuh bayi belum berkembang dengan optimal, sehingga kuman mudah masuk jadi anak lebih mudah sakit dan rentan terkena infeksi karena pertahanan tubuhnya belum terbentuk dengan baik. Kalau anak sakit jadinya kehilangan kesempatan emas untuk belajar. Karena kalau lagi demam, lemas kan harus istirahat. 

Semua penyakit dimulai dr dalam usus (hipocrates) 

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang jika diatur dalam jumlah yang memadai, akan memberikan manfaat kesehatan pada tempat hidupnya (mikroorganisme hidup, jumlah cukup, memberikan manfaat kesehatan).

Tahukah Moms,
Sistem pertahanan tubuh terbesar 
60-70% adalah imunitas selular, total area permukaan 300 m2. 

Makanan sebagai perantara 
1. Membantu bakteri melewati saluran cerna
2. Mengandung prebiotik (alami atau buatan)
3. Menyediakan zat nutrisi lain bagi tubuh
Jenis probiotik yang terbukti bermanfaat karena telah terbukti memiliki sifat yang menguntungkan, diantaranya adalah Lactobacillus sp, Bifidobacterium, sp, Saccharomyces boulvardi, beberapa spesies E.Coli

Lactobacillus reuteri
- Bertahan hidup pada pH rendah & lingkungan yang diperkaya enzim
- Dapat menempel pada epithelium untuk interaksi host probiotik
- Kompetisi dengan mikroorganisme patogenik
- Yang terpenting adalah keamanan

Lactobacillus reuteri membantu mengatasi konstipasi, baik untuk kolik bayi, menghasilkan vitamin B12 yang mampu memberikan rasa bahagia atau mood. 

Faktanya probiotik juga dapat berperan dalam mengubah suasana hati loh Moms, Menurut data yang dikutip dari M.Carobotti et al, 2015 dari proses sumbu mikrobiota usus hingga ke otak, probiotik secara pararel, menurunkan pelepasan kortisol karena stres, kecemasan, dan perilaku depresi. Emeran A. Mayes, 2015 menambahkan bahwa perawatan probiotok yang diberikan pada anak tikus dapat mengurangi perilaku cemas, gabungan probiotik menyebabkan peningkatan belajar dan ingatan pada model diabetes

Peran bakteri baik :

  • Menjaga kekebalan tubuh
  • Mencerna serat dan menghasilkan nutrisi baik yang mendukung 
  • Melindugi dari penyakit 
  • Mendukung saluran cerna 
  • Melindungi usus dari mikroba atau zat berbahaya lainnya
Konsumsi probiotik melalui apa?
Misalnya dari suplemen, susu, yogurt, soya, tempe, oncom, kombucha, kimchi, kefir


Tips Membesarkan anak agar tumbuh Bahagia

  • Makan makanan bergizi tepat waktu
  • Waktu bermain dan eksplorasi
Manfaat bermain di luar rumah bersama anak yang dikutip dari Donna Mathews, phD diantaranya adalah :
- Meningkatkan kebahagiaan
- Baik untuk tumbuh kembang anak secara fisik dan mental
- Meningkatkan kemampuan kognitif melalui eksplorasi dan kreativitas
- Memahami ‘cara kerja’ lingkungan dan dunia disekitar

  • Ekspresi emosi positif
  • Cukupi waktu tidur
  • Berikan cinta tanpa syarat
  • Antusias saat mendengar 
Tanyakan kepada anak setiap hari “Ada kabar baik apa?”
Ekspresikan hal-hal baik yang terjadi dalam kegiatan sehari-hari orangtua kepada anak! 

                


Setelah sesi talkshow dan sharingnya selesai, dalam acara workshop Grow Happy kali ini kita juga ada sesi membuat bento menggunakan playdough yang super seru loh! Ini dia hasil keompok aku, menunya so pasti gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran, buah-buahan dan tak lupa dilengkapi dnegan segelas susu Lactogrow ;)


                     

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.