Cemilan Sehat dengan Minyak Bekatul

Siapa di sini yang doyan banget ngemil? Cung!!! Aku sih iya, cemilan itu udah kayak temen dalam segala aktivitasku, seperti buat teman ngerjain tugas biar nda ngantuk hehehe. Kalau lagi nda pengen makan berat nih, cemilan jadi alternatif buat hidangan makan malam sebelum tidur. 

Semenjak concern untuk hidup lebih sehat, aku berusaha untuk pilah-pilih apa yang masuk ke dalam tubuhku, termasuk memilih cemilan yang sehat. Selain buah-buahan segar, pisang/ubi rebus, aku juga doyan sama yang namanya gorengan apalagi bakwan jagung, ini favorite banget deh! ;) 

Saat santai sore, suamiku punya kebiasaan ngeteh ditemani cemilan favorite-nya yaitu rolade daun singkong atau daun pepaya jepang. Apalagi pas musim hujan tiba, ini bisa jadi alternatif cemilan sehat untuk keluarga tercinta. 

Yuhu, kali ini aku akan berbagi resep membuat cemilan khas Semarang Jawa Tengah yaitu rolade daun. Jika biasanya rolade itu dibikin dari daun singkong, kali ini aku akan mengganti bahan utamanya dengan daun yang bentuknya mirip namun lebih kaku yaitu daun pepaya Jepang.






Kenapa aku pilih daun pepaya Jepang? Karena memang adanya itu dan tinggal metik, hehehe. Kalau daun singkong, mesti melipir dulu ke pasar. Selain rasanya juga enak ketika dibikin rolade, dari hasil penelusuran di si mbah, daun pepaya Jepang juga memiliki berbagai macam manfaat, seperti yang aku ambil dari manfaat.co.id yaitu :

  • Baik untuk kesehatan usus
  • Membunuh berbagai macam bakteri
  • Memiliki sifat anti kanker
  • Mengatasi tifus, malaria, demam berdarah, anemia, dispesia, grastristis dan nyeri haid
  • Menjaga sistem imun tubuh
  • Membantu memperlancar pencernaan
               


Tapi ingat ya sebaik apapun makanan itu, konsumsinya jangan berlebihan ya. Maksimal dalam 1 minggu 2-4 kali saja konsumsinya dan jangan dikonsumsi oleh bumil karena mengandung enzim papain yang berbahaya untuk janin dalam kandungan.

O iya untuk menggoreng rolade ini, aku tidak menggunakan minyak goreng dari kelapa sawit tapi aku menggunakan healthy oil atau minyak goreng dari bekatul padi. Minyak bekatul merupakan salah satu minyak goreng sehat pilihan. Aku sendiri menggunakan minyak goreng bekatul padi yaitu Oryza Grace rice Bran Oil. 


Oryza Grace rice Bran Oil / Minyak Bekatul 

Rice Bran Oil atau minyak bekatul terbuat dari ekstrak bekatul padi yang kaya akan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Apa aja sih keunggulannya Oryza Grace Rice Bran Oil/Minyak Bekatul ini? 


  • Rendah Lemak 
Oryza Grace Rice Bran Oil memiliki konfigurasi lemak yang paling mendekati rekomendasi American Heart Association (AHA) yang menyebutkan bahwa lemak yang seimbang berkisar antara 337% lemak tak jenuh tunggal, 22% lemak tak jenuh ganda dan 30% lemak jenuh. 

  • Tinggi Titik Asapnya (Lemak Tak Jenuh tidak rusak saat proses penggorengan)
Titik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas. Titik asap Oryza Grace Rice Bran Oil adalah 254 0C, tertinggi diantara semua jenis minyak goreng, so aman pada suhu wajan saat penggorengan berlangsung, yang panasnya bisa mencapai 220 0C. 

  • Tidak Menyebabkan Batuk
Terbentuknya zat akrolein dalam minyak yang menimbulkan beberapa akibat yang merugikan kesehatan, misalnya batuk.

  • Melezatkan makanan
Yup, dengan minyak bekatul, gorengan maupun tumisan akan menjadi lezat, renyah dan gurih.
Selain itu juga cocok dan aman untuk dipergunakan mengggoreng (deep frying), menumis, memanggang, salad dressing dan berbagai cara penyajian lainnya. 

  • Mengandung Gamma Oryzanol
Yaitu antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. 

                                   


Oryza Grace Rice Bran Oil atau minyak bekatul ini sudah bisa dibeli disupermarket dan minimarket juga dijual secara online dengan harga berkisar Rp79.900,- (1 liter) dan Rp377.900,- (5 liter). Harganya emang cukup mahal sih jika dibandingakan dengan minyak goreng kelapa sawit, tapi insha Allah kesehatan lebih terjaga.


Cemilan Sehat dengan Minyak Bekatul

Resep Rolade Daun Pepaya Jepang 

Pertama-tama kita siapkan daun pepaya Jepangnya, sesuai dengan selera saja ya. Yang pasti semakin banyak daun yang akan dibikin cemilan, semakin banyak pula bumbunya. Untuk bumbunya aku hanya menggunakan bawang merah, bawang putih, garam, cabai rawit, dan cabe merah keriting dan bahan pelengkap yaitu telur. Haluskan bumbu-bumbu diatas, kalau mau lebih pedas dan hangat dapat ditambahkan merica putih ya. Untuk telur, kocok seperti biasa dengan sedikit ditambahkan garam. O iya sampai lupa, daun pepaya Jepang tadi, direbus dulu ya hingga layu kemudian tiriskan airnya. Kemudian marinate daun pepaya Jepang rebus dengan bumbu halus dan bentuk menyerupai bola, masukan dalam kocokan telur. 


Jika minyak bekatul telah panas, masukkan daun pepaya Jepang yang sudah dibumbui dan dilapisi telur, goreng hingga daun agak kering dan telur pelapis berubah menjadi cokelat, kemudian angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat, sudah pasti lebih nikmat diambah dinikmati beramai-ramai bersama keluarga tercinta ;)
                                  

Gimana, mudah dan praktis kan? Selamat mencoba cemilan sehat dengan minyak bekatul! ^_^


Website : www.oryzagrace.com
Facebook : www.facebook.com/ricebranoil
Instagram : www.instagram.com/oryzagrace

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.