Sedekah Daging Kurban Di Dompet Dhuafa


Alhamdulillah, sebentar lagi kita merayakan hari kurban atau Idul Adha 1441 H. Bulan ini termasuk kedalam bulan haram yang sangat mulia dan merupakan saat yang tepat buat kita berbagi kepada sesama. 

Setiap tahunnya setiap bulan Dzulhijjah setiap muslim yang mampu sangat dianjurkan untuk melaksanakan ibadah berkurban. Karena berkurban ini sangat dianjurkan, maka akan menjadi makruh bila kita umat muslim yang mampu, tidak melaksanakannya. Berkurban ini merupakan perintah langsung dari Allah SWT dan dicontohkan oleh Bapak para Nabi yaitu Nabi Ibrahim as, dimana Nabi Ibrahim as diperintah Allah SWT untuk menyembelih putra yang sangat dicintainya yaitu Nabi Ismail as. Dan pada akhirnya karena ketaatan Nabi Ibrahim as & Nabi Ismail as, Allah SWT mengganti Nabi Ismail as dengan seekor hewan sembelihan yang besar.  Inilah bukti ketaatan Bapak para Nabi dengan berkurban.

Pelaksanaan kurban ini dilaksanakan setelah selesai melaksanakan shalat Idul Adha yaitu ditanggal 10 sampai 13 Dzulhijjah. Hewan yang dapat digunakan sebagai hewan kurban dapat berupa unta, sapi, kerbau, kambing atau domba. Tapi ada syaratnya ya good people, tidak semua kondisi hewan dapat dijadikan hewan kurban. Ciri utama hewan yang tidak dapat dijadikan hewan kurban adalah yang cacat. Jadi kalau hewannya pincang, tanduknya patah, telinga terpotong, matanya rusak, sedang sakit dan juga termasuk kurus, tidak dapat dijadikan hewan kurban ya. Selain itu hewannya mesti cukup umur juga ya. Untuk jenis domba dan kambing berumur 1 tahun dan 2 tahun atau telah tanggal gigi untuk jenis sapi, kerbau dan unta.

Hari Raya Kurban merupakan salah satu perayaan besar bagi umat Muslim. Rattusan ribu kambing dan sapi dipotong sebagai bentuk ketaqwaan pada Allah SWT. 
Percaya nda sih, kalau masih banyak  masyarakat yang belum merasakan daging kurban karena keterbatasan ekonomi, terutama di wilayah luar Jakarta.  Yup, fakta ini dipertegas menurut data IDEAS (Indonesia Development Islamic Studies) Dompet Dhuafa.
  
Hari Raya Idul Adha tahun ini berbeda pastinya dari tahun sebelumnya, masih dalam suasana pandemi dimana ada sekian banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan terpaksa harus banting setir untuk bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari. 
Hmmm…mungkin ada beberapa orang yang tiap tahun bisa berkurban, tapi tahun ini absen karena kondisi keuangan yang belum stabil efek pandemi. 

Berkurban atau menyembelih hewan kurban yang dilakukan setelah melakukan shalat IdulAdha menjadi salah satu amal kebaikan yang disukai oleh Allah. Selain untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan pada Allah SWT, berkurban adalah bentuk rasa empati pada sesama.

Yuk Sedekah Daging Kurban!

Yuhu, ada program menarik yang di inisiasi oleh Dompet Dhuafa yakni mengajak #OrangBaik yang belum memiliki kesempatan untuk berkurban namun ingin ikut berbagi dan membantu masyarakat kurang mampu untuk bisa merasakan nikmat dan berkahnya daging kurban terutama di wilayah pelosok melalui Sedekah Kurban. 

Well, melalui Sedekah daging Kurban, donasimu akan dikonversikan menjadi hewan kurban yang akan disalurkan ke masyarakat kurang mampu di berbagai wilayah di pelosok Indonesia.  


Oiya untuk nominalnya bisa dimulai dari Rp100,000,- . 
Gimana cara berdonasinya?
Masuk ke website https://kitabisa.com/campaign/sedekahdagingkurban

Gimana mudah kan? Walaupun kita belum bisa berkurban tahun ini, tapi kita bisa melakukan sedekah daging kurban. Dalam situasi pandemi seperti ini, masih banyak hal baik kok yang bisa kita lakukan. Selagi momen nya pas, yuk kita manfaatkan momen hari raya kurban ini dengan lebih banyak berbagi ;) 

Bismillah, insha Allah tahun depan dimampukan lagi unuk berkurban, Aamiin. 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.